Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: DIRI SENDIRI

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

TEMA: DIRI SENDIRI


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

1.   PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.


·     hidup bergotong royong

·     Menjelaskan arti gotong royong  
·     Menjelaskan arti hidup rukun
·     Menjelaskan akibat hidup
·     rukun dan tidak rukun
·     Menyebutkan contoh hidup rukun dan manfaatnya
·     Menjelaskan arti hidup saling berbagi dan memberikan contohnya
·     Menjelaskan akibat hidup saling berbagi dan tidak saling berbagi
·     Menjelaskan arti tolong menolong dan memberikan contohnya

·         Menjelaskan arti rukun
·         Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.


Tertulis
Perbuatan
Lesan

3 minggu

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
2.   IPS
·   Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
·   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis


·     penting dalam keluarga secara kronologis

·     Menjelaskan arti dokumen
·     Menyebutkan macam-macam dokumen
·     Menyebutkan macam-macam berdasarkan penggolongan  
·     Menjelaskan pentingnya
·     memelihara dokumen
·     Menceritakan cara memelihara dokumen
·     Menjelaskan akibat bila dokumen disimpan dengan baik dan tidak baik
·     Menceritakan peristiwa yang berkesan melalui dokumen (misal : foto)
·     Mendokumentasikan peristiwa-peristiwa
·     Menjelaskan cara menyimpan dokumen dengan baik

·     Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·     Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·     Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·     Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.


Tertulis
Perbuatan
Lesan



3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

3.   IPA
·   Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·   Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar


·     bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan

·     Menyebutkan nama-nama yang ada di sekitar kita
·     Menyebutkan tempat hidup hewan
·     Menyebutkan cara bergerak hewan
·     Menyebutkan makanan hewan
·     Menjelaskan manfaat hewan bagi manusia
·     Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan
·     Menggambar hewan dan bagian tubuh hewan secara sederhana
·     Menirukan berbagai macam suara hewan
·     Menyebutkan tumbuhan yang ada di sekitar kita
·     Menyebutkan tempat hidup tumbuhan
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia
·     Menyebutkan bagian-bagian utama tumbuhan
·     Menggambar tumbuhan dan bagian-bagian utama secara sederhana

·     Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·     Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·     Menjelaskan sifat benda padat
·     Menjelaskan sifat benda cair

Tertulis
Perbuatan
 Lesan


4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

4.   Matematika
·     Membandingkan bilangan 1 sampai 500
·     Mengurutkan bilangan sampai 500

·     penjumlahan dan pengurangan

·     Membilang
·     Menulis bilangan
·     Menghitung benda
·     Menulis lambang bilangan
·     Membandingkan bilangan
·     Mengurutkan bilangan
·     Mengelompokkan bilangan ganjil dan genap
·     Membilang loncat
·     Menyebutkan dan membedakan
·     bilangan ganjil dan genap
·     Mengurutkan bilangan dari terkecil / terbesar
·     Membilang loncat

·     Menentukan bilangan 1 samapai 500
·     Menentukan bilangan lebih besar.
·     Menentukan bilangan lebih kecil.
·     Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·     Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·     Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·     Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·     Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·     Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·     Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·     Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·     Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·     Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.

Tertulis
Perbuatan
Produk


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

5.       Bahasa Indonesia
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.



·     teks pendek dan puisi



·     Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman




·     teks pendek






·     melengkapi cerita dan dikte.


·     Mendengarkan cerita guru  
·     Menjawab pertanyaan isi cerita  
·     Menceritakan kembali isi cerita
·     Melengkapi kalimat
·     Melakukan percakapan
·     Melakukan tanya jawab
·     Mengajukan pertanyaan
·     Menjawab pertanyaan
·     Membaca teks pendek
·     Menjawab pertanyaan
·     Mengajukan pertanyaan
·     Menyimpulkan isi bacaan
·     Melengkapi kalimat
·     Membuat kalimat
·     Menyalin cerita dengan huruf  tegak bersambung
·     Menulis kalimat yang didektekan guru


·     Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·     Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·     Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi
·     Menjelaskan isi puisi
·     Memperagakan percakapn
·     Membuat percakapan.
·     Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Mengajukan pertanyaan bacaan,
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Membaca puisi
·     menceritakan isi puisi..
·     Melengkapi cerita
·     Menyusun kalimat  menjadi cerita
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·     Menggunakan huruf capital dalam kalimat.


Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Rupa :  Mengapresiasi karya seni rupa.
·     Seni Tari :  Mengapresiasi karya seni tari

6.   Seni Budaya Keterampilan.
·     Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
·     Mengidentifikasi gerak alam semesta


·     karya seni rupa
·     karya seni tari


·     unsure rupa pada karya seni rupa
·     sikap apresiatif terhadap unsure rupa
·     gerak alam semesta


·     Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·     Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·     Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·     Memilih objek benda alam yang menarik.
·     Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·     Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·     Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·     Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.


Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  



Mengetahui
Kepala Sekolah 



……………………..
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



  ……………………..
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar