SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS III SEMESTER 2
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
I. PKN 4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia | PKN · Menampilkan rasa bangga sebagai anak Indonesia | · Kekayaan alam · Harga diri · Kebanggaan sebagai bangsa | · mengidentifikasi macam-macam upacara adat di tiap daerah · mengidentifikasi suku bangsa Indonesia · mengidentifikasi agama yang ada di Indonesia · mengidentifikasi manfaat gotong royong] · mengidentifikasi kegiatan gotong royong di masyarakat · mengidentifikasi kegiatan gotong royong di sekolah | · Menyebutkan kapan Indonesia merdeka · Menyebutkan nama pembaca teks proklamasi · Menyebutkan 3 hal yang menjadi kebanggaan sebagai bangsa Indonesia · Menyebutkan hasil karya bangsa Indonesia · Menjelaskan bagaimana cara menghargai hasil karya bangsa Indonesia · Mengidentifikasi perilaku yangmenunjukkan rasa bangga sebagai anak Indonesia | Teknik Tes · Tes dan non tes Bentuk Tes · Lisan : · Keberanian menjawab dan menyampaikan pendapat · Ketepatan menjawab · Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan · Tertulis : · Isian · Pilihan Ganda · Uraian · Tes perbuatan · Instrumen Tes · LKS · Lembar observasi | 3 minggu | · Buku Pendidikan Kewarganegaraan · Buku IPA · Buku Matematika · Buku Bahasa Indonesia · Buku IPS · Ensiklopedia · Kamus Bahasa Indonesia · Pedoman EYD · Koran dan Majalah · Media elektronik |
II. IPS 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang | IPS · Mengenal sejarah uang · Mengenal penggunaan uang sesuai dengan kebutuhan | · Jenis-jenis pekerjaan · Semangat kerja · Jual beli · Uang · Pengelolaan uang | · menjelaskan perbedaan pasar tradisional dan pasar swalayan · menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar tradisional · menjelaskan keuntungan dan kerugian jual beli di pasar swalayan · menjelaskan dengan yang dimaksud dengan barter · menyebutkan alat tukar jual beli yang digunakan pada zaman dulu · menyebutkan jenis-jenis uang kartal | · Menyebutkan jenis-jenis uang giral · Menjelaskan beberapa macam kegunaan uang · Menjelaskan yang dimaksud dengan kurs · Membuat daftar pembelanjaan yang dibeli berikut harganya | |||
III. IPA 6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam | IPA· Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar | · Energi · Gerak benda · Kenampakan permukaan bumi · Cuaca · Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan · Kelestarikan dan pemeliharaan alam | · mengidentifikasi kondisi cuaca · meramalkan keadaan cuaca yang akan terjadi berdasarkan keadaan langit · menggambar secara sederhana simbol yang bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi cuaca · mengidentifikasi kehidupan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu · mendeskripsikan hubungan antara pakaian yang dikenakan dengan keadaan · membuat daftar jenis-jenis sumber daya alam · menjelaskan kegunan sumber daya alam | · Mengidentifikasi cara-cara yang digunakan manusia dalam melestarikan alam · Mengumpulkan gambar-gambar lingkungan alam yang baik dan lingkungan alam yang rusak · Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadp lingkungan dan yang merusak lingkungan · Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan | | | |
IV. Matematika 5. Menghitung keliling, luas persegi dan persegi panjang, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah | Matematika · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling, luas persegi dan persegi panjang | · Pecahan · Bangun datar · Sudur · Persegi dan persegi panjang | · menggambar luas persegi · menggambar luas persegi panjang · membandingkan luas bangun datar · mengurutkan luas berbagai bangun datar · menaksir luas daerah beberapa bangun datar dengan menghitung petak satuan · menemukan cara menghitung luas persegi · menemukan cara menghitung luas persegi panjang · menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan bangun datar | · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan luas persegi panjang | | | |
V. Bahasa Indonesia Mendengarkan 5. Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan Berbicara 6. Menguangka-pkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita Membaca 7. Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi Menulis 8. Mengungkap-kan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi | Bahasa Indonesia · Menirukan dialog dengan ekspresi yang tepat dari pembacaan teks drama anak yang didengarnya · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami, dilihat atau didengar · Membaca puisi dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat · Menulis puisi berdasarkan gambar dengan pilihan kata yang menarik | · Menanggapi cerita · Menirukan dialog · Menceritakan peristiwa · Percakapan · Menjawab pertanyaan · Menulis karangan | · menyatakan pendapat terhadap suatu pernyataan · menjelaskan secara lisan tentang isi dongeng yang dibacanya dengan kata-kata sendiri · menjawab pertanyaan bacaan yang dibacakan teman · mengajukan pertanyaan dari dongeng yang dibacakan · membaca bacaan dengan suara lantang · mengamati gambar seri · menentukan urutan dan maksud gambar seri · memahami dan menggunakan kata depan ke · melengkapi kalimat dengan kata depan · menyusun kalimat acak · menulis amanat puisi yang sudah ditulis siswa · mengubah puisi yang sudah ditulis ke dalam bentuk prosa | · Melakukan percakapan dari penggalan teks drama yang dibacakan guru · Meniru percakapan singkat dari drama anak yang ditonton di televisi · Menjelaskan masalah yang terjadi dari peristiwa yang dialami · Menanggapi penjelasan melakukan sesuatu secara lisan · Menanggapi masalah yang terjadi secara lisan · Menjelaskan puisi dengan kata-kata sendiri · Menjelaskan puisi dengan penghayatan dan ekspresi · Menjelaskan cara membuat mainan · Menulis petunjuk membuat mainan · Melengkapi petunjuk · Menulis puisi dengan bantuan gambar · Menulis puisi dengan tema tertentu | | | |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI ……. ( ………………..………… ) NIP | | ……...., ………………… 20… Guru Kelas III ( …………………...……… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar