Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: PERISTIWA

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

TEMA: PERISTIWA


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

1.   PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

·     hidup bergotong royong
·     Menjelaskan arti gotong royong
·     Menjelaskan arti hidup rukun
·     Menjelaskan akibat hidup
·     rukun dan tidak rukun
·     Menyebutkan contoh hidup rukun dan manfaatnya
·     Menjelaskan arti hidup saling berbagi dan memberikan contohnya
·     Menjelaskan akibat hidup saling berbagi dan tidak saling berbagi
·     Menjelaskan arti tolong menolong dan memberikan contohnya
·     Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
·     Menjelaskan arti tolong menolong.
·     Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
·     Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah
Tertulis
Perbuatan
Lesan
3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

·     penting dalam keluarga secara kronologis
·     Membaca dokumen dengan benar.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
·     Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
·     Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
·     Membaca dokumen dengan benar.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.


Tertulis
Perbuatan
Lesan



3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda  (plastisin/tanah liat, adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
·     bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
·     Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
·     Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
·     Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
·     Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
·     Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
·     Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
·     Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
·     Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
·     Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
·     Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
·     Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
·     Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
·     Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
·     Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan.
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
·     Mengidentifikasi perubahan benda cair  setelah dipanaskan
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.
·     Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.

Tertulis
Perbuatan
 Lesan


4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
·     Bilangan 1 – 500
·     Nilai tempat.
·     Mengurutkan bilangan.
·     Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan  pada bilangan bilangan
·     Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
·     Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
·     Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
·     Menguraikan  bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
·     Menentukan  nilai tempat  satu angka pada bilangan 3 angka
·     Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan
·      
·     Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan  pada bilangan bilangan
·     Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
·     Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
·     Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
·     Menguraikan  bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
·     Menentukan  nilai tempat  satu angka pada bilangan 3 angka
·     Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan

Tertulis
Perbuatan
Produk


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat


·     teks pendek dan puisi



·     Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman




·     teks pendek





·     melengkapi cerita dan dikte.
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·     Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·     Menyimak cerita bacaan pendek.
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·     Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·     Menceritakan kegiatan
·     Memberi tanggapan pada kegiatan
·     Menyusun gambar
·     Menceritakan gambar yang telah urut.
·     Menjawab pertanyaan
·     Menceritakan peristiwa.
·     Membaca teks dengan bersuara
·     Mengajukan pertanyaan bacaan.
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menulis pengalaman sendiri
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·     Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·     Menyimak cerita bacaan pendek.
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·     Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·     Menceritakan kegiatan
·     Memberi tanggapan pada kegiatan
·     Menyusun gambar
·     Menceritakan gambar yang telah urut.
·     Menjawab pertanyaan
·     Menceritakan peristiwa.
·     Membaca teks dengan bersuara
·     Mengajukan pertanyaan bacaan.
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menulis pengalaman sendiri
·     Menyusun kata menjadi kalimat
·     Membuat kalimat.


Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Rupa :  Mengapresiasi karya seni rupa.
·     Seni Tari :  Mengapresiasi karya seni tari

·     Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif
·     Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal.
·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
·     Unsur rupa
·     Gerak alam semesta.
·     Membuat gambar ekpresi
·     Memajang  hasil karya gambar ekpresi.
·     Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
·     Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
·     Mencetak dengan teknik lipatan.
·     Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
·     Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
·     Melakukan gerakan tari secara berkelompok
·     Membuat gambar ekpresi
·     Memajang  hasil karya gambar ekpresi.
·     Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
·     Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
·     Mencetak dengan teknik lipatan.
·     Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
·     Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
·     Melakukan gerakan tari secara berkelompok
Lisan
Tertulis
Perbuatan






Mengetahui
Kepala Sekolah



…………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar