Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema                        : Peristiwa
Kelas / Semester       : II / I
Alokasi Waktu         : 3 Minggu

I.       Standar Kompetensi
1.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
1)   Memahami teks pendek dan puisi anak dilisankan
Berbicara
2)   Mengunkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca
3)   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan menulis puisi anak
Menulis
4)   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
2.      Matematika
1)   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 300
2)   Menggunakan pengukuran waktu, panjang, dan berat dalam
3.      IPS
1) Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
4.      IPA
1)      Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan pertumbuhan hewan serta berbagai tempa makhluk hidup
2)      Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan wujud yangdapat dialaminya.
5.      PKn
1)      membiasakan hidup gotong-royong
6.      SBK
1)      Mengapresiasi karya seni rupa
2)      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
7.      Bahasa Jawa
1)      Mendengarkan dan memahami pesan lisan yang bertema keluarga hubungan kekerabatan

II.    Kompetensi Dasar
1.      Bahasa Indonesia
-  Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri teks pendek.
-  Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa.
-  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
-  Menyimpulkan teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
-  Menuliskan kalimat sederhanayang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
2.      Matematika
-  Membandingkan bilangan sampai 500.
-  Mengurutkan bilangan sampai 500.
-  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500.
-  Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam.
-  Menggunakan alat ukur panjang, tidak baku dan baku (cm,m) yang sering digunakan.
-  Menggunakan alat ukur berat.
-  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda.
3.      IPS
-  Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga  miliknya.
-  Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
4.      IPA
-  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
-  Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).
-  Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
-  Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat, tepung) akibat dari kondisi tertentu.
5.      PKn
-  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong-menolong.
6.      SBK
-  Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa.
-  Menunjukkan sikap apresiasif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa.
7.      Bahasa Jawa
-  Mendengarkan dan memahami pesan lisan yang bertema keluarga hubungan kekerabatan.

III. Indikator
1.      Bahasa Indonesia
-  Menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan.
-  Menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri.
-  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
-  Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak.
-  Menceritakan teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
-  Menuliskan pengalaman dengan huruf sambung, memperhatikan dan kecepatan.
2.      Matematika
-  Mengelompokkan dengan cara membandingkan kelompok besar dan kelompok kecil.
-  Menceritakan jumlah kelompok besar dan kelompok yang kecil berhubungan dengan lingkungan sekitar.
-  Menyusun bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.
-  Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
-  Membaca dan menentukan waktu yang ditunjukkan jarum jam.
-  Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek, atau sama panjang dengan benda lain.
-  Menentukan benda yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain.
-  Mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda.
3.      IPS
-  Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
-  Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen foto.
-  Menjelaskan pentingnyamemelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
-  Membuat cerita sederhana tentang benda penting keluarga lisan/tulis.
-  Menjelaskan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
-  Menyebutkan silsilah dalam keluarga secara sederhana.
4.      IPA
-  Menyebutkan bagian tubuh hewan berdasarkan pengamatan. Misalnya : kaki, perut, sayap, sirip, dan sebagainya.
-  Menceritakan perubahan yang dialami hewan (dalam ukuran) dan pada tumbuhan (Proses pertumbuhan) berdasarkan hasil pengamatan.
-  Memberikan contoh berbagai tumbuhan disekitar yang berguna bagi manusia.
-  Mengidentifikasi benda disekitar yang dapat berguna bagi manusia.
-  Mengidentifikasi benda disekitar yang dapat merubah bentuk seperti plastisin, tanah liat.
-  Dapat membuat berbagai bentuk benda dari bahan yang sudah dibentuk (Plastisin, tanah liat).
-  Menceritakan benda-benda disekitar dan memperagakan kegunaannya.
5.      PKn
-  Menyebutkan ciri-ciri hidup rukun.
-  Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
-  Menyebutkan contoh-contoh hidup rukun di sekolah.
-  Menyebutkan contoh-contoh saling berbagi di sekolah.
-  Menceritakan manfaat berbagi dengan teman di rumah.
-  Menyebutkan akibat jika tidak rukun, tidak saling berbagi dan tolong-menolong.
-  Menyebutkan ciri-ciri hidup tolong-menolong.


6.      SBK
-  Mengenal warna dalam seni rupa.
-  Menggambar dengan bentuk warna dan daya imajinasi.
7.      Bahasa Jawa
-  Menjawab pertanyaan tentang inggah-inggahan.
-  Menceritakan kembali dengan bahasa sehari-hari.
-  Membaca teks pendek bacaan dengan lafal dan intonasi yang tepat.
-  Melengkapi kalimat atau kosok balen.

IV. Tujuan Pembelajaran
-    Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengar.
-    Siswa dapat menceritakan kembali cerita dengan menggunakan kata-kata sendiri secara lisan maupun tulisan.
-    Menceritakan kembali teks dialog (percakapan) tentang alat-alat sekolah dengan menggunakan kata tanya : apa, dimana, siapa.
-    Siswa dapat membacakan puisi di depan kelas dengan ekspresi yang tepat.
-    Siswa dapat menulis pengalaman yang dialami dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
-    Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
-    Siswa dapat menentukan suatu bilangan lebih dari lebih kecil atau sama dengan bilangan lain.
-    Siswa dapat menyusun bilangan dari terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
-    Siswa dapat mengingat fakta penjumlahan dan pengurangan.
-    Siswa dapat menentukan tanda jam waktu yang ditunjuk.
-    Siswa dapat menyebutkan jumlah jam sehari semalam.
-    Siswa dapat menyatakan lama waktu, kegiatan dalam satu jam.
-    Siswa dapat menentukan benda lebih panjang lebih pendek atau sama.
-    Siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (cm, m)
-    Siswa dapat menentukan benda dengan satuan yang lebih berat, lebih ringan atau sama dengan benda yang lain.
-    Siswa dapat menunjukkan dokumen diri dari keluarga.
-    Siswa dapat menceritakan peristiwa masa kecil tentang diri dan keluarga.
-    Siswa dapat mengetahui pentingnya memelihara dokumen.
-    Siswa dapat menceritakan sederhana tentang benda penting.
-    Siswa dapat menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
-    Siswa dapat menyebutkan bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
-    Siswa dapat menceritakan nama hewan dengan cara bergeraknya.
-    Menceritakan isi gambar (pertumbuhan hewan dan tumbuhan) berdasarkan pengamatan.
-    Siswa dapat menceritakan proses perubahan yang dialami hewan dan tumbuhan berdasarkan hasil pengamatan baik lisan maupun tulisan.
-    Siswa dapat menyebutkan berbagai hewan yang menguntungkan dan membahayakan.
-    Siswa dapat menyebutkan beberapa benda di sekitar berikut kegunaannya.
-    Siswa dapat melakukan pengamatan melaluigambar keluarga rukun dan tidak rukun.
-    Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri hidup rukun di rumah dan di sekolah.
-    Siswa dapat menceritakan manfaat saling berbagi dan tolong-menolong dengan teman di rumah, sekolah.
-    Siswa dapat menceritakan pengalaman tentang kerukunan saling berbagi dan tolong-menolong.
-    Siswa dapat menyebutkan jika tidak rukun tidak saling berbagi dan tolong menolong.
-    Siswa dapat membiasakan hidup rukun baik di rumah maupun di sekolah.
-    Siswa dapat mengenal warna dalam seni rupa.
-    Siswa dapat menggambar bebas dengan bentuk warna dan daya imajinasi.
-    Siswa dapat mengungkapkan perasaaan ketertarikan pada imajinasi dan berbagai unsur rupa benda di alam sekitar.
-    Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang bacaan.
-    Menceritakan kembali isi bacaan.
-    Siswa dapat menyembunyikan,membedakan, menunjukkan vocal di dan dhi, de dan dhe dan sebagainya.
-    Siswa dapat melengkapi menulis / tembung-tembung kosok balen.

V.    Materi Ajar
-        Mendengarkan bacaan pendek.
-        Berbicara
-        Membaca
-        Menulis
-        Bilangan cacah
-        Oprasi hitung bilangan
-        Waktu
-        Ukuran panjang
-        Berat
-        Dokumen diri dan keluarga
-        Dokumen keluarga sebagai sumber belajar
-        Tubuh hewan dan tumbuhan
-        Benda
-        Kerukunan
-        Seni rupa
-        Menggambar bebas
-        Mendengarkan
-        Membaca
-        Menulis

VI. Metode Pembelajaran :
-        Ceramah berfariasi
-        Tanya jawab
-        Demonstrasi
-        Pemberian tugas

VII.               Kegiatan Pembelajaran:
Semester I  Minggu I
Pertemuan ke 1                        : Matematika, IPA, BI
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-  Mengelompokkan dengan cara membandingkan kelompok besar dan kelompok kecil.
-  Jumlah kelompok besar dan kelompok yang kecil berhubungan dengan lingkungan.
IPA
-  Menyebutkan bagian tubuh cara hewanberdasarkan pengamatan. Misalnya : Kaki, perut, sirip dan sebagainya.
Bahasa Indonesia
-  Menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengarkan.
-  Menceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri.
  1. Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa, membaca Pancasila.
b.      Guru mengamati siswa,kerapian, kelengkapan, keseragaman.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
  1. Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-       Siswa dapat membilang kelompok yang ada dalam kelas.
-       Siswa membilang dengan teliti.
IPA
-       Siswa menguraikan bagian tubuh hewan

Bahasa Indonesia
-       Siswa mendengarkan cerita yang dibaca guru.
-       Siswa menjawab pertanyaan sesuai cerita yang didengar secara lisan.
2.      Elaborasi
Matematika
-          Siswa mengamati benda yang diperlihatkan guru (gambar buah, hewan, manik-manik)
-          Siswa mengelompokkan warna manik-manik.
IPA
-          Siswa mengamati gambar tentang bagian tubuh hewan, kucing, burung kutilang.
-          Siswa menyanyikan lagu Burung Kutilang.
-          Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.
Bahasa Indonesia
-          Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membilang benda sekeliling.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : cara bergerak hewan. Misalnya : menggunakan sayap, perut, kaki.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : bacaan yang didengar.
  1. Kegiatan Penutup
e.       Guru melakukan refleksi :
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
f.       Guru membacakan laporan pengamatan.
g.      Guru memberi tugas di rumah.
  1. Lampiran
-          Mana yang lebih besar antara bilangan 397 dan 431 ?
-          Sebutkan hewan apa saja yang bergerak dengan kaki!
-          Sebutkan bagian tubuh pada hewan kucing dan burung!
-          Majulah ke depan kelas. Ceritakan kembali bacaan yang kamu dengar!

Pertemuan Ke 2           : Matematika, BI, IPS
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit
Indikator
Matematika
-  Menyusun bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.
Bahasa Indonesia
-  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
IPS
-  Menunjukkan dokumen diri dan keluarga, foto diri dan keluarga.
-  Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen foto
A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa
b.      Guru mengamati siswa, kerapian,kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-          Siswa membilang banyak benda.
-          Siswa mengurutkan bilangan, dapat dilakukan dengan membandingkan terlebih dahulu.
Bahasa Indonesia
-          Siswa bercerita yang dialami di depan kelas dalam kegiatan sehari-hari.
IPS
-          Siswa dapat menguraikan arti dokumen.

2.      Elaborasi
Matematika
-          Melakukan perhitungan benda di depan kelas.
-          Menyusun benda disekitar dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.
-          Menyebutkan susunan bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya.
-          Menulis susunan bilangan.
Bahasa Indonesia
-          Bertanya jawab dan menanggapi cerita peristiwa tersebut.
-          Membuat karangan sederhana peristiwa yang dialami dalam kegiatan / kehidupan sehari-hari.
IPS
-          Mendengarkan penjelasan guru tentang : dokumen pribadi, keluarga, koleksi.
-          Menjelaskan kembali cara memelihara dan merawatnya.
-          Menyebutkan keuntungan merawat dokumen dan benda berharga.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : mengurutkan dan menyusun bilangan.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekolah.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : keuntungan memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
C.   Kegiatan Penutup
e.       Guru melakukan refleksi :
1.            Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2.            Hasil yang diperoleh hari ini merupakaninformasi pembelajaran berikutnya.
f.       Guru Membacakan laporan pengamatan.
g.      Guru memberi tugas di rumah
D.   Lampiran
-          Lengkapilah agar menjadi bilangan urut !
110                                                  107                           105

-          Ulangi lagi menyapa orang lain dengan sopan.
-          Jelaskan pentingnya memelihara dokumen.

Pertemuan Ke 3                       : PKn, IPA, Bahasa Indonesia
Hari dan Tanggal                     :
Alokasi Waktu                          : 5 x 35 menit

Indikator
PKn
-  Menyebutkan ciri-ciri hidup rukun.
IPA
-  Menceritakan perubahan yang dialami hewan (dalam ukuran) dan pertumbuhan (proses pertumbuhan) berdasarkan hasil pengamatan.
Bahasa Indonesia
-  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari teman sekelas.
A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa, kerapian,kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
PKn
-       Siswa dapat menyebutkan manfaat pentingnya hidup rukun
IPA
-       Siswa dapat mengamati gambar perubahan pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
Bahasa Indonesia
-       Membuat kerangka sederhana peristiwa yang dialami.
-       Bertanya jawab menanggapi cerita pengalaman siswa di dalam kelas sehari-hari.
2.      Elaborasi
PKn
-          Siswa mengamati gambar keluarga hidup rukun di rumah.
-          Siswa menyanyikan lagu “Pergi Belajar”
-          Siswa menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
-          Siswa melakukan tanya jawab tentang hidup rukun di rumah.
Bahasa Indonesia
-          Bertanya dan menanyakan sesuatu peristiwa yang dialami.
-          Siswa bertanya jawablah dengan teman tentang pakaian, tas, alat tulis yang kamu miliki. Gunakan kata tanya : apa, dimana, siapa.
IPA
-          Siswa menentukan urutan pertumbuhan.
-          Siswa menentukan proses perubahan yang dialami hewan dan tumbuhan dalam pertumbuhan, berdasarkan pengamatan.
-          Membedakan antara anak dan induk hewan.
-          Siswa menyanyikan lagu “Di Pucuk Pohon Cemara”
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang perbedaan hidup rukun dan tidak rukun di rumah.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang percakapan, bertanya jawab tenang teman sekelas.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : pertumbuhan hewan dan tumbuhan.
C. Kegiatan Penutup
                a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
  b. Guru membacakan laporan pengamatan.
  c. Guru memberi tugas di rumah.

D. Lampiran
       - Sebutkan contoh hidup rukun di rumah.
  - Jiplaklah gambar pertumbuhan ayam dan tumbuhan dari buku Sains hal 22-23.
  - Berceritalah peristiwa yang dialami kegiatan sehari-hari di depan kelas.

Pertemuan Ke 4           : Matematika, Bahasa Jawa, SBK
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-  Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
Bahasa Jawa
-  Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan, mendengarkan pesan ungkapan cerita percakapan.
SBK
-  Mengenal warna dalam seni rupa
A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa, kerapian,kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-       Siswa membaca dan menggunakan simbol +, -, dan =
-       Siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 20.
Bahasa Jawa
-       Siswa mendengarkan bacaan yang dibacakan guru berjudul “Inggah-inggahan”
SBK
- Mengenal warna dalam seni rupa.
2.      Elaborasi
Matematika
-       Menghitung hasil penjumlahan dengan cepat.
-       Menghitung hasil pengurangan sampai 500.
-       Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
Bahasa Jawa
-       Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan.
SBK
-       Menyebutkan nama warna yang disukai anak.
-       Melengkapi / menambah warna.
-       Memberi warna/menulis warna.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang unsur rupa.
C. Kegiatan Penutup
              a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
  b. Guru membacakan laporan pengamatan.
  c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-       Hitung hasil dengan cepat 7+11 = ...
-       Berilah warna gambarmu agar lebih indah.

Pertemuan Ke 5           : Matematika, BI, SBK
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit
Indikator
Matematika
-        Meningat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
Bahasa Indonesia
-    Membuat puisi dengan tema ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
SBK
-    Mengenal warna dalam seni rupa
A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa, kerapian,kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-       Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan

Bahasa Indonesia
-       Membuat puisi peristiwa yang dialami sehari-hari
SBK
-       Mewarnai sebuah bidang

2.      Elaborasi
Matematika
-       Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan
-       Operasi pengurangan tersebut dapat diubah ke dalam bentuk penjumlahan
Bahasa Indonesia
-       Membuat puisi dengan tema yang disesuaikan kemampuan anak
SBK
-       Membuat bidang/ bangun
-       Berilah warna agar lebih indah

3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang operasi pengurangan dalam bentuk penjumlahan
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tenang mendekamasikan puisi degan ekspresi yang tepat
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang memberi warna dalam bentuk beberapa bidang

C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-          Kerjakan seperti contoh :
25 – 5 = 20                     20 + 5 = ....
                                         5 + ... = 25
-          Bacalah puisi di depan kelas dengan intonasi yang tepat
-          Gambarlah bidang yang ada di sekeliling kita

Semester I Minggu Ke 2
Pertemuan Ke 1           : Matematika, IPA, BI
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-        Mmengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
IPA
-    Memneri contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan membahayakan manusia
Bahasa Indonesia
-    Menceritakan teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa, kerapian,kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-          Siswa mengerjkan penjulahan cara susun panjang
IPA
-          Siswa mengamati gambar tempat hidup hewan yang hidup di air dan di darat
-          Siswa mengamati gambar hewan yang menguntungkan dan membahayakan
Bahasa Indonesia
-          Siswa dibimbing membaca bacaan dengan lancar dan jelas
-          Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan yang dibaca hal. 5

2.   Elaborasi
Matematika
-       Siswa mengerjakan penjumlahan cara susun panjang tanpa menyimpan
-       Siswa mengerjakan penjumlahan cara susun pendek
IPA
-       Siswa mengamati tempat hidup hewan lewat gambar yang hidupnya : “Di air dan di darat”
-       Siswa mengamati gambar hewan yang menguntungkan ada yang membahayakan.
Misalnya : nyamuk, lalat, tikus
Bahasa Indonesia
-       Siswa dibimbing membaca bacaan  dengan lancar dan jelas.
-       Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan.
3.   Konfirmasi
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang hasil penjumlahan tanpa menyimpan
-       Siswa mempresentasikan tentang hasil penjumlahan susun panjang dan pendek.
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang perbedaan hewan yang menguntungkan dan hewan yang membahayakan.
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja : Menceritakan huruf/teks dengan menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-          Kerjakan dengan tepat :
28           = ...........+............                        29
31           =............+...........                         40    +
               =...........+...........                      ........

-          Berilah contoh hewan yang menguntungkan da hewan yang membahayakan.
-          Ceritakan kembali bacaan “Sepeda Impian”dengan kata-katamu sendiri.

Semester I Minggu ke 2
Pertemuan Ke 2           : Matematika, BI, IPS
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-        Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
Bahasa Indonesia
-    Menceritakan teks yang dibacakan siswa menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri
IPS
-    Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui foto
A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa dipimpin ketua
b.      Guru mengamati siswa, kerapian,kelengkapan, keseragaman.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
B.   Kegiatan Inti
1.   Eksplorasi
Matematika
-       Siswa menjumlah dua bilangan dan dua angka dengan menyimpan
Bahasa Indonesia
-       Siswa mengingat kembali menceritakan bacaan “Sepeda Impianku”
IPS
-       Siswa menceritakan yang terkesan peristiwa penting dan berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga.

2.   Elaborasi
Matematika
-       Menjumlah dua bilangan dengan susun panjang
Bahasa Indonesia
Menghubungkan pertanyaan dan jawaban, berdasarkan bacaan Sepeda Impianku.
IPS
-       Meneritakan peristiwa yang penting dan berkesan waktu kecil
-       Menuliskan peristiwa yang brkesan waktu kecil
-       Menyebutkan dokumen atau koleksi
3.   Konfirmasi
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang : penjumlahan dua angka
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menghubungkan pertanyaan dan jawaban
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang peristiwa masa kecil menceritakan tentang merawat datau memelihara dokumen.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.




E.   Lampiran
-       Kerjakan dengan tepat :
45 = ... + ...                                       15                                            281
36 = ... + ... +                                   85                                              17
     = ... + ...                                       ....                                            ......
-       Ceritakan kembali bacaan diatas dengan huruf latin.
-       Ceritakan peristiwa cara memelihara dokumen

































Semester I Minggu ke 2
Pertemuan Ke 3           : PKn, IPA, Bahasa Indonesia
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
PKn
-        Menyebutkan hidup rukun di sekolah
-        Menyebutkan saling berbagi di sekolah
-        Menceritakan menfaat saling berbagi di sekolah
IPA
-    Mengidentifikasi benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin, tanah liat
-    Dapat membuat berbagai bentuk benda dari bahan yang sudah dibentuk
Bahasa Indonesia
-    Menulis pengalaman dengan huruf sambung memperhatikan ketepatan dan kecepatan

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa
b.      Guru mengamati siswa, kerapian.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akn diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
PKn
- Siswa membiasakan hidup rukun di sekolah
IPA
-   Siswa mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin dan tanah liat ketika dibentuk.


Bahasa Indonesia
-          Siswa menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kapital ketepatan dan kecepatan dan tanda titk.
2.     Elaborasi
PKn
-          Memberi contoh-contoh gotong royong di sekolah
-          Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah
-          Menceritakan manfaat saling berbagi dengan teman di rumah dan sekolah.
IPA
-          Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar kita
-          Membedakan ciri-ciri benda padat dan cair
-          Mengidentifikasi benda-benda di sekitar yang dapat berubah bentuk seperti plastisin dan tnah liat ketika dibentuk.
-          Dapat membuat berbgai bentuk benda.
Bahasa Indonesia
-          Menulis kalimat sederhana yang didikte guru dengan memperhatikan ketepatan dan kecepatan
-          Menulis pengalaman yang dialami dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan huruf kapital.
3.     Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang saling berbagi di sekolah dan manfaat berbagi di rumah
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang benda di sekitar yang dapat berubah bentuk
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis pengalaman dengan menggunakan huruf bersambung.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
F.    Lampiran
-       Apakah yang harus dilakukan agar tercipta hidup rukun di sekolah?
-       Carilah benda yang dapat berubah bentuk!
-       Tulislah kalimat sederhana tentang pengalaman yang dialami!

Semester I Minggu ke 2
Pertemuan Ke 4           : Matematika, Bahasa Jawa, SBK
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-        Membaca dan menentukan waktu yang ditunjukkan jarum jam.
Bahasa Jawa
-    Menulis kalimat atau melengkapi kalimat
SBK
-    Mengambar dengan bentuk warna dan daya imajinasi

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akn diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-    Siswa dapat menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
Bahasa Jawa
-    Siswa dapat melangkapi kalimat (tembung kosok balen)
SBK
-    Menggambar bidang-bidang menjadi bentuk.
Misal : Lingkaran jdi bentuk bola, persegi menjadi kubus

2.      Elaborasi
Matematika
-    Menyebutkan jumlah jam dalam sehari semalam
-    Menyebutkan bentuk dan ukuran jam
-    Membaca menunjukkan waktu
-    Membaca jam digital
Bahasa Jawa
-    Melengkapi alimat dengan menggunakan kosok balen
-    Mencari kata yang lain atau kosok balen membuat kalimat

SBK
-    Menggambar bidang menjadi bentuk
-    Warnailah agar tampak indah
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca dan menentukan waktu yang ditunjukkan jarum jam
-          Siswa memperesentasikan hasil kerja tentang tembung kosok balen.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja menjadi bidang balok, dari pesegi mejadi kubus dan lain-lain.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-          Gambarlah sebuah jam dinding!
-          Budi sregep, Budi ....
-          Jogane reged, Jogane ....
-          Bidang lingkaran menjadi bentuk ....
-          Bidang persegi menjadi bentuk ....



















Semester I Minggu ke 2
Pertemuan Ke 5           : Matematika, Bahasa Indonesia, SBK
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-        Membaca dan menentukan waktu yang ditunjukkan jarum jam.
Bahasa Indonesia
-    Menulis pengalaman dengan huruf sambung
SBK
-    Mengambar dengan bentuk warna dan daya imajinasi
A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-          Siswa melengkapi jarum jam pada gambar jam
Bahasa Indonesia
-          Siswa mendengarkan cerita pengalaman yang dibaca guru ( BI Tangkas Berbahasa Indonesia Hal. 5)
Contoh : pagi-pagi aku bangun, dan sebagainya
SBK
-          Penjelasan tentang tekstur : halus, kasar, licin, dan kasap merupakan tekstur benda
-          Tekstur dirasakan dengan tangan
-          Menggambar jenis-jenis tekstur
2.      Elaborasi
Matematika
-          Melengkapi jarum jam pada gambar jam
-          Menyatakan lama kegiatan dalam satuan jam
Bahasa Indonesia
-          Membaca pengalaman yang di kelas
-          Melengkapi cerita dengan kata yang tepat
SBK
-          Mendengarkan penjelasan dari guru tentang tekstur
-          Siswa elakukan percobaan dengan meraba
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyatakan waktu kegiatan dalam satuan jam
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis melengapi kata menjadi kalimat.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-          Buatlah daftar kegiatan dari bangun pagi sampai malan
-          Tulislah dengan tegak bersambung
Anak-anak sedang bermain.
Dimana murid-murid belajar ?
-          Gambarlah benda halus, kasar, licin, kasar.






















Semester I Minggu ke 3
Pertemuan Ke 1           : Matematika, IPA, Bahasa Indonesia
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-    Menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama panjang dengan benda lain.
IPA
-    Menjelaskan benda-benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda cair dan sebaliknya
Bahasa Indonesia
-    Menulis pengalaman yang dialami dengan menggunakan tanda titik.

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-          Siswa dapat menentukan benda yang lebih panjang, lebih pendek ataau sama panjang dengan benda lain
-          Siswa dapat mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan.
IPA
-          Siswa mencari contoh benda padat yang dapat berubah bentuk menjadi benda cair dan sebalinya.
Bahasa Indonesia
-          Menulis pengalaman yang dialami dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
2.      Elaborasi
Matematika
-          Siswa menjawab pertanyaan gambar (gambar benda yang penjangnya berbeda).
-          Menyebutkan benda-benda di sekitar yang penjangnya berbeda.
-          Mengukur beberapa benda yang ada di sekitar dengan menggunakan alat ukur (kayu pengaris, benang, jengkal).
IPA
-          Menyebutkan beberapa contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi benda sair atau sebaliknya berdasarkan hasil pengamatan.
Bahasa Indonesia
-          Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan memperhatikan huruf kapital, ketepatan dan kecepatan.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membandingkan panjang.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang benda padat yang dapat berubah bentuk
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang enulisan dengan menggunakan huruf kapital dan titik.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-          Ukurlah pensilmu dengan pensil teman
-          Letakkan es di dalam mangkok lama-lama akan terjadi ?
-          Tuliskan kalimat berikut. Perhatikan huruf kapital dan titik.
1.      Kaleng itu berisi uang tabunganku.
2.      Murid kelas dua saling belajar















Semester I Minggu ke 3
Pertemuan Ke 2           : Matematika, Bahasa Indonesia, IPS
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-    Siswa menentukan benda yang lebih berat dan lebih ringan.
Bahasa Indonesia
-    Menulis pengalaman sehari-hari dengan huruf sambung memperhatikan kapital dan titik
IPS
-    Membuat cerita sederhana tentang benda penting keluarga baik lisam maupun tulisan.

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam, berdoa
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-          Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan.
-          Mengukur panjang benda dengan satuan tak baku yang sering digunakan
Bahasa Indonesia
-          Siswa memahami kegunaan huruf kapital dan titik.
IPS
-          Siswa dapat menceritakan secara sederhana tentang benda penting keluarga secara lisan.
2.      Elaborasi
Matematika
-          Menyebutkan benda yang lebih panjang, lebih pendek atau sama
-          Menentukan benda yang lebih panjang lebih pendek atau sama panjang
Bahasa Indonesia
-          Menyalin kalimat dengan menggunakan tanda titik ! BI hal 11
-          Memahami kegunaan huruf kapital dan titik
Perhatikan :
·         Huruf kaptal digunakan untuk awal kalimat dan nama orang
·         Tanda titik digunakan untuk akhir kalimat
IPS
-          Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
-          Peristiwa ada dua macam : peristiwa menyenangkan dan peristiwa menyedihkan.
-          Memberi contoh peristiwa yang kurang menyenangkan.
Misalnya : tidak naik kelas, terjatuh dari sepeda.
-          Membuat bagab silsilah keluarga secara sederhana.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang pengamatan dan melakukan percobaan membandingkan benda lebih panjang, lebih pendek atau sama.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja membadingkan antara panjang dan pendek tinggi dan rendah, besar dan kecil.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang penggunaan tanda titik.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang pembuatan garis silsilah keluarga secara sederhana.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-          Memiluh alat ukur
·         Panjang pensil diukur dengan menggunakan cm
·         Panjang pagar diukur dengan menggunakan meter
·         Perhiasan dari emas diukur dengan timbangan gram
-          Tulis dengan huruf tegak bersambung
·         Ani adik Nini, ia berumur lima tahun
·         Ani dan Nini bersaudara.
-          Buatlah garis silsilah.









Semester I Minggu Ke 3
Pertemuan Ke 3           : PKn, IPA, Bahasa Indonesia
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
PKn
-        Menyebutkan ciri hidup tolong menolong.
IPA
-        Menceritakan benda disekitar dan mempresentasikan atau memperagakan kegunaannya.
Bahasa Indonesia
-        Menulis pengalaman dengan huruf kapital dan titik.

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam dan berdoa bersama.
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan materi atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.


B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
PKn
-          Siswa dapat memberikan contoh manfaat tolong menolong.
IPA
-          Mengidentifikasi benda-benda disekitar.
-          Menceritakan kegunaan benda disekitar.
Bahasa Indonesia
-          Menggunakan huruf kapital untuk awak kalimat.
-          Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf kapital.
2.      Elaborasi
PKn
-          Membiasakan hidup rukun tolong-menolong.
-          Mengenal ciri-ciri tolong menolong.
-          Menceritakan pengamalan siswa tentang kerukunan saling berbagi dan tolong-menolong.
-          Menceritakan akibat tidak rukun, tidak saling berbagi dan tolong-menolong.
IPA
-          Menyebutkan beberapa benda disekitar berikut kegunaannya.
-          Memperagakan beberapa benda disekitar berikut kegunaannya.
Bahasa Indonesia
-          Dekte menulis kalimat sederhana
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil  kerja tentang membedakan kerukunan saling tolong menolong dan tidak saling berbagi dan tolong menolong.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang memperagakan benda disekitar berikut kegunaannya.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menggunakan huruf kapital.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-       Pembiasaan hidup tolong menolong.
-       Gambarlah benda padat.
Semester I Minggu ke 3
Pertemuan Ke 4           : Matematika, Bahasa Jawa, SBK
Hari dan Tanggal         :
Alokasi Waktu              : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
-  Menentukan benda yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain.
Bahasa Jawa
-  Siswa membedakan bunyi dan penulisan kata-kata yang mempunyai vokal.
SBK
-  Menggambar dengan bentuk warna dan daya imajinasi

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam dan berdoa bersama.
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan materi atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-          Siswa mengukur berat benda dengan satuan baku yang sering digunakan.
Bahasa Jawa
-          Siswa membedakan bunyi dan penulisan kata-kata yang mempunyai vokal.
SBK
- Siswa dapat menunjukkan tekstur benda.
2.      Elaborasi
Matematika
-          Menjawab isi gambar (beberapa jenis benda dengan berat berbeda) MTK KTSP 99.
-          Menimbang benda disekitar dengan menggunakan tangan atau alat ukur lain.
-          Membandingkan berat benda yang satu dengan yang lain.
-          Menulis benda yang lebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain.
Bahasa Jawa
-          Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan di dan dhi.
-          Membedakan suara di dan dhi.
-          Membaca ulang secara individu kata yang mempunyai vokal di dan dhi.
-          Membaca ulang secara klasikal, Wursito Basa 8
SBK
-          Melakukan percobaan untuk mengenal tekstur karya seni.
-          Mendengarkan penjelasan alat yang harus dipersiapkan.
-          Membuat gambar pada sehelai karton.
-          Menggunting kertas marmer yang beda warna.
-          Tempelkan pada gambar yang lain.
-          Menjadi mozaik ikan.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang berat benda.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang bunyi dan penulisan kata vokal.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tekstur karya seni mozaik.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah.
D.   Lampiran
-       Gambarlah salah satu timbangan berat.
-       Ucapna sing bener : Sing endi- Tuku kendhi.




















Semester I Minggu ke 3
Pertemuan ke 5                                    : Matematika, Bahasa Indonesia, SBK
Hari dan Tanggal                     :
Alokasi Waktu                          : 5 x 35 menit

Indikator
Matematika
- Mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda.
Bahasa Indonesia
- Menulis pengalaman dengan huruf tegak bersambung.
SBK
-        Menggambar dengan bentuk warna imajinasi.

A.   Kegiatan Awal
Apersepsi
a.       Guru memberi salam dan berdoa bersama.
b.      Guru mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan materi atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.   Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Matematika
-       Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda.
Bahasa Indonesia
-       Siswa menulis ucapan guru dengan tegak bersambung (Tangkas Berbahasa Indonesia Hal. 19)
SBK
-       Siswa dapat mempraktekkan Tekstur karya seni.
2.      Elaborasi
Matematika
-       Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan berat benda.
Bahasa Indonesia
-       Menyalin atau mencontoh kata yang ditulis di papan tulis dengan menggunakan huruf lepas.
-       Membaca kata-kata yang ditulis di papan tulis.
-       Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan tegak bersambung.
SBK
-       Melakukan percobaan untuk melakukan tekstur karya seni lain.
-       Pola batang pisang untuk mewarnai gambar perahu layar.
-       Langkah-langkah :
a.       Pilih pelepah batang pisang kering yang bagus.
b.      Bersihkan dengan lap.
c.       Buat gambar perahu layar di buku gambar.
d.      Guntinglah pelepah batang pisang sesuai gambar.
e.       Beri lem sesuai kebutuhan.
f.       Tempelkan di kertas gambar sampai  terbentuk lukisan.
g.      Berilah bingkai pada lukisanmu.
3.      Konfirmasi
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang berat benda.
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja dengan huruf tegak bersambung.
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang praktek dengan rapi mozaik pelepah.
C.   Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi :
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan?
2. Hasil yang diperoleh hari inimerupakan informasi pembelajaran selanjutnya.
b. Guru membacakan laporan pengamatan.
c. Guru memberi tugas di rumah
D.   Lampiran
-       Praktekkan dan lakukan menggunakan timbangan.
-       Tulis dengan huruf tegak bersambung
·      Kebun sekolah.
·      Mereka menanam tomat
-       Lanjutkan praktek mozaik pelepah batang pisang.
  V.               Alat dan Sumber Bahan
1.         Buku Silabus Tematik
2.         Buku Sukses Kelas II
3.         Buku Bahasa Jawa / Wasis basa
4.         Buku PKn, KTSP kelas II
5.         Buku IPA KTSP Kelas II
6.         Buku Sains KTSP Kelas II
7.         Buku Matematika KTSP Kelas II
8.         Buku Senang Matematika Kelas II
9.         Buku IPS terpadu kelas II
10.     Buku Bahasa Indonesia KTSP Kelas II
11.     Tangkas Berbahasa Indonesia Kelas II
12.     Buku SBK KTSP Kelas II
13.     Buku Seni Budaya Kelas II
VI.      Penilaian
A.    Teknik Test
1)    Teknik tertulis : jawaban singkat
2)    Lisan
3)    Praktek/Perbuatan
B.     Teknik Non Tes
1)    pengamatan
2)    Penugasan
3)    Catatan Pendidik

Catatan/ saran :



Mengetahui
Kepala

________________________
NIP.
, ........................
Guru Kelas II

_______________________
NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar