SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: Lingkungan
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. · Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. | · hidup bergotong royong | · Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah. · Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah. | · Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah. · Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah.. · Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah · Mengeidentifikasi lingkungan alam · Mengidentifikasi lingkungan buatan · Menceritakan lingkunganalam sekitar. | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. | · Dokumen pribadi dan keluarga · Peristiwa penting. · Manfaat dokumen. | · Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga. · Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga | · Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga. · Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga | Tertulis Perbuatan Lesan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. | · Bagian utama tumbuhan dan hewan · Sifat benda · Perubahan wujud benda | · Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan · Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya | · Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan · Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya | Tertulis Perbuatan Lesan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam | · Alat ukur waktu | · Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat. · Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah · Membaca jam digital · Membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam · Mengatur letak jarum jam · Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam · Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari. · Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam. · Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam. | · Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat. · Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah · Membaca jam digital · Membuat gambar jam dan menentukan letak jarum jam · Mengatur letak jarum jam · Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam · Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari. · Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam. · Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam. | Tertulis Perbuatan Produk | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek · Menceritakan kegiatan sehari-hari · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | · Mendengarkan teks pendek. · Percakapan · Melengkapi kalimat. · Menulis pengalaman · Menulis kalimat dengan huruf indah | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Mendengarkan lagu. · Menyanyikan lagu · Menceritakan gambar berseri. · Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang · Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang. · Membaca teks dengan bersuara. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Mendengarkan lagu. · Menyanyikan lagu · Menceritakan gambar berseri. · Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang · Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang. · Membaca teks dengan bersuara. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menggunakan huruf capital. | Lisan Tertulis Perbuatan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari | · Mengungkapkan perasaan yang dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan. · Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana. · Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari | · Gerakan meniru alam | · Membedakan bunyi alam dan bautan. · Menyebutkan sumber bunyi alam. · Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan | · Membedakan bunyi alam dan bautan. · Menyebutkan sumber bunyi alam. · Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan · Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman. | Lisan Tertulis Perbuatan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah …………………. NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II ……………………. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar