Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Tema                           : Kesehatan
Kelas/Semester            : II/I
Alokasi Waktu            : 3 Minggu

Standar kompetensi
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
2. Menampikan sikap cinta lingkungan
  1. Matematika
2. Menggunakan pengukuran waktu panjang dan berat dalam pemecahan masalah.
  1. Ilmu Pengetahuan Alam
1.      Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
2.       mengenal berbagai bentuk dan kegunaan serta perubahan wujud yang dapat dialaminya.
  1. Bahasa Indonesia
Ø  Berbicara
    1. mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi.
Ø  Membaca
    1. Memahami teks pendek degan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Ø  Menulis
    1. Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.s
  1. Ilmu Pengetahuan Sosial
    1. memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
Kompetensi Dasar
·         Pendidikan Kewarganegaraan
2.1 mengenang pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·         Matematika
2.2 Mengukur menggunakan alat ukur panjang tidak baku dan baku (cm,m) yang
      sering digunakan.
2.3 Menggunakan alat ukur berat
2.4 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat  benda.
·         Ilmu Pengetahuan Alam
1.1  Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan.
2.3 Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui
      pengamatan.
·         Bahasa Indonesia
1.1  Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
1.2  Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dimengerti
2.1 Menyimpukan teks (15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
3.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung
      dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak
·         Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1 Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
Indikator :
1.      PKn
·        Ciri-ciri lingkungan alam dan lingkungan buatan.
·        Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
2.      Matematika
  • Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan misal cm, m
  • Menentukan benda yang ebih berat, ringan atau sama berat dengan benda lain.
  • Membandingkan berat benda.
3.      Ilmu Pengetahuan Alam
  • Memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan merugikan manusia.
  • Memberikan contoh berbagai tumbuhan disekitar yang berguna bagi manusia.
  • Menceritakan kegunaan benda-benda disekitar dan memperagakan kegunaannya.
4.      Bahasa Indonesia
  • Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak.
  • Menceritakan pengalaman pribadi, misal : pengalaman berenang dengan teman, naik sepeda, dan lain-lain
  • Menceritakan isi teks yang dibaca menggunakan kalimat atau kata-kata sendiri.
  • Menulis pengalaman dengan huruf sambung dengan memperhatikan ketepatan atau kecepatan.
5.      Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Menceritakan peristiwa penting yang pernah dialami anak.
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.
  • Menceritakan peristiwa yang menyenangkan secara kronologis.
  • Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
  • Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
  • Menceritakan pengalaman yang tidak penting yang menyenangkan di sekolah.
  • Menyebutkan contoh kegiatan menolong di sekolah.
  • Menceritakan manfaat hidup tolong menolong di rumah dan di sekolah.
I.             Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri lingkungan alam dan buatan.
·      Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·      Siswa dapat mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan misal : cm dan m.
·      Siswa dapat menentukan benda yang lebih berat, ringan atau sama berat.
·      Siswa dapat membandingkan berat benda.
·      Siswa dapat memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia.
·      Siswa dapat menceritakan kegunaan benda-benda disekitar.
·      Siswa dapat membuat puisi dengan tema yang ditentukan.
·      Siswa dapat menceritakan pengalaman pribadi.
·      Siswa dapat menceritakan isi teks yang dibaca.
·      Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf tegak bersambung.
·      Siswa dapat menceritakan peristiwa yang pernah dialami.
·      Siswa dapat menceritakan pristiwa penting dalam keluarga.
·      Siswa dapat memberi contoh peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.
·      Siswa dapat menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah.
·      Siswa dapat meyebutkan contoh kegiatan tolong menolong di sekolah.
·      Siswa dapat menceritakan manfaat hidup tolong menolong di rumah dan disekolah.
II.          Materi Ajar (Materi Pokok)
·         Lingkungan alam dan lingkungan buatan
·         Pengukuran panjang
·         Alat ukur berat misal : Kg, ons
·         Berat benda
·         Pertumbuhan tumbuhan dan hewan
·         Tempat hidup makhluk hidup
·         Benda
·         Membacakan puisi
·         Menceritakan pengalaman
·         Membaca bacaan
·         Menulis pengalaman sendiri
·         Peristiwa masa kecil dan keluarganya.
III.       Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Diskusi
·         Tanya jawab
·         Demonstrasi
·         Pemberian tugas
IV.       Langkah-langkah pembelajaran :
·         Semester I, Minggu I
o   Pertemuan kedua : 4 x 35 menit (BI, IPS)

A.    Kegiatan Awal :
a.      Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa kerapian, kelengkapan seragam.
c.      Guru mengabsen siswa.
d.     Guru menyampaikan KD yang akan dicapai.
e.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
·         Bahasa Indonesia
-          Siswa membuat puisi dengan tema yang ditentukan
-          Siswa menceritakan isi puisi
·         Ilmu Pengetahuan Sosial
-          Siswa menceritakan peristiwa yang pernah di alami.
b.      Elaborasi
·         Bahasa Indonesia
-          Membuat pusi dengan tema yang ditentukan.
-          Siswa secara perorangan maju ke depan kelas untuk menceritakan puisi yang dibuat
·         Ilmu Pengetahuan Sosial
-          Siswa menceritakan peristiwa penting yang pernah dialami
-          Siswa melakuan Tanya Jawab tentang peristiwa yang pernah dialami
-          Siswa menyebutkan bahwa peristiwa
c.       Konfirmasi
-     Siswa menceritakan peristiwa yang pernah di alamKonfirmasi
-          Siswa mempresentasikan tentang hasil kerja tentang pembuatan puisi.
-          Siswa mempresentasikan tentang peristiwa yang pernah di alami.
C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakan inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan inormasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja
c.       Guru memberi tugas di rumah.
D.    Lampiran
-          Bacalah puisi yang telah kamu buat.
-          Ceritakan peristiwa apa saja yang pernah dialami




o Pertemuan ke tiga: 4 x 35 menit (BI, IPS)
A.    Kegiatan Awal :
a.      Guru memberi salam, berdoa bersama
b.      Guru mengamati siswa kerapian, kelengkapan seragam.
c.      Guru menyampaikan KD yang akan dicapai.
d.     Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
·         BI        : Siswa menceritakan pengalaman pribadi
·         IPS      : Siswa dapat menceritakan peristiwa penting dalam keluarga
2.      Elaborasi
·         BI              : - Siswa ke depan kelas menceritakan pengalaman sendiri.
  - Siswa mendengarkan cerita temannya.
·         IPS                        : - Siswa menceritakan peristiwa dalam keluarga
                          - Siswa tanya jawab tentang peristiwa penting dalam keluarga.
3.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang pengalaman pribadi.
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang peristiwa penting dalam keluarga
C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.     Apakah inti dari presentase yang dilakukan
2.     Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas dirumah
D.    Lampiran
-          Tuliskan pengalamanmu
-          Tuliskan peristiwa penting dalam keluargamu.

o   Pertemuan Keempat : 4 x 35 menit (BI, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa
c.       Guru mengamati siswa, kerapian, keseragaman.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
a.       BI              : Siswa menceritakan isi teks yang dibaca.
b.       Mat             : Siswa mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan.  Misal : cm, m.
b.      Elaborasi
·         BI              : - Siswa membaca teks pada buku paket BI
  - Siswa menceritakan isi teks yang dibaca
·         Mat            : - Siswa mengukur benda dengan satuan baku misal : cm, m.
  - Siswa secara kelompok mengukur panjang pensil masing-masing
    siswa.
   - Siswa membandingkan panjang pensil A...Pensil B (lebih
     panjang/lebih pendek)
c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan tentang membaca teks.
-          Siswa mempresentasikan isi teks yang dibaca.
-          Siswa memprsentasikan tentang mengukur dngan satuan baku (cm, m)
C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.       Guru memberikan tugas di rumah
D.    Lampiran
-          Ukurlah panjang mejamu dengan penggaris !
-          Ceritakan isi teks yang dibaca.

Minggu Ke - 2
o   Pertemuan Pertama : 4 x 35 menit (PKn, BI)
A.    Kegiatan Awal
a.      Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa
c.      Guru mengamati siswa tentang kerapian dll.
d.     Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
a.       PKn           : Siswa menceritakan keadaan alam lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
b.      BI              : Siswa membuat puisi dengan tema yang ditentukan
b.      Elaborasi
·        
-          Siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan keadaan lingkungan  alam dan buatan di ekitar rumah
-          Siswa membedakan bahwa lingkungan alam diciptakan oleh Tuhan YME.
-          Lingkungan buatan yang membuat manusia
 
PKn           :




-          Siswa menceritakan pengalaman Pribadi
-          Siswa maju ke depan kelas secara bergantian untuk menceritakan pengalamannya.
 
 

·         BI              :



c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan tentang menceritakan pengalaman.
-          Siswa mempresentasikan tentang lingkungan alam dan lingkungan buatan.
C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.       Guru memberikan tugas di rumah
D.    Lampiran
-          Tulislah 3 yang termasuk lingkungan alam !
-          Tulislah 3 yang termasuk lingkungan buatan !
-          Tulislah 3 baris tentang pengalamanmu !

o   Pertemuan ke dua : 4 x 35 menit (BI, IPA)
A.    Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa
c.       Guru mengamati siswa, kerapian, keseragaman.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
c.       BI             : Siswa menceritakan isi teks yang dibaca.
d.      IPA           : Siswa memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguba bagi manusia.


b.     
-          Siswa membaca teks pada buku BI Kelas 2
-          Siswa yang lain mendengarkan
-          Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks
 
Elaborasi
·         BI              :


-          Siswa memberi contoh berbagai tumbuhan
-          Siswa menyebutkan tumbuhan yang berguna bagi manusia
 
 

·         IPA           :



c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan tentang membaca teks
-          Siswa mempresentasikan tentang tumbuhan yang berguna bagi manusia
C.     Kegiatan Penutup
a.      Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.      Guru memberikan tugas di rumah
D.    Lampiran
-          Apakah judul cerita yang dibaca gurumu.
-          Siapakah yang pergi ke hutan ?
-          Senjata apa yang mereka bawa ?
-          Sebutkan 3 tumbuhan yang brguna bagi manusia.
-          Sebutkan tumbuhan sebagai makanan pokok.

o   Pertemuan ketiga : 4 x 35 menit (Mat, IPS)
A.    Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa, kerapian seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
-          Siswa memberikan contoh peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
-          Siswa menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah
 
-  Mat :        Siswa menentukan benda yang lebih berat, ringan atau sama berat.
-  IPS               :



b.     
Mengamati dua kelompok benda yang berbeda beratnya, sama beratnya, untuk menemukan factor lebih berat.
 
Elaborasi
·         Mat            :

-          Mendengarkan penjelasan guru tentang peristiwa yang menyenangkan.
-          Mendengarkan guru tentang peristiwa yang tidak menyenangkan
 
 

·         IPS                        :



c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan tentang benda yang lebih berat, ringan atau sama berat.
-          Siswa mempresentasikan tentang peristiwa yang menyenangkan dan peristiwa yang tidak menyenangkan.
C.  Kegiatan Penutup
a.      Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.      Guru memberikan tugas di rumah
D. Lampiran
-          Sebutkan mana yang lebih berat, bola kaki atau bola pingpong.
-          Sebutkan mana yang lebih ringan, buku atau pensil.
-          1 kg garam ... 1 kg gula
-          Orang punya kerja seseuatu peristiwa yang ....

o   Pertemuan ke empat : 4 x 35 menit (BI, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa, kerapian seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
- BI                 : Siswa menulis pengalaman dengan huruf tegak bersambung
- Mat   : Siswa membandingkan berat benda
b.      Elaborasi
·         BI              : Menulis Pengalaman dengan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
·         Mat            : Membandingkan berat benda
  Melakukan diskusi kelompok
  Menyebutkan mana yang lebih berat
c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis dengan huruf tegak bersambung
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok membandingkan berat benda.

C.     Kegiatan Penutup
a.      Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.       Guru memberikan tugas di rumah

D.    Lampiran
-          Tulislah pengalaman dengan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik
-          Bandingkan berat jambu dan berat semangka !
-          Bandingkan berat 1 buah jambu dengan 1 buah anggur !

o   Pertemuan ke lima : 4 x 35 menit (Mat, IPS)
A.    Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa, kerapian seragam
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
·        
-          Siswa meyebutkan kegiatan tolong menolong di sekolah
-          Siswa menyebutkan manfaat hidup tolong menolong di rumah dan di sekolah
 
Mat            :        Siswa membandingkan berat benda.
·         IPS                        :


b.     
Membandingkan berat benda dengan cara berkelompok
 
Elaborasi
·        
-          Menyebutkan kegiatan tolong menolong di sekolah.
-          Menyebutkan manfaat hidup tolong menolong.
 
Mat            :
·         IPS                        :
.

c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membandingkan berat benda.
-          Siswa memperesentasikan tentang kegiatan tolong menolong di sekolah.
-          Siswa menyebutkan manfaat hidup tolong menolong.
C.  Kegiatan Penutup
a.      Guru melakukan refleksi.
1.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.   hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.

b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.      Guru memberikan tugas di rumah
D. Lampiran
-          Berat manakah antara buku dan pensil ?
-          Berat di lebih ... dari pada berat bola.
-          Sebutkan kegiatan tolong menolong di sekolah.
-          Sebutkan manfaat tolong menolong.
o   Pertemuan Keenam : 4x35 menit (BI, IPA)
A.    Kegiatan Awal
a.      Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa, mengamati kerapian
c.      Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.     Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.      Eksplorasi
·         BI              : Siswa menulis pengalaman dengan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik
·         IPA           : Siswa menceritakan kegunaan benda-benda di sekitar
b.      Elaborasi
·         BI              : - Menulis pengalamannya dengan huruf tegak bersambung dengan
                             memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
                          - Membaca hasil kerjaannya
·         IPA           : -  Menceritakan kegunaan benda-benda disekitar
.                                               :  - Menulis kegunaan benda-benda disekitar
c.       Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan huruf besar dan tanda titik
-          Siswa mempresentasikan tentang kegunaan benda-benda di sekitar

C.  Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi.
1.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.   hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.       Guru memberikan tugas di rumah
D. Lampiran
-          Sebutkan pengalaman yang pernah kamu alami
-          Sebutkan 3 macam benda padat
-          Sebutkan 3 macam benda cair
Minggu Ke-3
o   Pertemuan Pertama : 4 x 35 menit (PKn, BI)
A.    Kegiatan Awal      :
    1. Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
    2. Guru mengabsen siswa, mengamati kerapian
    3. Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
    4. Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti         :
    1. Eksplorasi
e.       PKn: Siswa menyebutkan ciri-ciri lingkungan alam daln lingkungan buatan
: Siswa menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah
f.       BI  : Siswa membuat puisi dengan tema ditentukan
: Siswa membacakan puisi yang telah dibuat
    1. Elaborasi
g.      PKn           : Menyebutkan ciri-ciri lingkungan alam
  Menyebutkan ciri-ciri lingkungan alam
  Menceritakan keadaan lingkungan alam
  Menceritakan keadaan lingkungan buatan
h.      BI              : Membuat puisi secara kelompok dengan tema yang ditentukan
  Membaca hasil kerja kelompok
    1. Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan tentang ciri-ciri lingkungan alam dan lingkungan buatan
-          Siswa mempresentasikan tentang keadaan lingkungan alam dan buatan
-          Siswa mempresentasikan tentang pembuatan puisi dengan tema yang ditentukan.
-           
C.     Kegiatan Penutup :
    1. Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
    1. Guru membacakan laporan hasil kerja.
    2. Guru memberikan tugas di rumah
D.    Lampiran               :
-          Sebutkan ciri-ciri lingkungan alam
-          Sebutka ciri-ciri lingkungan buatan
-          Buatlah puisi dengan judul “Kelinciku”!


o   Pertemuan kedua : 4 x 35 menit : (BI, IPA)
A.    Kegiatan Awal      :
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa, mengamati kerapian, posisi duduk yang benar
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti         :
    1. Eksplorasi
BI                    : Siswa menceritakan pengalaman pribadi
IPA                 : Siswa memberi contoh berbagai hewan yang menguntungkan dan merugikan manusia
    1. Elaborasi
BI                    : Menceritakan pengalaman pribadi
                        : Mendengarkan cerita teman
                        : Tanya jawab tentang isi cerita
IPA                 : Menyebutkan hewan yang menguntungkan
                        : Menyebutkan hewan yang menguntungkan
                        : tanya jawab tentang hewan yang menguntungkan
    1. Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan cerita tentang pengalaman pribadi
-          Siswa mempresentasikan tentang hewan yang menguntungkan dan merugikan




C. Kegiatan Penutup   :
a.      Guru melakukan refleksi.
1.     Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.     hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.       Guru memberikan tugas di rumah / PR

D.    Lampiran               :
-          Sebutkan 3 macam hewan yang menguntungkan
-          Sebutkan 3 macam hewan yang merugikan
-          Tulislah 4 baris pengalaman pribadi


o   Pertemuan ketiga : 4 x 35 menit (BI, Mat, IPA)
A.    Kegiatan Awal      :
a.      Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Guru mengabsen siswa, mengamati kerapian, mengamati posisi duduk yang benar
c.      Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.     Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti :
a.      Eksplorasi :
·         BI      : Siswa menceritakan isi teks yang dibacakan
·         Mat    : Siswa mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan
  Misal : cm dan m
·         IPA    : Siswa memberi contoh berbagai tumbuhan di sekitar yang berguna bagi manusia
b.      Elaborasi
·         BI      : Menceritakan isi teks yang dibaca
                                         : Mendengarkan cerita dari teman
                                         : Tanya jawab tentang isi bacaan
·         Mat : Mengukur benda dengan satuan baku cm, m.
                                         Membandingkan panjang benda
·         IPA : memberikan contoh berbagai tumbuhan disekitar yang berguna bagi
                Manusia
              : Meyebutkan tumbuhan yang tidak berguna manusia

c.      Konfirmasi
-          Siswa mempresentasikan isi cerita yang dibaca
-          Siswa mengukur benda dengan satuan baku misal cm, m.
-          Siswa mempresentasikan tentang macm-macam tumbuhan yang menguntungkan dan merugikan manusia.

C.     Kegiatan Penutup :
a.      Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.      Guru memberikan tugas di rumah
D.    Lampiran               :
-         Apa judul cerita yang dibacakan gurumu?
-         Ceritakan isi teks yang dibacakan gurumu
-         Ukurlah panjang buku Bahasa Indonesia
-         Padi dan Jagung termasuk tumbuhan yang....
-         Pohon jati berguna untuk bahan...

o   Pertemuan ke empat : 4x 35 menit (Mat, IPS)
A. Kegiatan Awal       :
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Mengamati siswa tentang kerapian, keseragaman
c.       Mengabsen siswa
d.      Menyampaiakan kompetensi dasar yang akan dicapai
e.       Menyampaikan  pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.  Kegiatan Inti   :
a.   Eksplorasi
·         Mat               : Siswa menentukan yang lebih berat
·         IPS               : Memberi contoh peristiwa yang menyenangkan dan tidak
                       menyenangkan
         : Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di
                       sekolah
b.   Elaborasi
·         Mat      : Mengukur berat benda dengan satuan tidak baku
: Membadingkan berat benda
·         IPS      : Memberi contoh yang menyenangkan
: Memberi contoh peristiwa yang tidak menyenangkan 
: Menceritakan pengalaman penting yangmenyenangkan di sekolah
c.   Konfirmasi
-Siswa mempresentasikan tentang mengukur berat.
-Siswa mempresentasikan tentang membandingkan berat.
-Siswa mempresentsikan tentang peristiwa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan
C.  Kegiatan Penutup   :
a.   Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.   Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.   Guru memberikan tugas di rumah
D. Lampiran         :
-          Rangkuman : dalam kehidupan sehari-hari  berat benda dinyatakandalamsatuan kilogram (kg), ons dan gram.
-          Berat beras, gula, tepung, kue, sayur mayur, telor dan buah-buahan umumnya menggunakan satuan kg dan ons.
-          Satuan ukuran berat gram digunakan untuk emas, ketas dan obat-obatan

o   Pertemuan ke lima : 4x 35 menit (Mat, IPA)
A.    Kegiatan Awal      :
a.       Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Mengamati siswa tentang kerapian, keseragaman
c.       Mengabsen siswa
d.      Menyampaiakan kompetensi dasar yang akan dicapai
e.       Menyampaikan  pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksplorasi
·   Mat                     : Membandingkan berat benda dengan satuan baku (kg, ons,gram)
·   IPA                    : Siswa menyebutkan kegunaan benda-benda di sekitar
b.      Elaborasi
·   Mat         : Membandingkan berat benda dengan menggunakan dua tangan untuk menaksir berat benda.
: Mengukur berat benda dengan satuan baku (kg, ons, gram)
·   IPA        : Menyebutkan benda-benda di sekitar
: Menyebutkan kefunaan benda-benda di sekitar
c.       Konfirmasi
-      Siswa mempresentasikan tentang mengukur berat benda.
-      Siswa mempresentasikan tentang kefunaan benda-benda di sekitar.
C.     Kegiatan Penutup :
a.       Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.       Guru memberikan tugas di rumah

D.    Lampiran               :
-          Mengukur berat badan dengan satuan ...
-          Mengukur berat cincin dengan satuan ...
-          1 kg = .... ons
-          1 Ons = .... gram
-          sapu tangan gunanya untuk ...

o   Pertemuan ke enam : 4x 35 menit (BI, IPS)
A.    Kegiatan Awal      :
a.      Guru memberi salam, berdoa bersama-sama
b.      Mengabsen siswa, mengamati kerapian, keseragaman
c.      Menyampaiakan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.     Menyampaikan  pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
B.     Kegiatan Inti         :
a.      Eksplorasi
·   BI                       : Siswa menulis pengalaman dengan huruf tegak bersambung
·   IPS                     : Siswa menceritakan manfaat hidup tolong menolong di rumah dan sekolah
b.      Elaborasi
·   BI           : Siswa Menulis pengalaman dengan huruf tegak bersambung, dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
: membacakan tulisannya di depan kelas
·   IPS         : Menceritakan manfaat hidup tolongmenolong di rumah dan di sekolah
: Menyebutkan contoh-contoh tolongmenolong di rumah, misal  : membersihkan rumah
: Menyebutkan contoh-contoh tolongenolong di sekolah, misal : membersihkan ruang kelas, menaa meja.
c.      Konfirmasi
-      Siswa mempresentasikasn tentang tulisan dengan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik
-      Siswa mempresentasikan tentang manfaat tolong menolong di rumah dan di sekolah.
C.     Kegiatan Penutup :
a.      Guru melakukan refleksi.
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan hasil kerja.
c.      Guru memberikan tugas di rumah
D.    Lampiran               :
-         Tuliskan kalimat yang didiktekan guru !
-         Tolong menolong baik untuk dilakukan dalam hal ...
-         Tolong menolong dapat mempererat ...
-         Tolong menolong yang baik didasari rasa ...
-         Tolong menolong wajib dilaksanakan oleh siapapum dan ...

V.                Alat dan Sumber Belajar
-          Alat Peraga
1.      Tulisan huruf tegak bersambung.
2.      Lingkungan sekitar
3.      Alat Ukur : jam, mistar, timbangans ederhana
4.      Gambar pernikahan / gambar orang yang sedang merayakan ulang tahun
-          Sumber Belajar
Buku,BI, Mat, IPA, IPS

VI.             Penilaian
·         Tehnik Tes
-         Tes Lisan
1.   Keberanian menjawab, menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil.
2.   Ketepatan jawaban
3.   Keserasian dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
-         Tes Tulis
1.   Pilihan ganda
2.   Isian
-         Tes Perbuatan
·         Bentuk Tes
1.      Obyektif tes
2.      Non obyektif tes
·         Instrumen Tes
-         LKS
-         Lembar Observasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar