Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: HIBURAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

TEMA: HIBURAN 


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam


·     hidup bergotong royong

·     Menjelaskan arti gotong royong  
·     Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·     Melaksanakan piket di kelas.
·     Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·     Melaksanakan piket di kelas.
·     Menjelaskan  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·     Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.

Tertulis
Perbuatan
Lesan

3 minggu

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

·     Dokumen pribadi dan keluarga
·     Peristiwa penting.
·     Manfaat dokumen.
·     Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah.
·     Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·     Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah

Tertulis
Perbuatan
Lesan



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.

·     Bagian utama tumbuhan dan hewan
·     Sifat benda
·     Perubahan wujud benda
·     Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.
·     Mengidentifikasi  buah yang berbiji banyak.
·     Mengidentifikasi  buah yang berbiji sedikit.
·     Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.

Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
·     Oprasi bilangan
·     Nilai tempat.
·     Mengurutkan bilangan.
·     Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·     Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·     Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·     Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·     Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·     Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·     Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·     Menyelesaikan soal hitung campuran .
·     Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita.
·     Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·     Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·     Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·     Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·     Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·     Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·     Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·     Menyelesaikan soal hitung campuran .
·     Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita

Tertulis
Perbuatan
Produk


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

·     Mendengarkan teks pendek.
·     Percakapan
·     Melengkapi kalimat.
·     Menulis pengalaman
·     Menulis kalimat dengan huruf indah
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·     Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·     Menyimak cerita bacaan pendek.
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·     Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·     Menceritakan kegiatan
·     Memberi tanggapan pada kegiatan
·     Menyusun gambar
·     Menceritakan gambar yang telah urut.
·     Menjawab pertanyaan
·     Menceritakan peristiwa.
·     Membaca teks dengan bersuara
·     Mengajukan pertanyaan bacaan.
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menulis pengalaman sendiri
·     Menyusun kata menjadi kalimat
·     Membuat kalimat.
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·     Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·     Menyimak cerita bacaan pendek.
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·     Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·     Menceritakan kegiatan
·     Memberi tanggapan pada kegiatan
·     Menyusun gambar
·     Menceritakan gambar yang telah urut.
·     Menjawab pertanyaan
·     Menceritakan peristiwa.
·     Membaca teks dengan bersuara
·     Mengajukan pertanyaan bacaan.
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menulis pengalaman sendiri
·     Menyusun kata menjadi kalimat
·     Membuat kalimat.
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik


Lisan
Tertulis
Perbuatan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengapresiasi karya seni Musik.
·     Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
·     Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
·     Unsur musik 
·     Gerakan tari sesuai iringan
·     Menentukan sumber bunyi .
·     Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·     Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·     Mendefinisikan nada.
·     Mendefinisikan irama.
·     Membedakan nada dan irama.]
·     Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·     Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.
·     Menentukan sumber bunyi .
·     Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·     Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·     Mendefinisikan nada.
·     Mendefinisikan irama.
·     Membedakan nada dan irama.]
·     Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·     Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.


Lisan
Tertulis
Perbuatan



Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa





Mengetahui
Kepala Sekolah



………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



…………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar