Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Tema                  : Diri Sendiri
Kelas                  : II Semester I
Alokasi Waktu   : 3 Minggu
 

Standar Kompetensi :
1. Pendidikan Kewarganegaraan   
1.   Membiasakan hidup bergotong royong
2. Ilmu Pengetahuan Sosial 
1.      Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.
3. Ilmu Pengetahuan Alam              
1.      Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.
4. Matematika                                   
1.      Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
5. Bahasa Indonesia                         
Mendengarkan                       
1.  Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                               
2.      Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                               
3.      Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                   
4.       Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
6. Seni Budaya  Keterampilan 
  • Seni Rupa                                :  Mengapresiasi karya seni rupa.           
  • Seni Tari                                  :  Mengapresiasi karya seni tari
7.      Bahasa Jawa
Mampu membaca dan memahami berbagai teks pendek dengan teknik membaca bersuara dan membaca indah beberapa kalimat sederhana berupa cerita wayang, dongeng, dan geguritan

Kompetensi Dasar  :
1.   Pendidikan Kewarganegaraan
            Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
2.   Ilmu Pengetahuan Sosial
1.1.   Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
1.2.   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis
3.   Ilmu Pengetahuan Alam
1.1.   Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
2.1  Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar
4.   Matematika
1.1.   Membandingkan bilangan 1 sampai 500
1.2.   Mengurutkan bilangan sampai 500
5.                  Bahasa Indonesia
1.1.   Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
1.2.   Mendeskripsikan isi puisi
2.1  Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
2.3  Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
3.1  Menyimpulkan isi teks pendek 10 – 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
3.2  Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
4.1  Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
4.2  Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.
6.   Seni Budaya Keterampilan.
1.1.   Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa
1.2.   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
5.1  Mengidentifikasi gerak alam semesta
7.  Bahasa Jawa
Membaca pemahaman.

Indikator  :
1.      Pendidikan Kewarganegaraan
  • Menjelaskan arti rukun
  • Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.
2.   lmu Pengetahuan Sosial
·        Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
·        Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·        Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga (melalui dokumen).
·        Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·        Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.
3.   Ilmu Pengetahuan Alam  :
·        Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·        Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·        Menjelaskan sifat benda padat
·        Menjelaskan sifat benda cair.

4.    Matematika  :
·        Menentukan bilangan 1 samapai 500
·        Menentukan bilangan 1 - 500
·        Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·        Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·        Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·        Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·        Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·        Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·        Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·        Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.

5. Bahasa Indonesia  :
·        Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·        Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·        Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·        Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·        Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·        Mendeklamasikan puisi
·        Menjelaskan isi puisi
·        Memperagakan percakapn
·        Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·        Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·        Membaca teks dengan bersuara.
·        Mengajukan pertanyaan bacaan,
·        Menceritakan kembali isi bacaan.
·        Membaca puisi
·        menceritakan isi puisi..
·        Melengkapi cerita dengan kalimat yang tepat
·        Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·        Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·        Menggunakan huruf capital dalam kalimat.


6     Seni Budaya dan Keterampilan  :
·        Mengenalkan warna dalam seni rupa
·        Menggambar dengan bentuk warna dan daya imajinasi
7.  Bahasa Jawa
  • Membaca lancar dengan pemahaman teks bacaan agak panjang
  • Menjawab atau mengajukan pertanyaan isi bacaan
  • Menceritakan isi teks cerita dengan bahasa sehari – hari

I.      Tujuan Pembelajaran  :
Siswa dapat  :
  • Menjelaskan arti rukun
  • Hidup rukun
  • Menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dengan teman
·        Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·        Menceritakan cara memelihara dokumen.
·        Menceritakan peristiwa waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen berupa foto
·        Menyebutkan bagian – bagian hewan yang ada di lingkungan rumah
·        Menyebutkan bagian – bagian tumbuhan yang ada di lingkungan rumah.
·        Melalui percobaan, siswa dapat menjelaskan sifat benda padat, cair, gas
·        Menentukan bilangan lebih besar / lebih kecil dengan menggunakan simbol <, > , =.
·        Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·        Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar dan sebaliknya.
·        Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·        Membedakan bilangan genap dan ganjil.
·        Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21, dan bilangan genap 2 - 20
·        Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek
·        Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·        Melakukan percakapan dengan teman menggunakan bahasa sendiri
·        Deklamasi dengan ekspresi yang tepat
·        Melengkapi cerita dengan kalimat yang tepat
·        Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung
·        Menulis kalimat yang didektekan menggunakan huruf tegak bersambung
·        Menggunakan huruf kapital dalam kalimat
·        Mengenal warna dalam seni rupa
·        Menggambar bebas dengan mewarnai gambar
·        Mengungkapkan perasaan pada imajinatif dan berbagai unsur benda di alam sekitar
·        Membaca lancar
·        Menjawab pertanyaan isi bacaan
·        Bercerita dengan bahasa sendiri

II.    Materi Ajar
·        Hidup gotong royong
·        Dokumen pribadi dan keluarga
·        Manfaat dokumen
·        Bagian utama tumbuhan dan hewan
·        Sifat benda
·        Bilangan 1-500
·        Mengurutkan bilangan
·        Mendengar teks pendek
·        Deskripsi puisi
·        Percakapan
·        Puisi
·        Membaca teks pendek
·        Melengkapi cerita
·        Menulis
·        Seni rupa
·        Menggambar bebas
·        Teks cerita

III. Metode Pembelajaran
·         Ceramah
·         Tanya jawab.
·         Diskusi.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Kegiatan Pembelajaran
Minggu I
Pertemuan pertama :    x 35 menit  (IPA, Pkn, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan
B.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
IPA           : Siswa menyebutkan bagian – bagian tubuh hewan
PKn           : Siswa menyebutkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
Mat            : Siswa menentukan bilangan lebih besar, lebih kecil menggunakan tanda
                    <, >, =
b.   Elaborasi
IPA
:
Siswa mengamati gambar hewan
Siswa menyanyikan lagu Burung Kutilang
Siswa menunjukkan gambar dan menyebut bagian – bagian tubuh hewan
PKn
:
Siswa melakukan hidup rukun di rumah / sekolah
Siswa menyebutkan manfaat hidup rukun saling berbagi dengan teman
Mat
:
Siswa membandingkan benda lebih besar / lebih kecil
Siswa membandingkan bilangan lebih banyak / lebih sedikit menggunakan
tanda >, <, =

c.    Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja bagian – bagian hewan
·         Siswa mempresentasikan hidup rukun di rumah / di sekolah
·         Siswa mempresentasikan bilangan lebih besar / lebih kecil
C.    Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikut
b.   Guru membacakan laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
D.    Lampiran
Siswa mendapat gambar hewan ikan untuk menyebutkan bagian – bagian dan kegunaannya.

Pertemuan Kedua :    x 35 menit ( Bhs. Ind,IPS, Mat)
  1. Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdo’a
b.      Guru mengabsen siswa
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan

B.    Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
Bhs. Indo
:
Siswa menjawab pertanyaan isi teks pendek yang telah dibacakan oleh guru
IPS
:
Siswa menyebutkan dokumen – dokumen dan gunanya
Mat
:
Siswa menyusun bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar atau sebaliknya

b.      Elaborasi
Bhs. Indo
:
Siswa menjawab pertanyaan isi teks pendek
Siswa menceritakan kembali dengan bahasa sendiri
IPS
:
Siswa menunjukkan dokumen – dokumen dan gunanya
Mat
:
Siswa menyusun bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar

c.       Konfirmasi
    • Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang isi teks
    • Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang kegunaan dokumen
    • Siswa mempresentasikan, menentukan bilangan lebih besar, lebih kecil
C.    Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
D.    Lampiran
·         Ceritakan kembali isi teks dengan bahasamu sendiri !
·         Jelaskan kegunaan dokumen !
·         Susunlah bilangan dari yang terkecil

Pertemuan ketiga :     x 35 menit (Bhs. Indo, mat)
  1. Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdo’a
b.      Guru mengabsen siswa
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.      Guru menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
Bhs. Indo
:
Siswa mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
Mat
:
Siswa mengurutkan bilangan ganjil 1 – 21
Siswa mengurutkan bilangan genap 2 – 20

b.      Elaborasi
Bhs. Indo
:
mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat
secara bergilir membaca puisi
Mat
:
mengurutkan bilangan ganjil 1 – 21
mengurutkan bilangan genap 2 – 20

c.    Konfirmasi
·   Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca puisi
·   Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang bilangan genap / bilangan ganjil.
C.     Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1. Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2. Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membacakan laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah

Pertemuan ke empat :   x 35 menit (B. Indo, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan

B.    Kegiatan Inti
Eksplorasi
Bhs. Indo           : Siswa melakukan percakapan dengan temannya
Mat                     : Siswa menentukan bilangan 1 - 500
Elaborasi
Bhs. Indo           : Melakukan percakapan
                             Misal :
                                       Tono    : kapan belajar ke rumah ku Ann ?
                                       Ani      : nanti sore jam 03.00
Mat                     : Menulis bilangan genap
                             Menulis bilangan ganjil
Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang percakapan
Siswa mempresentasikan tentang bilangan genap / ganjil
C.    Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1)     Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2)     Hasil yng diperoleh kali ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membacakan laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
D.    Lampiran
Bahasa Indonesia : Teks Percakapan
Matematika : Tulis lambang bilangan genap antara 2 – 20
           Tulis lambang bilangan ganjil antara 1 – 21

Pertemuan kelima =           x 35 menit ( B. Jawa, Matematika, B. Indonesia)
A.  Kegiatan Awal
Guru memberi salam, berdo’a
Guru mengabsen siswa
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
Guru menyampaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.  Kegiatan Inti
a.   Eksplorasi
Bahasa Jawa, siswa membaca lancar dengan pemahaman teks bacaan agak panjang
Matematika, Siswa menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar / sebaliknya
Bahasa Indonesia, Siswa menjalin puisi dengan tulisan bersambung
b.  Elaborasi
Bahasa Jawa
Membaca lancar dengan pemahaman teks bacaan yang agak panjang
Menjawab tertanyaan bacaan
Menceritakan isi teks cerita dengan bahasa sehari-hari
Matematika
Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar ata sebaliknya
Bahasa Indonesia
Menyalin puisi dengan tulisan bersambung
c.   Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cerita dengan bahasa sendiri
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya
C.   Kegiatan Penutup
Guru melakukan refleksi
1)     Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2)     Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
Guru membacakan laporan pengamatan
Guru memberi tugas rumah



Pertemuan ke enam :        x 35 ( Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a
b. Guru mengamati siswa/mengabsen siswa
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d. Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
B.    Kegiatan Inti
a.  Eksplorasi
Seni Budaya dan Keterampilan
Siswa menggambar dengan warna
Bahasa Indonesia
Siswa menggunakan huruf kapita
b. Elaborasi
Seni Budaya dan Keterampilan
Menggambar dengan warna
Menggambar bebas
Menggunakan peraturan imajinatif dan berbagai unsur rupa benda di alam sekitar
Bahasa Indonesia
Menggunakan huruf kapital
c.  Konfirmasi
Siswa dapat mempresentasikan hasil kerja tentang penggunaan warna
C.    Kegiatan Penutup
a.  Guru melakukan refleksi
1) Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2) Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b. Guru membaca laporan pengamatan
c.  Guru memberi tugas di rumah
D.    Lampiran
Gambarlah pemandangan di pedesaan
Tulislah puisi dengan huruf bersambung dengan menggunakan huruf kapital

Minggu Kedua
Pertemuan Pertama :           x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
IPA           : Siswa menyebutkan bagian utama dari tumbuhan dan hewan yang ada di
  lingkungan rumah
PKn           : Siswa menyebutkan arti rukun
Mat            : Siswa menentukan bilangan 1 - 500
b.   Elaborasi
IPA           : Menyebutkan bagian utama dari tumbuhan
                    Menyebutkan bagian utama dari hewan
PKn           : Arti rukun saling berbagi rata
                    Manfaat rukun
Mat            : Menentukan bilangna lebih nesar / lebih kecil menggunakan tanda >, <, =
c.    Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang bagian utama tumbuhan / hewan
Siswa mempresentasikan manfaat rukun
Siswa mempresentasikan hasil kerja menentukan bilangan 1 - 500
  1. Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
                                    1)      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
                                    2)            Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membaca laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Gambarlah pohon pepaya
Sebutkan bagian bagian utama dan kegunaannya


Pertemuan ketiga :           x 35 menit ( B. Indonesia, Mat, B. Jawa)
A.  Kegiatan Awal
Guru memberi salam, berdo’a
Guru mengabsen siswa
Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.    Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
B. Indonesia : Siswa menjelaskan isi puisi yang dibaca
Matematika : Membandingkan bilangan
B. Jawa : Siswa menjawab pertanyaan bacaan
b.      Elaborasi
B Indonesia           : Membaca puisi
                                Menceritakan puisi
Matematika           : Membandingkan kumpulan benda dengan istilah lebih dari,
  kurang dari
B. Jawa                 : Menceritakan isi teks denganbahasa sehari-hari
c.       Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca puisi
Siswa mempresentasikan tentang membandingkan kumpulan benda
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca cerita
C.    Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1)     Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2)     Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membaca laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
D.    Lampiran
Menulis cerita pengalaman sendiri waktu liburan

Pertemuan Keempat :        x 35 menit (B. Indonesia, Matematika)
A.   Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan

B.   Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
B. Indonesia          : Siswa melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
Matematika           : Siswa mengurutkan bilangan sampai 500
b.   Elaborasi
B. Indonesia          : Melengkapi serita sederhana dengan kata yang tepat
Matematika           : Mengurutkan bilangan sampai 500
c.    Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasilkerja tentang melengkapi serita dengan kata yang tepat
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mengurutkan bilangan sampai 500
C.  Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1)     Apakah inti dari presentasi yang hasil kerja tentang melengkapi cerita
2)     Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membaca laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah

D.  Lampiran
Lembar soal

Pertemuan Kelima :           x 35 menit (B. Jawa, Matematika, B. Indonesia)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
B. Jawa                 : Siswa menceritakan isi teks cerita dengan bahasa sendiri
Matematika           : Siswa membandingkan bilangan
B. Indonesia          : Siswa menulis kaimat sederhana yang didektekan guru dengan
  menggunakan huruf kapital dan tanda titik.
b.   Elaborasi
B. Jawa                 : Menceritakan isi teks cerita dengan bahas sendiri
Matematika           : Membandingkan bilangna dengan tanda <,>,=
B. Indonesia          : Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan
  menggunakan huruf kapital dan tanda titik.
c.    Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang bercerita
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membandingkan bilangan
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang penggunaan huruf kapital dan tanda titik.
  1. Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
                                    1)      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
                                    2)      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membaca laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Lembar soal
Memberi tandalebih besar/lebih kecil
Penggunaan huruf kapital




Pertemuan keenam :            x 35 menit ( Seni Budaya dan Ketrampilan, B. Indonesia )
  1. Kegiatan awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
SBK          : -  Siswa dapat mengenal warna dalam seni rupa
                    -  Siswa dapat menggambar bebas
                    -  Siswa dapat mengungkapkan perasaan pada  imajinatif dan berbagai
     unsur benda di alam sekitar
B. Indoneisa : Siswa dapat menggunakan huruf kapital
b.   Elaborasi
SBK          : Mewarnai gambar
                    Menggambar bebas
B. Indonesia: Menggunakan huruf besar dalam kalimat
c.    Konfirmasi
Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mewarnai
Siswa mempresentasikan hailkerja tentang penggunaan huruf besar
  1. Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1)     Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2)     Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membaca laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Gambarkan hewan berkaki empat, dan beri warna
1.   Tulislah huruf bersambung
2.   Perhatikan penulisan huruf kapital dan titik
      Misal : Setiap hari nita menyirami bunga

Minggu Ketiga
Pertemuan Pertama :         x 35 menit (IPA, Pkn, Mat)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
IPA    : Siswa menjelaskan sifat – sifat benda padat, cair, gas
PKn   : Siswa menyebutkan manfaat hidup rukun, saling berbagi dengan teman
Mat    : Siswa mengurutkan bilangan genap / bilangan ganjil

b.   Elaborasi
IPA    : Melakukan percobaan tentang sifat – sifat benda padat, cair
            Mengidentifikasi ciri – ciri benda padat dan cair di lingkungan sekitar
Pkn    : Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
Mat    : Mengurutkan bilangan genap / bilangan ganjil
c.    Konfirmasi
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang sifat – sifat benda padat dan cair
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang hidup rukun
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mengurutkan bilangan sampai 500
  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
-    Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
-    Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membaca laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Tulislah dalam tabel berikut beri tanda centang
No
Benda
Benda Cair
Benda Padat
1
Kursi


2
Bensin


3
Minyak Goreng


4
Almari


5
Ember



Pertemuan Kedua :         x 35 menit (B. Indo, IPS, Mat)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
B. Indo      : Siswa menulis huruf tegak bersambung dengan menggunakan huruf
                    kapital dan titik
IPS            : Siswa memlihara dokumen dan koleksi benda berharga
Mat    : Siswa mengurutkan bilangan sampai 500 bilangan genap / bilangan ganjil
b.   Elaborasi
B Indo       : Menyalin puisi dengan tulisan tegak bersambung
            Membaca puisi dengan intonasi yang benar
IPS            : Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi benda berharga
            Menceritakan peristiwa penting waktu kecil tentang diri dan keluarga
                    melalui dokumen.
Mat    : Mengurutkan bilangan genap / bilangan ganjil
            Menyusun bilangan yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya
c.    Konfirmasi
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca puisi
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang memelihara dokumen
-       Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menyusun vilangan terkecil – terbesar / sealiknya.
  1. Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membaca laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Tulislah di buku tulisanmu dengan tegak bersambung !
Hari ini si manis beranak
Anaknya ada tiga ekor
Bulu si manis berwarna belang
Anak si manis sangat lincah

Pertemuan ke tiga : ..... x 35 menit ( Bhs. Indo, mat, Bhs. Jawa)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
B. Indo      : Siswa menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan
                    memperhatikan huruf kapital dan tanda titik.
Mat            : Siswa mengurutkan bilangan  genap  / ganjil
B. Jawa     : Siswa menjawab / mengajukan pertanyaan isi bacaan
b.      Elaborasi
B. Indo      : menulis kalimat dengan huruf tegak bersambung dan memperhatikan
                    huruf kapital dan tanda titik.
Mat            : Menulis bilangan genap dan ganjil
        Mengurutkan bilangan terbesar ke terkecil dan sebaliknya
B. Jawa     : Menjawab pertanyaan isi bacaan
c.       Konfirmasi
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis huruf tegak bersambung
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca dan menulis bilangan genap dan ganjil.
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang menjawab pertanyaan isi bacaan.
  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membaca laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Salinlah dengan tulisan tegak bersambung
Libur semester Nana pergi ke rumah nenek.
Urutkan bilangan dari yang terkecil
419, 394, 359

Pertemuan ke empat : . . . x 35 menit ( B. Indo, Mat)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
B. Indo      : Siswa menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung
Mat            : siswa mengurutkan bilangan  1 - 500
b.   Elaborasi
B. Indo      : Menyalin puisi
Mat            : Menulis bilangan mengurutkan bilangan dari yang kecil
c.    Konfirmasi
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis puisi dengan huruf tegak bersambung.
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang mengurutkan bilangan yang kecil ke yang besar.
  1. Kegiatan Penutup
a.    Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.   Guru membaca laporan pengamatan
c.    Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Menulis puisi tegak bersambung
Mengurutkan bilangan

Pertemuan Kelima : . . .  x 35 menit (B. Jawa, Mat, B. Indo)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
B. Jawa     : Siswa menceritakan isi teks dengan bahasa sendiri
Mat      : Siswa melengkapi mengurutkan bilangan 1 - 500
b.   Elaborasi
B. Jawa     : Menulis cerita isi teks dengan bahasa sendiri
Mat      : Melengkapi mengurutkan bilangan
B. Indo      : Melengkapi kalimat dengan huruf tegak bersambung
c.    Konfirmasi
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang isi teks
Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang mengurutkan bilangan
 Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang melengkapi kalimat dengan huruf tegak bersambung
  1. Kegiatan Penutup
a. Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b. Guru membaca laporan pengamatan
c. Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
Lembar soal

Pertemuan ke enam : . . .  x 35 menit (SBK dan B. Indo)
  1. Kegiatan Awal
a.    Guru memberi salam, berdo’a
b.   Guru mengabsen siswa
c.    Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai
d.   Guru menyapaikan pertanyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan
  1. Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
SBK     : Siswa dapat mengungkapkan perasaan pada imajinatif dan berbagai unsur
                    benda di alam sekitar
B. Indo      : Siswa dapat menggunakan huruf kapital dalam kalimat
b.   Elaborasi
SBK     : Mengenal warna dalam seni rupa
  Menggambar dengan bentuk warna dan daya imajinasi
B. Indo      : Menyalin kalimat dengan menggunakan tulisan bersambung
                    menggunakan huruf kapital dan tanda titik.
c.    Konfirmasi
-    Siwa mempresentasikan hasil kerja tentang paduan warna
-    Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis huruf tegak bersambung
  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.    Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.    Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membaca laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
  1. Lampiran
- Gambarlah rumah sehat dan warnai !
- Salinlah dengan huruf tegak bersambung dan huruf kapital
a.     Kebersihan lingkungan dilaksanakan setiap jum’at
b.    Hari minggu tiya pergi ke pasar

V.    Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber :
-         Matematika Kelas II ( Cempaka Putih hal. 33 – 36 )
-         Bahasa Indonesia ( Indahnya Bahasa dan Sastra hal ... )
-         IPA Kelas II ( Erlangga hal 15 – 27 )
-         IPS Kelas II ( Erlangga hal 22 – 32 )
-         SBK Kelas II ( Erlangga hal 2 – 10 )
-         PKn Kelas II hal 2 – 22 ( Pusat Perkebunan )

Alat Peraga :
1.      Gambar hewan
2.      Contoh dokumen                    : Akte kelahiran, KTP, SIM, Ijazah, Rapot, Foto
3.      Benda cair                               : Air, Minyak goreng, bensin
Benda Padat               : Gelas, Botol, Ember

VI. Penilaian
-          Tes Lisan
1.   Keberanian mengajukan pendapat
2.   Ketepatan jawaban
3.   Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
-          Tes Tulis
1.   Pilihan ganda
2.   Isian
-          Bentuk Tes
1.   Objektif tes
2.   Non objektif tes
-          Instrumen Tes
1.   LKS
2.   Lembar Observasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar