Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Lingkungan
Kelas /Semester : II / 1
Alokasi Waktu : 3 Minggu
Standar Kompetensi :
- PKn :
· Membiasakan hidup bergoyong – royong.
- IPS :
· Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
- IPA :
· Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan ,pertumbuhan
hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makluk hidup.
- Matematika :
· Menggunakan pengukuran waktu,panjang dan berat dalam pemecahan masalah.
- B I : Mendengarkan
· Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Bebicara
· Mengungkapkan pikiran, perasaandan pengalaman secara lisan melalui
kegiatan bertanya,berceritadan deklamasi
Membaca
· Memahami teks pendek dengan memebaca lancer dan membaca puisi annak
Menulis
· Menulis permulaaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
6. SBK :
· Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
· Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
7. Bahasa Jawa : Mendengarkan
· Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan pesan, ungkapan, cerita, dongeng atau percakapan sederhana
Berbicara
· Mampu mengungkapkan gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
Membaca
· Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik membaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa cerita wayang, dongeng, dan geguritan
Menulis
· Mampu mengungkapkan gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
Apresiasi Sastra
· Mampu mengapresiasikan sastra jawa
Kompetensi Dasar :
- PKn :
· Mengenal pentingnya hidup rukun saling bebagi dan tolong menolong
· Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan hewan
- IPS :
· Memmanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
- IPA :
· Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
- Matematika :
· Menggunakan alat ukur waktu dengan stuan jam.
- Bahasa Indonesia :
· Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
· Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
· Menyimpulkan teks pendek ( 10- 15 kaqlimat )
· Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
· Menulis kalimat sederhanayang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda baca.
- Seni Budaya dan Ketrampilan:
· Memeragakan dinamik sederhana
· Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
· Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerak tari
- Bahasa Jawa :
· Mendengarkan cerita atau dongeng dengan tema lingkungan
· Mampu mengungkapkan gagasan ,pikiran, pendapat,dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam Bahasa Jawa, sesuai dengan unggah ungguh yang berlaku.
· Membaca pemahaman.
· Melengkapi cerita
· Mengeks[presikan cerita/dongeng.
Indikator
- PKn :
· Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
· Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah
· Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
· Mengidentifikasi lingkungan alam .
· Mengidentifikasi lingkungan buatan.
· Menceritakan lingkungan alam sekitar.
- IPS :
· Menyebutkan pentingnya memelihara koleksi barang keluarga
· Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga.
3 IPA :
· Menunjukan bagian utama tumbuhan.
· Mengelompokan tumbuhan berdasarkan bunganya.
4. Matematika:
· Membaca jam yang menunjukan waktu tepat.
· membaca jam yang menunjukan waktu setengah.
· Mmembaca Jam digital.
· Membuat gambar jam dan menunjukan letak jarum jam.
· Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
· Menunjukan waktu yang ditunjukan oleh alam .
· Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
- Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru.
· Mmmenceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiiiiri.
· Mendengarkan lagu.
· Menyanyikan lagu
· Menceritakan gamabar seri secara urut.
· Menceritakan cirri-ciri tumbuhan dan binatang.
· Mmmmmmenjawab teka-teki tentang tumbuhan dan bimatang.
· Membaca teks dengan bersuara.
· Meringkas isi bacaan .
· Menyusun kalimat menjadi cerita.
· Menulis kalimat dengan bentuk huruf yaqang indah .
· Membacakan hasil ringkasan isi bacaan.
· Melengkapi cerita sederhana
· Menulis cerita pendek dengan memperhatikan tanda baca.
· Menyalin kjalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung .
· Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
- Seni Budaya dan Kertrampilan :
· Membedakan kuat dan lemahnya musik sederhana.
· Menyebutkan sumbsr bunyi alam.
· Meniru gerak alam dalam bentuk gerak tari.
- Bahasa Jawa ;
· Menjawab pertanyaan.
· Menceritakan kembali
· Menebak nama benda derngan cirri-ciri tertentu.
· Menjawab pertanyaan.
· Menceritakan isi teks.
· Melengkapi cerita dengan kata-kata yang tepat.
I. Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat mengenali lingkungan alam sekitar.
· Siswa dapat mengenali lingkungan alam sekitar.
· Siswa dapat membedakan duni9a tumbuhan dan dunia hewan.
· Siswa dapat memeliohara lingkungan alam.
· Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis dokumen dan koleksi benda berharga.
· Siswa dapat menbgetahui manfaat dokumen dan koleksi benda berharga.
· Siswa dapat merawat dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
· Siswa dapat mengidentifikasi makluk hidup yang menguntungkan dan merugikan.
· Siswa dapat menunjukan tempat tinggal makluk hidup tertentu.
· Siswa dapat memberikan contoh nama makluk hidup dan tempat tinggalnya.
· Siswa dapat memberikan contoh makluk hidup yang menguntungkan.
· Siswa dapat memberikan contoh makluk hidup yang merugikan.
· Siswa dapat menentukan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam.
· Siswa dapat menuliskan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam.
· Siswa dapat menyatakan lamawaktu kegiatan dalam satu jam .
· Siswa dapat melengkapi kalimat sesuai cerita yang dibacakan secara lisan dan menceritakan isi teks secara lisan.
· Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menanggapi cerita .
· Siswa dapat menceritakan kembali cerita .dengan menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri baik lisan maupun tulisan.
· Siswa dapat menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan memperhatikan huruf kapital ,ketepatan, kecepatan dan tanda titik.
· Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah.
· Menceritakan kembali isi lagu yang didengar dan menyanyikan lagu .
· Siswa dapat menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah diurutkan dengan kalimat yang sederhana.
· Siswa dapat meringkas isi bacaan dan membacakan isi bacaan.
· Siswa dapat melengkapi cerita sederhana dengan kata-kata yang tepat dan menulis dengan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
· Siswa dapat mengekspresikan gerak tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak.
· Siswa dapat menanggapi gerak alam semesta dalambentuk gerakan tari.
· Siswa dapat menjawab pertanyaan dari cerita atau dongeng yang diceritakan guru.
· Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita secara singkat.
· Siswa dapat melengkapi cerita dengan kata –kata yang tepat.
· Siswa dapat mengungkapkan gagasan sesuai dengan ragam Bahas Bawa ( unggah-ungguh ) yang belaku
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Hidup rukun.
· Lingkungan alam.
· Dokumen Pribadi dan Keluarga.
· Bagian utama tumbuhan dan hewan.
· Alat ukur waktu.
· Mendengarkan teks pendek.
· Bercerita dengan gambar seri
· Membaca teks pendek.
· Melengkapi cerita.
· Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung.
· Kuat lemahnya musik sederhana.
· Bermain musik.
· Menari meniru gerak alam .
· Cerita dongeng.
· Membaca teks pendek
· Melengkapi cerita.
· Unggah – ungguh basa.
III. Metode Pembelajaran ;
· Ceramah
· Diskusi
· Tanya-jawab.
· Demontrasi
· Pemberian tugas.
IV Langkah – Langkah Pembelajaran :
Semester I, Minggu 1
Pertemuan pertama : 4 x 35 menit ( PKn,IPA,IPS )
- Kegiatan Awal :
- Guru memberi salam , berdoa.
- Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti :
- Eksplorasi :
PKn : Siswa diskusi dengan teman sebangku apa yang dimaksud lingkungan .
IPA : Siswa menyebutkan berbagai jenis makluk hidup yang diketahui.
IPS : Siswa bediskusi untuk menyebutkan benda – benda yang termasuk dokumen.
b.Elaborasi :
PKn. : Siswa mengati lingkungan ada disekitarnnya.
Siswa Menyebutkan berbagai jenis lingkungan sekitarnya.
Siswa Menyebutkan Menyebutkan jenis makluk hidup yang ada lingkunganya.
IPA : Sisw menyebutkan tempathidup hewan ( darat,air, darat dan air )
IPS : Siswa Menyebutkan contoh-contoh dokumen yang dimiliki.
c.Konfirmas : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang jenis – jenis lingkungan sekitar.
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang berbagai jenis makluk hidup yang ada disekitarnya.
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang jenis-jenis dokumen.
- Kegiatan penutup :
a Guru melakukan repleksi.
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2. Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
bGuru membacakan laporan pengalaman.
cGuru memberi tugas rumah.
D.Lampiran : -Siswa medapatkan gambar berbagai jenis hewan.
Pertemuan kedua : 4 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPA )
- Kegiatan Awal :
- Guru memberi salam , berdoa.
- Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
- Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.
- Kegiatan Inti :
a.Eksplorasi :
Matematika : Guru menunjukan waktu tepat dan jam setengah
Bahasa Indonesia : Guru menyampaikan wacana yang dibacakan guru
IPA : Melalui pengamatan sederhana siswa menunjukan tempat hidup makluk
hidup.
b. Elaborasi :
Matematika : Pemberian tugas membaca jam yang menunjukan waktu tepat dan jam
setengah
Bahasa Indonesia : Siswa memperhatikan wacana yang dibacakan guru
Siswa Menceritakan kembali cerita yang telah didengar dari guru.
IPA : Melalui pengamatan sederhana siswa menunjukan tempat hidup makluk
hidup.
Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang tempat hidup hewan
c.Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cerita pendek
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tempat hidup berbagai jenis makluk hidup.
C. Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaranberikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : Gambar jam
Pertemuan Ketiga : 4 x 35 menit ( Matematika, IPS, SBK )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
Matematika : Siswa menunjukan waktu yang tertera pada jam dinding saat itu .
IPS : Guru menunjukan contoh benda-benda yang dikoleksi
SBK : Siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu yang beriama cepat dan lambat.
b. Elaborasi :
Matematika : Siswa menentukan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam
IPS : Siswa memberikan contoh – contoh dokumen dalam keluarga
SBK :Siswa bermain musik bebas
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang ditunjukan jam
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang koleksi dokumen keluarga
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang bermain alat musik
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : Contoh – contoh dokumen Keluarga
- KTP
- Kartu Keluarga
- Aka Kelahiran
Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia,IPA )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
b.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
Matematika : Siswa menunjukan waktu yang tertera pada jam dinding saat itu .
B I : Siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “ Kebunku
IPA : Siswa menjawab pertanyaan
b. Elaborasi :
Matematika : Siswa menentukan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam
B I : Siswa menceritakan isi lagu yang telah dinyanyikan bersama.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan isi teks pendek disampaikan
guru
IPA :Siswa dengan bimbingan guru mengamati tempat hidup hewan
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang ditunjukan jam
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang isi dar sebuah lagu
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tempat hidup hewan
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : Tabel tempat hidup hewan
No | Nama Hewan | Tempat Hidup |
|
1 |
|
|
|
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
4 |
|
|
|
5 |
|
|
|
6 |
|
|
|
7 |
|
|
|
8 |
|
|
|
Pertemuan Kelima : 4 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, B.Jawa)
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
Matematika : Siswa menunjukan waktu yang tertera pada jam dinding saat itu .
BI : Guru menunjukan teks bacaan pada siswa
B.Jawa : Siswa mendengarkan cerita dari teman atau guru
b. Elaborasi :
Matematika : Siswa menggambar jam yang menunjukan waktu tertentu.
B I : Siswa memberikan tanggapan apa yang telah didengar dalam cerita tersebut
Siswa menyimpulkan isi cerita dengan singkat ( 10- 15 ) kalimat .
B.Jawa : Siswa menjawab pertanyaan sesuai yang dibacakan guru
Siswa menyerbutkan cirri-ciri hewan atau tumbuhan disekitarnya.
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menggambar jam
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyimpulkan sebuah cerita singkat
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mengidentifikasi tentang cirri-ciri hewan
atau tumbuhan
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaranberikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : contoh mengidentifikasi hewan
Kelinci
Sikile : papat
Gedhene : meh padha kucing
Kupinge : njepiping
Panganane : godhong-godhongan
Wulunerupane : ana putih,ireng
Minggu II Semester 1
Pertemuan Pertama : 4 x 35 menit ( PKn, BI, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
PKn : Siswa menjawqab pertranyaan guru tentang perbedaan lingkungan hewan dan
tumbuhan .
BI : Guru menunjukan teks bacaan pada siswa
IPS : Siswa memperhatikan contoh-contoh benda koleksi
b. Elaborasi :
PKn : Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku tentang manfaat tumbuhan
danhewan bagi manusia.
B I : Siswa memberikan tanggapan apa yang telah didengar dalam cerita tersebut
Siswa menyimpulkan isi cerita dengan singkat ( 10- 15 ) kalimat .
IPS : Siswa menyebutkan berbagai macam benda yang merupakan koleksi pribadi
Siswa menyerbutkan cirri-ciri hewan atau tumbuhan disekitarnya.
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang manfaat Tumbuhan dan hewan
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyimpulkan isi kalimat pendek
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang benda-benda koleksi
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : contoh mengidentifikasi hewan
No | Nama Hewan | Tempat Hidup |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pertemuan Kedua : 4 x 35 menit ( BI, IPA, SBK )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
BI : Siswa memperhatikan contoh pesan yang di sampaikan kepada orang lain .
IPA : Siswa memperhatikan berbagai gambar hewan
SBK : Siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu yang beriama cepat dan lambat
b. Elaborasi :
BI : Siswa memberi tanggapan secara lisan tentang pesan yang di saampaikan
temannya.
IPA : Siswa mendiskusikan berbagai jenis tumbuhan dan manfaatnya bagi manusia
SBK : Siswa menyanyikan sebuah lagu secara bergiliran.
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang pesan secara lisan
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang manfaat tumbuhan bagi manusia
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyanyi yang benar
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : contoh mengidentifikasi Tumbuhan
No | Nama Hewan | Manfaat atau Hasil |
1 | Pohon Kelapa | Batang, daun, buah kelapa |
2 | Pohon Jati | Batang/Kayu |
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
6 |
|
|
7 |
|
|
Pertemuan Ketiga : 4 x 35 menit ( Matematika, BI, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
Matematika : Siswa menyatakan lama waktu kegiatan dalam satu jam .
BI : Siswa memperhatikan teks yang diberikan guru
IPS : Siswa mengamati berbagai contoh benda yang di koleksi yang berada di sekitar
b. Elaborasi :
Matematika : Siswa mendemonstrasikan waktu yang ditunjukkan dalam suatu kegiatan
B I : Siswa membaca dan memahami isi bacaan.
IPS : Siswa menyebutkan berbagai macam benda yang merupakan koleksi pribadi
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
jam.
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyimpulkan isi bacaan
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang benda-benda koleksi
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : - Sebuah bacaan
- Benda- benda yang di koleksi
Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit ( IPA, Matematika, BI )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
IPA : Siswa menyebutkan berbagai contoh makhluk hidup yang merugikan
Matematika : Siswa membaca jam
BI : Siswa menyusun kalimat pendek
b. Elaborasi :
IPA : Siswa mendiskusikan berbagai jenis tumbuhan yang merugikan
Matematika : Siswa dapat menunjukkan waktu pada jarum jam.
BI : Siswa menyusun berbagai kata menjadi rangkaian kalimat
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
jam.
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyusun kata menjadi kalimat
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tumbuhan yang merugikan
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran :
Pertemuan Kelima : 4 x 35 menit ( BI, Matematika, Bahasa Jawa )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
BI : Siswa memperhatikan teks percakapan
Matematika : Siswa membaca jam
B.Jawa : Siswa menyebutkan ciri-ciri hewan
b. Elaborasi :
BI : Siswa melakukan percakapan secara lisan
Matematika : Siswa dapat menunjukkan waktu pada jarum jam.
B.Jawa : Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri hewan
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang teks percakapan
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
jam
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cirri-ciri hewan
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran :
Minggu III Semester I
Pertemuan Pertama : 4 x 35 menit ( PKn, Matematika, SBK )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
PKn : Siswa memperhatikan contoh gambar lingkungan yang bersih
Matematika : Siswa membaca jam
SBK : Siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu yang beriama cepat dan lambat.
b. Elaborasi :
PKn : Siswa mendiskusikan akibat lingkungan yang kurang sehat
Matematika : Siswa menunjukkan waktu pada jarum jam.
SBK : Siswa menyanyikan lagu sederhana dengan di ikuti gerakan
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
jam.
Siswa mempresentasikan akibat lingkungan yang kurang sehat
Siswa mempresentasikan gerak dan lagu
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran :
Pertemuan Kedua : 4 x 35 menit ( IPA, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
IPA : Siswa memperhatikan contoh hewan yang merugikan dan menguntungkan .
IPS : Siswa mendiskusikan cara merawat benda koleksi
b. Elaborasi :
IPA : Siswa mendiskusikan lembar kerja.
IPS : Siswa memperhatikan penjelasan guru tenyang cara merawat benda koleksi
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan hewan yang merugikan dan menguntungkan
Siswa mempresentasikan cara merawat benda koleksi
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : - contoh hewan yang merugikan dan menguntungkan
- Cara merawat benda koleksi
Pertemuan Ketiga : 4 x 35 menit ( Matematika, BI )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
Matematika : Siswa memperhatikan gambar jam yang berada di papan tulis .
BI : Siswa memperhatikan teks pendek yang di sampaikan guru
b. Elaborasi :
Matematika : Siswa menentukan waktu yang di tunjukkan pada jarum jam
BI : Siswa menulis teks dengan ejaan yang benar
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan tentang waktu yang di tunjukkan jarum jam
Siswa mempresentasikan tentang menulis dengan benar
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : - Teks Bacaan
Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit BI, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
BI : Siswa memperhatikan teks yang belum lengkap .
IPS : Siswa memperhatikan penjelasan yang di sampaikan guru
b. Elaborasi :
BI : Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang manfaat dokumen
IPS : Siswa mendiskusikan tentang manfaat dokumen keluarga
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan tentang teks yang belum lengkap
Siswa mempresentasikan tentang manfaat dokumen keluarga
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : - Teks Bacaan
Pertemuan Kelima : 4 x 35 menit ( BI, B.Jawa )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi
yang akan dipelajari.
B. Kegiata Inti :
a. Eksplorasi :
BI : Siswa memperhatikan teks bacaan .
B. Jawa : Siswa mendengarkan cerita tentang wayang
b. Elaborasi :
BI : Siswa menulis teks dengan huruf tegak bersambung
IPS : Siswa menceritakan kembali tentang cerita yang di sampaikna guru
c. Konfirmasi : Siswa mempresentasikan tentang menulis tegak bersambung
Siswa mempresentasikan tentang cerita wayang
C Kegiatan Penutup :
a. Guru melakukan repleksi.
1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
b.Guru membacakan laporan pengalaman.
c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran : - Teks Bacaan
V. Alat dan Sumber Bahan
Alat Peraga :
1. Gambar Lingkungan yang bersih
2. Model Jam
3. Gambar-gambar Tumbuhan
4. Gambar-gambar Hewan
5. Benda-benda Dokumen
6. Teks Nyanyian
7. Model/ gambar Wayang
VI. Penilaian :
Teknik Tes :
1. Keberanian menyampaikan pendapat
2. Ketepatan jawaban
· Tes Tertulis :
1. Jawaban singkat
2. Uraian
Bentuk tes :
1.Obyektif tes
2.Non Obyektif tes
Instrumen tes :
1.Lembar Evaluasi
2.Lembar kerja evaluasi
Catatan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar