SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: PERISTIWA
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | 1. PKn Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. | · hidup bergotong royong | · Menjelaskan arti gotong royong · Menjelaskan arti hidup rukun · Menjelaskan akibat hidup · rukun dan tidak rukun · Menyebutkan contoh hidup rukun dan manfaatnya · Menjelaskan arti hidup saling berbagi dan memberikan contohnya · Menjelaskan akibat hidup saling berbagi dan tidak saling berbagi · Menjelaskan arti tolong menolong dan memberikan contohnya | · Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah. · Menjelaskan arti tolong menolong. · Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah. · Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · penting dalam keluarga secara kronologis | · Membaca dokumen dengan benar. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga. | · Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi · Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga · Membaca dokumen dengan benar. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga. | Tertulis Perbuatan Lesan | ||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman) · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (plastisin/tanah liat, adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu | · bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan | · Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan. · Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan · Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan · Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan. · Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu. · Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman. | · Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan. · Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan · Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan · Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan. · Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu. · Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman. · Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair. · Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair. · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan. · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu. · Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan. · Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain. | Tertulis Perbuatan Lesan | ||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan | · Bilangan 1 – 500 · Nilai tempat. · Mengurutkan bilangan. | · Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan pada bilangan bilangan · Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan · Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan · Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya · Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka · Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan · | · Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan pada bilangan bilangan · Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan · Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan · Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya · Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka · Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan | Tertulis Perbuatan Produk | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | · teks pendek dan puisi · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman · teks pendek · melengkapi cerita dan dikte. | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. | Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa. · Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari | · Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif · Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal. · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | · Unsur rupa · Gerak alam semesta. | · Membuat gambar ekpresi · Memajang hasil karya gambar ekpresi. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami. · Mencetak dengan teknik lipatan. · Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan. · Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang. · Melakukan gerakan tari secara berkelompok | · Membuat gambar ekpresi · Memajang hasil karya gambar ekpresi. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami. · Mencetak dengan teknik lipatan. · Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan. · Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang. · Melakukan gerakan tari secara berkelompok | Lisan Tertulis Perbuatan |
Mengetahui Kepala Sekolah ……………………. NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II …………………. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar