SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA: Lingkungan
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menceritakan pengalaman | · pengalaman | · Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua. · Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah. | · Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua. · Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah · Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar. | Lisan Tertulis | 2 minggu | Buku Tematik Pengemban-gan Guru |
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ). | · tubuh agar tumbuh sehat dan kuat. | · Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat. | · Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh. · Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk · tumbuh sehat. · Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat. | Lisan | ||
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan | · Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa | · Hidup rukun dalam perbedaan | · Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh. · Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama yang diakui di | · Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya · Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama · Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia. · Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia. | Portofolio | ||
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Oprasi hitung bilangan | · Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari.. · Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20.. · Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20 · Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20. | · Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari. · Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20 · Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20. · Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20. | Lisan Tertulis | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa. · Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. | · Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar · Pelafalan bunyi bahasa · Kalimat sapaan · Membaca kata dan kalimat. · Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat | · Siswa dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat. · Siswa dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda. · Siswa dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun. · Siswa dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana. · Siswa dapat menjiplak, menebalkan dan menyalin huruf, gambar, dan kalimat. | · Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat. · Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda. · Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun. · Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.. | Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik | · Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | · Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik · Gambar barang budaya/ alami. | · Siswa dapat menentukan sumber bunyi · Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan. · Siswa membedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Siswa dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan. · Siswa dapat menyebutkan kegunaan benda. | · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan. · Membedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan | Lisan Tertulis Perbuatan |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar