Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1 TEMA: KESEHATAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1

TEMA: KESEHATAN  


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam.

·     hidup bergotong royong
·     Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·     Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·     Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan.
·     Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah
Tertulis
Perbuatan
Lesan
3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Dokumen pribadi dan keluarga
·     Peristiwa penting.
·     Manfaat dokumen.
·     Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan.
·     Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah.
·     Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
·     Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
·     Bagian utama tumbuhan dan hewan
·     Sifat benda
·     Perubahan wujud benda
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan  manusia
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan  manusia
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.
Tertulis
Perbuatan
 Lesan

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan
·     Alat ukur panjang tidak baku dan baku
·     Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih  pendek dari, sama panjang dengan .
·     Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
·     Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal.
·     Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.
·     Menggunakan alat ukur ( mistar)
·     Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·     Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·     Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
·     Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih  pendek dari, sama panjang dengan .
·     Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
·     Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal.
·     Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.
·     Menggunakan alat ukur ( mistar)
·     Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·     Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·     Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.
Tertulis
Perbuatan
Produk

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

·     Mendengarkan teks pendek.
·     Puisi
·     Membaca bersuara
·     Melengkapi kalimat.
·     Menulis pengalaman
·     Menulis kalimat dengan huruf indah
·     Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi
·     Menjelaskan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Mengajukan pertanyaan bacaan,
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Membaca puisi
·     menceritakan isi puisi..
·     Menyususn kata menjadi kalimat.
·     Memperbaiki penulisan kalimat.
·     Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi
·     Menjelaskan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Mengajukan pertanyaan bacaan,
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Membaca puisi
·     menceritakan isi puisi..
·     Menyususn kata menjadi kalimat.
·     Memperbaiki penulisan kalimat
Lisan
Tertulis
Perbuatan

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Keterampilan :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·     Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam.
·     Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat
·     Seni musik
·     Menyanyikan lagu
·     Pembuatan cat
·     Melakukan tepuk berfariasi
·     Memainkan alat musik sederhana.
·     Memainkan alat musik sederhana
·     Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·     Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
·     Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
·     Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna.
·     Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·     Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik.
·     Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan  warna yang dihasilkan
·     Melakukan tepuk berfariasi
·     Memainkan alat musik sederhana.
·     Memainkan alat musik sederhana
·     Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·     Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
·     Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
·     Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna.
·     Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·     Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik.
·     Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan  warna yang dihasilkan
Lisan
Tertulis
Perbuatan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa



Mengetahui
Kepala Sekolah



………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



…………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar