SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 1
TEMA: KEGIATAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. PKN : · Mengamalkan makna Sumpah Pemuda | · Mengenal makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa · Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-hari · | · Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa | · membaca teks Sumpah Pemuda | · Membaca teks Sumpah Pemuda | Tertulis : uraian Pengamatan /perbuatan | 2 minggu | Gambar Buku yang relevan |
2. IPS : · Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah | · Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah · Melakukan kerja sama di lingkungan rumah, sekolah, dan kelurahan/ desa | · Kerja sama di lingkungan rumah | · memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik · mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah · mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan · membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah | · Memberi contoh memelihara lingkungan dengan cara yang baik · Mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah Mencatat kegiatan Karang Taruna yang berupaya menggalang persatuan dan kesatuan Membuat gambar yang menunjukkan kerja sama di lingkungan sekolah | | | |
3. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan Berbicara · Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran Membaca · Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng Menulis · Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk paragraf dan puisi | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara Lisan · Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan pilihan kata yang tepat · Membaca nyaring teks (20 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menjelaskan isi teks (100 – 150) melalui membaca intensif · Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan memperhatikan penggunaan ejaan | · Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan. · Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak. · Menceritakan pengalaman yang mengesankan. · Memberikan tanggapan dan saran sederhana. · Menjelaskan isi teks | · Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar · membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat · menjawab pertanyaan bacaan · menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat · menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung · menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, · menulis kalimat dengan menggunakan tanda | · Mendengarkan penjelasan lomba · Menyusun percakapan melalui telepon · Memberikan tanggapan dan saran melalui pengamatan gambar · Membaca bersuara dengan lafal dan intonasi yang tepat · Menjawab pertanyaan bacaan · Menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat · Menulis kalimat dengan menggunakan tanda hubung · Menulis kalimat dengan menggunakan koma untuk memisahkan rupiah, persepuluh, dan se · Menulis kalimat dengan menggunakan tanda seru · Menggunakan kata depan di- dan ke- | | | |
4. Matematika · Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka · Menggunakan pengukuran waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah | · Menentukan letak bilangan pada garis bingan · Melakukan perkalian yang hasilnya bilangan tiga angka dan pembagian bilangan tiga angka · Melakukan operasi hitungan campuran · Memilih alat ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam) · Mengenal hubungan antarsatuan waktu, antarsatuan panjang, dan antarsatuan berat | · Garis bilangan · Penjumlahan dan pengurangan · Perkalian dan pembagian · Uang · Alat ukur · Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat | · menentukan pola pada garis bilangan · mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian · mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian · membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua · menyebutkan jenis alat ukur sederhana · memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur · membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam · membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam · menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram | · Menentukan posisi pada garis bilangan · Menentukan pola pada garis bilangan · Mengubah bentuk perkalian menjadi pembagian · Mengubah bentuk pembagian menjadi perkalian · Membedakan bilangan ganjil dan genap berdasarkan hasil atau tidaknya apabila dibagi dua · Menyebutkan jenis alat ukur sederhana · Memilih alat ukur yang sesuai dengan benda yang diukur · Membaca tanda waktu jam, setengah jam, seperempat jam pada jarum jam · Membaca tanda waktu sampai lima menit pada jarum jam · Menentukan hubungan antarsatuan waktu: menit, jam, hari, minggu, bulan, dan tahun; dan antarsatuan berat : kg, ons, gram | | | |
5. IPA : · Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup · Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan · Memahami sifat-sifat, perubahan sifat benda dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari | · Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana · Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar · Mengidentifikasi sifat-sifat benda berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas | · Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup. · Perubahan pada makhluk hidup · Sifat-sifat benda | · mempraktekkan cara memelihara tanaman · membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat · mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat · mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair · mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas | · Mempraktekkan cara memelihara tanaman · Membuat kliping yang menunjukkan lingkungan sehat dan tidak sehat · Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda padat · Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda cair · Mengidentifikasi sifat-sifat khusus benda gas | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar