Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 TEMA: PERTANIAN

 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: PERTANIAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
4.   Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
PKN
·         Mengenal kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·       mendeskripsikan letak geografis Indonesia
·       menyebutkan hasil hutan dan manfaatnya
·       menyebutkan jenis-jenis hutan dan tujuannya
·       Siswa menyebutkan jenis-jenis bahan tambang
·       menyebutkan hasil laut
·       menyebutkan manfaat sungai
·         menyebutkan tanaman palawija yang bisa ditanam di Indonesia
·         Menyebutkan kekayaan alam hasil hutan
·         Menyebutkan manfaat sungai
·         Menyebutkan tanaman palawija yang ditanam di Indonesia
·         Mengidentifikasi hasil laut
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami pentingnya semangat kerja
·     jenis pekerjaan dan penggunaan uang
·         menjelaskan pentingnya semangat kerja
·         menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
·         menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan alasan orang harus bekerja
·       Menjelaskan pentingnya memiliki semangat kerja
·         Menjelaskan ciri-ciri orang yang memiliki semangat kerja
III.  IPA
4.     Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber

IPA

·         Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·         Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
·         Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari
·     cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber
·         menyebutkan pengertian angin
·         menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         menebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda
·         Menyebutkan pengertian angin
·         Menunjukkan pengertian angin
·         Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
·         Menyebutkan benda-benda yang dapat bergerak oleh angin
·         Membuat daftar sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita
·         Menjelaskan tujuan penggunaan sumber energi
·         Menjelaskan angin untuk menggerakkan benda-benda



IV.  Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Matematika

·         Mengenal pecahan sederhana
·     pecahan sederhana
·         membuktikan pecahan 1/2, 1/4
·         Siswa dapt membuktikan pecahan 1/3, 1/6
·         menulis lambang pecahan 1/2, 1/4
·         membilang pecahan dengan lambang 1/2. 1/4
·         menulis lambang pecahan 1/3, 1/6
·       membaca lambang pecahan 1/3, 1/6
·         menyajikan nilai pecahan  dengan menggunakan berbagai bentuk gambar
·         Membuktikan pecahan-pecahan setengah, seperempat
·         Membuktikan pecahan-pecahan sepertiga, seperenam
·         Menulis lambang pecahan setengah, seperempat
·         Menulis lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Membaca bilangan pecahan setengah, seperempat
·         Membaca lambang pecahan sepertiga, seperenam
·         Menyajikan nilai pecahan dengan menggunakan berbagai bentuk gambar



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia
·         Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·         Menirukan dialog dengan eksperimen yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·      
·         mendengarkan penjelasan tentang petunjuk melakukan sesuatu
·         melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·         menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya dari media cetak
·         membacakan bacaan agak panjang secara intensif
·         membuat karangan sendiri dengan bantuan gambar
·         menulis kalimat berita
·         memilih kalimat berita
·         menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan
·         Mendengarkan pembacaan teks berisi petunjuk melakukan sesuatu
·         Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan teman
·         Menceritakan kembali bencana alam yang dilihat di televisi
·         Menceritakan kembali bencana alam yang dibacanya di media cetak
·         Membaca bacaan agak panjang secara intensif
·         Membuat karangan dari pikiran sendiri dengan bantuan gambar
·         Menulis kalimat berita
·         Memilih kalimat berita
·         Menulis pokok-pokok pikiran dalam bacaan
·         Menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar