Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2 TEMA: PERISTIWA

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: PERISTIWA


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
B. Indonesia :
·     Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita
·     Memehami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati
·     Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak
·     Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·     Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·     Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
·     Teks berisi pesan pendek.
·     Bercerita tentang dongeng.
·     Menceritakan yang didengarkan.
·     Teks panjang 20 – 25 kalimat.
·     Puisi menggunakan huruf sambung
·     Siswa dapat menulis pesan ke dalam beberapa kalimat dan menyampaikannya kepada orang lain.
·     Siswa dapat menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·     Siswa dapat membaca lancar dengan dengan pemahaman teks cerita agak panjang.
·     Siswa dapat menulis pengalaman dengan huruf sambung yang benar
·     Mencatat isi pesan.
·     Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·     Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·     Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·     Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·     Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·     Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·     Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan)
Tertulis
Perbuatan
Lesan
3 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS :

·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

·     Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·     Dokumen diri dan keluarga.
·     Pengalamam diri sendiri dan keluarga
·     Siswa dapat memahami pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·     Siswa dapat memahami cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·     Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·     Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·     Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·     Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·     Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA :

·     Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Sumber energi dan kegunaannya
·     Pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan di bumi
·     Kegunaan panas matahari dalam kehidupan sehari-hari
·     Siswa dapat menunjukkan sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·     Siswa dapat membedakan panas matahari pagi, siang dan sore hari.
·     Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·     Siswa dapat memahami adanya kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari
·     Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·     Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·     Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·     Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·     Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·     Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.
Tertulis
Perbuatan
 Lesan

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

SBK :

·     Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung di air
·     Berkreasi dengan cat warna.
·     Ragam alat tekhnik dan proses pembuatan cat warna dari bahan alami dan buatan
·     Siswa dapat menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan buatan.
·     Siswa dapat memilih bahan buatan yang dapat dibuat cat warna
·     Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan
Tertulis
Perbuatan
Produk

Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa



Mengetahui
Kepala Sekolah 



………………….
        NIP

……...., ………………… 20…

Guru Kelas II



…………………….
        NIP 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar