Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1 TEMA: KESEHATAN


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1

TEMA: KESEHATAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKN :
·     Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
·     Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari
·     Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa
·     menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya    menggalang persatuan dan kesatuan
·     Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan
Tertulis :
uraian
Pengamatan/perbuatan
2 minggu
·     Gambar
·     Buku yang relevan
2. IPS :
·     Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
·     Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
·     Kerja sama di lingkungan rumah
·     melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah
·     Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah



3. Bahasa Indonesia
·     Mendengarkan
·     Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan
·     Berbicara
·     Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita  dan memberikan tanggapan/ saran
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan     secara lisan
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan     secara lisan
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu   masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan   kata yang tepat
·     Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan   memperhatikan penggunaan ejaan
·     Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.
·     Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.
·     Menceritakan pengalaman yang mengesankan.
·     Memberikan tanggapan dan saran sederhana.
·     Menjelaskan isi teks
·     mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan
·     menceritakan kembali cerita yang didengar
·     memberikan tanggapan dan alasan dari cerita                                                                      yang dibacanya
·     membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     menyusun karangan berdasarkan gambar
·     mengurutkan gambar seri menjadi sebuah     paragraf
·     Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang    kebersihan
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar
·     Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya
·     Membuat kalimat sesuai dengan gambar
·     Menyusun karangan berdasarkan gambar
·     Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf



4. Matematika
·     Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah
·     Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah
·     Garis bilangan
·     Penjumlahan dan pengurangan
·     Perkalian dan pembagian
·     Uang
·     Alat ukur
·     Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat
·     menggunakan meteran kain, meteran saku,     penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan
·     Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan
·     Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat  badan



·     5. IPA :
·     Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup
·     Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan
·      
·     Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
·     Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup     dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan     perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat    dan olah raga).
·     Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh     terhadap kesehatan
·     Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.
·     Perubahan pada  makhluk hidup
·     Sifat-sifat benda
·     menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara            bergeraknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi     pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zat aditif) terhadap tubuh
·     menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan  kesehatan
·     menyebutkan macam-macam pencemaran   lingkungan
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     menyebutkan akibat pencemaran lingkungan                 terhadap kesehatan
·     Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya
·     Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya
·     Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia
·     Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan
·     Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh
·     Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan
·     Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran air
·     Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara
·     Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar