Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 TEMA: PENDIDIKAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PENDIDIKAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

PKn
·         Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·        mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
·        mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
·        mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
·        mengidentifikasi manfaat gotong royong]
·        mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
·         mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
·        Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah
·        Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia
·        Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia
·        Mengidentifikasi manfaat gotong royong]
·        Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat
·         Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

4 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·        menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
·        menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
·        menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
·        menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
·        menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
·         menyebutkan jenis-jenis uang kartal
·         Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan
·         Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional
·         Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan
·         Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter
·         Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu
·         Menyebutkan jenis-jenis uang kartal
III.  IPA
6.   Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

IPA

·         Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·         mengidentifikasi kondisi cuaca
·         meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
·         menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
·         mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
·         mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
·         membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
·         menjelaskan kegunan sumber daya alam
·        Mengidentifikasi kondisi cuaca
·        Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit
·        Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca
·        Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu
·         Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan
·        Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam
·       Menjelaskan kegunan sumber daya alam



IV.  Matematika
5.   Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah

Matematika

·         Menghitung luas persegi dan persegi panjang
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·        menggambar luas persegi
·         menggambar luas persegi panjang
·        membandingkan luas bangun datar
·        mengurutkan luas berbagai bangun datar
·        menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
·        menemukan cara menghitung luas persegi
·        menemukan cara menghitung luas persegi panjang
·         menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar
·         Menggambar luas persegi
·         Menggambar luas persegi panjang
·         Membandingkan luas bangun datar
·         Mengurutkan luas berbagai bangun datar
·         Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan
·         Menemukan cara menghitung luas persegi
·         Menemukan cara menghitung luas persegi panjang
·         Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar



V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar
·         Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca
·         Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·         menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
·         menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
·         mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
·         membaca bacaan dengan suara lantang
·         mengamati gambar seri
·         menentukan urutan dan maksud gambar seri
·         memahami dan menggunakan kata depan ke
·         melengkapi kalimat dengan kata depan
·         menyusun kalimat acak
·         menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
·         mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa
·         Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
·         Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman
·         Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan
·         Membaca bacaan dengan suara lantang
·         Mengamati gambar seri
·         Menentukan urutan dan maksud gambar seri
·         Memahami dan menggunakan kata depan ke
·         Melengkapi kalimat dengan kata depan
·         Menyusun kalimat acak
·         Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa
·         Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru  Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar