SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: HIBURAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | · Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. · Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam | · hidup bergotong royong | · Menjelaskan arti gotong royong · Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. · Melaksanakan piket di kelas. | · Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. · Melaksanakan piket di kelas. · Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik. · Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah. | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Dokumen pribadi dan keluarga · Peristiwa penting. · Manfaat dokumen. | · Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah. | · Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga. · Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah | Tertulis Perbuatan Lesan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan. | · Bagian utama tumbuhan dan hewan · Sifat benda · Perubahan wujud benda | · Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. · Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. | · Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak. · Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit. · Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. · Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. | Tertulis Perbuatan Lesan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500. | · Oprasi bilangan · Nilai tempat. · Mengurutkan bilangan. | · Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. · Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan. · Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan · Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam. · Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. · Menyelesaikan soal hitung campuran . · Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita. | · Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. · Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan. · Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan · Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam. · Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. · Menyelesaikan soal hitung campuran . · Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita | Tertulis Perbuatan Produk | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | · Mendengarkan teks pendek. · Percakapan · Melengkapi kalimat. · Menulis pengalaman · Menulis kalimat dengan huruf indah | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik | Lisan Tertulis Perbuatan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengapresiasi karya seni Musik. · Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari | · Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik · Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak. | · Unsur musik · Gerakan tari sesuai iringan | · Menentukan sumber bunyi . · Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. · Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. · Mendefinisikan nada. · Mendefinisikan irama. · Membedakan nada dan irama.] · Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan · Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. | · Menentukan sumber bunyi . · Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. · Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. · Mendefinisikan nada. · Mendefinisikan irama. · Membedakan nada dan irama.] · Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan · Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. | Lisan Tertulis Perbuatan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah …………………. NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II ……………………. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar