SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari | · Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa | · menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan · Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan | · Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan · Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan | Tertulis : uraian Pengamatan/perbuatan | 2 minggu | · Gambar · Buku yang relevan |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah · Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa | · Kerja sama di lingkungan rumah | · Menyebutkan tempat kenampakan alam · Siswa dapt Menyebutkan tempat kenampakan buatan · Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede | · Menyebutkan tempat kenampakan alam · Menyebutkan tempat kenampakan buatan · Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede | | | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan · kalimat yang runtut dan mudah dipahami | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. · Menceritakan pengalaman yang mengesankan. · Memberikan tanggapan dan saran sederhana. · Menjelaskan isi teks | · menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama · menuliskan nama-nama tokoh dalam drama · menjelaskan makna simbol · menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar | · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama · Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama · Menjelaskan makna simbol · Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar | | | |
4. Matematika · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka · Melakukan operasi hitungan campuran | · Garis bilangan · Penjumlahan dan pengurangan · Perkalian dan pembagian · Uang · Alat ukur · Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat | · mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok · Siswa dapar menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian · memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian | · Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok · Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian · Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian | | | |
5. IPA : · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar · Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas · Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas | · Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. · Perubahan pada makhluk hidup · Sifat-sifat benda | · memberi contoh benda padat · menuliskan contoh benda cair · menyebutkan contoh benda gas · mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah · menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya · menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya · menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya | · Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah · Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah · Memberi contoh benda padat · Menuliskan contoh benda cair · Menyebutkan contoh benda gas · Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah · Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya · Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya · Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar