SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: PERISTIWA
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
B. Indonesia : · Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan · Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita · Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati · Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak | · Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain. · Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan. · Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. · Menyebutkan isi teks agak panjang (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati. · Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi | · Teks berisi pesan pendek. · Bercerita tentang dongeng. · Menceritakan yang didengarkan. · Teks panjang 20 – 25 kalimat. · Puisi menggunakan huruf sambung | · Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain. · Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan. · Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang. · Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar | · Mencatat isi pesan. · Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat. · Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain. · Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan. · Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri. · Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang . · Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati. · Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan) | Tertulis Perbuatan Lesan | 3 minggu | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
IPS :· Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga | · Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga. · Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga. · Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | · Dokumen diri dan keluarga. · Pengalamam diri sendiri dan keluarga | · Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. | · Menunjukkan dokumen diri dan keluarga. · Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte). · Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga. · Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga. · Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
IPA :· Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya · Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari | · Sumber energi dan kegunaannya · Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi · Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari | · Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga. · Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari. · Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. · Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari | · Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga. · Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya. · Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari. · Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari). · Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari. · Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk. · Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. · Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia. | Tertulis Perbuatan Lesan | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
SBK :· Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air | · Berkreasi dengan cat warna. | · Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan | · Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan. · Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna | · Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan | Tertulis Perbuatan Produk | | Buku tematik kelas II Pengem- bangan guru Gambar Siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah …………………. NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas II ……………………. NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar