SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN 3. Memiliki harga diri sebagai individu | IPS : · Mengenal jenis-jenis pekerjaanj · Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah | · Kekayaan alam Indonesia · Harga diri · Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | · membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa · menjelaskan tujuan jual beli · menyebutkan yang dimaksud penjual | · Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa · Menjelaskan tujuan jual beli · Menyebutkan yang dimaksud penjual | Teknik Tes o Tes dan non tes Bentuk Tes o Lisan : o Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat o Ketepatan menjawab o Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan o Tertulis : o Isian o Pilihan Ganda o Uraian o Tes perbuatan o Instrumen Tes o LKS o Lembar observasi | 3 minggu | o Buku Pendidikan Kewargaanegaraan o Buku IPA o Buku Matematika o Buku Bahasa Indonesia o Buku IPS o Ensiklopedia o Kamus Bahasa Indonesia o Pedoman EYD o Koran dan Majalah o Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPA : · Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak | · Jenis-jenis pekerjaan · Semangat kerja · Jual beli · Uang · Pengelolaan uang | · membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin · menentukan rancangan yang akan dibuat · menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan · menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan · menggunakan alat dan bahan secara tepat · membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan · memodifikasi model-model yang dibuat | · Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin · Menentukan rancangan yang akan dibuat · Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan · Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan · Menggunakan alat dan bahan secara tepat · Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan · Memodifikasi model-model yang dibuat | |||
III. IPA 5. Menerapkan konsep energi gerak | PKn : · Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain | · Energi · Gerak benda · Kenampakan permukaan bumi · Cuaca · Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan · Kelestarikan dan pemeliharaan alam | · mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri · menjelaskan cara agar dihargai orang lain · menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain · menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong | · Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri · Menjelaskan cara agar dihargai orang lain · Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain · Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong | | | |
IV. Matematika 3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah 4. Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana | Matematika : · Mengenal pecahan sederhana | · Pecahan · Bangun datar · Sudur · Persegi dan persegi panjang | · menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan · menulis kalimat matematikanya · menentukan sudut dari benda/ bangun · menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan) · mengurutkan besar sudut menurut ukuran · membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul | · Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan · Menulis kalimat matematikanya · Menentukan sudut dari benda/ bangun · Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan) · Mengurutkan besar sudut menurut ukuran · Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul | | | |
V. Bahasa Indonesia 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | Bahasa Indonesia : · Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya · Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas · Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif. · Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik · Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik | · Menanggapi cerita · Menirukan dialog · Menceritakan peristiwa · Percakapan · Menjawab pertanyaan · Menulis karangan | · mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas · membuat percakapan melalui telepon dengan teman · melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon · memperagakan percakapan melalui telepon · menyimpulkan isi bacaan · membaca contoh karangan · membuat percakapan melalui telepon · membuat kalimat berdasarkan gambar seri · menyusun karangan berdasarkan gambar seri · menulis ringkasan dongeng anak-anak · menentukan tema puisi berdasarakan gamabar | · Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas · Membuat percakapan melalui telepon dengan teman · Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon · Memperagakan percakapan melalui telepon · Menyimpulkan isi bacaan · Membaca contoh karangan · Membuat percakapan melalui telepon · Membuat kalimat berdasarkan gambar seri · Menyusun karangan berdasarkan gambar seri · Menulis ringkasan dongeng anak-anak · Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar