Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema                          : Lingkungan
                                              Kelas /Semester        :  II / 1             
                                              Alokasi Waktu           : 3 Minggu

Standar Kompetensi :
  1. PKn                 :
·         Membiasakan hidup bergoyong – royong.
  1. IPS                   :
·         Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
  1. IPA                  :
·         Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan ,pertumbuhan  
       hewan  dan  tumbuhan serta berbagai tempat hidup makluk hidup.
  1. Matematika       :
·         Menggunakan pengukuran waktu,panjang dan berat dalam pemecahan masalah.

  1. B I                    : Mendengarkan
·             Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
                                Bebicara
·         Mengungkapkan pikiran, perasaandan pengalaman secara lisan melalui 
       kegiatan bertanya,berceritadan deklamasi
  Membaca
·         Memahami teks pendek dengan memebaca lancer dan membaca puisi annak
                                          Menulis
·         Menulis permulaaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte                
6.    SBK                :
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
7.   Bahasa Jawa    : Mendengarkan
·         Mampu mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan pesan, ungkapan, cerita, dongeng atau percakapan sederhana
Berbicara
·         Mampu mengungkapkan gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
Membaca
·         Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik membaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa cerita wayang, dongeng, dan geguritan
Menulis
·         Mampu mengungkapkan gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa jawa sesuai dengan unggah-ungguh yang berlaku
Apresiasi Sastra
·         Mampu mengapresiasikan sastra jawa


       Kompetensi Dasar :
  1. PKn :
·         Mengenal pentingnya hidup rukun  saling bebagi dan tolong menolong
·         Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan hewan
  1. IPS :
·         Memmanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
  1. IPA :
·         Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
  1. Matematika :
·         Menggunakan alat ukur waktu dengan stuan jam.
  1. Bahasa Indonesia :
·         Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek.
·         Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain.
·         Menyimpulkan teks pendek ( 10- 15 kaqlimat )
·         Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·         Menulis kalimat sederhanayang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda baca.
  1. Seni Budaya dan Ketrampilan:
·         Memeragakan dinamik sederhana
·         Mengekspresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·         Menanggapi gerak alam semesta dalam bentuk gerak tari
  1. Bahasa Jawa :
·         Mendengarkan cerita atau dongeng dengan tema lingkungan
·         Mampu mengungkapkan gagasan ,pikiran, pendapat,dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam Bahasa Jawa, sesuai dengan unggah ungguh yang berlaku.
·         Membaca pemahaman.
·         Melengkapi cerita
·         Mengeks[presikan cerita/dongeng.

Indikator
  1. PKn :
·         Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah.
·         Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah
·         Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
·         Mengidentifikasi lingkungan alam .
·         Mengidentifikasi lingkungan buatan.
·         Menceritakan lingkungan alam sekitar.
  1. IPS :
·         Menyebutkan pentingnya memelihara koleksi barang keluarga
·         Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga.
3    IPA :
·         Menunjukan bagian utama tumbuhan.
·         Mengelompokan tumbuhan berdasarkan bunganya.

4.   Matematika:
·         Membaca jam yang menunjukan waktu tepat.
·         membaca jam yang menunjukan waktu setengah.
·         Mmembaca Jam digital.
·         Membuat gambar jam dan menunjukan letak jarum jam.
·         Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·         Menunjukan waktu yang ditunjukan oleh alam .
·         Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.
  1. Bahasa Indonesia :
·         Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru.
·         Mmmenceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiiiiri.
·         Mendengarkan lagu.
·         Menyanyikan lagu
·         Menceritakan gamabar seri secara urut.
·         Menceritakan cirri-ciri tumbuhan dan binatang.
·         Mmmmmmenjawab teka-teki tentang tumbuhan dan bimatang.
·         Membaca teks dengan bersuara.
·         Meringkas isi bacaan .
·         Menyusun kalimat menjadi cerita.
·         Menulis kalimat dengan bentuk huruf yaqang indah .
·         Membacakan hasil ringkasan isi bacaan.
·         Melengkapi cerita sederhana
·         Menulis cerita pendek dengan memperhatikan tanda baca.
·         Menyalin kjalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung .
·         Menulis kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
  1. Seni Budaya dan Kertrampilan :
·         Membedakan kuat dan lemahnya musik sederhana.
·         Menyebutkan sumbsr bunyi alam.
·         Meniru gerak alam dalam bentuk gerak tari.
  1. Bahasa Jawa ;
·         Menjawab pertanyaan.
·         Menceritakan kembali
·         Menebak nama benda derngan cirri-ciri tertentu.
·         Menjawab pertanyaan.
·         Menceritakan isi teks.
·         Melengkapi cerita dengan kata-kata yang tepat.

I.     Tujuan Pembelajaran :
·         Siswa dapat mengenali lingkungan alam sekitar.
·         Siswa dapat mengenali lingkungan alam sekitar.
·         Siswa dapat membedakan duni9a tumbuhan dan dunia hewan.
·         Siswa dapat memeliohara lingkungan alam.
·         Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis dokumen dan koleksi benda berharga.
·         Siswa dapat menbgetahui manfaat dokumen dan koleksi benda berharga.
·         Siswa dapat merawat dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.
·         Siswa dapat mengidentifikasi makluk hidup yang menguntungkan dan merugikan.
·         Siswa dapat menunjukan tempat tinggal makluk hidup tertentu.
·         Siswa dapat memberikan contoh nama makluk hidup dan tempat tinggalnya.
·         Siswa dapat memberikan contoh makluk hidup yang menguntungkan.
·         Siswa dapat memberikan contoh makluk hidup yang merugikan.
·         Siswa dapat menentukan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam.
·         Siswa dapat menuliskan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam.
·         Siswa dapat menyatakan lamawaktu kegiatan dalam satu jam .
·         Siswa dapat melengkapi kalimat sesuai cerita yang dibacakan secara lisan dan menceritakan isi teks secara lisan.
·         Siswa dapat menjawab pertanyaan dan menanggapi cerita .
·         Siswa dapat menceritakan kembali cerita .dengan menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri baik lisan maupun tulisan.
·         Siswa dapat menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan memperhatikan huruf kapital ,ketepatan, kecepatan dan tanda titik.
·         Menuliskan kalimat dengan bentuk huruf yang indah.
·         Menceritakan kembali isi lagu yang didengar dan menyanyikan lagu .
·         Siswa dapat menyusun gambar dan menceritakan gambar yang telah diurutkan dengan kalimat yang sederhana.
·         Siswa dapat meringkas isi bacaan dan membacakan isi bacaan.
·         Siswa dapat melengkapi cerita sederhana dengan kata-kata yang tepat dan menulis dengan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·         Siswa dapat mengekspresikan gerak tubuh secara spontan mengikuti bunyi perangsang gerak.
·         Siswa dapat menanggapi gerak alam semesta dalambentuk gerakan tari.
·         Siswa dapat menjawab pertanyaan dari cerita atau dongeng yang diceritakan guru.
·         Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita secara singkat.
·         Siswa dapat melengkapi cerita dengan kata –kata yang tepat.
·         Siswa dapat mengungkapkan gagasan sesuai dengan ragam Bahas Bawa ( unggah-ungguh ) yang belaku
II.   Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
·         Hidup rukun.
·         Lingkungan alam.
·         Dokumen Pribadi dan Keluarga.
·         Bagian utama tumbuhan dan hewan.
·         Alat ukur waktu.
·         Mendengarkan teks pendek.
·         Bercerita dengan gambar seri
·         Membaca teks pendek.
·         Melengkapi cerita.
·         Menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung.
·         Kuat lemahnya musik sederhana.
·         Bermain musik.
·         Menari meniru gerak alam .
·         Cerita dongeng.
·         Membaca teks pendek
·         Melengkapi cerita.
·         Unggah – ungguh basa.

III.   Metode Pembelajaran ;
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya-jawab.
·         Demontrasi
·         Pemberian tugas.

IV  Langkah – Langkah Pembelajaran :

Semester I, Minggu 1
Pertemuan pertama : 4 x 35 menit ( PKn,IPA,IPS )
  1. Kegiatan Awal :
    1. Guru memberi salam , berdoa.
    2. Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
    3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
    4. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.
  2. Kegiatan Inti :
    1. Eksplorasi :
PKn                              : Siswa diskusi dengan teman sebangku apa yang dimaksud lingkungan .
IPA                               : Siswa menyebutkan berbagai jenis makluk hidup yang diketahui.
IPS                               : Siswa bediskusi untuk menyebutkan benda – benda yang termasuk dokumen.

             b.Elaborasi :
             PKn.                : Siswa mengati lingkungan ada disekitarnnya.
                                      Siswa Menyebutkan berbagai jenis lingkungan sekitarnya.
    Siswa Menyebutkan Menyebutkan jenis makluk hidup yang ada   lingkunganya.
             IPA                  : Sisw menyebutkan tempathidup hewan ( darat,air, darat dan air )
             IPS                  : Siswa Menyebutkan contoh-contoh dokumen yang dimiliki.

c.Konfirmas       : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang jenis – jenis lingkungan sekitar.
                                             Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang berbagai jenis makluk hidup yang ada disekitarnya.
                                            Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang jenis-jenis dokumen.




  1. Kegiatan penutup :
                       a Guru melakukan repleksi.
1.       Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.       Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                                    bGuru membacakan laporan pengalaman.
                                    cGuru memberi tugas rumah.

       D.Lampiran :     -Siswa medapatkan gambar berbagai jenis hewan.


       Pertemuan kedua : 4 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, IPA )
  1. Kegiatan Awal :
    1. Guru memberi salam , berdoa.
    2. Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
    3. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
    4. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.

  1. Kegiatan Inti :
            a.Eksplorasi :
               Matematika    : Guru menunjukan waktu tepat dan jam setengah
              Bahasa Indonesia  : Guru menyampaikan wacana yang dibacakan guru
              IPA                       : Melalui pengamatan sederhana siswa menunjukan tempat hidup makluk
                                                hidup.
                 b. Elaborasi :
              Matematika     : Pemberian tugas membaca jam yang menunjukan waktu tepat dan jam
                                                setengah
              Bahasa Indonesia  : Siswa memperhatikan wacana yang dibacakan guru
                                                   Siswa Menceritakan kembali cerita yang telah didengar dari guru.
              IPA                       : Melalui pengamatan sederhana siswa menunjukan tempat hidup makluk
                                                hidup.
                                                Siswa berdiskusi dengan teman sebangku tentang tempat hidup hewan

           c.Konfirmasi             : Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu
                                            Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cerita pendek
      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tempat hidup berbagai           jenis makluk   hidup.

     C. Kegiatan Penutup :
                      a. Guru melakukan repleksi.
          1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                               2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaranberikutnya.
                      b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                      c.Guru memberi tugas rumah.

D. Lampiran                 : Gambar jam



Pertemuan Ketiga : 4 x 35 menit ( Matematika, IPS, SBK )

A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      Matematika             : Siswa menunjukan waktu yang tertera pada jam dinding saat itu .
      IPS                         : Guru menunjukan contoh benda-benda  yang dikoleksi
      SBK                       : Siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu yang beriama cepat dan lambat.
  b. Elaborasi :
      Matematika             : Siswa menentukan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam
      IPS                         : Siswa memberikan contoh – contoh dokumen dalam keluarga
      SBK                        :Siswa bermain musik bebas
  c. Konfirmasi :               Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang ditunjukan jam
                                      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang koleksi dokumen keluarga
                                      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang bermain alat musik
C Kegiatan Penutup :
                   a. Guru melakukan repleksi.
                                       1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                       2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                                    b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                                    c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran                 : Contoh – contoh dokumen Keluarga
                                          - KTP
                                              - Kartu Keluarga
                                          - Aka Kelahiran



Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia,IPA )

A. Kegiatan Awal :
                                    a.Guru memberi salam , berdoa.
                                    b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
                                    b.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      Matematika             : Siswa menunjukan waktu yang tertera pada jam dinding saat itu .
      B I                          : Siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “ Kebunku 
      IPA                         : Siswa menjawab pertanyaan
  b. Elaborasi :
      Matematika             : Siswa menentukan tanda waktu yang ditunjukan jarum jam
      B I                          : Siswa menceritakan isi lagu yang telah dinyanyikan bersama.
                                          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan isi teks pendek disampaikan 
                                   guru
     IPA                          :Siswa dengan bimbingan guru mengamati tempat hidup hewan

  c. Konfirmasi :              Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang ditunjukan jam
                                     Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang isi dar sebuah lagu
                                     Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tempat hidup hewan
C Kegiatan Penutup :
                   a. Guru melakukan repleksi.
          1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
          2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                                    b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                                    c.Guru memberi tugas rumah.


D. Lampiran                 : Tabel tempat hidup hewan
No
Nama Hewan
Tempat Hidup

1



2



3



4



5



6



7



8





Pertemuan Kelima : 4 x 35 menit ( Matematika, Bahasa Indonesia, B.Jawa)

A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      Matematika             : Siswa menunjukan waktu yang tertera pada jam dinding saat itu .
      BI                           : Guru menunjukan teks bacaan pada siswa
      B.Jawa                   : Siswa mendengarkan cerita dari teman atau guru
  b. Elaborasi :
      Matematika             : Siswa menggambar jam yang menunjukan waktu tertentu.
      B I                          : Siswa memberikan tanggapan apa yang telah didengar dalam cerita tersebut
                                   Siswa menyimpulkan isi cerita dengan singkat ( 10- 15 ) kalimat .
      B.Jawa                   : Siswa menjawab pertanyaan sesuai yang dibacakan guru
                                      Siswa menyerbutkan cirri-ciri hewan atau tumbuhan disekitarnya.
  c. Konfirmasi :             Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menggambar jam
                                     Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyimpulkan sebuah cerita singkat
                                    Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mengidentifikasi tentang cirri-ciri hewan
                                  atau tumbuhan
C Kegiatan Penutup :
                   a. Guru melakukan repleksi.
          1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
          2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaranberikutnya.
                                    b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                                    c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran                 : contoh mengidentifikasi hewan
Kelinci
Sikile : papat
Gedhene : meh padha kucing
Kupinge : njepiping
Panganane : godhong-godhongan
Wulunerupane : ana putih,ireng

      Minggu II  Semester 1
Pertemuan Pertama : 4 x 35 menit ( PKn, BI, IPS )

A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      PKn             : Siswa menjawqab pertranyaan guru tentang perbedaan lingkungan hewan dan
                                   tumbuhan .
      BI                : Guru menunjukan teks bacaan pada siswa
      IPS             : Siswa memperhatikan contoh-contoh benda koleksi
  b. Elaborasi :
      PKn             : Siswa mendiskusikan dengan teman sebangku tentang manfaat tumbuhan 
                                   danhewan bagi manusia.
      B I               : Siswa memberikan tanggapan apa yang telah didengar dalam cerita tersebut
                                   Siswa menyimpulkan isi cerita dengan singkat ( 10- 15 ) kalimat .
      IPS             : Siswa menyebutkan berbagai macam benda yang merupakan koleksi pribadi
                           Siswa menyerbutkan cirri-ciri hewan atau tumbuhan disekitarnya.
  c. Konfirmasi :         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang manfaat Tumbuhan dan hewan
                           Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyimpulkan isi kalimat pendek
                                      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang benda-benda koleksi
C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
                                       1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                       2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                                    b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                                    c.Guru memberi tugas rumah.

D. Lampiran                 : contoh mengidentifikasi hewan


No
Nama Hewan
Tempat Hidup












































Pertemuan Kedua : 4 x 35 menit ( BI, IPA, SBK )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      BI                  : Siswa memperhatikan contoh pesan yang di sampaikan kepada orang lain .
      IPA                : Siswa memperhatikan berbagai gambar hewan
      SBK              : Siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu yang beriama cepat dan lambat

        b. Elaborasi :
      BI                  : Siswa memberi tanggapan secara lisan tentang pesan yang di saampaikan
                                   temannya.
      IPA                : Siswa mendiskusikan berbagai jenis tumbuhan dan manfaatnya bagi manusia
      SBK              : Siswa menyanyikan sebuah lagu secara bergiliran.
  c. Konfirmasi :      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang pesan secara lisan
                             Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang manfaat tumbuhan bagi manusia
                             Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyanyi yang benar
C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
                                       1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                       2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
               b.Guru membacakan laporan pengalaman.
               c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran        : contoh mengidentifikasi Tumbuhan
No
Nama Hewan
Manfaat atau Hasil
1
Pohon Kelapa
Batang, daun, buah kelapa
2
Pohon Jati
Batang/Kayu
3


4


5


6


7







Pertemuan Ketiga : 4 x 35 menit ( Matematika, BI, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      Matematika : Siswa menyatakan lama waktu kegiatan dalam satu jam .
      BI                : Siswa memperhatikan teks yang diberikan guru
      IPS             : Siswa mengamati berbagai contoh benda yang di koleksi yang berada di sekitar
  b. Elaborasi :
      Matematika  : Siswa mendemonstrasikan waktu yang ditunjukkan dalam suatu kegiatan
      B I               : Siswa membaca dan memahami isi bacaan.
      IPS             : Siswa menyebutkan berbagai macam benda yang merupakan koleksi pribadi
                        
  c. Konfirmasi :         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
                                   jam.
                           Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyimpulkan isi bacaan
                           Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang benda-benda koleksi
C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
                                       1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                       2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
             b.Guru membacakan laporan pengalaman.
             c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran      : - Sebuah bacaan
                                 - Benda- benda yang di koleksi
Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit ( IPA, Matematika, BI )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      IPA             : Siswa menyebutkan berbagai contoh makhluk hidup yang merugikan
      Matematika  : Siswa membaca jam
      BI                : Siswa menyusun kalimat pendek
  b. Elaborasi :
      IPA             : Siswa mendiskusikan berbagai jenis tumbuhan yang merugikan
      Matematika  : Siswa dapat menunjukkan waktu pada jarum jam.
      BI                : Siswa menyusun berbagai kata menjadi rangkaian kalimat
  c. Konfirmasi :         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
                                   jam.
                           Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyusun kata menjadi kalimat
                           Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang tumbuhan yang merugikan
C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
        1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
        2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
             b.Guru membacakan laporan pengalaman.
             c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran   :



Pertemuan Kelima : 4 x 35 menit ( BI, Matematika, Bahasa Jawa )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      BI                  : Siswa memperhatikan teks percakapan
      Matematika    : Siswa membaca jam
      B.Jawa          : Siswa menyebutkan ciri-ciri hewan
  b. Elaborasi :
      BI                  : Siswa melakukan percakapan secara lisan
      Matematika    : Siswa dapat menunjukkan waktu pada jarum jam.
      B.Jawa          : Siswa berdiskusi tentang ciri-ciri hewan
  c. Konfirmasi :      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang teks percakapan
                             Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
                                   jam
                             Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cirri-ciri hewan
C Kegiatan Penutup :

       a. Guru melakukan repleksi.
      1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
      2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
      b.Guru membacakan laporan pengalaman.
      c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran              :

     Minggu III Semester I
Pertemuan Pertama : 4 x 35 menit ( PKn, Matematika, SBK )

A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      PKn               : Siswa memperhatikan contoh gambar lingkungan yang bersih
      Matematika    : Siswa membaca jam
      SBK              : Siswa bersama guru menyanyikan sebuah lagu yang beriama cepat dan lambat.
 b. Elaborasi :
     PKn                : Siswa mendiskusikan akibat lingkungan yang kurang sehat
     Matematika     : Siswa menunjukkan waktu pada jarum jam.
     SBK               : Siswa menyanyikan lagu sederhana dengan di ikuti gerakan
  c. Konfirmasi :      Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang waktu yang di tunjukkan dalam satu
                                   jam.
                             Siswa mempresentasikan akibat lingkungan yang kurang sehat
                             Siswa mempresentasikan gerak dan lagu
C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
        1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
        2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                  b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                  c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran              :



Pertemuan Kedua : 4 x 35 menit ( IPA, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      IPA                         : Siswa memperhatikan contoh hewan yang merugikan dan menguntungkan .
      IPS                         : Siswa mendiskusikan cara merawat benda koleksi
        b. Elaborasi :
     IPA                          : Siswa mendiskusikan lembar kerja.
     IPS                          : Siswa memperhatikan penjelasan guru tenyang cara merawat benda koleksi
  c. Konfirmasi :               Siswa mempresentasikan hewan yang merugikan dan menguntungkan
                                      Siswa mempresentasikan cara merawat benda koleksi
     C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
        1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
        2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                  b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                  c.Guru memberi tugas rumah.
D. Lampiran                 : - contoh hewan yang merugikan dan menguntungkan
                                                - Cara merawat benda koleksi
Pertemuan Ketiga : 4 x 35 menit ( Matematika, BI )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      Matematika             : Siswa memperhatikan gambar jam yang berada di papan tulis .
      BI                           : Siswa memperhatikan teks pendek yang di sampaikan guru
        b. Elaborasi :
     Matematika              : Siswa menentukan waktu yang di tunjukkan pada jarum jam
     BI                            : Siswa menulis teks dengan ejaan yang benar
  c. Konfirmasi :               Siswa mempresentasikan tentang waktu yang di tunjukkan jarum jam
                                      Siswa mempresentasikan tentang menulis dengan benar
     C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
      1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
      2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                  b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                  c.Guru memberi tugas rumah.
     D. Lampiran            : - Teks Bacaan





Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit BI, IPS )
A. Kegiatan Awal :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.
      B. Kegiata Inti :
  a. Eksplorasi :
      BI                           : Siswa memperhatikan teks yang belum lengkap .
      IPS                         : Siswa memperhatikan penjelasan yang di sampaikan guru
        b.  Elaborasi :
      BI                           : Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang manfaat dokumen
      IPS                         : Siswa mendiskusikan tentang manfaat dokumen keluarga
  c. Konfirmasi :               Siswa mempresentasikan tentang teks yang belum lengkap
                                      Siswa mempresentasikan tentang manfaat dokumen keluarga
     C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
                                       1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                       2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                                    b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                                    c.Guru memberi tugas rumah.
     D. Lampiran            : - Teks Bacaan







Pertemuan Kelima : 4 x 35 menit ( BI, B.Jawa )
      A. Kegiatan Awal   :
a.Guru memberi salam , berdoa.
b.Guru mengamati siswa tentang : kerapian,kesiapan dan mengabsen.
c.Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari.
d.Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru yang ada kaitanya dengan materi 
   yang akan dipelajari.

             B. Kegiata Inti             :
           a. Eksplorasi :
                BI                 : Siswa memperhatikan teks bacaan .
                B. Jawa        : Siswa mendengarkan cerita tentang wayang

                b.  Elaborasi :
              BI                   : Siswa menulis teks dengan huruf tegak bersambung
              IPS                 : Siswa menceritakan kembali tentang cerita yang di sampaikna guru

         c. Konfirmasi :        Siswa mempresentasikan tentang menulis tegak bersambung
                                      Siswa mempresentasikan tentang cerita wayang

           C Kegiatan Penutup :

                   a. Guru melakukan repleksi.
                                       1.Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                       2.Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inpormasi pembelajaran berikutnya.
                                    b.Guru membacakan laporan pengalaman.
                                    c.Guru memberi tugas rumah.
     D. Lampiran      : - Teks Bacaan



 V. Alat dan Sumber Bahan
     Alat Peraga       :
1.       Gambar Lingkungan yang bersih
2.       Model Jam
3.       Gambar-gambar Tumbuhan
4.       Gambar-gambar Hewan
5.       Benda-benda Dokumen
6.       Teks Nyanyian
7.       Model/ gambar Wayang




















     VI. Penilaian                       :
   Teknik Tes                      :
  • Teks lisan :
1.       Keberanian menyampaikan pendapat
2.       Ketepatan jawaban
·         Tes Tertulis :
1.       Jawaban singkat
2.       Uraian

Bentuk tes             :
1.Obyektif tes
2.Non Obyektif tes

Instrumen tes                     :
1.Lembar Evaluasi
2.Lembar kerja evaluasi


Catatan :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar