Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. | 1.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan. | | § Menjelaskan lingkungan desa. § Menyebutkan perangkat desa. § Menyebutkan sumber keuangan desa § Menjelaskan lingkungan kelurahan. § Menyebutkan perangkat kelurahan. § Menyebutkan sumber keuangan kelurahan. § Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya. | |
| 1.2. Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan. | | § Memahami gambar struktur pemerintahan desa, § Memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan, § Memahami gambar struktur pemerintahan kecamatan. | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi. | 2.1 Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi. | | § Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota. § Menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota. § Menjelaskan pemerintahan provinsi. § Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi. § Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD. | |
| 2.2 Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi. | | § Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi. | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat. | 3.1 Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll. | | § Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan § Menjelaskan lembaga legislatif § Menjelaskan lembaga eksekutif § Menjelaskan lembaga yudikatif § Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan § Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum | |
| 3.2 Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri. | | § Memahami lembaga eksekutif (presiden). | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya. | 4.1 Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya. | | § Menceritakan proses globalisasi. § Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan. § Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi. | |
| 4.2 Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional. | | § Menjelaskan globalisasi kebudayaan. | |
| 4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya. | | § Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi. | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran : Matematika 4a
Kelas/Program : IV / Sekolah Dasar
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |||
1. Memahami Dan Menggunakan Sifta-Sifat Operasi Hitungan Bilangan Dalam Pemecahan Masalah | 1.1 Mengidentifikasikan sifat-sifat operasi hitung | | o Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran o Menentukan hasil perkalian dengan bilangan 0 dan 1 o Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1 | | |||
| 1.2 Mengurutkan bilangan | | o Membaca dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan o Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya o Mengurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur | | |||
| 1.3 Melakukan operasi perkalian dan pembagian | | o Mengalikan bilangan satu angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka o Mengalikan bilangan 10 secara berulang dan bilangan kelipatan 10 o Mengalikan Bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka o Menghitung pembagian dengan cara tak bersisa dan dengan sisa | | |||
| 1.4 Melakukan operasi hitung campuran | | o Menghitung operasi hitung campuran | | |||
| 1.5 Melakukan penaksiran dan pembulatan | | o Menghitung soal penaksiran dan pembulatan | | |||
| 1.6 Memecahkan masalah yang melibatkan uang | | o Menuliskan nilai uang rupiah dan memcahkan masalah yang melibatkan uang | | |||
2. Memahami Dan Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah | 2.1 Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan | | o Mencari kelipatan dan faktor suatu bilangan | | |||
| 2.2 Menentukan kelipatan dan faktor bilangan | | o Menentukan kelipatan suatu suatu bilangan dan kelipatan persekutuan dari dua bilangan o Mengenal ciri-ciri bilangan yang habis di bagi 2, 3, 4, dan 5 o Menentukan faktor dari suatu Bilangan o Mengenal bilangan prima dan saringan Eratosthenes serta mencari faktor prima suatu bilangan | | |||
| 2.3 Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) san faktor persekutuan terbesar (FPB) | | o Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan o Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan metoda faktor prima | | |||
| 2.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB | | o Menggunakan FPB dalam menyederhanakan pecahan o Menggunakan KPK untuk menyamakan penyebut pecahan | | |||
3. Memahami Dan Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah | 3.1 Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat | | o Mengukur besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan baku o Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran dan seperempat putaran o Mengenal sudut siku-siku pada arah mata angin o Menggunakan empat arah mata angin | | |||
| 3.2 Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat. | | o Menyebutkan hubungan hari, minggu, bulan, tahun, dan abad o Menyebutkan hubungan antarsatuan panjang dan antarsatuan berat o Menghitung satuan ukuran panjang dan satuan berat o Mengenal dan menghitung satuan ukuran kuantitas | | |||
| 3.3 Menyelesaikan masalah yang ebrkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat | | o Menghitung panjang, berat, dan waktu dalam soal cerita. | | |||
| 3.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas | | o Menghitung satuan kuantitas dalam soal cerita. | | |||
4. Memahami Daur Hidup Beragam Jenis Makhluk Hidup | 4.1 Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga | | o Menemukan rumus keliling dan luas jajargenjang o Menemukan rumus keliling dan luas segitiga | | |||
| 4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaiatan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga | | o Menghitung keliling dan luas jajargenjang o Menghitung keliling dan luas segitiga | | |||
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran : MATEMATIKA 4B
Kelas/Program : IV
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
Bilangan 5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat | 5.1 Mengurutkan bilangan bulat | | o Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari o Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat o Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan o Mengenal lawan suatu bilangan o Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar | |
| 5.2 Menjumlahkan bilangan bulat | | o Menjumlahkan dua bilangan positif o Menjumlahkan dua bilangan positif o Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif | |
| 5.3 Mengurangkan bilangan bulat | | FMengurangkan dua bilangan positif FMengurangkan dua bilangan positif FMengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif FMengurangkan dua bilangan negatif | |
| 5.4 Melakukan operasi hitung campuran | | o Menghitung operasi hitung campuran | |
6. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah | 6.1 Menjelas-kan arti pecahan dan urutannya | | o Mengenal arti pecahan o Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian o Menuliskan etak pecahan pada garis bilangan o Membandingkan dan mengurutkan pecahan | |
| 6.2 Menyeder-hanakan berbagai bentuk pecahan | | · Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan · Menyederhanakan pecahan · Menyatakan pecahan sebagai pembagian | |
| 6.3 Menjum-lahkan pecahan | | · Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama · Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat · Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | |
| 6.4 Mengurang-kan pecahan | | · Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama · Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat · Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | |
| 6.5 Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan pecahan | | · Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama · Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat · Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan Pengurangan Pecahan | |
7. Menggunakan lambang bilangan Romawi | 7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi | | o Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi | |
| 7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya | | o Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari= Bilangan Cacah o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi= Bilangan Cacah | |
Geometri dan Pengukuran 8. Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar | 8.1 Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana | | · Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus | |
| 8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus | | · Menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan · Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus | |
| 8.3 Mengidentifi-kasi benda-benda dan bangun datar simetris | | · Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris · Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris · Membuat bangun-bangun datar yang simetris · Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri · Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana · Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris · Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar | |
| 8.4 Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar | | · Menggambar cerminan dari bangun datar sederhana | |
Jumlah | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu | |
1. Mende-ngarkan Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah | 1.1 Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar | | · Membuat gambar / denah | | |
| 1.2 Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps | | · Menjelaskan secara lisan arti lambang | | |
2. Berbicara Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat | 2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar dengan kalimat yang runtut | | · Mendeskrifsikan tempat sesuai denah | | |
| 2.2 Menjelas-kan petun-juk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar | | · Menjelas-kan petunjuk penggunaan | | |
3. Membaca Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi | 3.1 Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas | | · Menemukan pikiran pokok teks | | |
| 3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca | | · Melakukan sesuatu sesuai petunjuk | | |
| 3.3 Menemu-kan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui membaca memindai | | · Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia | | |
4. Menulis Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan, petunjuk, cerita, dan surat | 4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan ejaan (tanda titik dua dan tanda etik) | | · Melengkapi percakapan rumpang | | |
| 4.2 Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu | | · Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu | | |
| 4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu | | · Melengkapi cerita rumpang | | |
| 4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll) | | · Menulis surat untuk teman sebaya | | |
Jumlah | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
5. Mende-ngarkan Mendengarkan pengumuman | 5.1 Menyam-paikan kembali isi pengumuman yang dibacakan | | · Menulis-kan pokok-pokok pengumuman · Menuliskan isi pengumuman · Menyampaikan kembali isi pengumu0man · Mende-ngarkan pengumuman lain dan menyampaikan nya kembali | |
| 5.2 Menirukan pembacaan pantun anak dengan la- fal dan intonasi yang tepat | | · Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menjawab pertanyaan ten tang isi pantun | |
6. Berbicara Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi dengan bertelepon | 6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat | | · Membaca pantun secara berbalasan · Mencatat kata-kata sukar dalam pantun · Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan kamus · Menjawab pertanyaan tentang isi pantun | |
| 6.2 Menyam-paikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan | | · Mencatat pesan penelepon · Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon | |
7. Membaca Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun | 7.1 Menemu-kan kalimat utama pada tiap paragraf melalui membaca intensif | | · Menjawab pertanyaan · Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf · Meringkas isi bacaan · Mengartikan kata-kata sukar dalam teks · Menggunakan kata-kata sukar dalam bacaan · Menggunakan kata depan di, ke, dan dari. | |
| 7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat | | · Menyampaikan isi pengumuman secara lisan · Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf dalam bacaan | |
| 7.3 Membaca pantun anak secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat | | · Membaca pantun secara berbalasan · Mencatat kata-kata sukar dalam pantun · Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan kamus · Menjawab pertanyaan tentang isi pantun | |
8. Menulis Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informa si secara tertulis dalam bentuk pantun anak | 8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggu- naan ejaan (huruf besar dan tanda baca) | | · Menentukan tema karangan. · Menyusun kerangka karangan. · Mengembang-kan kerangka ka- rangan menjadi karangan yang padu. | |
| 8.2 Menulis pengumu-man dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggu- naan ejaan | | · Membaca naskah pengu-muman acak · Menyusun naskah pengu-muman acak menjadi peng-umuman padu disertai penggu-naan ejaan dan tanda baca yang sesuai · Menulis naskah pengumuman sendiri | |
| 8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, keteku-nan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun | | · Menyusun pantun anak · Menyempurna-kan pantun · Membuat pantun sendiri tentang ketekunan | |
JUMLAH | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya | Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya | | o Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya. | |
| Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh | | o Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia o Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka | |
| Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya | | o Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan o Menjelaskan kegunaan alat indera | |
| Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera | | o Memberi contoh cara merawat alat indera. o Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya | 2.5 Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya | | o Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. | |
| 2.6 Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya | | o Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. | |
| 2.7 Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya | | o Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri | |
| 2.8 Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya | | o Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah SD/MI ........ (...............................................) NIP: | | ............, ........................... 20....... Guru Mapel IPA ( SAINS ) (...............................................) NIP: |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya | 3.5 Mengidentifika-si jenis maka-nan hewan | | o Mengidentifikasi jenis makanan hewan. | |
| 3.6 Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya | | o Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora). | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup | 4.3 Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu, kucing. | | o Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana. o Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama. o Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan. | |
| 4.4 Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan | | o Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan o Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya | 5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan) | | o Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis) o Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup. o Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana | |
| 5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya | | o Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar. o Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
6. Memahami beragam sifat dan perubahan wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya | 6.1 Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu | | o Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas. o Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain | |
| 6.2 Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas. | | o Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula. o Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya | |
| 6.3 Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya | | o Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya. o Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu. o Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda | 7.1 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda | | o Membuat daftar berbagai gerak benda. o Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar. o Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan. | |
| 7.2 Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda | | o Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. | 8.1 Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya | | o Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas. o Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas. o Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar. o Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. o Menunjukkan bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas. o Menunjukkan bahwa bunyi dapat dipantulkan atau diserap. | |
| 8.2 Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya | | o Mencari informasi berbagai sumber energi alternatif. o Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya. | |
| 8.3 Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut | | o Menentukan karya/model yang akan dibuat o Menentukan bahan yang akan digunakan. o Membuat karya/model sesuai rancangan. o Menguji karya/model yang dibuat dan menyempurnakannya. o Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan menjaga kebersihan. | |
| 8.4 Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik | | o Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Program : IV / SD-MI
Semester : 2 (dua)
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit | 9.1 Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi. | | o Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran o Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan lingkungannya. | |
| 9.2 Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari. | | o Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari. o Mencari informasi tentang kedudukan benda langit. | |
10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan | 10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut). | | o Mengidentifikasi berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik. o Menjelaskan pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut). | |
| 10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) | | o Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah. | |
| 10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor) | | Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi | |
11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat | 11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan | | o Memberi contoh berbagai jenis sumber daya alam di Indonesia. o Menggolongkan benda menurut asalnya. | |
| 11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan | | o Mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan manusia dengan menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas. | |
| 11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan | | o Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan. o Membiasakan diri untuk menggunakan sumber daya alam secara bijaksana. | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi | 1.1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana | | § Membaca lambang/simbol dalam peta kabupaten/kota dan provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana § Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain § Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota) § Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat tinggalnya § Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana | |
| 1.2.Mendeskripsi-kan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ko-ta dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya | | § Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam § Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota provinsi tempat tinggalnya § Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya § Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya § Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya § Menunjukkan tempat budaya di daerahnya | |
| 1.3.Menunjuk-kan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat | § | § Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi § Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam § Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat § Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungantempat tinggalnya § Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya § Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya | |
| 1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi) | | § Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika § Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragamanbudaya § Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat § Memberikan contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat § Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat § Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me- lalui peta | |
| 1.5. Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjagakelestariannya | | § Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di lingkungan setempat § Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat dari berbagai sumber § Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan bersejarah di lingkungan setempat § Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat § Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah § Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah § Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah § Membuat Melaporkan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan setempat | |
| 1.6. Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya | | § Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme § Memberi contoh rela berkorban § Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam membela bangsa dan negara § Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa mereka § Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar § Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
|
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | KKM | Indikator Pencapaian Kompetensi | Alokasi Waktu |
2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi | 2.1. Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya | | § Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya § Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya § Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah § Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam § Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya § Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya § Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang § Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut | |
| 2.2. Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkat-kan kesejah-teraan masyarakat | | § Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi § Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya § Menjelaskan manfaat koperasi pada anggota § Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjualbelikan dalam koperasi § Membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara § Membuat bagan struktur pengurus koperasi § Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di dalam masyarakat | |
| 2.3. Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya | | § Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang § Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang § Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan masa kini § Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi lalu dan sekarang § Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi masa lalu dan masa kini § Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang § Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan sekarang § Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan masa kini § Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi lalu dan sekarang § Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini § Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekarang § Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang § Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan masa kini § Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi lalu dan sekarang § Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi masa lalu dan masa kini | |
| 2.4. Mengenal permasa-lahan sosial di daerahnya | | § Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa- ten/kota, provinsi) § Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di daerahnya § Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat § Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya § Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat § Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerahnya § Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua § Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya | |
JUMLAH | | | | |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (............................................) NIP. | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas, (............................................) NIP. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar