Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
B. Indonesia :
Berbicara :
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
Menulis :
·     Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
B. Indonesia
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
·     Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
·     Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
·     Mendeklamasikan puisi
·     Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·     Siswa dapat menjelaskan ciri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
·     Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·     Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·     Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
·     Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
·     Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia
·     Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·     Menjelaskan ciri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·     Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·     Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·     Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·     Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·     Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·     Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·     Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·     Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.
Tertulis
Perbuatan
Lesan
4 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

Matematika

·     Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
·     Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana

Matematika

·     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·     Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·     Melakukan operasi bilangan campuran.
·     Mengelompokkan bangun datar.
·     Mengenal sudut bangun datar
·     Perkalian dan pembagian.
·     Bangun datar dan unsure bangun datar
·     Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
·     Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
·     Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
·     Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·     Siswa dapat menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi
·     Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·     Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·     Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·     Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·     Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·     Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·     Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

·     Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

 

IPA

·     Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari
·     Sumber panas dan energi serta kegunaannya
·     Siswa dapat mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·     Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
·     Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang
·     Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·     Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·     Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·     Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
·     Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·     Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·     Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS

·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
IPS
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·     Menceritakan pengalaman
·     Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
·     Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·     Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
·     Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·     Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·     Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·     Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
SBK
·     Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
·     Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·     Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung

SBK

·     Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·     Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·     Berkreasi dengan cat warna
·     Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
·         Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
·         Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
·         Siswa dapat menjelaskan  cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
·     Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·     Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·     Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·     Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·    Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa



Mengetahui
Kepala Sekolah 



………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



…………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar