Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: Lingkungan

 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

TEMA: Lingkungan


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.


·     hidup bergotong royong

·     Menyebutkan  contoh hidup rukun di rumah.
·     Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah.
·     Menyebutkan  contoh hidup rukun di rumah.
·     Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
·     Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
·     Mengeidentifikasi lingkungan alam
·     Mengidentifikasi lingkungan buatan
·     Menceritakan lingkunganalam sekitar.

Tertulis
Perbuatan
Lesan

3 minggu

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.

·     Dokumen pribadi dan keluarga
·     Peristiwa penting.
·     Manfaat dokumen.
·     Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·     Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga
·     Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·     Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga

Tertulis
Perbuatan
Lesan



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.

·     Bagian utama tumbuhan dan hewan
·     Sifat benda
·     Perubahan wujud benda
·     Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·     Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya
·     Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·     Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya

Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
·     Alat ukur waktu
·     Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·     Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·     Membaca jam digital
·     Membuat gambar jam  dan menentukan letak jarum jam
·     Mengatur letak jarum jam
·     Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
·     Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·     Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
·     Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·     Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·     Membaca jam digital
·     Membuat gambar jam  dan  menentukan letak jarum jam
·     Mengatur letak jarum jam
·     Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
·     Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·     Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.

Tertulis
Perbuatan
Produk


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·     Menceritakan kegiatan sehari-hari
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

·     Mendengarkan teks pendek.
·     Percakapan
·     Melengkapi kalimat.
·     Menulis pengalaman
·     Menulis kalimat dengan huruf indah
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Mendengarkan lagu.
·     Menyanyikan lagu
·     Menceritakan gambar berseri.
·     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·     Menjawab teka-teki tentang  tumbuhan dan binatang.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Mendengarkan lagu.
·     Menyanyikan lagu
·     Menceritakan gambar berseri.
·     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·     Menjawab teka-teki tentang  tumbuhan dan binatang.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menggunakan huruf capital.


Lisan
Tertulis
Perbuatan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni MusikMengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengungkapkan perasaan yang  dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari
·     Gerakan meniru alam
·     Membedakan bunyi alam dan bautan.
·     Menyebutkan sumber bunyi alam.
·     Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
·     Membedakan bunyi alam dan bautan.
·     Menyebutkan sumber bunyi alam.
·     Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
·     Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.


Lisan
Tertulis
Perbuatan



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa



Mengetahui
Kepala Sekolah



………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



…………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar