Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Sabtu, 11 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) V







PERANGKAT PEMBELAJARAN


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)





Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas V  Semester 1











SD NEGERI .....
UPT DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN 2010




PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       :  V
Semester                                 :  1
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1.    Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.1.  Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia


§  Menjelaskan pengertian NKRI
§  Menyebutkan dasar hukum NKRI.
§  Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI.
§  Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI
§   Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI.




§  Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI.
§  Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI.
§  Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI.
§  Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI.
§  Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI.
§   
§  Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI.


1.2.  Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

§  Memahami arti penting keutuhan NKRI.





§  Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa.




§  Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan).


1.3.  Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

§  Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI.

Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah                       :  ............................    
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       :  V
Semester                                 :  1
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2.    Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah.
2.1.  Menjelaskan pengerti-an dan pen-tingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. 


§  Menjelaskan pengertian perundang-undanan pusat dan daerah. 
§  Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah.
§  Mengetahui berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang. 
§  Memahami sebab dan asas pembuatan undang-undang


2.2.    Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok.


§  Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia.
§   Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya.




§  Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.
§  Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat.

Jumlah






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan ( PKN )
Kelas V  (5) Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       :  V
Semester                                 :  2
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
3.         Memahami kebebasan berorganisasi.
3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi



§  Mendeskripsikan pengertian organisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi.




§  Merumuskan contoh struktur organisasi.
§  Merumuskan contoh tata tertib organisasi.


3.2.   Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.


§  Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.


3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah.


§  Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.

Jumlah




                                                                                               
                                                           
Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       :  V
Semester                                 :  2 
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
4.         Menghargai keputusan bersama. 
4.1.    Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.



§  Memahami definisi keputusan bersama.
§  Memahami  bentuk-bentuk keputusan bersama.
§  Memahami  prinsip-prinsip  musyawarah dan mufakat.


4.2.    Memahami keputusan bersama.



§  Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat..
§  Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama.

Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Matematika
Kelas V  (5)  Semester 1

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...

Nama Sekolah           : ..................

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 5A

Kelas/Program          : V

Semester                     : Ganjil


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu

1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah

1.1.   Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran





o  Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien
o  Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
o  Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan



1.2.   Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB


Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK


1.3.   Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat


o  Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka
o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat
o  Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat
o  Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat



1.4.   Menghitung perpangkatan dan akar sederhana


o  Mencari hasil pemangkatan dua
o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua
o  Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan
o  Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat
o  Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat



1.5.   Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB

o  Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat


2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah
2.1.Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam


o  Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam



2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu


o  Melakukan operasi hitung satuan waktu
o  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu


2.3.Melakukan pengukuran sudut


o  Menentukan dan menaksir besar sudut
o  Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat




2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan


o  Mengenal hubungan antarsatuan jarak
o  Menghitung satuan jarak
o  Mengenal macam-macam satuan kecepatan
o  Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung



2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan


o  Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan


3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
3.1.  Menghitung luas trapesium dan layanglayang


o  Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang
o  Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang



3.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar


o  Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang


4. Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah
4.1. Menghitung volume kubus dan balok


o  Mencari Volume Kubus dan Balok
o  Mengenal rumus volume kubus dan balok
o  Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus
o  Mengenal satuan volume yang baku



4.2.  Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok


o  Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok


Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Matematika
Kelas V  (5)  Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
TAHUN PELAJARAN       : 20... -20...


Nama Sekolah           : ..................

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 5B

Kelas/Program          : V

Semester                     : Genap


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya


o  Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen
o  Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal



5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan


o  Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o  Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran
o  Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o  Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o  Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o  Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o  Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut
o  Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o  Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal
o  Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari



5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan


o  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya
o  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan



5.4.Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala



o  Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o  Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala


6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun
6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar


o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang
o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang
o  Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang
o  Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
o  Menggambar lingkaran dengan jangka
o  Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
o  Menggambar belah ketupat



6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang


o  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o  Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut



6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana


o  Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana



6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri


o  Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
o  Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar



6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


o  Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana


Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas V (5) Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


1     Mende-ngarkan
Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan
1.1  Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.



 


·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.



1.2  Mengiden-tifikasi un-sur cerita rakyat yang didengarnya


 


·  Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat.
·  Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita
·  Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat.
·  Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar.


JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ..............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


2     Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta  secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan,  menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara
2.1.Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa.


·  Siswa dapat mendengarkan penjelasan.
·  Siswa dapat menanggapi pernyataan.
·  Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber.




2.2 Menceri-terakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar .

·  Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan.
·  Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar.
·  Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar.
·  Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan.




2.3  Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.

·  Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara.
·  Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara.
·  Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber.
·  Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat.
·  Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat.



JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ......................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


3.    Membaca
Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi
3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·  Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas.
·  Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan.
·  Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan.




3.2  Menemu-kan gaga-san utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit.

·  Siswa dapat membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit.
·  Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca.
·  Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca.
·  Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca.




3.3  Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat.

·  Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi.
·  Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.
·  Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat.



JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ..............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 1
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


4.    Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam  bentuk karangan,  surat undangan, dan dialog tertulis
4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan.


·  Siswa dapat menentukan judul karangan.
·  Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita.
·  Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman.
·  Siswa dapat membaca karangan yang dibuat.
·  Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”.



4.2       Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan.

·  Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi.
·  Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat.




4.3  Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya.

·  Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog.
·  Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan.
·  Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar.
·  Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas.
·  Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat.
·  Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! )


JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas V (5) Semester 2

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ..............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 2
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


5.    Mende-ngarkan
Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan
5.1  Menang-gapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan

·  Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa
·  Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru
·  Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar



5.2 Mengiden-tifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat)

·  Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita.
·  Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar


JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ...........................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 2
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


6.    Berbicara
Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama
6.1 Mengo-mentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan late dan santun berbahasa

·  Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan
·  Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan



6.2 Memeran-kan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi  yang tepat

·  Memeran-kan tokoh drama
·  Mengung-kapkan pendapat tentang drama


JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 2
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


7.    Membaca
Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak
7.1 Memban-dingkan isi dua teks yang  dibacadengan membaca sekilas

·  Membaca dua bacaan
·  Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan



7.2 Menemu-kan informasi secara cepat dari  berbagai  teks khusus (buku petunjuk  telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll

·  Membaca jadwal siaran lelevisi
·  Menjawab pertanyaan
·  Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat



7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat

·  Membaca cerita
·  Menjawab pertanyaan
·  Menuliskan kesimpulan isi cerita


JUMLAH




Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Nama  Sekolah             :  ..............................
Mata  Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  V / 2
Tahun Pelajaran          : 20... -20...

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


8.    Menulis
Mengungkap-kan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas
8.1  Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan

·  Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas
·  Membaca saksama bacaan yang akan diringkas
·  Meringkas bacaan atau buku



8.2 Menulis laporan pengama-tan / kunjungan berdasar tahapan (catatan, konsep awal,  perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan

·  Menyusun laporan peristiwa
·  Menyampaikan laporan secara lisan
·  Memperbaiki tulisan laporan



8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat

·  Membaca contoh puisi
·  Menulis puisi


JUMLAH








Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas V (5)  Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : V / SD

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia.



o  Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan.




Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah


o  Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya.
o  Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman.
o  Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan


Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan


o  Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia.
o  Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan.
o  Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan.
o  Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat.
o  Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya.




Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia.


o   Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar.



Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia


o   Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia.
o   Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah.

2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
2.1.   Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan


o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)
o  Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.



2.2.   Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan


o  Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya.
o  Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi.
o  Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau.


3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.1.   Mengidentifi-kasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


o  Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya.



3.2.   Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup


o  Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.


4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses

4.1.Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas




o  Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali.
o  Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya.
o  Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya.
o  Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas.
o  Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya.


4.2.Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap


o  Mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan.
o  Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses.
o  Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda.
o  Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses.
o  Mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan.


JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas V (5)  Semester 2

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas/Program             : V

Semester                      : 2 (dua)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

5.1.   Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet)




o  Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis.
o  Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan.
o  Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari.
o  Membuat magnet.
o  Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah.
o  Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi.
o  Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus).
o  Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan.
o  Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari.





5.2.   Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat




o  Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
o  Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
o  Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
o  Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.



6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model
6.1. Mendeskripsi-kan sifat-sifat cahaya


o  Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap).
o  Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
o  Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan.
o  Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
o  Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari.



6.2.Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya.


o  Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana.
o  Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai.
o  Menggunakan bahan/benda yang sesuai.
o  Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan.
o  Menguji cara kerja model yang dibuat.
o  Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik.
o  Menerapkan prinsip keselamatan kerja.


7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
7.1     Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan


o  Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan.



7.2     Mengidentifikasi jenis-jenis tanah


o  Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus


7.3     Mendeskripsikan struktur bumi


o  Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *) 



7.4     Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya


o  Menjelaskan pentingnya air.
o  Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar.



7.5     Mendeskripsikan perlunya penghematan air


o  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
o  Melakukan pembiasaan cara menghemat air.



7.6     Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan


o  Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus.
o  Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan.



7.7     Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)


o  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi.


JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas V  (5) Semester 1

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

NAMA SEKOLAH    :  ...............
Mata Pelajaran           :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester          :  V / I

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
1.1. Mengenal        makna peningga-lan-pening-galan       sejarah       yang berskala       nasional      dari masa Hindu-     Budha, dan      Islam di Indonesia






§  Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Melestarikan  peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia
§  Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta
§  Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga-           manya
§  Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah
§  Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah


1.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia





§  menceritakan tokoh-tokoh  sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Menyebutkan tokoh-tokoh     sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia
§  Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia
§  Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia  


1.3. Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya

§  Menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol
§  Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan
§  Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia 


1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia





§  Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
§  Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
§  Mengidentifikasi keragaman  budaya yang terdapat di   Indonesia
§  Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia  


1.5.    Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia



§  Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam  masyarakat Indonesia
§  Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok
§  Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha
§  Memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia

JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.




PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas V  (5) Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Tahun Pelajaran       : 20... -20...

NAMA SEKOLAH    :  .................
Mata Pelajaran           :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester          :  V / 2

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan  Indonesia
2.1.Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang

















§  Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda
§  Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat
§  Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda
§  Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia
§  Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia
§  Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional
§  Membuat laporan tentang  tokoh pejuang yang ada di provinsinya
§  Menceritakan peristiwa sumpah pemuda
§  Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928
§  Menceritakan peranan tokoh  dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia


2.2.Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia



  



§  Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
§  Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan
§  Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan   kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh   dalam mempersiapkan kemerdekaan



2.3.Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia


§  Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
§  Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan   kemerdekaan


2.4.Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an



§  Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan
§  Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan

JUMLAH