Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Bahasa Indonesia IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pertama)

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV / I
Alokasi Waktu     : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)


I.      STANDAR KOMPETENSI
1.    Mendengarkan penjelasan tentang  denah dan simbol daerah/lambang korps.

II.       KOMPETENSI DASAR
1.1  Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar

III.      INDIKATOR
1.     Mancatat isi petunjuk sesuai denah
2.     Membuat sketsa petunjuk sesuai dengan yang didengar
3.     Menjelaskan kembali isi petunjuk
4.     Membuat denah perjalanan dari rumah ke sekolah

 IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Dengan mendengarkan petunjuk arah yang disampaikan oleh guru peserta didik dapat :
a.      Membuat sketsa dalam bentuk sederhana
b.      Membuat denah berdasarkan sketsa yang dibuat
2.     Menunjukkan arah jalan yang akan di lewati berdasarkan denah yang ada
3.     Membuat denah perjalanan dri rumah masing-masing ke sekolah

V.      MATERI PEMBELAJARAN
          1.    Denah

VI.     METODE PEMBELAJARAN
1.     Ceramah, diskusi, observasi, demontrasi, tugas.

VII.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
          Langkah – langkah pembelajaran
          Pertemuan  pertama (2 x 35 menit )
         
          A.   Kegiatan Awal
                 APERSEPSI
1.      Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu ” Anak kambing saya”.
2.      Guru memberi pertanyaan kepada peserta didik tentang :
·           Siapa yang pernah melihat denah ruang ujian kelas 6 (UASBN).
·           Disebelah mana ruang ujian dengan ruang panitia.
·           Berjalan kearah manakah dari gapura sekolah menuju ruang panitia.
3.      Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.

B.   Kegiatan Inti
EKSPLORASI
1.      Guru mengkondisikan peserta didik untuk mengikuti pelajaran.
2.      Guru menjelaskan pengertian denah dalam pembelajaran ini.
3.      Guru memperdengarkan petunjuk arah dari sebuah denah.
4.       Guru menjelaskan penggunaan sebuah denah.
5.      Peserta didik di bagi menjadi beberapa kelompok.

ELABORASI
1.      Pesarta didik membuat skrtsa dari petunjuk arah yang disampaikan oleh guru.
2.      Peserta didik mendiskusikan sketsa berdasarkan petunjuk arah yang disampaikan oleh guru.

KONFIRMASI
1.      Peserta didik menyampaikan denah yang telah di gambar.
2.      Peserta didik membandingkan denah yang digambar dengan denah yang digambar kelompok lain.

C.   Kegiatan Akhir
1.      Membuat kesimpulan.
2.      Guru memberi pekerjaan rumah kepada peserta didik untuk pertemuan yang akan datang agar membawa surat undangan yang ada gambar denah lokasi.

Pertemuan kedua ( 2x 35 menit)

A.     Kegiatan Awal
APERSEPSI
1.      Guru mengabsen peserta didik.
2.      Guru bersama peserta didik menyanyikan lagi “ Desaku yang Ku Cinta”.
3.      Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.
4.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.

B.   Kegiatan Inti
     EKSPLORASI
1.      Guru mengadakan tagian tugas rumah tentang surat undangan yan ada denah lokasinya.
2.      Guru memberi tugas kepada dua peserta didik untuk menyampaikan petunjuk arah berdasarkan denah surat undangan yang di bawa secara bergantian.




     ELABORASI
1.      Guru memberi tugas kepada masing – masing kelompok menyampaikan 3 denah petunjuk arah yang berbeda yang terdapat pada surat undangan secara tertulis.
2.      Masing – masing berdiskusi untuk menentukan petunjuk arah berdasarkan denah.

     KONFIRMASI
1.      Peserta didik membacakan hasil kerja diskusi.
2.      Guru mengklasifikasikan hasil kerja kelompok.

C.   Kegiatan akhir
1.      Guru merefleksi hasil kerja diskusi peserta didik.
2.      Guru memberi penguatan kepada peserta didik.
3.      Guru memberi tugas rumah.

Pertemuan ketiga ( 2x 35 menit)

A.   Kegiatan Awal
     APERSEPSI
1.      Guru memberi salam kepada semua peserta didik.
2.      Guru mengamati kehadiran peserta didik.
3.      Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.

B.   Kegiatan Inti
     EKSPLORASI
1.      Guru membuat kesiapan untuk peserta didik untuk mengikuti pelajaran.
2.      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang lokasi sebuah toko”Sarana Olah Raga” sambil membuat sketsa.
3.      Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok.

     ELABORASI
1.      Peserta didik mendiskusikan sketsa yang di buat dari penjelasan guru tentang lokasi toko ”Sarana Olah Raga”.
2.      Peserta didik berdiskusi membuat denah tentang lokasi toko ”Sarana Olah Raga”.

     KONFIRMASI
1.      Peserta didik menunjukan gambar denah lokasi toko ”Sarana Olah Raga”.
2.      Peserta didik mengamati denah dari kolompok lain.

C.   Kegiatan akhir
1.      Guru merefleksi hasil kerja diskusi peserta didik.
2.      Guru memberi tugas rumah untuk membuat denah tempat duduk kelas empat.

Pertemuan keempat ( 2x 35 menit)

A.   Kegiatan Awal
     APERSEPSI
1.      Guru memberi salam kepada semua peserta didik.
2.      Guru mengamati kehadiran peserta didik.
3.      Guru menyiapkan alat dan bahan pelajaran.
4.      Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dipelajari.

B.   Kegiatan Inti
     EKSPLORASI
1.      Guru mengkondisiksn perhatian peserta didik.
2.      Guru menjelaskan denah yang akan digambar yaitu lokasi rumah peserta didik masing – masing ke sekolah.
3.      Guru menjelaskan jalan – jalan dan rumah –rumah atau tempat – tempat lain yang perlu digambar.

     ELABORASI
1.      Peserta didik membuat sketsa lokasi rumah masing – masing ke sekolah, guru berkeliling mengamati dan membimbing.
2.      Peserta didik membuat denah lokasi rumah masing – masing ke sekolah berdasarkan sketsa.

     KONFIRMASI
1.      Beberapa peserta dididk menunjukan gambar denah yang dibuat di muka kelas. Pesarta didik yang lain memperhatikan/ mengamati.
2.      Beberapa peserta didik membaca perjalanan dari rumah ke sekolah derdasarkan denah yang dibuat.
3.      Semua peserta didik mengumpulkan tugas.

C.   Kegiatan Akhir
A.     Guru merefleksi hasil kerja diskusi peserta didik.
B.     Guru memberi penguatan kepada peserta didik.
C.     Guru memberi tugas rumah.

VIII.   ALAT DAN SUMBER BAHAN
1.     Sketsa,Denah
2.     Silabus
3.     Promes kelea IV
4.     Buku Sasabi KTSP 2006 kelas IV halaman 8-9,19-20,41
5.     Bina Bahasa dan Sastra Indonesia halaman 1-2,11-12
6.     Aku Suka Berbahasa Indonesia halaman 9-10
7.     Bahasa Indonesia Membuat Cerdas halaman 2,4,5

IX.     PENILAIAN
1.     Teknik Test :
a.      Tertulis
b.      Lesan
c.      Penugasan

          SOAL EVALUASI

          Pertemuan Pertama

            Rumah Soni menghadap jalan Kepodang. Ia hendak pergi ke taman rekreasi yang ada di jalan Beo. Ia berangkat dari rumah menyusuri jalan Kepodang. Sampai di pertigaan pertama belok ke kiri menelusuri jalan Glantik. Sampai di  perempatan belok ke kiri menelusuri jalan Kutilang. Sampai di pertigaan belok ke kanan menelusuri jalan Jalak. Sampai di pertigaan belok ke kiri menelusuri jalan Beo. Sampailah ia di gapura taman rekreasi.

·           Buatlah denah berdasarkan petunjuk yang  kamu dengar!

          Pertemuan Kedua
            Rumah Roni berada di jalan Turi menghadap ke barat. Ia akan membayar pajak listrik ke KUD yang berada di jalan Mawar. Seusai membayar pajak listrik ia ingin pergi kepasar yang berada di jalan Melati yang menghadap ke timur. Roni berangkat lewat jalan Turi, sampai di pertigaan belok ke kiri menelisuri jalan Menur. Sampai pertigaan belok ke kanan menelusuri jalan Anggrek. Perempatan jalan lurus, sampai pertigaan. Disitulah kantor KUD berada. Sepulang dari KUD ke barat menelusuri jalan Mawar, sampai dipertigaan belok ke kiri sampai di jalan Melati. Disitulah letak pasar

·           Buatlah denah berdasarkan petunjuk yang  kamu dengar!







          Pertemuan ketiga
            GOR yang akan dikunjungi Nina dan teman – temannya berada di jalan Patimura menghadap selatan. Sekolah Nina berlokasi di jalan Teuku Umar no 10 menghadap ke barat. Nina berjalan dari sekolahannya kearah utara ± 500 meter, sampai di perempatan pertama. Dari perempatan pertama kemudian belok kiri menuju jalan A. Yani. Nina berjalan lurus ke arah barat ±200meter, sampailah pada perempatan jalan yang kedua. Kemudian Nina belok kekiri menuju ke arah jalan Diponegoro. Kemudian Nina jalan lurus sampai dipertigaan belok ke kanan menuju jalan Patimura. Disitulah letak GOR, disebelah utara jalan Patimura menghadap ke selatan

·           Buatlah denah berdasarkan petunjuk yang kamu dengar!

Pertemuan Keempat
            Rumah Susi berada di utara jalan Diponegoro menghadap ke selatan. Susi ingin ke sekolah SD Harapan Jaya yang terletak disebelah utara jalin A. Yani. Susi berangkat menelusuri jalan Diponegoro, sampai di pertigaan belok ke kiri menelusuri jalan Erlangga, Sampai diperempatan belok ke kanan, menelusuri jalan A. Yani. Sampailah Susi di SD Harapan Jaya.


·           Buatlah denah berdasarkan petunjuk yang kamu dengar!

Kunci Jawaban













Pertemuan Pertama
























U






























































































S












Rumah Soni



























Jalan Kepodang























Masjid

Jalan Glatik


Kantor Kecamatan













































Jalan Kutilang





























Jalan Pipit



Jalan Jalak

KUD















































Toko Serba Ada








Tempat Rekreasi














Jalan Beo




















































Pertemuan Kedua








U































































































S











KUD









Pasar



Jln. Mawar











Jln. Melati
































Kantor Pos


























Jln Kamboja



Jln. Dahlia





















Terminal




Jln. Anggrek












Jln. Kecubung














Puskesmas
















Jln. Menur
















Jln. Turi


Rumah Roni




























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar