Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD) IV








PERANGKAT PEMBELAJARAN


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)





Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas IV  Semester 1











SD NEGERI .....
UPT DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN 2010

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011

Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKn )
Kelas                                       : IV
Semester                                 : 1

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1. Memahami sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.

1.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan.







§  Menjelaskan lingkungan desa.
§  Menyebutkan perangkat desa.
§  Menyebutkan sumber keuangan desa
§  Menjelaskan lingkungan kelurahan.
§  Menyebutkan perangkat kelurahan.
§  Menyebutkan sumber keuangan kelurahan.
§  Menjelaskan lingkungan kecamatan dan menyebutkan perangkatnya.


1.2. Menggam-barkan struktur organisasi desa dan pemerintah kecamatan.



§ Memahami gambar struktur pemerintahan desa,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kelurahan,
§ Memahami gambar struktur pemerintahan kecamatan.

Jumlah






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah                       :  ...........................................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKn )
Kelas                                       : IV
Semester                                 : 1
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2.    Memahami sistem pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.

2.1  Mengenal lembaga-lembaga dalam susunan pemerintahan kabupaten, kota, dan provinsi.


§  Menjelaskan pemerintahan kabupaten/kota.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah kabupaten/kota.
§  Menjelaskan pemerintahan provinsi.
§  Menyebutkan kewenangan pemerintah provinsi.
§  Memahami tugas, wewenang, hak, dan kewajiban DPRD.


2.2  Menggambarkan struktur organisasi kabupaten, kota, dan provinsi.

§  Memahami gambar struktur pemerintahan kabupaten/kota dan provinsi.

Jumlah






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.






PERANGKAT PEMBELAJARAN


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)





Mata Pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn )
Kelas IV  Semester 2











SD NEGERI .....
UPT DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN WONOGIRI
TAHUN 2010


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       : IV
Semester                                 : 2
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
3. Mengenal sistem pemerintahan tingkat pusat.
3.1  Mengenal lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintahan tingkat pusat, seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK, dll.


§  Menjelaskan pengertian pemerintah dan sistem pemerintahan
§  Menjelaskan lembaga legislatif
§  Menjelaskan lembaga eksekutif
§  Menjelaskan lembaga yudikatif
§  Menjelaskan Badan Pemeriksa Keuangan
§  Menjelaskan Komisi Pemilihan Umum


3.2  Menyebutkan organisasi pemerintahan tingkat pusat, seperti presiden, wakil presiden, dan para menteri.

§  Memahami lembaga eksekutif (presiden).

Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah                       :  ............................
Mata Pelajaran                      :  PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                       : IV
Semester                                  : 2
Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

4.1  Memberikan contoh sederhana pengaruh globalisasi di lingkungannya.


§  Menceritakan proses globalisasi.
§  Menyebutkan pengaruh globalisasi pada makanan, permainan, dan kebudayaan.
§  Menjelaskan sikap terhadap pengaruh globalisasi.


4.2  Mengidentifikasi jenis budaya Indonesia yang pernah ditampilkan dalam misi kebudayaan internasional.

§  Menjelaskan globalisasi kebudayaan.


4.3  Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

§  Menjelaskan sikap kita terhadap globalisasi.

Jumlah






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Matematika
Kelas IV  (4)  Semester 1

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah             : ..................

Mata Pelajaran            : Matematika 4a

Kelas/Program             : IV / Sekolah Dasar

Semester                      : 1 (Satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1. Memahami Dan Menggunakan Sifta-Sifat Operasi Hitungan Bilangan Dalam Pemecahan Masalah
1.1  Mengidentifikasikan sifat-sifat operasi hitung





o  Melakukan operasi hitung dengan sifat pertukaran, pengelompokan, dan penyebaran
o  Menentukan hasil  perkalian dengan bilangan 0 dan 1
o  Menentukan hasil pembagian dengan bilangan 0 dan 1



1.2  Mengurutkan bilangan



o  Membaca dan menuliskan lambang bilangan serta menuliskan nama bilangan
o  Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempatnya
o  Mengurutkan bilangan dengan pola teratur dan tidak teratur


1.3  Melakukan operasi perkalian dan pembagian


o  Mengalikan bilangan satu angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o  Mengalikan bilangan 10 secara berulang dan bilangan kelipatan 10
o  Mengalikan Bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dan tiga angka
o  Menghitung pembagian dengan cara tak bersisa dan dengan sisa



1.4  Melakukan operasi hitung campuran


o  Menghitung operasi hitung campuran



1.5  Melakukan penaksiran dan pembulatan


o  Menghitung soal penaksiran dan pembulatan



1.6  Memecahkan masalah yang melibatkan uang


o  Menuliskan nilai uang rupiah dan memcahkan masalah yang melibatkan uang


2. Memahami Dan Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah
2.1     Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan



o  Mencari kelipatan dan faktor suatu bilangan



2.2              Menentukan kelipatan dan faktor bilangan


o  Menentukan kelipatan suatu suatu bilangan dan kelipatan persekutuan dari dua bilangan
o  Mengenal ciri-ciri bilangan yang habis di bagi 2, 3, 4, dan 5
o  Menentukan faktor dari suatu Bilangan
o  Mengenal bilangan prima dan saringan Eratosthenes serta mencari faktor prima suatu bilangan



2.3  Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) san faktor persekutuan terbesar (FPB)


o  Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dari dua bilangan


 






o  Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan dengan menggunakan metoda faktor prima


2.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB


o  Menggunakan FPB dalam menyederhanakan pecahan
o  Menggunakan KPK untuk menyamakan penyebut pecahan


3. Memahami Dan Menggunakan Faktor Dan Kelipatan Dalam Pemecahan Masalah
3.1  Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat


o  Mengukur besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan baku
o  Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran dan seperempat putaran
o  Mengenal sudut siku-siku pada arah mata angin
o  Menggunakan empat arah mata angin




3.2  Menentukan hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat.


o  Menyebutkan hubungan hari, minggu, bulan, tahun, dan abad
o  Menyebutkan hubungan antarsatuan panjang dan antarsatuan berat
o  Menghitung satuan ukuran panjang dan satuan berat
o  Mengenal dan menghitung satuan ukuran kuantitas



3.3  Menyelesaikan masalah yang ebrkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat


o  Menghitung panjang, berat, dan waktu dalam soal cerita.



3.4  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas


o  Menghitung satuan kuantitas dalam soal cerita.


4. Memahami Daur Hidup Beragam Jenis Makhluk Hidup
4.1  Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga


o  Menemukan rumus keliling dan luas jajargenjang
o  Menemukan rumus keliling dan luas segitiga



4.2  Menyelesaikan masalah yang berkaiatan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga


o  Menghitung keliling dan luas jajargenjang
o  Menghitung keliling dan luas segitiga


Jumlah








Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Matematika
Kelas IV  (4)  Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011



Nama Sekolah           : ..................

Mata Pelajaran          : MATEMATIKA 4B

Kelas/Program          : IV

Semester                     : 2 (Dua)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
Bilangan  
5. Menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat

5.1    Mengurutkan bilangan bulat



o Menerapkan bilangan bulat negatif dalam kehidupan sehari-hari
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan bulat
o Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
o Mengenal lawan suatu bilangan
o Mengurutkan sekelompok bilangan bulat dari terkecil atau terbesar




5.2    Menjumlahkan bilangan bulat




o Menjumlahkan dua bilangan positif
o Menjumlahkan dua bilangan positif
o Menjumlahkan bilangan positif dan bilangan negatif



5.3    Mengurangkan bilangan bulat



FMengurangkan dua bilangan positif
FMengurangkan dua bilangan positif
FMengurangkan bilangan positif dan bilangan negatif
FMengurangkan dua bilangan negatif




5.4    Melakukan operasi hitung campuran



o  Menghitung operasi hitung campuran


6.    Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
6.1   Menjelas-kan arti pecahan dan urutannya


o  Mengenal arti pecahan
o  Menghitung pecahan sebagai operasi pembagian
o  Menuliskan etak pecahan pada garis bilangan
o  Membandingkan dan mengurutkan pecahan



6.2   Menyeder-hanakan berbagai bentuk pecahan

·      Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
·      Menyederhanakan pecahan
·      Menyatakan pecahan sebagai pembagian



6.3 Menjum-lahkan pecahan


·      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
·      Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
·      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan  penjumlahan dan  Pengurangan Pecahan



6.4 Mengurang-kan pecahan


·      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
·      Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
·      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan  penjumlahan dan  Pengurangan Pecahan



6.5 Menyelesai-kan masalah yang berkaitan dengan pecahan


·      Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
·      Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
·      Melakukan operasi penjumlahan dan Pengurangan pecahan desimal
·      Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan  penjumlahan dan  Pengurangan Pecahan


7.   Menggunakan lambang bilangan Romawi
7.1 Mengenal lambang bilangan Romawi


o Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi


7.2 Menyatakan bilangan cacah sebagai bilangan Romawi dan sebaliknya


o  Menerapkan Lambang Bilangan Romawi dalam kehidupan sehari-hari= Bilangan Cacah
o Membaca dan menuliskan lambang bilangan Romawi= Bilangan Cacah


Geometri dan Pengukuran
8.    Memahami sifat bangun ruang sederhana dan hubungan antar bangun datar

8.1  Menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana


·   Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus


8.2 Menentukan jaring-jaring balok dan kubus

·   Menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan
·   Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus 



8.3 Mengidentifi-kasi benda-benda dan bangun datar simetris

·   Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris
·   Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris
·   Membuat bangun-bangun datar yang simetris
·   Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri
·   Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana
·   Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris
·   Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar  



8.4  Menentukan hasil pencerminan suatu bangun datar

·   Menggambar cerminan dari bangun datar sederhana

Jumlah







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas IV (4) Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : ...............................
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          :   IV / I

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu


1.    Mende-ngarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
1.1   Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar

·  Membuat gambar / denah



1.2   Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu      lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps

·  Menjelaskan secara lisan arti lambang


2.    Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar
      dengan
      kalimat yang
      runtut


·  Mendeskrifsikan tempat sesuai denah



2.2 Menjelas-kan petun-juk       penggunaan suatu       alat  dengan bahasa        yang baik dan benar


·  Menjelas-kan petunjuk penggunaan


3.    Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1   Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas

·  Menemukan pikiran pokok teks



3.2 Melakukan sesuatu       berdasarkan petunjuk      pemakaian yang dibaca

·  Melakukan sesuatu sesuai petunjuk



3.3 Menemu-kan makna      dan informasi secara       tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui       membaca memindai

·  Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia


4.    Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.1 Melengkapi percakapan yang belum selesai       dengan memperhatikan penggunaan ejaan       (tanda titik dua dan       tanda etik)

·  Melengkapi percakapan rumpang



4.2 Menulis petunjuk untuk       melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu

·  Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu



4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu

·  Melengkapi cerita rumpang



4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang       pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan       (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)

·  Menulis surat untuk teman sebaya


Jumlah



Mengetahui,
Kepala Sekolah.........


(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,


(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kelas IV (4) Semester 2

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011

Nama Sekolah           :  ...........................
Mata Pelajaran          :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          :   IV / 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
KKM
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
5.    Mende-ngarkan
Mendengarkan pengumuman
5.1 Menyam-paikan kembali isi pengumuman yang       dibacakan

·    Menulis-kan pokok-pokok pengumuman
·    Menuliskan isi pengumuman
·    Menyampaikan kembali isi pengumu0man
·    Mende-ngarkan pengumuman lain dan menyampaikan nya kembali


5.2 Menirukan pembacaan
      pantun anak dengan la- 
      fal dan intonasi yang
      tepat

·  Menirukan pembacaan pantun anak dengan lafal dan intonasi yang tepat
·  Menjawab pertanyaan ten   tang isi pantun

6.    Berbicara
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi dengan bertelepon
6.1 Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat

·  Membaca pantun secara berbalasan
·   Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
·  Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan  kamus
·  Menjawab pertanyaan tentang isi pantun


6.2 Menyam-paikan pesan yang diterima melalui telepon sesuai dengan isi pesan

·  Mencatat pesan penelepon
·  Menyampaikan pesan yang diterima melalui telepon

7.    Membaca
Memahami teks melalui membaca intensif, membaca nyaring, dan membaca pantun
7.1 Menemu-kan kalimat   utama pada tiap paragraf melalui      membaca intensif

·  Menjawab pertanyaan
·  Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf
·  Meringkas isi bacaan
·  Mengartikan kata-kata sukar  dalam teks
·  Menggunakan kata-kata sukar dalam bacaan
·  Menggunakan kata depan di, ke, dan dari.


7.2 Membaca nyaring suatu pengumuman dengan lafal dan intonasi yang tepat

·  Menyampaikan isi pengumuman secara lisan
·  Menemukan kalimat utama pada setiap paragraf dalam bacaan


7.3 Membaca pantun anak  secara berbalasan dengan lafal dan intonasi yang tepat

·  Membaca pantun secara berbalasan
·   Mencatat kata-kata sukar dalam pantun
·  Mencari arti kata sukar dalam pantun menggunakan  kamus
·  Menjawab pertanyaan tentang isi pantun

8.    Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informa
si secara tertulis dalam bentuk pantun anak
8.1 Menyusun karangan       tentang berbagai topik       sederhana dengan       memperhatikan penggu-      naan ejaan (huruf besar        dan tanda baca)

·  Menentukan tema karangan.
·  Menyusun kerangka karangan.
·  Mengembang-kan kerangka ka- rangan menjadi karangan yang padu.


8.2 Menulis pengumu-man     dengan bahasa yang baik dan benar serta   memperhatikan penggu-
      naan ejaan

·  Membaca naskah pengu-muman acak
·  Menyusun naskah pengu-muman acak menjadi peng-umuman padu disertai penggu-naan ejaan dan tanda baca yang sesuai
·  Menulis naskah pengumuman sendiri


8.3 Membuat pantun anak yang menarik tentang berbagai tema (persahabatan, keteku-nan, kepatuhan, dll.) sesuai dengan ciri-ciri pantun

·  Menyusun pantun anak
·  Menyempurna-kan pantun
·  Membuat pantun sendiri tentang ketekunan

JUMLAH


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas IV (4)  Semester 1

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : ................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
            Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya


o  Menjelaskan rangka manusia dan fungsinya.



            Menerapkan cara memelihara kesehatan kerangka tubuh





o  Menjelaskan cara pemeliharaan rangka manusia
o  Mencari informasi tentang penyakit dan kelainan yang umumnya terjadi pada rangka




            Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya



o  Mengidentifikasi alat indera manusia berdasarkan pengamatan
o  Menjelaskan kegunaan alat indera




            Menerapkan cara memelihara kesehatan panca Indera




o  Memberi contoh cara  merawat alat indera.
o  Mencari informasi tentang kelainan alat indera yang disebabkan oleh kebiasaan buruk.


JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : ...............

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
2.5  Menjelaskan hubungan antara struktur akar tumbuhan dengan fungsinya

o  Mengidentifikasi bagian akar tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


2.6  Menjelaskan hubungan antara struktur batang tumbuhan dengan fungsinya


o  Mengidentifikasi bagian batang tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.



2.7  Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya


o  Mengidentifikasi bagian daun tumbuhan dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri


2.8  Menjelaskan hubungan antara bunga dengan fungsinya


o  Mengidentifikasi bagian bunga, buah dan fungsinya bagi tumbuhan itu sendiri.


JUMLAH





Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI  ........



(...............................................)
 NIP:

............, ........................... 20.......
Guru Mapel IPA ( SAINS )



(...............................................)
      NIP:

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : ........................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
3. Menggolongkan hewan, berdasarkan jenis makanannya

3.5  Mengidentifika-si jenis maka-nan hewan



o  Mengidentifikasi jenis makanan hewan.





3.6  Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya



o  Menggolongkan hewan-hewan yang termasuk pemakan Tumbuhan (herbivora), pemakan daging (karnivora), dan pemakan segala (omnivora).



JUMLAH





Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011

Nama Sekolah           : ...................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu
4. Memahami daur hidup beragam jenis makhluk hidup
4.3  Mendeskripsikan daur hidup beberapa hewan di lingkungan sekitar, misalnya kecoa, nyamuk, kupukupu, kucing.



o  Mendeskripsikan urutan daur hidup beberapa hewan secara sederhana.
o  Menyimpulkan berdasarkan pengamatan bahwa tidak semua hewan berubah bentuk dengan cara yang sama.
o  Menyimpulkan bahwa berubahnya bentuk pada hewan menunjukkan adanya pertumbuhan.





4.4  Menunjukkan kepedulian terhadap hewan peliharaan, misalnya kucing, ayam, ikan



o  Mengidentifikasi cara merawat dan memelihara hewan peliharaan
o  Mendemonstrasikan cara merawat dan memelihara hewan peliharaan.



JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011

Nama Sekolah           : ........................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

5. Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan Lingkungannya

5.1  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)



o  Mengidentifikasi hubungan khas antarmakhluk hidup (simbiosis)
o  Mengkomunikasikan manfaat dan kerugian yang terjadi akibat hubungan antarmakhluk hidup.
o  Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana





5.2  Mendeskripsikan hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya



o  Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
o  Memprediksi kemungkinan yang akan terjadi bila lingkungan berubah, misalnya akibat dari pencemaran di sungai, kebakaran di hutan, dan penebangan pohon.



JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : ....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 1 (satu)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

6. Memahami beragam sifat dan perubahan  wujud benda serta berbagai cara penggunaan benda berdasarkan sifatnya


6.1  Mengidentifikasi wujud benda padat, cair, dan gas memiliki sifat tertentu




o  Menunjukkan bukti tentang sifat benda padat, cair dan gas.
o  Mendeskripsikan benda dapat melarutkan benda lain




6.2  Mendeskripsikan terjadinya perubahan wujud cair ® padat ® cair; cair ® gas ® cair; padat ® gas.




o  Mengidentifikasi perubahan wujud benda yang dapat kembali ke wujud semula.
o  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan wujud benda beserta contohnya





6.3  Menjelaskan hubungan antara sifat bahan dengan kegunaannya



o  Mengidentifikasi kesesuaian sifat bahan dengan kegunaannya.
o  Membandingkan berbagai bahan untuk menentukan bahan yang paling cocok untuk tujuan tertentu.
o  Mengidentifikasi berbagai alat rumah tangga yang dikaitkan dengan sifat bahan dan kegunaannya.


JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Kelas IV (4)  Semester 2

UNTUK SEKOLAH DASAR (SD)/MADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011

Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 2 (dua)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian  Kompetensi
Alokasi Waktu

7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan/atau bentuk suatu benda

7.1  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda



o  Membuat daftar berbagai gerak benda.
o  Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya didorong dan dilempar.
o  Mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerak benda, misalnya jatuh bebas akibat gravitasi, gerak di lantai yang datar karena dorongan.





7.2  Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan dan tarikan) dapat mengubah bentuk suatu benda



o  Memberi contoh dalam kehidupan sehari-hari cara gaya mengubah bentuk atau gerak benda.



JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 2 (dua)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

8. Memahami berbagai bentuk energi dan cara penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

8.1  Mendeskripsikan energi panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar serta sifat-sifatnya



o  Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas.
o  Mendemonstrasikan adanya perpindahan panas.
o  Membuat daftar sumber-sumber bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar.
o  Menyimpulkan bahwa bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar.
o  Menunjukkan bukti perambatan bunyi pada benda padat, cair, dan gas.
o  Menunjukkan bahwa bunyi dapat dipantulkan atau diserap.




8.2  Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya




o  Mencari informasi berbagai sumber energi alternatif.
o  Memberi contoh benda-benda yang menggunakan sumber energi alternatif, misalnya mobil bertenaga surya.





8.3  Membuat suatu karya/model untuk menunjukkan perubahan energi gerak akibat pengaruh udara, misalnya roket dari kertas/baling-baling/pesawat kertas/parasut



o  Menentukan karya/model yang akan dibuat
o  Menentukan bahan yang akan digunakan.
o  Membuat karya/model sesuai rancangan.
o  Menguji karya/model yang dibuat dan menyempurnakannya.
o  Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan, kesehatan, keamanan kerja dan menjaga kebersihan.


8.4  Menjelaskan perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik

o  Menunjukkan bukti perubahan bunyi melalui alat musik


JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : .....................

Mata Pelajaran          : IPA

Kelas/Program          : IV / SD-MI

Semester                     : 2 (dua)


Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi Waktu

9. Memahami perubahan kenampakan permukaan bumi dan benda langit

9.1  Mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi.



o  Mengidentifikasi perubahan daratan, yang disebabkan oleh air, dan udara, misalnya: perubahan akibat pasang-surut air laut, badai, erosi, dan kebakaran
o  Menjelaskan pengaruh air laut pasang dan surut bagi nelayan dan dermaga yang dangkal, pengaruh erosi kebakaran hutan bagi mahluk hidup dan lingkungannya.





9.2  Mendeskripsikan posisi bulan dan kenampakan bumi dari hari ke hari.



o  Mengidentifikasi kedudukan benda langit misalnya mengamati penampakan benda-benda langit, waktu dan “posisi matahari” terbit dan tenggelam, penampakan bulan dari hari ke hari.
o  Mencari informasi tentang kedudukan benda langit.



10. Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
10.1 Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut).


o  Mengidentifikasi  berbagai faktor penyebab perubahan lingkungan fisik.
o  Menjelaskan pengaruh factor penyebab perubahan lingkungan terhadapdaratan (angin, hujan, cahaya matahari dan gelombang laut).



10.2 Menjelaskan pengaruh perubahan lingkungan fisik terhadap daratan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


o  Mendemonstrasikan proses terjadinya erosi pada permukaan tanah.



10.3 Mendeskripsikan cara pencegahan kerusakan lingkungan (erosi, abrasi, banjir, dan longsor)


Mengidentifikasi cara mencegah erosi tanah dan abrasi

11. Memahami hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
11.1 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan


o  Memberi contoh berbagai jenis sumber daya alam di Indonesia.
o  Menggolongkan benda menurut asalnya.



11.2 Menjelaskan hubungan antara sumber daya alam dengan teknologi yang digunakan


o  Mengidentifikasi hasil teknologi yang digunakan manusia dengan menggunakan sumber daya alam, misalnya kertas dari kayu, pakaian dari kapas.


11.3 Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan


o  Mengumpulkan informasi tentang dampak pengambilan sumber daya alam tanpa ada usaha pelestarian terhadap lingkungan.
o  Membiasakan diri untuk menggunakan sumber daya alam secara bijaksana.


JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas IV  (4) Semester 1

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah           : ..................
Mata Pelajaran         : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester        : IV/ I

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
1.  Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi
1.1. Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana







§ Membaca lambang/simbol dalam peta kabupaten/kota dan provinsi di lingkungan tempat tinggalnya dengan menggunakan skala sederhana
§ Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota daerah tempat tinggalnya pada peta seperti tempat bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain
§ Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota)
§ Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat                                                  tinggalnya
§ Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat                                               tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana 


1.2.Mendeskripsi-kan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ko-ta dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya


§ Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam
§ Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota                         provinsi tempat tinggalnya
§ Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya
§ Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya
§ Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya
§ Menunjukkan tempat budaya di daerahnya


1.3.Menunjuk-kan  jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat





§   
§ Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi
§ Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran sumber daya alam
§ Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat
§ Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungantempat tinggalnya
§ Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§ Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya



1.4. Menghargai keragaman suku bangsa dan  budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)





§ Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
§ Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragamanbudaya
§ Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat
§ Memberikan contoh cara menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat
§ Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan budaya di masyarakat
§ Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me-        lalui peta



1.5. Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjagakelestariannya





§ Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di lingkungan setempat
§ Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat dari berbagai sumber
§ Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan bersejarah di lingkungan setempat
§ Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat
§ Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah
§ Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah
§ Menjelaskan manfaat menjaga kelestarian peninggalan sejarah
§ Membuat Melaporkan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan setempat



1.6. Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya





§ Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme
§ Memberi contoh rela berkorban
§ Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam membela bangsa dan negara
§ Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-jasa mereka
§ Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar
§ Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari
  

JUMLAH







Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.



PERANGKAT PEMBELAJARAN
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI (SK)
DAN KOMPETENSI DASAR (KD)

Mata Pelajaran
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas IV  (4) Semester 2

untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)
 

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TAHUN PELAJARAN       : 2010 / 2011


Nama Sekolah         : ...............................
Mata Pelajaran       : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
Kelas / Semester      : IV / II

Standar
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
KKM
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Alokasi
Waktu
2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota dan   provinsi
2.1.   Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerahnya








§  Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-nya
§  Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya
§  Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah
§  Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam
§  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya
§  Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerahnya
§  Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,mineral dan energi dan sumber daya ruang
§  Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-pat sumber daya alam tersebut


2.2.   Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkat-kan kesejah-teraan masyarakat


§  Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor koperasi
§  Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya
§  Menjelaskan manfaat koperasi pada anggota
§  Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjual­belikan                                             dalam koperasi
§  Membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara
§  Membuat bagan struktur pengurus koperasi
§  Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di                                             dalam masyarakat



2.3.   Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya









§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada                                                  masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi                                             masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi             pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan  sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi            pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan sekarang
§  Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan                                             masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi                                             lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi                                             masa lalu dan masa kini


2.4.   Mengenal permasa-lahan sosial di daerahnya








§  Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-                                                  ten/kota, provinsi)
§  Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di daerahnya
§  Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat
§  Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya
§  Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat
§  Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerahnya
§  Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua
§  Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya

JUMLAH






Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
     NIP.

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas,



(............................................)
       NIP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar