Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 TEMA: KEGEMARAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KEGEMARAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
·         Memiliki harga diri sebagai individu
·         Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia

PKN
·         Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
·         Mengenal kekhasan bangsa seperti, kebhinekaan, kekayaan alam, keramahtamahan
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·         mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
·         mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
·         mengasumsi sikap ramah dan santun
·         menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
·         Mengatakan cara menjaga harga diri pribadi
·         Mengatakan cara menjaga harga diri bangsa
·         Mengasumsi sikap ramah dan santun
·         Menyebutkan salah satu keunikan yang dimiliki bangsa Indonesia
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPS

·         Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·       menyebutkan pengertian pembeli
·       menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
·         menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
·         Menyebutkan pengertian pembeli
·         Menyebutkan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli satu barang
·         Menyebutkan nama-nama pasar yang ada di lingkungan rumah masing-masing
III.  IPA
Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam

IPA

·         Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·       mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
·       menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
·         menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih
·       Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaaan bumi (daratan dan sebaran air)
·       Menjelaskan melalui pengamatan model bahwa sebagian besar permukaan bumi terdiri atas air
·         Menyimpulkan melalui pengamatan model bahwa bentuk bumi tidak datar tetapi bulat pipih



IV.  Matematika
Geometri dan Pengukuran
Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana

Matematika
·         Memecahkan masalah yang berkaitan dengan pecahan sederhana.
·         Mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsur
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·         menjelaskan sudut sebagai jarak putar
·         membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
·       membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
·         menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
·       menghitung keliling bangun persegi
·         menghitung keliling bangun persegi panjang
§  Menjelaskan sudut sebagai jarak putar
·       Membuat sudut satu, setengah, seperempat putaran
·       Membangun bangun datar sesuai dengan sifat- sifatnya
·         Menghitung keliling datar dengan menjumlahkan semua sisinya
·         Menghitung keliling bangun persegi
·         Menghitung keliling bangun persegi panjang



V.    Bahasa Indonesia
Mendengarkan
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
Berbicara
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
Membaca
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
Menulis
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
·         Bahasa Indonesia Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman teman yang didengarnya
·         Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar
·         Menjawab dan mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif
·         Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
·         Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri, menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·       memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
·       menanggapi pengalaman teman
·       melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
·       menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·       menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
·       membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
·       membaca puisi
·       menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
·         mengamati dan mengurutkan gambar
·         menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
·         membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
·       menulis tegak bersambung
·       membuat karangan sederhana
·         menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan
·         Memberikan tanggapan terhadap watak tokoh
·         Menanggapi pengalaman teman
·         Melakukan percakapan dengan teman dari teks drama yang dibacakan guru
·         Menjelaskan denah berdasarkan petunjuk
·         Menceritakan kembali peristiwa kecelakaan yang dilihat dan dialami siswa
·         Membacakan cerita dengan isi teks agak panjang
·         Membaca puisi
·         Menjawab pertanyaan yang diajukan tentang puisi yang dibacanya
·         Mengamati dan mengurutkan gambar
·         Menggunakan tanda hubung (-) untuk menulis kata ulang
·         Membuat kalimat yang di dalamnya terdapat kata ulang
·         Menulis tegak bersambung
·         Membuat karangan sederhana
·         Menggunakan tanda koma (,) untuk menandai tempat dan tanggal lahir yang ditulis berurutan






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar