Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA: Lingkungan

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Lingkungan 


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritakan pengalaman

·     pengalaman

·     Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·     Siswa dapat menceritakan pengalaman ke sekolah, pulang sekolah dan kesan bersekolah.

·     Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·     Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang  sekolah
·     Menceritakan kesan hari  pertama masuk Sekolah Dasar.


Lisan
Tertulis

2  minggu

Buku Tematik
Pengemban-gan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal anggota  tubuh dan kegunaannya serta cara                          perawatannya.



·     Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).


·     tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.


·     Siswa dapat menjelaskan nama makanan sehat, perlunya makanan, pakaian, air, udara serta lingkungan untuk tumbuh sehat.

·     Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·     Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk 
·     tumbuh sehat.
·     Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik  untuk tumbuh sehat.

Lisan




3. PKN   : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa

·     Hidup rukun dalam perbedaan

·     Siswa dapat membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara dan lingkungan yang baik untuk tumbuh.
·     Siswa dapat menyebutkan 5 agama, kegiatan keagamaan, kitab suci, dan pemuka agama  yang diakui di Indonesia.


·     Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya
·     Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·     Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·     Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.


Portofolio


4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.


·     Oprasi hitung bilangan

·     Siswa dapat menerjemahan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari..
·     Siswa dapat membaca simbul +, -, = dalam mengerjakan hitung sampai 20..
·     Siswa dapat menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·     Siswa dapat menjumlahkan bilangan 3 angka hasil sampai 20.


·     Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam  kalimat sehari-hari.
·     Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20
·     Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·     Menjumlah  bilangan  3 angka hasil sampai 20.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·     Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.



·     Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
·     Pelafalan bunyi bahasa
·     Kalimat sapaan
·     Membaca kata dan kalimat.
·     Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat


·     Siswa dapat membedakan berbagai bunyi / suara tertentu secara tepat.
·     Siswa dapat menirukan bunyi/ suara tertentu seperti kendaraan atau suara benda.
·     Siswa dapat menyapa teman, orang lain dengan kalimat yang baik dan cara yang santun.
·     Siswa dapat membaca suku kata, kata, dan kalimat sedrehana.
·     Siswa dapat menjiplak, menebalkan  dan menyalin huruf, gambar, dan kalimat.


·     Membedakan  berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.
·     Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·     Menyapa teman sebaya, guru,  dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun.
·     Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..


Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
·     Mengapresiasi karya seni musik



·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia



·     Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·     Gambar barang budaya/ alami.


·     Siswa dapat menentukan  sumber bunyi
·     Siswa dapat membedakan bunyi alam dan buatan.
·     Siswa membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·     Siswa dapat menunjukan benda karya manusia dan ciptaan Tuhan.
·     Siswa dapat menyebutkan kegunaan benda.



·     Menentukan sumber bunyi.
·     Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·     Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·     Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan



Lisan
Tertulis
Perbuatan





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar