SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: DIRI SENDIRI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | 1. PKn Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. | · hidup bergotong royong | · Menjelaskan arti gotong royong · Menjelaskan arti hidup rukun · Menjelaskan akibat hidup · rukun dan tidak rukun · Menyebutkan contoh hidup rukun dan manfaatnya · Menjelaskan arti hidup saling berbagi dan memberikan contohnya · Menjelaskan akibat hidup saling berbagi dan tidak saling berbagi · Menjelaskan arti tolong menolong dan memberikan contohnya | · Menjelaskan arti rukun · Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman. | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | 2. IPS · Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis | · penting dalam keluarga secara kronologis | · Menjelaskan arti dokumen · Menyebutkan macam-macam dokumen · Menyebutkan macam-macam berdasarkan penggolongan · Menjelaskan pentingnya · memelihara dokumen · Menceritakan cara memelihara dokumen · Menjelaskan akibat bila dokumen disimpan dengan baik dan tidak baik · Menceritakan peristiwa yang berkesan melalui dokumen (misal : foto) · Mendokumentasikan peristiwa-peristiwa · Menjelaskan cara menyimpan dokumen dengan baik | · Menunjukkan dokumen diri dan keluarga · Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen. · Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi. · Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman. | Tertulis Perbuatan Lesan | ||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | 3. IPA · Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar | · bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan | · Menyebutkan nama-nama yang ada di sekitar kita · Menyebutkan tempat hidup hewan · Menyebutkan cara bergerak hewan · Menyebutkan makanan hewan · Menjelaskan manfaat hewan bagi manusia · Menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan · Menggambar hewan dan bagian tubuh hewan secara sederhana · Menirukan berbagai macam suara hewan · Menyebutkan tumbuhan yang ada di sekitar kita · Menyebutkan tempat hidup tumbuhan · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia · Menyebutkan bagian-bagian utama tumbuhan · Menggambar tumbuhan dan bagian-bagian utama secara sederhana | · Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah. · Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan · Menjelaskan sifat benda padat · Menjelaskan sifat benda cair | Tertulis Perbuatan Lesan | ||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | 4. Matematika · Membandingkan bilangan 1 sampai 500 · Mengurutkan bilangan sampai 500 | · penjumlahan dan pengurangan | · Membilang · Menulis bilangan · Menghitung benda · Menulis lambang bilangan · Membandingkan bilangan · Mengurutkan bilangan · Mengelompokkan bilangan ganjil dan genap · Membilang loncat · Menyebutkan dan membedakan · bilangan ganjil dan genap · Mengurutkan bilangan dari terkecil / terbesar · Membilang loncat | · Menentukan bilangan 1 samapai 500 · Menentukan bilangan lebih besar. · Menentukan bilangan lebih kecil. · Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =. · Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari. · Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar. · Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil. · Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500. · Menyebutkan pengertian bilangan genap. · Menyebutkan pengertian bilangan ganjil. · Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil. · Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21 · Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20. | Tertulis Perbuatan Produk | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | 5. Bahasa Indonesia · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | · teks pendek dan puisi · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman · teks pendek · melengkapi cerita dan dikte. | · Mendengarkan cerita guru · Menjawab pertanyaan isi cerita · Menceritakan kembali isi cerita · Melengkapi kalimat · Melakukan percakapan · Melakukan tanya jawab · Mengajukan pertanyaan · Menjawab pertanyaan · Membaca teks pendek · Menjawab pertanyaan · Mengajukan pertanyaan · Menyimpulkan isi bacaan · Melengkapi kalimat · Membuat kalimat · Menyalin cerita dengan huruf tegak bersambung · Menulis kalimat yang didektekan guru | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Mendeklamasikan puisi · Menjelaskan isi puisi · Memperagakan percakapn · Membuat percakapan. · Memberikan tanggapan terhadap cerita teman. · Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Melengkapi cerita · Menyusun kalimat menjadi cerita · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik. · Menggunakan huruf capital dalam kalimat. | Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa. · Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari | 6. Seni Budaya Keterampilan. · Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa. · Mengidentifikasi gerak alam semesta | · karya seni rupa · karya seni tari | · unsure rupa pada karya seni rupa · sikap apresiatif terhadap unsure rupa · gerak alam semesta | · Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan. · Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar. · Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar. · Memilih objek benda alam yang menarik. · Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa. · Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa. · Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut. · Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang. | Lisan Tertulis Perbuatan | § |
Mengetahui Kepala Sekolah …………………….. NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II …………………….. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar