SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: PENGALAMAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa | · Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa | · mendefinisikan arti Sumpah Pemuda · menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda · menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II · menjelaskan makna Sumpah Pemuda · menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan | · Mendefinisikan arti Sumpah Pemuda · Menjelaskan latar belakang terwujudnya Sumpah Pemuda · Menjelaskan tujuan Kongres Pemuda I dan II · Menjelaskan makna Sumpah Pemuda · Menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan | Tertulis : uraian Pengamatan /perbuatan | 3 minggu | Gambar Buku yang relevan |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/desa | · Kerja sama di lingkungan rumah | · menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah · menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai cirri khas bangsa Indonesia | · Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah · Menjelaskan kerja sama (gotong royong) sebagai ciri khas bangsa Indonesia | | | |
3. Bahasa Indonesia · Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan · Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan · Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami · Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat · Menjelaskan isi teks (100 – 150 kata) melalui membaca intensif | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. · Menceritakan pengalaman yang mengesankan. · Memberikan tanggapan dan saran sederhana. · Menjelaskan isi teks | · mendengarkan penjelasan untuk menolong teman · menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman · Siswa menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari · melakukan percakapan tentang pengalaman · menanggapi cerita pengalaman teman · mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan · membuat kesimpulan isi bacaan · mengemukakan pendapat tentang isi bacaan | · Mendengarkan penjelasan untuk menolong teman · Menuliskan hal-hal penting yang didengar tentang menolong teman · Menceritakan pengalaman kebiasaan baik yang dilakukan sehari-hari · Melakukan percakapan tentang pengalaman · Menanggapi cerita pengalaman teman · Mengemukakan perasaan sesuai isi bacaan · Membuat kesimpulan isi bacaan · Mengemukakan pendapat tentang isi bacaan | | | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Menentukan letak bilangan pada garis bilangan · Melakukan penjumlahan dan pengurangan tiga angka · Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka · Memecahkan masalah penghitungan termasuk yang berkaitan dengan uang · Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam) · Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat | · Garis bilangan · Penjumlahan dan pengurangan · Perkalian dan pembagian · Uang · Alat ukur · Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat | · menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan · memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan · memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian · menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar · menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya · menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari · menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang · menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran · menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca · menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur · menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari | · Menaksirkan bilangan yang dibutuhkan letaknya pada garis bilangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian dan pembagian · Menyebutkan nilai mata uang rupiah dari yang terkecil sampai yang terbesar · Menentukan kesetaraan nilai uang dengan berbagai satuan uang lainnya · Menaksir jumlah harga dari sekelompok barang yang bisa dibeli atau dijual sehari-hari · Menyelesaikan soal cerita yang melibatkan nilai uang · Menaksir panjang dan lebar suatu benda dengan meteran · Menaksir berat suatu benda dengan alat timbangan/ neraca · Menaksir lama kegiatan sehari-hari dengan alat ukur · Menentukan satuan ukur dalam pemecahan masalah sehari-hari | | | |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup · Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga) · Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan melalui benda padat, cair dan gas | · Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. · Perubahan pada makhluk hidup · Sifat-sifat benda | · membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya · mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar · menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran · menyebutkan sifat-sifat benda gas · menyebutkan sifat-sifat benda cair · menyebutkan sifat-sifat benda gas | · Membedakan antara makhluk hidup dan makhluk tak hidup berdasarkan pengmatan ciri-cirinya · Mengidentifikasi perubahan tubuh pada manusia melalui pengamatan gambar · Menafsirkan perubahan manusia berdasarkan hasil pengukuran · Menyebutkan sifat-sifat benda gas · Menyebutkan sifat-sifat benda cair · Menyebutkan sifat-sifat benda gas | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar