Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Jumat, 10 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2 TEMA: KERAJINAN TANGAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2

TEMA: KERAJINAN TANGAN

Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
I. PKN
3.   Memiliki harga diri sebagai individu
IPS  :
·        Mengenal jenis-jenis pekerjaanj
·        Memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah
·     Kekayaan alam Indonesia
·     Harga diri
·     Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
·        membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
·        menjelaskan tujuan jual beli
·      menyebutkan yang dimaksud penjual
·        Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
·        Menjelaskan tujuan jual beli
·        Menyebutkan yang dimaksud penjual
Teknik Tes
o    Tes dan non tes
Bentuk Tes
o    Lisan :
o    Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat
o    Ketepatan menjawab
o    Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan
o    Tertulis :
o    Isian
o    Pilihan Ganda
o    Uraian
o    Tes perbuatan
o    Instrumen Tes
o     LKS
o    Lembar observasi

3 minggu
o   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
o   Buku IPA
o   Buku Matematika
o   Buku Bahasa Indonesia
o   Buku IPS
o   Ensiklopedia
o   Kamus Bahasa Indonesia
o   Pedoman EYD
o   Koran dan Majalah
o   Media elektronik
II.    IPS
2.     Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang

IPA :
·        Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
·     Jenis-jenis pekerjaan
·     Semangat kerja
·     Jual beli
·     Uang
·     Pengelolaan uang
·        membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
·        menentukan rancangan yang akan dibuat
·        menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah digunakan
·        menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·        menggunakan alat dan bahan secara tepat
·        membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
·        memodifikasi model-model yang dibuat
·        Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
·        Menentukan rancangan yang akan dibuat
·        Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·        Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
·        Menggunakan alat dan bahan secara tepat
·        Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
·        Memodifikasi model-model yang dibuat
III.  IPA
5.     Menerapkan konsep energi gerak
PKn :
·        Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain
·     Energi
·     Gerak benda
·     Kenampakan permukaan bumi
·     Cuaca
·     Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
·     Kelestarikan dan pemeliharaan alam
·        mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
·        menjelaskan cara agar dihargai orang lain
·        menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
·        menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
·        Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
·        Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
·        Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
·        Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong



IV.  Matematika
3.Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
4.   Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
Matematika :
·      Mengenal pecahan sederhana
·     Pecahan
·     Bangun datar
·     Sudur
·     Persegi dan persegi panjang
·      menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
·      menulis kalimat matematikanya
·      menentukan sudut dari benda/ bangun
·      menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
·      mengurutkan besar sudut menurut ukuran
·      membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
·      Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
·      Menulis kalimat matematikanya
·      Menentukan sudut dari benda/ bangun
·      Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
·      Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
·      Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul



V.    Bahasa Indonesia
5.     Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
6.   Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
7.     Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
8.     Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi
Bahasa Indonesia :
·      Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya
·      Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana dengan menggunakan kalimat ringkas
·      Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
·      Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yangtepat dengan memperhatikan penggunaan ejaan, huruf kapital dan tanda titik
·      Menulis puisi berdasarakan gambar dengan pilihan kata yang menarik
·     Menanggapi cerita
·     Menirukan dialog
·     Menceritakan peristiwa
·     Percakapan
·     Menjawab pertanyaan
·     Menulis karangan
·      mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
·      membuat percakapan melalui telepon dengan teman
·      melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
·      memperagakan percakapan melalui telepon
·      menyimpulkan isi bacaan
·      membaca contoh karangan
·      membuat percakapan melalui telepon
·      membuat kalimat berdasarkan gambar seri
·      menyusun karangan berdasarkan gambar seri
·      menulis ringkasan dongeng anak-anak
·      menentukan tema puisi berdasarakan gamabar
·      Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
·      Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
·      Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
·      Memperagakan percakapan melalui telepon
·      Menyimpulkan isi bacaan
·      Membaca contoh karangan
·      Membuat percakapan melalui telepon
·      Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
·      Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
·      Menulis ringkasan dongeng anak-anak
·      Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar yang dibawakannya.
·      Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·        Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.







Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas III



( …………………...……… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar