Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Tema                  : Hiburan
Kelas                  : II Semester I
Alokasi Waktu   : 5 minggu
 

Standar Kompetensi :
1.      PKn
Membiasakan hidup bergotong royong.
2.      IPS
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3.      IPA
Mengenal bagian – bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4.      Matematika
Melakukan penjumlahan bilangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
  • Mendengarkan
Memahami teks pendek dan puisi anak yang di lisankan.
  • Berbicara
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi.
  • Membaca
Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
  • Menulis
Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6.      Seni Budaya dan Ketrampilan
·        Seni Musik      : Mengekspresikan karya seni musik
  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
·        Seni Tari          : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
7.      Bahasa Jawa
·        Mampu menyimak, menyebutkan dan menanggapi berbagai jenis wacana lisan tentang cara hidup sehat.
·        Mampu membaca, memahami dan menanggapi berbagai jenis dan bentuk wacana tulis (teks) dengan membaca nyaring, membaca dongeng.
Kompetensi Dasar
1.      Pkn
·        Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
·        Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
2.      IPS
  • Memanfaatkan dokumen benda – benda peninggalan keluarga sebagai sumber cerita
  • Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
3.      IPA
  • Mengenal bagian – bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
  • Mengidentifikasi ciri – ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
  • Mengidentifikasi benda – benda yang dikenal dengan kegunaannya melalui pengamatan.
4.      Matematika
  • Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500
5.      Bahasa Indonesia
  • Menyebutkan kembali dengan kata – kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
  • Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa
  • Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat)
  • Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
  • Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan
  • Mengidentifikasi unsur musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan benda bukan alat musik.
  • Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
7.      Bahasa Jawa
  • Unggah ungguh
Indikator
1.      PKn
·        Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah
·        Melaksanakan piket di kelas
·        Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik
·        Menjelaskan cara merawat hewan di rumah
2.      IPS
  • Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah
3.      IPA
  • Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak
  • Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit
  • Mengelompokkan benda padat yang ada dilingkungan sekitar
  • Mengelompokkan benda cair yang ada dilingkungan sekitar
  • Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas
4.      Matematika
  • Membaca simbol +, -, = dalam pengerjaan hitung
  • Menggunakan simbol +, -, = dalam pengerjaan hitung bilangan
  • Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan
  • Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan
  • Menjumlah bilangan dengan satu kali teknik menyimpan
  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan
  • Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam
  • Mengurangkan bilangan dengan teknik satu kali meminjam
  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan
  • Menyelesaikan soal hitung campuran
  • Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
5.      Bahasa Indonesia
  • Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikkan temannya
  • Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain
  • Menyimak cerita bacaan pendek
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan secara lisan
  • Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan
  • Menceritakan kegiatan
  • Memberi tanggapan pada kegiatan
  • Menyusun gambar
  • Menceritakan gambar yang telah urut
  • Menjawab pertanyaan
  • Menceritakan peristiwa
  • Membaca teks dengan bersuara
  • Mengajukan pertanyaan bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Meringkas isi bacaan
  • Menyusun kalimat menjadi cerita
  • Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik
  • Menulis kalimat dengan bentuk huruf indah
  • Menulis pengalaman sendiri
  • Menyusun kata menjadi kalimat
  • Membuat kalimat
  • Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf bersambung
  • Menuliskan kalimat yang didektekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.

6.      Seni Budaya dan Keterampilan
  • Menentukan sumber bunyi
  • Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan
  • Menunjukkan kesesuaian gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan
  • Mendefinisikan nada
  • Membedakan nada dan irama
  • Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
  • Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.
7.      Bahasa Jawa
  • Menunjukkan berbicara dengan sopan dan santun dengan orang lain

I.       Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
  • Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah
  • Melaksanakan piket kelas
  • Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah
  • Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik
  • Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga
  • Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah
  • Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak
  • Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit
  • Mengelompokkan benda padat yang ada dilingkungan sekitar.
  • Mengelompokkan benda cair yang ada dilingkungan sekitar
  • Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar
  • Menyebutkan kegunaan benda cair yang ada di lingkungan sekitar
  • Membaca simbol +, -, = dalam pengerjaan hitung bilangan
  • enggunakan simbol +, -, = dalam pengerjaan hitung bilangan
  • Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan
  • Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan
  • Menjumlah bilangan dengan satu kali teknik menyimpan
  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan
  • Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam
  • Mengurangkan bilangan dengan teknik satu kali meminjam
  • Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan.
  • Menyelesaikan soal hitung campuran.
  • Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
  • Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikkan temannya
  • Menyampaikan pesan yang didengar pada orang lain
  • Menyimak cerita bacaan pendek
  • Menceritakan kembali isi teks bacaan secara lisan
  • Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan
  • Menceritakan kegiatan
  • Memberi tanggapan pada kegiatan
  • Menyusun gambar
  • Menceritakan gambar yang telah urut
  • Menjawab pertanyaan
  • Menceritakan peristiwa
  • Membaca teks dengan bersuara
  • Mengajukan pertanyaan bacaan
  • Menceritakan kembali isi bacaan
  • Meringkas isi bacaan
  • Menyusun kalimat menjadi cerita
  • Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik
  • Menulis kalimat dengan bentuk huruf indah
  • Menulis pengalaman sendiri
  • Menyusun kata menjadi kalimat
  • Membuat kalimat
  • Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf bersambung
  • Menuliskan kalimat yang didektekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
  • Menentukan sumber bunyi
  • Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan
  • Menunjukkan kesesuaian gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan
  • Mendefinisikan nada
  • Membedakan nada dan irama
  • Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
  • Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.

II.  Materi Pokok
·    Hidup gotong royong
·    Dokumen pribadi dan keluarga
·    Peristiwa penting
·    Manfaat dokumen
·    Bagian utama hewan dan tumbuhan
·    Sifat benda
·    Perubahan wujud benda
·    Operasi bilangan
·    Nilai tempat
·    Mengurutkan bilangan
·    Mendengarkan teks pendek
·    Percakapan
·    Melengkapi kalimat
·    Menuli pengalaman
·    Menulis kalimat dengan huruf indah
·    Unsur musik
·    Gerakan tari sesuai iringan

III. Metode Pembelajaran
·    Ceramah
·    Diskusi
·    Tanya Jawab
·    Demonstrasi
·    Pemberian tugas

IV. Langkah – Langkah Pembelajaran
   Pertemuan ke satu 5 x 35 menit ( Mat, BI, IPS )
A.    Kegiatan Awal
·      Berdoa
·      Guru memberi salam
·      Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
·      Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
·      Guru mengajukan pertanyaan yanga da kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1  a.  Siswa mengurutkan bilangan 1 sampai 500 dari yang terkecil ke yang terbesar
  Pertanyaan : Anak – anak siapa yang bisa mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke  
  yang terbesar ?
  Jawaban   : Siswa menjawab secara urut 1 sampai 500
 2  a.   Siswa menceritakan kembali isi teks yang dibacakan guru dengan lisan.
  b.   Siswa menulis ringkasan cerita pendek (12-15 hal)
3   a.   Siswa menyusun gambar dan ceritakan dengan hal yang sederhana
     b.   Siswa membuat cerita secara runtut dengan gambar.



Elaborasi
1.      Siswa diberi tugas untuk membuat kartu bilangan
2.      Siswa mengurutkan bilangan dari terkecil sampai terbesar sesuai perintah guru :
125, 128, 127, 126, 124 = 124, 125, 126, 127, 128
3.      Siswa menceritakan kembali cerita pendek yang dibacakan guru denga kata – katanya sendiri
4.      siswa menulis cerita secara urut dengan melihat ganbar yang sudah di susun.

Konfirmasi
1.      Siswa mempresentasikan hasil kerja secara bergantian
2.      Siswa bersama guru membuat ringkasan materi
C.     Kegiatan Penutup
a.  Guru melakukan refleksi
b.      Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
c.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
d.      Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Lampiran – Lampiran
Matematika
1.      Urutkan bilangan 205, 198, 259, 303, 188 mulai dari yang terkecil !
2.      Urutkan bilangan 123, 231, 321, 324, 342 mulai dari yang terbesar !
3.      243, 246 , . . ., 252, 255
4.      355, 350, . . ., 340, . . ., 330
Bahasa Indonesia
Buatlah ringkasan cerita dari bacaan yang telah kalian baca !
IPS
Buatlah kalimat dari gambar yang telah kalian susun tadi !

Pertemuan Kedua 3 x 35 menit (BI, PKn)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yanga da kaitannya dengan materi yang akan diajarkan




B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1  a. Siswa menceritakan kegiatan dan memberikan tanggapan secara lisan
       Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan temannya
       Pertanyaan  : Apa yang kamu lakukan sebelum berangkat sekolah ?
   b.  Siwa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan kegiatan sehari - hari
2 a. Siswa membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah
   b.  Siwa menyebutkan pembagian tugas di rumah.

Elaborasi
1.     Siswa diberi kesempatan untuk membuat cerita sehari – hari.
2.     Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh teman. Dengan siapa kamu berangkat sekolah ?
3.     Melalui pengalaman siswa membuat daftar pembagian tugas di rumah secara kelompok
4.     Siswa mendisukusikan dan merumuskan berama anggota kelompok
5.     Pembagian tugas di rumah
TUGAS AYAH
TUGAS IBU
TUGAS ANAK






Konfirmasi
1.      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian
2.      Guru memberi kesempatan tentang materi yang dibahas.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
c.    Guru membacakan hasil pengamatan siswa
d.   Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Ke tiga 5 x 35 menit ( Mat, BI, Bhs. Jawa )
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yanga da kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.   Siswa menyusun bilangan dari yang terkecil sampai yang terbesar atau sebaliknya
   b.  Siswa menjawab soal yang sesuai dengan materi diatas
2 a.  Siswa menyusun gambar dan menceritakan gambar yang berurutan dengan kalimat   
        yang sederhana.
   b.  Siswa dapat menjawab dengan menggunakan kata tanya (ukara pitakon)

Elaborasi
1.      Siswa diberi kesempatan untuk menyusun gambar acak yang diberi oleh guru
2.      Siswa menulis cerita dengan kalimat sederhana sesuai urutan gambar yang disusun
3.      Siswa mengerjakan soal mengurutkan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya.
127, 128, 129, 130, 137
140, 139, 138, 137, 136
4.      Siswa menjawab kalimat tanya menggunakan kata tanya (ukara ptakon)
........ jenenge bapakmu ?

Konfirmasi
1.      Siswa mempresentasikan hasil kerja individu
2.      Guru memberi penguatan

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
c.    Guru membacakan hasil pengamatan siswa
d.   Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Keempat 3 x 35 menit (Matematika, SBK)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.  Siswa menyelesaikan soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
  Pertanyaan : 35 + 24 = . . . .
   b.  Siswa menjawab soal penjumlahan
2.   Siswa menunjukkan gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang didengarkan

Elaborasi
1.      Siswa diberi kesempatan untuk menyelesaikan soal penjumlahan tanpa teknik menyimpan.
42 + 16 = . . . .
32 + 45 = . . . .
2.      Siswa bernyanyi sambil bertepuk tangan

Konfirmasi
·  Siswa mempresentasikan hasil kerja individu.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Kelima 2 x 30 menit (Matematika)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1a.  Siswa menyelesaikan soal penjumlahan dengan satu kali teknik meyimpan.
    Pertanyaan     :  36 + 17 = . . . .
  b.  Siswa menjawab soal penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan

Elaborasi
1.      Siswa menyelesaikan soal penjumlahan dengan satu kali teknik menyimpan
Pertanyaan : 28 + 24 = . . . .

Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja individu.
C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Minggu Kedua
Pertemuan kesatu : 5 x 35 menit (Matematika, BI, IPS)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.   Siswa menyelesaikan penjumlahan tiga bilangan dengan teknik menyimpan
Pertanyaan         : 21 + 7 + 12 = . . . .
   b.    Siswa menjawab penjumlahan tiga bilangan.
2 a.    Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita guru yang didengar.
Pertanyaan           : Bagaimana sikap kita kepada orang tua ?
   b.    Siswa menjawab pertanyaan dari guru.
3 a.    Siswa menjelaskan cara merawat dan menjaga koleksi barang keluarga
 Pertanyaan  : Supaya awet KTP harus di . . . .
    b.   Siswa menjawab pertanyaan tentang merawat dokumen.

Elaborasi
1.      Siswa diberi kesempatan untuk menyelesaikan soal penjumlahan tiga bilangan dengan menyimpan.
38 + 11 + 27 = . . . .
2.      Siswa menjawab pertanyaan sesuai dengan yang didengar.
3.      Siswa berdiskusi dengan kelompok tentang : cara merawat dokumen dan menjaga koleksi barang.


No
Nama Benda
Cara Merawat
1
Foto

2
Guci

3
Dan lain – lain

Konfirmasi
1.      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian
2.      Guru dan siswa menyimpulkan materi tentang cara merawat dokumen

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Kedua : 3 x 35 menit (BI, PKn)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1  a.  Siswa membaca teks dengan suara yang lantang dan benar.
    b.  Siswa dapat membaca dengan lantang dan benar
 2 a.  Siswa membuat daftar kegiatan pembagian tugas di sekolah, kemudian    
        melaksanakannya  pada piket di kelas.
   b.  Siswa membuat daftar piket di sekolah.

Elaborasi
1.   Siswa disuruh maju satu per satu untuk membaca teks dengan suara lantang dan benar.
Bacaan teks 15 – 20 kalimat
2.   Siswa membuat daftar piket kelas
3.   Siswa melaksanakan piket dengan baik


Konfirmasi
1.   Siswa mempresentasikan hasil kerja secara bergantian
2.   Guru merangkum hasil kerja siswa


C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Ketiga : 5 x 35 menit (Mat, BI, Bhs. Jawa)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a. Siswa menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan dengan satu kali teknik menyimpan.
   b.  Siswa menjawab soal cerita dengan benar
2 a.  Siswa membuat ringkasan bacaan yang telah dibaca (15-20 kalimat)
   b. Siswa meringkas kalimat
3 a. Setelah membaca bacaan siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan bacaan

Elaborasi
1.      Siswa menyelesaikan soal cerita penjumlahan yang berhubungan penjumlahan bilangan
2.      Siswa diberikan kesempatan untuk meringkas bacaan (15-20 kalimat) dengan baik
3.      Siswa menjawab pertanyaan
Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja secara bergantian.



C.     Kegiatan Penutup
1.   Guru melakukan refleksi
2.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
3.   Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
4.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
5.   Guru memberikan tugas PR kepada siswa
Pertemuan Keempat : 2 x 35 menit (Matematika, SBK)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.  Siswa menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
        Pertanyaan  : 74 – 24 = . . . .
   b.  Siswa menjawab soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan benar
2 a.  Siswa menggambar pemandangan

Elaborasi
1.      Siswa diberikan kesempatan untuk menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam.
2.      Siswa menjawab soal pengurangan dengan baik.
3.      Siswa menggambar pemandangan (bebas).

Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja secara bergantian.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Kelima : 5 x 35 menit (Matematika)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1  a.  Siswa menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek
      Pertanyaan :  36
                             12  -
                             . . . .
   b.  Siswa menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.

Elaborasi
1.      Siswa diberikan kesempatan utnuk menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.
2.      Siswa menyelesaikan soal pengurangan tanpa teknik meminjam dengan cara bersusun pendek.
Contoh :          86                    69
                        24  -                 25 -
                ......                .....
Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja secara individu.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa




Minggu ketiga
Pertemuan Kesatu 5 x 35 menit (Matematika, BI, IPS)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.  Siswa menyelesaika soal pengurangan dengan teknik satu kali meminjam
        Pertanyaan :  76 – 29 = . . . .
   b.  Siswa mengerjakan soal pengurangan dengan teknik meminjam 
2 a. Siswa menceritakan peristiwa yang menyenangkan di sekolah
    Pertanyaan : Buatlah cerita tentang peristiwa menyenangkan di sekolah !
   b. Siswa menulis cerita peristiwa yang menyenangkan di sekolah
3 a. Siswa membuat cerita tentang pengalaman sendiri 
   b. Siswa menulis cerita tentang pengalaman yang pernah dialami

Elaborasi
1.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang cara menghitung pengurangan dengan teknik meminjam.
2.      Berdasarkan pengalaman yang dialami siswa bercerita secara kronologis
3.      Siswa diberi kesempatan menulis cerita tentang pengalaman yang pernah dialami.

Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa




Pertemuan kedua : 3 x 35 menit ( BI, PKn)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1a.  Siswa menjelaskan cara merawat tumbuhan dan hewan peliharaan di rumah.
    Pertanyaan : Siapa yang tahu cara merawat hewan peliharaan yang baik ?
   b. Siswa menjawab pertanyaan cara merawat hewan peliharaan yang baik.
2a.  Siswa mengubah kata acak menjadi kalimat yang benar.
  b.  Siswa menyusun kata menjadi kalimat yang benar.

Elaborasi
1.      Siswa berdiskusi dengan kelompoknya tentang :
·         Cara merawat tumbuhan yang baik dan benar.
·         Cara merawat hewan yang baik dan benar.
2.      Siswa diberi kesempatan untuk menyusun kata acak menjadi kalimat yang benar.
·         Makan – kita – yang – harus – bergizi – makanan .

Konfirmasi
1.  Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok secara bergantian.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan ketiga : 3 x 35 menit (Mat, BI, Bhs. Jawa)
A.     Kegiatan Awal
a.    Berdoa
b.   Guru memberi salam
c.    Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen
d.   Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.    Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.  Siswa mendengarkan kalimat yang didektekan guru dengan memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
   b.   Siswa menulis kalimat dekte
2 a.   Siswa menghitung soal pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang.
        48
        17 -
     .....
b.  Siswa menyelesaikan soal pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang 
3 a.  Siswa mampu menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.
   b.  Siswa menjawab pertanyaan.

Elaborasi
1.   Siswa diberi kesempatan mendengarkan dekte dari guru dan menulisnya menggunakan huruf kapital dan tanda titik.
2.   Melalui penjelasan dan pemberian contoh dari guru siswa menghitung pengurangan dengan teknik satu kali meminjam dengan bersusun panjang.
52                                63
                        59 -                              34  -
                 ....                            ....
3.   Siswa diberi waktu untuk membaca cerita kemudian menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan / cerita

Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja.

C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
b.   Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.    Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.   Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.    Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Keempat : 3 x 35 menit (Mat, IPA)
A.  Kegiatan Awal
1.      Berdo’a
2.      Guru memberi salam
3.      Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen.
4.      Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
5.      Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.  Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      a.  Siswa menyelesaikan soal hitung campuran
           Pertanyaan  : 20 + 48 – 15 = .....
b. Siswa menyelesaikan soal hitung campuran

2.      a.   Siswa menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan sekitar kelas.
        Pertanyaan : Sebutkan benda padat yang ada di sekitarmu !
 b.   Siswa menjawab kegunaan benda padat yang ada di sekitar kelas.

Elaborasi
1.      Siswa diberi soal dan menyelesaikan soal hitung campuran
32 + 42 – 29 = .....
2.      Siswa diajak keluar kelas dan berdiskusi dengan kelompoknya tentang kegunaan benda padat yang ada di sekitar kelas.
- Sapu berguna untuk ....
- Kolam buatan berguna untuk ....

Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja secara berkelompok

Kegiatan penutup:
1.      Guru melakukan refleksi
2.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
3.      Apakah hasil pembelajaran yang diroleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
4.      Guru membacakan hasil pengamatan siswa
5.      Guru memberikan tugas PR kepada siswa

Pertemuan Kelima 2 x 35 menit (Matematika)
A.     Kegiatan Awal
a.   Berdoa
b.      Guru memberikan salam
c.   Guru mengamati kehadiran siswa, kerapian, mengatur tempat duduk, mengabsen.
d.      Guru menyampaikan KD yang akan dicapai
e.   Guru mengajukan pertanyaan yang ada kaitannya dengan yang materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
Eksplorasi
1 a.  Siswa menyelesaikan hitung campuran dalam bentuk soal cerita
     Pertanyaan : Soal Cerita
b.  Siswa menyelesaikan soal cerita
Elaborasi
1.      Siswa mengerjakan soal campuran dalam bentuk soal cerita.
- Adik mempunyai ......

Konfirmai
Siswa mempresentasikan hasil kerja sama secara bergiliran

C.     Kegiatan Penutup
a.   Guru Melakukan refleksi
b.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
c.   Apakah hasil pembelajaran yang diperoleh baik yang menyenangkan atau tidak menyenangkan
d.      Guru membacakan hasil pengamatan siswa
e.   Guru memberikan tugas PR kepada siswa

V.  Alat dan Sumber
Buku sumber
1. Buku Pengetahuan Sosial SD kelas 2 Penerbit Erlangga
2. Buku Sains SD kelas 2 Penerbit Ganesa
3. Buku PKn Kelas 2 SD Penerbit Erlangga
4. Buku Matematika Kelas 2 SD Penerbit Erlangga
5. Buku Bahasa Indonesia Kelas 2 SD Penerbit Tiga Serangkai
6. Buku SBK Kelas 2 SD Penerbit
7. Buku Gladhi Basa Kelas 2 SD

Alat Peraga
1. Kartu bilangan
2. Contoh benda cair dan benda padat
3. Gambar tumbuhan dan gambar hewan
4. Contoh dokumen (akte kelahiran, kartu keluarga, KTP, Foto-foto keluarga dll)


II.  Penilaian
Teknik Test
Tes lisan
1. Keberanian menjawab / menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil
2. Ketepatan menjawa
3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan


Tes Tertulis
1.  Lembar kerja
2.  Lembar evaluasi

Tes Perbuatan
Bentuk tes
1.  Obyektif test
2.  Non obyektif test

Instrumen test
1.  LK
2.  Lembar Observasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar