SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 1
TEMA: TEMPAT UMUM
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah | · hidup bergotong royong | · Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah . · Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas. · Menceritakan manfaat hidup tolong menolong. | · Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah . · Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas. · Menceritakan manfaat hidup tolong menolong. | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Dokumen pribadi dan keluarga · Peristiwa penting. · Manfaat dokumen. | · Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah. · Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah. | · Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah. · Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah. | Tertulis Perbuatan Lesan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya ) · Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan | · Bagian utama tumbuhan dan hewan · Sifat benda · Perubahan wujud benda | · Mengidentifikasi tempat hidup hewan · Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan. · Mengelompokkan hewan yang hidup di air. · Mengelompokkan hewan yang hidup di darat · Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon · Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah · Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air · Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat · Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain. | · Mengidentifikasi tempat hidup hewan · Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan. · Mengelompokkan hewan yang hidup di air. · Mengelompokkan hewan yang hidup di darat · Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon · Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah · Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air · Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat · Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain. · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan. | Tertulis Perbuatan Lesan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur berat · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | · Alat ukur panjang tidak baku dan baku | · Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat. · Menimbang benda dengan kedua tangan. · Menimbang benda dengan timbangan dari kayu. · Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku · Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku · Mengukur berat benda dengan satuan baku. · Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai. · Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat. | · Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat. · Menimbang benda dengan kedua tangan. · Menimbang benda dengan timbangan dari kayu. · Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku · Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku · Mengukur berat benda dengan satuan baku. · Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai. · Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat | Tertulis Perbuatan Produk | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik. | · Mendengarkan teks pendek. · Puisi · Membaca bersuara · Melengkapi kalimat. · Menulis pengalaman · Menulis kalimat dengan huruf indah | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri · Menjelaskan isi puisi · Memperagakan percakapan · Menjawab pertanyaan isi percakapan. · Membuat percakapan · Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Menyususn kalimat menjadi cerita · Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menggunakan huruf capital dalam kalimat. | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri · Menjelaskan isi puisi · Memperagakan percakapan · Menjawab pertanyaan isi percakapan. · Membuat percakapan · Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Menyususn kalimat menjadi cerita · Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menggunakan huruf capital dalam kalimat. | Lisan Tertulis Perbuatan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa | |
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan | · Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana. · Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton · Membuat cat pewarna dari bahan alam. | · Seni musik · Menyanyikan lagu · Pembuatan cat | · Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. · Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis. · Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik · Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan. · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando. · Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam. · Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam. | · Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. · Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis. · Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik · Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan. · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando. · Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam. · Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam. | Lisan Tertulis Perbuatan | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah …………………. NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II ……………………. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar