SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN 4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | PKn · Mengenal keiklashan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan | · Kekayaan alam · Harga diri · Kebanggaan sebagai bangsa | · mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah · mengidentifikasi suku bangsa Indonesia · mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia · mengidentifikasi manfaat gotong royong] · mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat · mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah | · Mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah · Mengidentifikasi suku bangsa Indonesia · Mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia · Mengidentifikasi manfaat gotong royong] · Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat · Mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah | Teknik Tes o Tes dan non tes Bentuk Tes o Lisan : o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat o Ketepatan menjawab o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan o Tertulis : o Isian o Pilihan Ganda o Uraian o Tes perbuatan o Instrumen Tes o LKS o Lembar observasi | 4 minggu | o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan o Buku IPA o Buku Matematika o Buku Bahasa Indonesia o Buku IPS o Ensiklopedia o Kamus Bahasa Indonesia o Pedoman EYD o Koran dan Majalah o Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPS· Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah | · Jenis-jenis pekerjaan · Semangat kerja · Jual beli · Uang · Pengelolaan uang | · menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan · menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional · menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan · menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter · menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu · menyebutkan jenis-jenis uang kartal | · Menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan · Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional · Menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan · Menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter · Menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu · Menyebutkan jenis-jenis uang kartal | |||
III. IPA 6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam | IPA· Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca | · Energi · Gerak benda · Kenampakan permukaan bumi · Cuaca · Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan · Kelestarikan dan pemeliharaan alam | · mengidentifikasi kondisi cuaca · meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit · menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca · mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu · mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan · membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam · menjelaskan kegunan sumber daya alam | · Mengidentifikasi kondisi cuaca · Meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit · Menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca · Mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu · Mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan · Membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam · Menjelaskan kegunan sumber daya alam | | | |
IV. Matematika 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah | Matematika· Menghitung luas persegi dan persegi panjang | · Pecahan · Bangun datar · Sudur · Persegi dan persegi panjang | · menggambar luas persegi · menggambar luas persegi panjang · membandingkan luas bangun datar · mengurutkan luas berbagai bangun datar · menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan · menemukan cara menghitung luas persegi · menemukan cara menghitung luas persegi panjang · menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar | · Menggambar luas persegi · Menggambar luas persegi panjang · Membandingkan luas bangun datar · Mengurutkan luas berbagai bangun datar · Menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan · Menemukan cara menghitung luas persegi · Menemukan cara menghitung luas persegi panjang · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar | | | |
V. Bahasa Indonesia Mendengarkan 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan Berbicara 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita Membaca 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi Menulis 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | Bahasa Indonesia · Menceritakan perisitwa yang pernah dialami, dilihat, atau didengar · Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agalk panjang (150 – 250 kata) yang dibaca secara insentif · Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda baca · Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik | · Menanggapi cerita · Menirukan dialog · Menceritakan peristiwa · Percakapan · Menjawab pertanyaan · Menulis karangan | · menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan · menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri · menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman · mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan · membaca bacaan dengan suara lantang · mengamati gambar seri · menentukan urutan dan maksud gambar seri · memahami dan menggunakan kata depan ke · melengkapi kalimat dengan kata depan · menyusun kalimat acak · menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa · mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa | · Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan · Menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri · Menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman · Mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan · Membaca bacaan dengan suara lantang · Mengamati gambar seri · Menentukan urutan dan maksud gambar seri · Memahami dan menggunakan kata depan ke · Melengkapi kalimat dengan kata depan · Menyusun kalimat acak · Menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa · Mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar