PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). | 1.1. Medeskripsi-kan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Menjelaskan pengertian NKRI § Menyebutkan dasar hukum NKRI. § Menjelaskan satuan daerah otonom dalam NKRI. § Menjelaskan tentang hubungan luar negeri yang dilakukan NKRI § Menjelaskan fungsi pemilihan umum dan pengaruhnya terhadap NKRI. | ||
§ Menunjukkan sisi utara selatan, timur, dan barat NKRI, serta menyebutkan nama negara atau perairan yang menjadi batas NKRI. § Menyebutkan posisi lintang dan bujur NKRI. § Memahami tujuan penetapan batas-batas fisik NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah daratan NKRI. § Menjelaskan fungsi wilayah laut NKRI. § § Menjelaskan fungsi wilayah udara NKRI. | ||||
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Memahami arti penting keutuhan NKRI. | |||
§ Mampu menjelaskan fungsi Pancasila sebagai perekat persatuan bangsa. | ||||
§ Mampu menjelaskan makna kesatuan wilayah Indonesia dari keempat segi kehidupan bernegara (politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan-keamanan). | ||||
1.3. Menunjuk-kan contoh-contoh perilaku dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia | § Memahami prinsip-prinsip sikap memelihara keutuhan NKRI. | |||
Jumlah |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Memahami peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. | 2.1. Menjelaskan pengerti-an dan pen-tingnya peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah. | § Menjelaskan pengertian perundang-undanan pusat dan daerah. § Memahami perbedaan fungsi tiap peraturan yang berlaku di tingkat pusat dan daerah. § Mengetahui berbagai hal yang perlu diatur dengan undang-undang. § Memahami sebab dan asas pembuatan undang-undang | ||
2.2. Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tingkat pusat dan daerah, seperti pajak, antikorupsi, lalu lintas, dan larangan merokok. | § Mengetahui tata urutan perundang-undangan di Indonesia. § Memahami kandungan dan fungsi peraturan-peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia berdasarkan hierarkinya. | |||
§ Mengetahui akibat mematuhi peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat. § Mengetahui akibat melanggar peraturan dan undang-undang bagi individu dan masyarakat. | ||||
Jumlah |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
3. Memahami kebebasan berorganisasi. | 3.1. Mendekripsik-an pengertian organisasi | § Mendeskripsikan pengertian organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh tujuan organisasi. § Menyebutkan contoh-contoh anggota organisasi. | ||
§ Merumuskan contoh struktur organisasi. § Merumuskan contoh tata tertib organisasi. | ||||
3.2. Menyebut-kan contoh organisasi di lingkungan sekolah dan masyarakat. | § Menjelaskan tujuan, anggota, struktur, dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat. | |||
3.3. Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di sekolah. | § Memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi. | |||
Jumlah |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
4. Menghargai keputusan bersama. | 4.1. Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama. | § Memahami definisi keputusan bersama. § Memahami bentuk-bentuk keputusan bersama. § Memahami prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat. | ||
4.2. Memahami keputusan bersama. | § Memahami definisi dan bentuk-bentuk keputusan bersama, serta musyawarah dan mufakat.. § Menentukan sikap yang tepat terhadap keputusan bersama. | |||
Jumlah |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5A
Kelas/Program : V
Semester : Ganjil
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah | 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan, dan penaksiran | o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara efisien o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan | ||
1.2. Menggunakan faktor prima untuk menentukan KPK dan FPB | Mengunakan faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK | |||
1.3. Melakukan operasi hitung campuran bilangan bulat | o Membaca dan menuliskan bilngan bulat dalam kata-kata dan angka o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat o Melakukan operasi hitung campuran dengan bilangan bulat o Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan bilangan bulat | |||
1.4. Menghitung perpangkatan dan akar sederhana | o Mencari hasil pemangkatan dua o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan berpangkat dua o Mengenal arti pangkat dua dari suatu bilangan o Mencari hasil penarikan perpangkatan akar pangkat dua dari bilangan kuadrat o Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan bulat | |||
1.5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, KPK dan FPB | o Memecahkan masalah yang melibatkan akar pangkat | |||
2. Menggunakan pengukuran waktu, sudut, jarak, dan kecepatan dalam pemecahan masalah | 2.1.Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | o Menuliskan tanda waktu dengan menggunakan notasi 24 jam | ||
2.2.Melakukan operasi hitung satuan waktu | o Melakukan operasi hitung satuan waktu o Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu | |||
2.3.Melakukan pengukuran sudut | o Menentukan dan menaksir besar sudut o Menggambar dan mengukur sudut dengan busur derajat | |||
2.4.Mengenal satuan jarak dan kecepatan | o Mengenal hubungan antarsatuan jarak o Menghitung satuan jarak o Mengenal macam-macam satuan kecepatan o Mengukur kecepatan secara tidak langsung dan langsung | |||
2.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu, jarak, dan kecepatan | o Menghitung masalah yang berkaitan denagn waktu, jarak, dan kecepatan | |||
3. Menghitung luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | 3.1. Menghitung luas trapesium dan layanglayang | o Menemukan Rumus Luas Trapesium dan Layang-Layang o Menghitung Luas Trapesium dan Layang-Layang | ||
3.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar | o Menyelesaikan masalah tentang trapesium dan Layang-Layang | |||
4. Menghitung Volume Kubus Dan Balok Dan Menggunakannya Dalam Pemecahan Masalah | 4.1. Menghitung volume kubus dan balok | o Mencari Volume Kubus dan Balok o Mengenal rumus volume kubus dan balok o Menghitung volume kubus dan balok dengan rumus o Mengenal satuan volume yang baku | ||
4.2. Menyelesaik-an masalah yang berkaitan dengan volume kubus dan balok | o Menyelesaikan masalah tentang kubus dan balok | |||
Jumlah |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 5B
Kelas/Program : V
Semester : Genap
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | 5.1.Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya | o Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Persen o Mengubah pecahan Biasa menjadi desimal | ||
5.2.Menjumlahkan dan mengurangkan berbagai bentuk pecahan | o Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama o Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran o Menjumlahkan pecahan campuran dengan persen dan desimal serta campuran o Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal o Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut o Mengurangkan pecahan dari bilangan asli o Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran o Mengurangkan dua pecahan campuran serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut o Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama o Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal o Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap masalah sehari-hari | |||
5.3.Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan | o Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya o Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan persen dan sebaliknya o Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan | |||
5.4.Menggunakan pecahan dalam masalah perbandingan dan skala | o Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan o Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala | |||
6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun | 6.1.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar | o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun segitiga dan persegi panjang o Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun trapesium dan jajargenjang o Menggambar bangun segitiga dan persegi panjang o Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran o Menggambar lingkaran dengan jangka o Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat o Menggambar belah ketupat | ||
6.2.Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang | o Mengidentifikasi sifat-sifat bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut o Menggambar bangun prisma tegak, Limas, dan Kerucut | |||
6.3.Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana | o Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana | |||
6.4.Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri | o Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun o Menunjukkan dan menentukan sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar | |||
6.5.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | o Menghitung masalah yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana | |||
Jumlah |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
1 Mende-ngarkan Memahami penjelasan nara sumber dan cerita rakyat secara lisan | 1.1 Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | · Siswa dapat mendengarkan penjelasan. · Siswa dapat menanggapi pernyataan. · Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | |||
1.2 Mengiden-tifikasi un-sur cerita rakyat yang didengarnya | · Siswa dapat mendengarkan cerita rakyat. · Siswa dapat mencatat nama-nama tokoh dalam cerita · Siswa dapat menjelaskan sifat tokoh dengan tepat. · Siswa dapat memberikan tanggapan mengenai isi cerita rakyat yang didengar. | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
2 Berbicara Mengungkap-kan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau berwawancara | 2.1.Menang-gapi penje-lasan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan santun berbahasa. | · Siswa dapat mendengarkan penjelasan. · Siswa dapat menanggapi pernyataan. · Siswa dapat menanggapi penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menuliskan hal-hal penting dari penjelasan nara sumber. · Siswa dapat menceriterakan kembali penjelasan nara sumber. | |||
2.2 Menceri-terakan hasil pengamatan/kunjungan dengan bahasa runtut,baik dan benar . | · Siswa dapat memahami laporan hasil kunjungan. · Siswa dapat membuat laporan hasil kunjungan dengan benar. · Siswa dapat menyampaikan hasil laporan dengan benar. · Siswa dapat menanggapi isi laporan kunjungan. | ||||
2.3 Berwa-wancara sederhana dengan nara sumber (petani,pedagang,nelayan,karyawan dll) dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa. | · Siswa dapat memahami kegiatan wawancara dan memperagakan wawancara. · Siswa dapat menuliskan daftar pertanyaan untuk melakukan wawancara. · Siswa dapat melakukan wawancara dengan nara sumber. · Siswa dapat menggunakan kata Tanya dengan tepat. · Siswa dapat membuat kata Tanya apa,siapa,di mana,kapan,dari mana,bagaimana dan kapan dengan tepat. | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
3. Membaca Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75 kata/menit, dan membaca puisi | 3.1. Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat. | · Siswa dapat membaca teks bacaan secara berpasangan di depan kelas. · Siswa dapat mencatata hal-hal pokok dalam percakapan. · Siswa dapat menuliskan isi kesimpulan percakapan. | |||
3.2 Menemu-kan gaga-san utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata/menit. | · Siswa dapat membaca bacaan dengan kecepatan 75/menit. · Siswa dapat mencatat hal-hal penting dari bacaan yang dibaca. · Siswa dapat mengajukan dan menjawab pertanyaan berdasarkan informasi bacaan yang dibaca. · Siswa dapat menceriterakan kembali isi bacaan yang dibaca. | ||||
3.3 Membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. | · Siswa dapat menentukan jeda,penggalan kata dalam puisi. · Siswa dapat membaca puisi dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. · Siswa dapat mencari puisi yang bertemakan Pahlawan dan membacakan dengan ekspresi dan penghayatan yang tepat. | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
4. Menulis Mengungkap-kan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis | 4.1. Menulis karangan berdasarkan pengalaman dengan memperhatikan pilihan kata dan penggunaan ejaan. | · Siswa dapat menentukan judul karangan. · Siswa dapat melengkapi bagian awal,tengah,akhir cerita. · Siswa dapat menulis karangan berdasar-kan penga-laman. · Siswa dapat membaca karangan yang dibuat. · Siswa dapat memahami penggunaan kata “tanpa”. | |||
4.2 Menulis surat undangan (ulang tahun, acara keagama-an, kegia-tan seko-lah, kenaikan sekolah dll) dengan kalimat efektif dan memperhatikan penggunaan ejaan. | · Siswa dapat memahami bagian-bagian surat undangan resmi. · Siswa dapat melengkapi surat undangan dengan tepat. | ||||
4.3 Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. | · Siswa dapat membaca contoh dan kesimpulan isi dialog. · Siswa dapat memperagakan percakapan dan menyimpulkan isi percakapan. · Siswa dapat menulis dialog dengan tema yang telah ditentukan berdasarkan gambar. · Siswa dapat memperagakan dialog tang dibuat di depan kelas. · Siswa dapat memahami penggunaan tanda seru ( ! ) dalam kalimat. · Siswa dapat membubuhi tanda seru ( ! ) dalam kalimat. · Siswa dapat membuat kalimat dengan mengguanakan tanda seru ( ! ) | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
5. Mende-ngarkan Memehami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan | 5.1 Menang-gapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan secara lisan | · Siswa mendengarkan cerita tentang suatu peristiwa · Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan Guru · Siswa menanggapi suatu masalah di sekitar | |||
5.2 Mengiden-tifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat) | · Siswa dapat mendengarkan pembaca cerita. · Siswa dapat bertanya jawab tentang isi cerita yang di dengar | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
6. Berbicara Mengungkapkan pikiran dan persaan secara lisan dalam diskusi dan bermain drama | 6.1 Mengo-mentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan late dan santun berbahasa | · Siswa dapat mencermati persoala atau masalah yang diajukan · Siswa dapat menanggapi masalah yang di diajukan | |||
6.2 Memeran-kan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | · Memeran-kan tokoh drama · Mengung-kapkan pendapat tentang drama | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
7. Membaca Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca cerita anak | 7.1 Memban-dingkan isi dua teks yang dibacadengan membaca sekilas | · Membaca dua bacaan · Mencatat persamaan dan perbedaan dari kedua bacaan | |||
7.2 Menemu-kan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk telepon, jadwal perjalanan daftar acara, menu dll | · Membaca jadwal siaran lelevisi · Menjawab pertanyaan · Menjelas-kan jadwal dalam bentuk kalimat | ||||
7.3 Menyim-pulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat | · Membaca cerita · Menjawab pertanyaan · Menuliskan kesimpulan isi cerita | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
8. Menulis Mengungkap-kan pikiran , perasaan, informasi, dan fakta tertulis dalam bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas | 8.1 Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memperhatikan penggunaan ejaan | · Memahami langkah-langkah dalam kegiatar meringkas · Membaca saksama bacaan yang akan diringkas · Meringkas bacaan atau buku | |||
8.2 Menulis laporan pengama-tan / kunjungan berdasar tahapan (catatan, konsep awal, perbaikan, final) dengan memperhatikan pengguna-an ejaan | · Menyusun laporan peristiwa · Menyampaikan laporan secara lisan · Memperbaiki tulisan laporan | ||||
8.3 Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat | · Membaca contoh puisi · Menulis puisi | ||||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V / SD
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan | Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia. | o Mengidentifikasi alat pernapasan pada manusia dan pada beberapa hewan. | ||
Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah | o Membuat model alat pernapasan manusia dan mendemonstrasikan cara kerjanya. o Menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, misalnya menghirup udara tercemar, merokok dan terinfeksi oleh kuman. o Membiasakan diri memelihara kesehatan alat pernapasan | |||
Mengidentifikasi fungsi organ pencernaan manusia dan hubungannya dengan makanan dan kesehatan | o Mengidentifikasi alat pencernaan makanan pada manusia. o Mencari informasi tentang penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menjaga kesehatan alat pencernaan. o Mengidentifikasi makanan bergizi dan menyimpulkan bahwa makanan yang bergizi dengan jumlah dan susunan menu seimbang menjadikan tubuh sehat. o Mempraktekkan cara-cara mengolah bahan makanan dengan tetap mempertahankan nilai gizinya. | |||
Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia. | o Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui gambar. | |||
Mengidentifikasi gangguan pada organ peredaran darah manusia | o Mencari informasi tentang penyakit yang mempengaruhi alat peredaran darah manusia. o Mempraktekkan kebiasaan hidup sehat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan alat peredaran darah. | |||
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan | 2.1. Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan | o Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #) o Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan. | ||
2.2. Mendeskripsikan ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan | o Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang digunakan oleh manusia dan hewan untuk makanannya. o Menjelaskan pentingnya tumbuhan hijau bagi manusia dan hewan sebagai sumber energi. o Memprediksi yang akan terjadi bila di dunia ini tidak ada tumbuhan hijau. | |||
3. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan | 3.1. Mengidentifi-kasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | o Memberikan contoh cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungannya untuk memperoleh makanan dan melindungi diri dari musuhnya. | ||
3.2. Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup | o Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam. | |||
4. Memahami hubungan antara sifat bahan dengan penyusunnya dan perubahan sifat benda sebagai hasil suatu proses | 4.1.Mendeskripsikan hubungan antara sifat bahan dengan bahan penyusunnya, misalnya benang, kain, dan kertas | o Mengidentifikasi beberapa jenis sifat bahan berdasarkan struktur penyusunnya, misalnya: bahan tali-temali. o Memberi contoh penggunaan berbagai jenis bahan berdasarkan strukturnya. o Mengidentifikasi bahan-bahan yang akan diuji kekuataannya. o Membandingkan kekuatan beberapa jenis bahan yang diuji, misalnya berbagai jenis benang/kertas. o Menyimpulkan dari hasil percobaan bahwa ada hubungan antara jenis penyusun bahan dengan sifatnya. | ||
4.2.Menyimpulkan hasil penyelidikan tentang perubahan sifat benda, baik sementara maupun tetap | o Mengumpulkan data tentang sifat benda, seperti bentuk, warna, kelenturan, kekerasan, dan bau sebelum dan sesudah mengalami perubahan. o Mendeskripsikan sifat benda sesudah mengalami perubahan sebagai hasil suatu proses. o Mengidentifikasi faktor yang menyebabkan perubahan pada benda. o Mengidentifikasi benda yang dapat dan yang tidak dapat kembali ke wujud semula setelah mengalami suatu proses. o Mendeskripsikan kondisi benda setelah mengalami proses berdasarkan pengamatan. | |||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : V
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya | 5.1. Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak dan energi melalui percobaan (gaya gravitasi, gaya gesek, gaya magnet) | o Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis. o Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa benda melalui percobaan. o Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari. o Membuat magnet. o Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah. o Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi di bumi. o Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus). o Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan. o Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari. | ||
5.2. Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat | o Mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana misal pengungkit, bidang miring, katrol dan roda. o Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda. o Mengidentifikasi kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana. o Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana. | |||
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model | 6.1. Mendeskripsi-kan sifat-sifat cahaya | o Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap). o Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung). o Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan. o Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna. o Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari. | ||
6.2.Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifat-sifat cahaya. | o Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misal periskop, atau lensa sederhana. o Memilih dan menentukan berbagai alat/bahan yang sesuai. o Menggunakan bahan/benda yang sesuai. o Membuat karya/model yang sesuai dengan rancangan. o Menguji cara kerja model yang dibuat. o Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya/model yang terbaik. o Menerapkan prinsip keselamatan kerja. | |||
7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam | 7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan | o Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan. | ||
7.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tanah | o Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah, misalnya : berpasir, tanah liat, humus | |||
7.3 Mendeskripsikan struktur bumi | o Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar dan kerak). *) | |||
7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya | o Menjelaskan pentingnya air. o Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar. | |||
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air | o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air. o Melakukan pembiasaan cara menghemat air. | |||
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup dan lingkungan | o Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan atau pengalaman pribadi atau laporan surat kabar/media lainnya tentang peristiwa alam misalnya banjir, gempa bumi, gunung meletus. o Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan dan lingkungan. | |||
7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb) | o Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi permukaan bumi. | |||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
NAMA SEKOLAH : ............... |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : V / I |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia | 1.1. Mengenal makna peningga-lan-pening-galan sejarah yang berskala nasional dari masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia | § Menyusun daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Membuat daftar peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Menceritakan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Melestarikan peninggalan sejarah yang bercorak Hindu-Budha dan Islam yang ada di Indonesia § Menunjukkan letak peninggalan sejarah Hindu – Buddha me- lalui peta § Mengelompokkan peninggalan sejarah sesuai kelompok aga- manya § Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat bersejarah § Mendiskusikan hasil kunjungan ke tempat bersejarah | ||
1.2. Menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | § menceritakan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Menyebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia § Mengelompokkan tokoh- tokoh sejarah pada masa Hindu- Budha, dan Islam di Indonesia § Membandingkan tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia | |||
1.3. Mengenal keragaman kenampa-kan alam dan buatan serta pembagi-an wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya | § Menggambar peta Indonesia dengan memberi simbol § Menyebutkan ciri-ciri kenampakan alam dan buatan § Menunjukkan pada peta pembagian wilayah waktu di Indonesia | |||
1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia | § Menemutunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia § Mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya § Mengidentifikasi keragaman budaya yang terdapat di Indonesia § Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia | |||
1.5. Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia | § Menyebutkan jenis-jenis usaha perekonomian dalam masyarakat Indonesia § Memberi contoh usaha yang dikelola sendiri dan kelompok § Memberikan contoh cara menghargai kegiatan orang dalam usaha § Memberi contoh kegiata produksi, distrbusi, dan konsumsi di Indonesia | |||
JUMLAH |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
NAMA SEKOLAH : ................. |
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
Kelas / Semester : V / 2 |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia | 2.1.Mendeskripsikan perjuangan para to-Koh pejuang pada pada penjajah Belanda dan Jepang | § Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda § Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang memberatkan rakyat § Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya mengusir penjajah Belanda § Menceritakan pendudukan Jepang di Indonesia § Menceritakan sebab dan akibat pengerahan tenaga romusa oleh Jepang terhadap penduduk Indonesia § Membuat ringkasan riwayat hidup tokoh penting pergerakan nasional § Membuat laporan tentang tokoh pejuang yang ada di provinsinya § Menceritakan peristiwa sumpah pemuda § Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 § Menceritakan peranan tokoh dalam peristiwa sumpah Pemuda 28 Okt 1928 dalam mempersatukan Indonesia | ||
2.2.Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-persiapkan kemerdekaan Indonesia | § Menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan § Menjelaskan perlunya perumusan dasar negara sebelum kemerdekaan § Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan § Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan | |||
2.3.Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mem-proklamasikan kemerdekaan Indonesia | § Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan § Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokmasikan kemerdekaan | |||
2.4.Menghargai perjuangan para tokoh dalam mem-pertahankan kemerdeka-an | § Menjelaskan cara mengenang perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan § Menunjukkan sikap menghargai perjuangan para tokoh dalam mempertahankan kemerdekaan | |||
JUMLAH |