Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Senin, 13 Februari 2012

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SD, MI, DAN SDLB AGAMA KRISTEN

Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen untuk Sekolah Dasar (SD)
A.    Latar Belakang
Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya untuk mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari peran agama amat penting bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Penerapan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar di bidang Pendidikan Agama  Kristen (PAK), sangat tepat  dalam rangka mewujudkan model PAK yang bertujuan mencapai transformasi nilai-nilai kristiani dalam kehidupan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar memberikan ruang yang sama kepada setiap peserta didik  dengan keunikan yang berbeda untuk mengembangkan pemahaman iman kristiani sesuai dengan pemahaman, tingkat kemampuan serta daya kreativitas masing-masing.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Kristen bukanlah “standar moral” Kristen yang ditetapkan untuk mengikat peserta didik, melainkan dampingan dan bimbingan bagi peserta didik dalam melakukan perjumpaan dengan Tuhan Allah untuk mengekspresikan hasil perjumpaan itu dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik belajar memahami, mengenal dan bergaul dengan Tuhan Allah secara akrab karena seungguhnya Tuhan Allah itu ada dan selalu ada dan berkarya dalam hidup mereka. Dia adalah Sahabat dalam Kehidupan Anak-anak.
Hakikat Pendidikan Agama Kristen (PAK) seperti yang tercantum dalam hasil Lokakarya Strategi PAK di Indonesia tahun 1999 adalah: Usaha yang dilakukan secara terencana dan  kontinu dalam rangka mengembangkan  kemampuan peserta didik  agar dengan pertolongan Roh Kudus dapat memahami dan menghayati kasih Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus yang dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkungan hidupnya. Dengan demikian, setiap orang yang terlibat dalam proses pembelajaran PAK memiliki keterpanggilan untuk mewujudkan tanda-tanda Kerajaan Allah dalam kehidupan  pribadi maupun sebagai bagian dari komunitas.
Pada dasarnya PAK dimaksudkan untuk menyampaikan kabar baik (euangelion = injil), yang disajikan dalam  dua aspek, aspek ALLAH TRITUNGGAL (ALLAH BAPA, ANAK, DAN ROH KUDUS) dan  KARYANYA,  dan aspek NILAI-NILAI KRISTIANI. Secara holistik, pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PAK pada Pendidikan Dasar dan Menengah  mengacu pada dogma Allah Tritunggal dan karya-Nya. Pemahaman terhadap Allah Tritunggal dan karya-Nya harus tampak dalam nilai-nilai kristiani yang dapat dilihat dalam kehidupan keseharian peserta didik.
Berdasarkan pemahaman tersebut, maka rumusan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PAK di sekolah dibatasi hanya pada aspek yang secara substansial mampu mendorong terjadinya transformasi dalam kehidupan peserta didik, terutama dalam pengayaan nilai-nilai iman kristiani. Dogma yang lebih spesifik dan mendalam diajarkan di dalam gereja.
Fokus Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar berpusat pada kehidupan manusia (life centered). Artinya, pembahasan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar didasarkan pada kehidupan  manusia, dan iman Kristen berfungsi sebagai cahaya yang menerangi tiap sudut kehidupan manusia. Pembahasan materi sebagai wahana untuk mencapai kompetensi, dimulai dari lingkup yang paling kecil, yaitu manusia sebagai ciptaan Allah, selanjutnya keluarga, teman, lingkungan di sekitar peserta didik, setelah itu barulah dunia secara  keseluruhan dengan berbagai dinamikanya.

B.     Tujuan dan Fungsi
1.      Mata pelajaran PAK di SD bertujuan:
a.       Memperkenalkan Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus dan karya-karya-Nya agar peserta didik bertumbuh iman percayanya dan meneladani Allah Tritunggal dalam hidupnya
b.      Menanamkan pemahaman tentang Allah dan karya-Nya kepada peserta didik, sehingga mampu memahami dan menghayatinya
c.       Menghasilkan manusia Indonesia yang mampu menghayati imannya secara bertanggungjawab serta berakhlak mulia di  tengah masyarakat yang pluralistik.
2.      Fungsi
a.       Memampukan peserta didik memahami kasih dan karya Allah dalam kehidupan sehari-hari
b.      Membantu peserta didik mentransformasikan nilai-nilai kristiani dalam kehidupan sehari-hari

C.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup PAK meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1.     Allah Tritunggal (Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus) dan  karya-Nya 
2.     Nilai-nilai kristiani.

Pada jenjang pendidikan SD peserta didik diperkenalkan pada hakikat Allah dan perspektif hubungan-Nya dengan manusia. Allah tidak berkarya di dalam ruang kosong, tetapi berkomunikasi dengan manusia. Allah membina relasi dengan manusia melalui karya-Nya.

D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
 Kelas  I, Semester  1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-nilai Kristiani

 1. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain

1.1  Menerima keberadaan  dirinya sebagai pemberian Allah
1.2   Menjawab kasih Allah dengan cara mengasihi keluarganya



Kelas  I,  Semester   2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-nilai Kristiani

  2. Menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah dalam relasinya dengan ciptaan lain

2.1 Mensyukuri alam ciptaan Allah dan isinya
2.2 Mensyukuri hidup bersama orang lain


Kelas  II, Semester  1           

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-nilai Kristiani

1.  Menerapkan makna mengasihi dan menghargai manusia dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada

1.1   Mensyukuri kepelbagaian budaya,suku,  agama dan bangsa
1.2   Mengasihi teman dan guru  serta sesama di sekolah dan di sekitarnya


Kelas  II, Semester  2           

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-nilai Kristiani

2.  Menerapkan makna mengasihi dan menghargai manusia dalam kepelbagaian dan perbedaan yang ada

2.1 Menghargai teman dan guru  serta sesama tanpa memandang perbedaan
2.2  Menolong orang yang sedang menderita yang ada di sekitarnya


Kelas  III, Semester  1          

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Allah Tritunggal dan Karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani

1.   Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan keluarga serta menunjukkan syukur melalui tanggung jawabnya dalam keluarga dan sesama


1.1 Mensyukuri pemeliharaan Allah pada setiap anggota keluarga

1.2  Memberikan yang terbaik bagi keluarga


Kelas  III, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-Nilai Kristiani

2.   Mendeskripsikan arti mensyukuri pemeliharaan Allah dalam kehidupan keluarga dan menunjukkan syukur melalui tanggung jawabnya dalam keluarga dan sesama


2.1  Turut serta  menciptakan hidup rukun dalam keluarga dan sesama
2.2   Memelihara alam ciptaan Allah







Kelas  IV,  Semester  1         

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Allah Tritunggal dan Karya-Nya 

1. Memahami dan mengakui kemahakuasaan Allah dalam wujud tindakan manusia yang bergantung sepenuhnya kepada Allah

1.1 Memahami kemahakuasaan Allah
 1.2 Mengakui keterbatasannya sebagai manusia dan ketergantungannya pada kemahakuasaan Allah



Kelas  IV, Semester   2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-Nilai Kristiani

2. Memahami dan mengakui kemahakuasaan Allah dalam wujud tindakan manusia yang bergantung sepenuhnya kepada Allah

2.1  Memahami wujud tindakan manusia yang sepenuhnya bergantung pada Allah
2.2  Mensyukuri kemahakuasaan Allah


Kelas  V,  Semester  1          

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Allah Tritunggal dan Karya-Nya 

1. Menjelaskan bahwa manusia berdosa,  tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus


1.1 Menjelaskan bahwa manusia itu berdosa
1.2  Menunjukkan  kerinduan  memohon ampun


Kelas  V,  Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Allah Tritunggal dan Karya-Nya dan Nilai-nilai Kristiani

2. Menjelaskan bahwa manusia berdosa, tetapi diselamatkan Allah melalui penebusan Yesus Kristus


2.1 Menjelaskan bahwa  Allah adalah penyelamat manusia 
2.2 Menunjukkan sikap  sebagai orang yang sudah diselamatkan


Kelas VI,  Semester  1
                                
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-nilai Kristiani

1. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia



1.1 Memahami dan menghayati  makna ibadah
1.2 Memahami makna kegiatan sehari-hari  sebagai ungkapan syukur kepada Allah



Kelas VI, Semester  2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Nilai-Nilai Kristiani

2. Menerapkan makna ibadah yang sesungguhnya, khususnya dalam seluruh aktivitas hidup manusia



2.1 Memahami makna kegiatan sehari-hari sebagai ungkapan syukur kepada Allah
2.2 Melayani Allah dan sesama sebagai  ungkapan syukur kepada Allah



E.   Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan indikator pencapaian kompetensi, materi pokok, kegiatan pembelajaran, yang diperlukan untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu diperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.






STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR TINGKAT SD, MI, DAN SDLB AGAMA ISLAM

Lampiran 1

STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SD, MI, DAN SDLB


1.   Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A.    Latar Belakang

Agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan, yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan, pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan. Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.

Pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai dengan jenjang persekolahan  yang secara nasional ditandai dengan ciri-ciri:

  1. lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain penguasaaan materi;
  2. mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia;
  3. memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.

Pendidikan Agama Islam diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul  dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.

Pendidik diharapkan dapat mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam.

B.  Tujuan
Pendidikan Agama Islam di SD/MI bertujuan untuk:
1.      menumbuhkembangkan akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
2.      mewujudkan manuasia Indonesia yang taat beragama  dan berakhlak mulia  yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi (tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

C.  Ruang Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
  1. Al-Qur’an dan Hadits
  2. Aqidah
  3. Akhlak
  4. Fiqih
  5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
Pendidikan Agama Islam menekankan keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

 



D. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar


Kelas I, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

1. Menghafal Al Qur’an surat pendek pilihan
1.1  Melafalkan QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2  Menghafal QS Al-Fatihah dengan lancar

Aqidah

2. Mengenal Rukun Iman
2.1 Menunjukkan ciptaan Allah SWT melalui ciptaan-Nya
2.2 Menyebutkan enam Rukun Iman
2.3 Menghafal enam Rukun Iman

Ahlak

3. Membiasakan perilaku terpuji
3.1 Membiasakan perilaku jujur
3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan perilaku disiplin

Fiqih

4. Mengenal tatacara bersuci (thaharah)
4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
4.2  Mencontoh tatacara bersuci

5. Mengenal Rukun Islam
5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal Rukun Islam





Kelas I, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an

6. Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan
6.1  Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2  Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3  Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar

Aqidah
7. Mengenal dua kalimat syahadat

7.1  Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2  Menghafal dua kalimat syahadat
7.3  Mengartikan dua kalimat syahadat

Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1  Menampilkan perilaku rajin
8.2  Menampilkan perilaku tolong-menolong
8.3  Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
8.4  Menampilkan adab makan dan minum
8.5  Menampilkan adab belajar

Fiqih
9. Membiasakan bersuci (thaharah) 

9.1  Menyebutkan tata cara berwudlu
9.2  Mempraktekkan tata cara berwudlu





Kelas II, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Menghafal Al Qur’an


1.1  Mengenal huruf Hijaiyah
1.2  Mengenal tanda baca (harakat)
Aqidah
2. Mengenal Asmaul Husna

2.1  Menyebutkan lima  dari Asmaul Husna
2.2  Mengartikan lima  dari Asmaul Husna

Akhlak
3. Mencontoh perilaku terpuji

3.1  Menampilkan perilaku rendah hati
3.2  Menampilkan perilaku hidup sederhana
3.3  Menampilkan adab buang air besar dan kecil

Fiqih
4. Mengenal tatacara wudhu

4.1  Membiasakan wudhu dengan tertib
4.2  Membaca do’a setelah berwudlu

5. Menghafal bacaan shalat
5.1  Melafalkan bacaan shalat
5.2  Menghafal bacaan shalat




Kelas II, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Membaca Al Qur’an surat pendek pilihan

6.1  Membaca huruf hijaiyah bersambung
6.2  Menulis huruf hijaiyah bersambung

Aqidah
7. Mengenal Asmaul Husna

7.1 Menyebutkan lima dari Asmaul Husna
7.2 Mengartikan lima dari Asmaul Husna

Akhlak
8. Membiasakan perilaku terpuji

8.1  Mencontohkan perilaku hormat dan santun kepada guru
8.2  Menampilkan perilaku sopan dan santun kepada tetangga

Fiqih
9. Membiasakan shalat secara tertib

9.1 Mencontoh gerakan shalat
9.2 Mempraktekkan shalat secara tertib



Kelas III, Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengenal kalimat dalam Al Qur’an

1.1  Membaca kalimat dalam Al Qur’an
1.2  Menulis kalimat dalam Al Qur’an

Aqidah
2. Mengenal sifat wajib Allah

2.1 Menyebutkan lima sifat wajib Allah
2.2 Mengartikan lima sifat wajib Allah

Akhlak
3. Membiasakan perilaku terpuji

3.1 Menampilkan perilaku percaya diri
3.2 Menampilkan perilaku tekun     
3.3 Menampilkan perilaku hemat

Fiqih
4.  Melaksanakan shalat dengan tertib

                        Menghafal bacaan shalat
                        Menampilkan keserasian gerakan dan bacaan shalat




Kelas III, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
5. Mengenal ayat-ayat Al Qur’an

5.1  Membaca huruf  Al Qur’an
5.2  Menulis huruf Al Qur’an

Aqidah
6. Mengenal sifat mustahil Allah

6.1  Menyebutkan sifat mustahil Allah SWT
6.2  Mengartikan sifat mustahil Allah SWT
Akhlak
7. Membiasakan perilaku terpuji

7.1 Menampilkan perilaku setia kawan
7.2 Menampilkan perilaku kerja keras
7.3 Menampilkan perilaku penyayang terhadap hewan
7.4 Menampilkan perilaku penyayang terhadap lingkungan

Fiqih
8. Melakukan shalat fardhu

8.1 Menyebutkan shalat fardhu
8.2 Mempraktikkan shalat fardhu



Kelas IV, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1.  Membaca surat-surat Al Qur’an

1.1 Membaca QS Al-Fatihah dengan lancar
1.2 Membaca QS Al-Ikhlas dengan lancar
Aqidah
2.  Mengenal sifat jaiz   Allah SWT

2.1  Menyebutkan sifat jaiz Allah SWT
2.2  Mengartikan sifat jaiz Allah SWT

Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi

3.1  Menceritakan kisah Nabi Adam AS
3.2 Menceritakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW
3.3 Menceritakan perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW

Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1 Meneladani perilaku taubatnya Nabi Adam AS
4.2 Meneladani perilaku masa kanak-kanak Nabi Muhammad SAW
Fiqih
5.  Mengenal ketentuan-ketentuan shalat

5.1 Menyebutkan rukun shalat
5.2 Menyebutkan sunnat shalat
5.3 Menyebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat
5.4 Menyebutkan hal-hal yang membatalkan shalat



Kelas IV, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6.  Membaca surat-surat Al Qur’an

6.1 Membaca QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Membaca QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Membaca QS Al-‘Ashr dengan lancar

Aqidah
7.  Mengenal Malaikat dan tugasnya

7.1  Menjelaskan pengertian Malaikat
7.2  Menyebutkan nama-nama Malaikat
7.3  Menyebutkan tugas-tugas Malaikat

Tarikh
8.  Menceritakan kisah Nabi

8.1  Menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS
8.2  Menceritakan kisah Nabi Ismail AS

Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1  Meneladani perilaku Nabi Ibrahim AS
9.2  Meneladani Nabi Ismail AS

Fiqih
10.  Melaksanakan dzikir dan do’a

10.1         Melakukan dzikir setelah shalat
10.2         Membaca do’a setelah shalat



Kelas V, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengartikan  Al Qur’an surat pendek pilihan

1.1    Membaca QS Al-Lahab dan Al-Kafirun
1.2    Mengartikan QS Al-Lahab dan Al-Kafirun

Aqidah
2.  Mengenal kitab-kitab Allah SWT

2.1  Menyebutkan nama-nama kitab Allah SWT
2.2  Menyebutkan nama-nama Rasul yang menerima kitab-kitab Allah SWT
2.3  Menjelaskan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir

Tarikh
3. Menceritakan kisah Nabi

3.1  Menceritakan kisah Nabi Ayyub AS
3.2  Menceritakan kisah Nabi Musa AS
3.3  Menceritakan kisah Nabi Isa AS

Akhlak
4. Membiasakan perilaku terpuji

4.1  Meneladani perilaku Nabi Ayyub AS
4.2  Meneladani perilaku Nabi Musa AS
4.3  Meneladani perilaku Nabi Isa AS

Fiqih
5.  Mengumandangkan adzan dan iqamah

5.1  Melafalkan lafal adzan dan iqamah
5.2  Mengumandangkan adzan dan iqamah




Kelas V, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6. Mengartikan Al Quran Surat pendek pilihan

6.1 Membaca QS Al-Maun dan Al-Fiil
6.2 Mengartikan QS Al-Maun dan Al-Fiil

Aqidah
7. Mengenal Rasul- Rasul Allah SWT

7.1  Menyebutkan nama-nama Rasul Allah SWT
7.2  Menyebutkan nama-nama Rasul Ulul Azmi  dari para Rasul
7.3  Membedakan Nabi dan Rasul

Tarikh
8.  Menceritakan kisah Sahabat Nabi

8.1  Menceritakan kisah Khalifah Abubakar RA
8.2  Menceritakan kisah Umar bin Khattab RA

Akhlak
9.  Membiasakan perilaku terpuji

9.1  Meneladani perilaku Khalifah Abubakar RA
9.2  Meneladani perilaku Umar bin Khattab RA

Fiqih
10. Mengenal puasa wajib

10.1    Menyebutkan ketentuan-ketentuan puasa Ramadhan
10.2     Menyebutkan hikmah puasa




Kelas VI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
1. Mengartikan Al Qur’an Surat pendek pilihan

1.1  Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
1.2  Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5

Aqidah
2. Meyakini adanya  Hari Akhir

2.1 Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
2.2 Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir

Tarikh
3. Menceritakan kisah Abu Lahab, Abu Jahal, dan Musailamah Al Kadzab

3.1  Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
3.2  Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab

Akhlak
4. Menghindari perilaku tercela

4.1  Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
4.2  Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab

Fiqih
5. Mengenal ibadah pada bulan Ramadhan

5.1  Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
5.2  Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an




Kelas VI, Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Al Qur’an
6.  MengartikanAl Quran Ayat-ayat pilihan

6.1 Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
6.2 Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13

Aqidah
7. Meyakini adanya Qadha dan Qadar

7.1 Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
7.2 Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar

Tarikh
8. Menceritakan kisah kaum Muhajirin dan kaum Anshar

8.1  Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
8.2  Menceritakan perjuangan kaum Anshar

Akhlak
9. Membiasakan perilaku terpuji

9.1  Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
9.2  Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik

Fiqih
10. Mengetahui kewajiban zakat

10.1     Menyebutkan macam-macam zakat
10.2     Menyebutkan ketentuan zakat fitrah

E.   Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih lanjut oleh Departemen Agama.