SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: LINGKUNGAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari | · Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa | · mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa · menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara · menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda · mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah | · Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa · Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara · Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda · Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah | Tertulis : uraian Pengamatan /perbuatan | 3 minggu | Gambar Buku yang relevan |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah · Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah · | · Kerja sama di lingkungan rumah | · mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar · menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan · menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan · membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya | · Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar · Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan · Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan · Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya | |||
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. · Menceritakan pengalaman yang mengesankan. · Memberikan tanggapan dan saran sederhana. · Menjelaskan isi teks | · menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu · membuat pertanyaan tentang cara menggunakan · menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang · memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang · menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar | · Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu · Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan · Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang · Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang · Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar | |||
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | · Garis bilangan · Penjumlahan dan pengurangan · Perkalian dan pembagian · Uang · Alat ukur · Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat | · menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) · menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan · melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan · melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan · melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam · melakukan operasi pengurangan dengan meminjam | · Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) · Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan · Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan · Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan · Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam · Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam | |||
5. IPA : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup | · Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup · Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga) | · Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. · Perubahan pada makhluk hidup · Sifat-sifat benda | · mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup · mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup · menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya · menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya · menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya · menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya · menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan · menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan | · Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup · Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya · Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan · Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar