Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: KEGIATAN SEHARI-HARI

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: KEGIATAN SEHARI-HARI


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
PKn
§  Membiasakan hidup bergotong royong
§  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
§  Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
§  Gotong royong
§  Siswa dapat memberikan contoh bagaimana cara tolong menolong di lingkungan sekolah
§  Siswa dapat menceritakan pengalaman cara memelihara lingkungan di rumahnya masing-masing secara lisan
§  Memberikan contohtolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
§  Memelihara lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket
Tertulis
Perbuatan
Lesan
3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS

§ Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
§ Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
§  Pemeliharaan lingkungan
§  Dokumen keluarga
§  dapat memelihara benda penting di lingkungan keluarga
§  Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga
§  Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

Matematika

§  Melakukan pengurangan dan penjumlahan bilangan sampai 500

 

§  Membandingkan bilangan sampai 500
§  Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
§  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
§  Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
§  Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
§  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
§  Penjumlahan dan pengurangan
§  Pengukuran waktu
§  Siswa dapat menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak dan sedikit sama dengan kumpulan lain
§  Guru menjelaskan cara menentukan nilai tempat sampai ratusan
§  Siswa dapat membaca dan menulis serta membedakan lambing bilangan dalam kata-kata dan angka
§  Siswadapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai ratusan
§  Guru menjelaskan cara menggunakan alat ukur waktu  dengan satuan jam
§  Siswa dapat mengukur dan menggunakan alat ukur panjang dan berat

§  Menentukan nilai tempat sampai ratusan
§  Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
§  Membedakan nilai tempat antararatusan, puluhan dan satuan
§  Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung
§  Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
§  Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
§  Menjumlah dua bilangan dan tanpa menyimpan
§  Mengurang dua bilangan dengan dan tanpa meminjam
§  Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
§  Menentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain
§  Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m)
§  Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
§  Menentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain
§  Mengukur berat benda
§   Mengukur benda degan satuan baku yang sering digunakan  ( missalnya ons, kg)
§  menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai
§  memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur
§  mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

§  Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
§  Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
§  Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
§  Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
§  Bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan
§  Tempat hidup makhluk hidup
§  Siswa dapat mengenal bagian utama hewan dan tumbuhan
§  Siswa dapat mengidentifikasi cirri benda padat dan cair
§  Siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar

§  Membuat bagan bagian-bagian  utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya
§  Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar
§  Membedakan cirri benda padat dan benda cair
§  Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

B. Indonesia

Berbicara
§  Mengucapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, berbicara dan deklamasi
Membaca
§  Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak
Menulis
§  Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte
§  Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
§  Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
§  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
§  Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
§  Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
§  Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
§  Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
§  Diri sendiri, kegiatan sehari-hari, peristiwa, hiburan.
§  Permainan, kesehatan, lingkungan, tempat umum
§  Siswa mampu bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat
§  Siswa mampu menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami temannya
§  Siswa mempu menyimpulkan dari 15 kalimat yang dibacanya
§  Guru menjelaskan isi puisi yang di baca bersama
§  Siswa menuliskan kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan kapital yang benar.

§  Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat
§  Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas
§  Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
§  Menanggapi isi percakapan yang dilakukan teman
§  Membaca teks cerita dengan lafal intonasi yang tepat
§  Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita/teks
§  Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat
§  Menulis dengan menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu
§  Menulis pengalaman dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
§  Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
§ Menulis nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
§  SBK
§  Mengenal dan menanggapi serta mengekpresikan unsure-unsur rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa
§  Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§  Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
§  Mengenal unsure-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
§  Mengenal unsure musik, bunyi dan perpaduannya
§  Siswa dapat mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya
§  Siswa dapat memilih objek benda alam yang menarik
§  Siswa dapat mengenal unsure bunyi dan musik
§  Mengelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
§  Memilih objek benda alam yang menarik
§  Membedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan  (tepuk tangan)
§  Membedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan
Objektif : Tanya jawab
Non objektif : Uraian
Tes tertulis, lisan

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa


Mengetahui
Kepala Sekolah 


………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II


…………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar