SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari | · Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa | · menulis isi teks Sumpah Pemuda · menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa · mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa | · Menulis isi teks Sumpah Pemuda · Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa · Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa | Tertulis : uraian Pengamatan/perbuatan | 2 minggu | · Gambar · Buku yang relevan |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah | · Kerja sama di lingkungan rumah | · menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari · membuat denah Sekolah dilengkapi dengan rencana penghijauan · Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin · membaca denah rumah siswa dan Sekolah · membuat peta dari rumah siswa ke Sekolah · membaca peta dari rumah siswa ke Sekolah | · Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari · Membuat denah Sekolah dilengkapi dengan rencana penghijauan · Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin · Membaca denah rumah siswa dan Sekolah · Membuat peta dari rumah siswa ke Sekolah · Membaca peta dari rumah siswa ke Sekolah | | | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran Membaca · Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng Menulis · Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami · Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami · Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menceritakan isi dongeng yang dibaca · Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan · Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. · Menceritakan pengalaman yang mengesankan. · Memberikan tanggapan dan saran sederhana. · Menjelaskan isi teks | · mendengarkan petunjuk melakukan permainan · mencatat petunjuk tentang permainan · menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan · menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan · membaca puisi dengan penghayatan · menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca · menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri · memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang dibacanya · melengkapi kalimat dengan kata yang tepat · menulis puisi karangan sendiri · melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi | · Mendengarkan petunjuk melakukan permainan · Mencatat petunjuk tentang permainan · Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan · Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan · Membaca puisi dengan penghayatan · Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri · Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang dibacanya · Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat · Menulis puisi karangan sendiri · Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi | | | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | · Menentukan letak bilangan pada garis bilangan · Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka · Melakukan operasi hitung campuran | · Garis bilangan · Penjumlahan dan pengurangan · Perkalian dan pembagian · Uang · Alat ukur · Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat | · membilang secara urut · membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan = · mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus · membuat tabel 10 x 10 · menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat | · Membilang secara urut · Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan = · Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus · Membuat tabel 10 x 10 · Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat | | | |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana · Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat · Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka | · Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. · Perubahan pada makhluk hidup · Sifat-sifat benda | · menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya · membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar · mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka · membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka | · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya · Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar · Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka · Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar