Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEPERLUAN SEHARI – HARI

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.   Memiliki harga diri sebagai individu
PKN:
Mengenal pentingnya harga diri
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
§  mengidentifikasi harga diri
§  menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
§  Mengidentifikasi harga diri
§  Menjelaskan kelebihan harga diri manusia dari makhluk lain
§  Mengasumsikan manusia sebagai makhluk Tuhan
§  Memberi alasan mengapa manusia penting memiliki harga diri
§  Menyebutkan cara menjaga harga diri dalam hidup bermasyarakat
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

4 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS:
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
§  mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Siaw dapat menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  menyebutkan manfaat semangat kerja
§  Mengenal jenis-jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar rumah
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang
§  Menyebutkan jenis-jenis pekerjaan yang mengutamakan jasa
§  Membuat daftar pekerjaan orang tua kelas 3
§  Menyebutkan manfaat semangat kerja
III.  IPA
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
IPA:
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
§  mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari
§  Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan
§  Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda
§  Membuat daftar kegunaan gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
§  Menerapkan berbagai gerak benda untuk berbagai keperluan
§  Menjelaskan pentingnya menghemat energi
§  Memberi contoh cara menghemat energi di lingkungan rumah
§  Menerapkan cara menghemat energi di sekolah
§  Menyebutkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehrai-hari



IV.  Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Matematika :
§ Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
§  menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  membilang pecahan dengan kata-kata
§  Siswa menuliskan pecahan dengan lambang
§  Siswa menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Siswa membilang pecahan dengan lambang
§  Siswa membandingkan dua buah pecahan
§  Siswa menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Siswa menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding
§  Menyajikan gambar dengan menuliskan pecahannya
§  Membilang pecahan dengan kata-kata
§  Menuliskan pecahan dengan lambang
§  Menuliskan pecahan dengan kata-kata
§  Membilang pecahan dengan lambang
§  Membandingkan dua buah pecahan
§  Menggunakan pembanding lebih atau tanda pembanding
§  Menggunakan pembanding kurang dari atau tanda pembanding




V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
§  Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
§  Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
§  Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
§  Menjawab atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 - 200 kata) yang dibaca secara intensif.
§  Menulis karangan sederhana berdasarkan gembar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang tepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
§  Siswa menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Siswa mendengarkan pembacaan cerita
§  Siswa menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Siswa menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Siswa memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Siswa menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Siswa menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Siswa menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Siswa menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Siswa menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Siswa menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Siswa mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Siswa menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri
§  Menanggapi masalah yang terjadi di sekitar kita
§  Mendengarkan pembacaan cerita
§  Menanggapi secara lisan masalah yang kita dengar
§  Menirukan penggalan percakapan dari cerita yang dibaca
§  Memberikan pendapat / perasaan dari hal-hal yang didengar siswa
§  Menceritakan kembali peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
§  Menjelaskan secara terperinci suatu tempat
§  Menjelaskan urutan perjalanan menuju suatu tempat
§  Menjawab pertanyaan dari bacaan yang dibaca
§  Menggunakan tanda koma di depan bilangan persepuluh dan di antara rupiah dan sen
§  Menggunakan tanda titik untuk memisahkan bilangan ribuan, jutaan atau kelipatan yang menunjukkan jumlah
§  Mengajukan pertanyaan dari bacaan
§  Menjelaskan secara lisan dongeng yang dibaca dengan kata-kata sendiri





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar