SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: KESEHATAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. · Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam. | · hidup bergotong royong | · Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia. | · Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia. · Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan. · Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Dokumen pribadi dan keluarga · Peristiwa penting. · Manfaat dokumen. | · Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan. · Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah. · Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah. | · Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan | · Bagian utama tumbuhan dan hewan · Sifat benda · Perubahan wujud benda | · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia. · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain. · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan manusia · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan . · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain. · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia. · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan. | · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia. · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain. · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan manusia · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan . · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain. · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia. · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur panjang tidak | · Alat ukur panjang tidak baku dan baku | · Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih pendek dari, sama panjang dengan . · Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan. · Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak · Mengenal satuan · Menggunakan alat ukur ( mistar) · Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan · Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm. · Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai. | · Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih pendek dari, sama panjang dengan . · Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan. · Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak · Mengenal satuan · Menggunakan alat ukur ( mistar) · Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan · Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm. · Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai. | Tertulis Perbuatan Produk | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. | · Mendengarkan teks pendek. · Puisi · Membaca bersuara · Melengkapi kalimat. · Menulis pengalaman · Menulis kalimat dengan huruf indah | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Mendeklamasikan puisi · Menjelaskan isi puisi · Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Menyususn kata menjadi kalimat. · Memperbaiki penulisan kalimat. | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Mendeklamasikan puisi · Menjelaskan isi puisi · Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Menyususn kata menjadi kalimat. · Memperbaiki penulisan kalimat | Lisan Tertulis Perbuatan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan | · Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana. · Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana. · Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam. · Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat | · Seni musik · Menyanyikan lagu · Pembuatan cat | · Melakukan tepuk berfariasi · Memainkan alat musik sederhana. · Memainkan alat musik sederhana · Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr. · Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik. · Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis. · Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna. · Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam. · Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik. · Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan warna yang dihasilkan | · Melakukan tepuk berfariasi · Memainkan alat musik sederhana. · Memainkan alat musik sederhana · Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr. · Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik. · Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis. · Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna. · Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam. · Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik. · Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan warna yang dihasilkan | Lisan Tertulis Perbuatan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah …………………. NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II ……………………. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar