KELAS III SEMESTER 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tema dan Waktu Per Minggu | |||||
Lingkun-gan | Pengala-man | Kegiatan | Tempat Umum | Hiburan | Kesehatan | |||
3 | 3 | 2 | 2 | 2 | 2 | |||
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari- sehari | · Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa · Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara · Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda · Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah | ΓΌ | | | | | |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah · Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah · | · Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar · Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan · Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan · Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya | ΓΌ | | | | | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami | · Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu · Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan · Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang · Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang · Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar | ΓΌ | | | | | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | · Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan) · Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan · Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan · Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan · Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam · Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam | ΓΌ | | | | | |
5. IPA : Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup | · Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup · Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga) | · Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup · Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya · Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan · Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan | ΓΌ | | | | | |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa | · Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda · Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda · Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II · Menjelaskan makna Sumpah Pemuda · Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan | | ΓΌ | | | | |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa | · Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah · Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia | | ΓΌ | | | | |
3. Bahasa Indonesia · Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan · Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami · Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat · Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif | · Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman · Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman · Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari · Melakukan percakapan tentang pengalaman · Menanggapi cerita pengalaman teman · Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan · Membuat kesimpulan isi bacaan · Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan | | ΓΌ | | | | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Menentukan letak bilangan pada garis bilangan · Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka · Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka · Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang · Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam) · Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat | · Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian · Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar · Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya · Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari · Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang · Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran · Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca · Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur · Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari | | ΓΌ | | | | |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup · Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga) · Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda padat, cair dan gas | · Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya · Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar · Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran · Menyebutkan sifat-sifat benda gas · Menyebutkan sifat-sifat benda cair · Menyebutkan sifat-sifat benda gas | | ΓΌ | | | | |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari · | · Membaca teks Sumpah Pemuda | | | ΓΌ | | | |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah · Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa | · Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik · Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah | | | ΓΌ | | | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran Membaca · Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng Menulis · Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan · Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat · Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif · Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | · Mendengarkan penjelasan lomba · Menyusun percakapan melalui telepon · Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar · Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menjawab pertanyaan bacaan · Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat · Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung · Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se · Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru · Menggunakan kata depan di- dan ke- | | | ΓΌ | | | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Menentukan letak bilangan pada garis bingan · Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka · Melakukan operasi hitungan campuran · Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam) · Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat | · Menentukan posisi pada garis bilangan · Menentukan pola pada garis bilangan · Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian · Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian · Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua · Menyebutkan jenis alat ukur sederhana · Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur · Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam · Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam · Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram | | | ΓΌ | | | |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana · Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar · Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas | · Mempraktekkan cara memelihara tanaman · Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat · Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat · Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair · Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas | | | ΓΌ | | | |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari | · Menyebutkan waktu dan tempat pertama kali Sumpah Pemuda dibacakan · Menyebutkan tempat-tempat yang digunakan untuk kegiatan kepemudaan | | | | ΓΌ | | |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah · Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa | · Menyebutkan tempat kenampakan alam · Menyebutkan tempat kenampakan buatan · Mendata jumlah penduduk, kematian dan kelahiran di kelurahan Balonggede | | | | ΓΌ | | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan · kalimat yang runtut dan mudah dipahami | · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam drama · Menuliskan nama-nama tokoh dalam drama · Menjelaskan makna simbol · Menjelaskan urutan kegiatan lomba melalui gambar | | | | ΓΌ | | |
4. Matematika · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka · Melakukan operasi hitungan campuran | · Mencatat jumlah siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 pada lembar tugas secara berkelompok · Menggunakan sifat operasi hitung pertukaran dan sifat pengelompokan untuk mempermudah perhitungan perkalian dan pembagian · Memecahkan masalah yang melibatkan perkalian dan pembagian | | | | ΓΌ | | |
5. IPA : · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar · Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas · Menjelaskan kegunaan benda plastik, kayu, dan kertas | · Melakukan kegiatan untuk memelihara kesehatan lingkungan sekolah · Mengklasifikasi benda-benda di lingkungan sekolah · Memberi contoh benda padat · Menuliskan contoh benda cair · Menyebutkan contoh benda gas · Mengidentifikasi benda-benda di lingkungan sekolah · Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari plastik dan kegunaannya · Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kayu dan kegunaannya · Menyebutkan benda-benda yang terbuat dari kertas dan kegunaannya | | | | ΓΌ | | |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari | · Menulis isi teks Sumpah Pemuda · Menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa · Mendiskusikan cara kita mengamalkan satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa | | | | | ΓΌ | |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah | · Menjelaskan manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari · Membuat denah sekolah dilengkapi dengan rencana penghijauan · Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata angin · Membaca denah rumah siswa sekolah · Membuat peta dari rumah siswa ke sekolah · Membaca peta dari rumah siswa ke sekolah | | | | | ΓΌ | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran Membaca · Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng Menulis · Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami · Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan kalimat yang runtut dan mudah dipahami · Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menceritakan isi dongeng yang dibaca · Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan · Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar | · Mendengarkan petunjuk melakukan permainan · Mencatat petunjuk tentang permainan · Menceritakan pengalaman pribadi yang menyenangkan · Menjelaskan urutan cara melakukan suatu permainan · Membaca puisi dengan penghayatan · Menyebutkan nama dan sifat tokoh dari dongeng yang dibaca · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kata-kata sendiri · Memberi saran tentang sifat tokoh dari dongeng yang dibacanya · Melengkapi kalimat dengan kata yang tepat · Menulis puisi karangan sendiri · Melengkapi kalimat berdasarkan gambar dalam puisi | | | | | ΓΌ | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka | · Menentukan letak bilangan pada garis bilangan · Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka · Melakukan operasi hitung campuran | · Membilang secara urut · Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan = · Mengingat perkalian dan pembagian sampai dengan seratus · Membuat tabel 10 x 10 · Menghitung perkalian dan pembagian oleh 2 dan 10 secara cepat | | | | | ΓΌ | |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana · Membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat · Mendeskripsikan perubahan sifat benda (ukuran, bentuk, warna, atau rasa) yang dapat diamati akibat dari pembakaran, pemanasan dan diletakkan di udara terbuka | · Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bunganya · Membedakan kondisi lingkungan sehat dan tidak sehat melalui gambar · Mendemonstrasikan adanya perubahan sifat pada benda akibat pembakaran, pemanasan dan diletakkan di tempat terbuka · Membandingkan benda sebelum dan sesudah mengalami pembakaran, pemanasan, dan diletakkan di tempat terbuka | | | | | ΓΌ | |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari | · Menyebutkan kegiatan pramuka yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan | | | | | | ΓΌ |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah | · Melakukan perawatan lingkungan sekitar rumah | | | | | | ΓΌ |
3. Bahasa Indonesia · Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan · Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat · Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | · Mendengarkan petunjuk melakukan sesuatu tentang kebersihan · Menceritakan kembali cerita yang didengar · Memberikan tanggapan dan alasan dari cerita yang dibacanya · Membuat kalimat sesuai dengan gambar · Menyusun karangan berdasarkan gambar · Mengurutkan gambar seri menjadi sebuah paragraf | | | | | | ΓΌ |
4. Matematika · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Menggunakan alat ukur dalam pemecahan masalah | · Menggunakan meteran kain, meteran saku, penggaris untuk mengukur tinggi badan · Menggunakan timbangan atau neraca untuk menimbang berat badan | | | | | | ΓΌ |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan | · Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana · Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, istirahat dan olah raga). · Mendeskripsikan kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan | · Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya · Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya · Menggolongkan hewan berdasarkan penutup tubuhnya · Menggolongkan hewan berdasarkan cara bergeraknya · Menggolongkan hewan berdasarkan cara berkembang biaknya · Menggolongkan hewan berdasarkan cara bernafasnya · Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia · Menjelaskan pentingnya makanan bergizi seimbang untuk pertumbuhan · Menjelaskan pengaruh bahan makanan tambahan (zan aditif) terhadap tubuh · Menjelaskan hubungan rekreasi, olah raga, istirahat dan kesehatan · Menyebutkan macam-macam pencemaran lingkungan · Mengidentifikasi penyebab pencemaran tanah · Mengidentifikasi penyebab pencemaran air · Mengidentifikasi penyebab pencemaran udara · Menyebutkan akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan | | | | | | ΓΌ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar