Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 TEMA: TEMPAT UMUM


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: TEMPAT UMUM


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah      Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk     kegiatan  kepemudaan
·     Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan
·     Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan

Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
·     Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/     desa
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di     kelurahan Balonggede
·     Menyebutkan tempat kenampakan alam
·     Menyebutkan tempat kenampakan buatan
·     Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede



3. Bahasa Indonesia
Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran

·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan
·       - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan
·         kalimat yang runtut dan mudah dipahami
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     menjelaskan makna simbol
·     menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama
·     Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama
·     Menjelaskan makna simbol
·     Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka
·     Melakukan operasi hitungan campuran

·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6   pada lembar tugas secara berkelompok
·     Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat     pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan                      pembagian
·     memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan     pembagian
·     Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok
·     Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian



5. IPA :
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·     Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
·     Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar
·     Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi     benda padat, cair, dan gas
·     Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     memberi contoh benda padat
·      menuliskan contoh benda cair
·     menyebutkan contoh benda gas
·     mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan     kegunaannya
·     menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan     kegunaannya
·     Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah
·     Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Memberi contoh benda padat
·     Menuliskan contoh benda cair
·     Menyebutkan contoh benda gas
·     Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya
·     Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar