KELAS II SEMESTER 1
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tema dan Waktu Per Minggu | |||||
Diri Sendiri | Peristiwa | Hiburan | Lingkungan | Kesehatan | Tempat Umum | |||
3 | 3 | 3 | 3 | 3 | 3 | |||
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | 1. PKn Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. | · Menjelaskan arti rukun · Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman. | √ | |||||
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | 2. IPS · Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis | · Menunjukkan dokumen diri dan keluarga · Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen. · Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi. · Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman. | √ | |||||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | 3. IPA · Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar | · Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah. · Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan · Menjelaskan sifat benda padat · Menjelaskan sifat benda cair | √ | |||||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | 4. Matematika · Membandingkan bilangan 1 sampai 500 · Mengurutkan bilangan sampai 500 | · Menentukan bilangan 1 samapai 500 · Menentukan bilangan lebih besar. · Menentukan bilangan lebih kecil. · Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =. · Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari. · Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar. · Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil. · Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500. · Menyebutkan pengertian bilangan genap. · Menyebutkan pengertian bilangan ganjil. · Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil. · Mengurutkan bilangan ganjil dari 1 – 21 · Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20. | √ | |||||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | 5. Bahasa Indonesia · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Mendeklamasikan puisi · Menjelaskan isi puisi · Memperagakan percakapn · Membuat percakapan. · Memberikan tanggapan terhadap cerita teman. · Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Melengkapi cerita · Menyusun kalimat menjadi cerita · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik. · Menggunakan huruf capital dalam kalimat. | √ | |||||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa. · Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari | 6. Seni Budaya Keterampilan. · Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa. · Mengidentifikasi gerak alam semesta | · Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan. · Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar. · Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar. · Memilih objek benda alam yang menarik. · Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa. · Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa. · Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut. · Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang. | √ | |||||
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | 1. PKn Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. | · Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah. · Menjelaskan arti tolong menolong. · Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah. · Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah | √ | |||||
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi · Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga · Membaca dokumen dengan benar. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga. | √ | |||||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman) · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu | · Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan. · Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan · Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan · Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan. · Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu. · Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman. · Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair. · Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair. · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan. · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu. · Mengidentifikasi perubahan benda cair setelah dipanaskan · Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan. · Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain. | √ | |||||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan | · Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan pada bilangan bilangan · Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan · Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan · Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya · Menguraikan bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat satu angka pada bilangan 3 angka · Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan | √ | |||||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. | √ | |||||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Rupa : Mengapresiasi karya seni rupa. · Seni Tari : Mengapresiasi karya seni tari | · Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif · Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal. · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta | · Membuat gambar ekpresi · Memajang hasil karya gambar ekpresi. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. · Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami. · Mencetak dengan teknik lipatan. · Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan. · Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang. · Melakukan gerakan tari secara berkelompok | √ | |||||
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | · Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah. · Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam | · Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah. · Melaksanakan piket di kelas. · Menjelaskan cara merawat tumbuhan dengan baik. · Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah. | √ | |||||
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. · Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga. · Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah | √ | |||||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. · Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar. · Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan. | · Mengidentifikasi buah yang berbiji banyak. · Mengidentifikasi buah yang berbiji sedikit. · Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar. · Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar. · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas. | √ | |||||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500. | · Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan. · Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan. · Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan. · Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan bilangan · Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam. · Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan. · Menyelesaikan soal hitung campuran . · Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita | √ | |||||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman. · Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain. · Menyimak cerita bacaan pendek. · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan. · Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan. · Menceritakan kegiatan · Memberi tanggapan pada kegiatan · Menyusun gambar · Menceritakan gambar yang telah urut. · Menjawab pertanyaan · Menceritakan peristiwa. · Membaca teks dengan bersuara · Mengajukan pertanyaan bacaan. · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menulis pengalaman sendiri · Menyusun kata menjadi kalimat · Membuat kalimat. · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik | √ | |||||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengapresiasi karya seni Musik. · Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari | · Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik · Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak. | · Menentukan sumber bunyi . · Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan. · Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan. · Mendefinisikan nada. · Mendefinisikan irama. · Membedakan nada dan irama.] · Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan · Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang. | √ | |||||
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong. · Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. | · Menyebutkan contoh hidup rukun di rumah. · Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah.. · Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah · Mengeidentifikasi lingkungan alam · Mengidentifikasi lingkungan buatan · Menceritakan lingkunganalam sekitar. | √ | |||||
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita. | · Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga. · Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga | √ | |||||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan. | · Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan · Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya | √ | |||||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam | · Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat. · Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah · Membaca jam digital · Membuat gambar jam dan · menentukan letak jarum jam · Mengatur letak jarum jam · Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam · Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari. · Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam. · Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam. | √ | |||||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek · Menceritakan kegiatan sehari-hari · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. · Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik. | · Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Mendengarkan lagu. · Menyanyikan lagu · Menceritakan gambar berseri. · Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang · Menjawab teka-teki tentang tumbuhan dan binatang. · Membaca teks dengan bersuara. · Meringkas isi bacaan. · Menyusun kalimat menjadi cerita. · Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah · Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung. · Menggunakan huruf capital. | √ | |||||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Seni Tari : Mengapresiasi diri melalui karya seni tari | · Mengungkapkan perasaan yang dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan. · Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana. · Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari | · Membedakan bunyi alam dan bautan. · Menyebutkan sumber bunyi alam. · Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan · Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman. | √ | |||||
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | · Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan. · Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam. | · Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia. · Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan. · Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah | √ | |||||
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah. | √ | |||||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan | · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia. · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain. · Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan manusia · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan . · Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain. · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia. · Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan. | √ | |||||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur panjang tidak | · Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih pendek dari, sama panjang dengan . · Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan. · Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak · Mengenal satuan · Menggunakan alat ukur ( mistar) · Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan · Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm. · Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai. | √ | |||||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat. · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat. | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Mendeklamasikan puisi · Menjelaskan isi puisi · Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Meringkas isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Menyususn kata menjadi kalimat. · Memperbaiki penulisan kalimat | √ | |||||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan | · Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana. · Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana. · Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam. · Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat | · Melakukan tepuk berfariasi · Memainkan alat musik sederhana. · Memainkan alat musik sederhana · Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr. · Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik. · Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis. · Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna. · Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam. · Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik. · Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan warna yang dihasilkan | √ | |||||
1. PKn Membiasakan hidup bergotong royong | Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah | · Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah . · Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas. · Menceritakan manfaat hidup tolong menolong. | √ | |||||
2. IPS Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis | · Menceritakan pengalaman penting yang menyenangkan di sekolah. · Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah. | √ | |||||
3. IPA Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup. | · Mengidentifikasi berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya ) · Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan | · Mengidentifikasi tempat hidup hewan · Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan. · Mengelompokkan hewan yang hidup di air. · Mengelompokkan hewan yang hidup di darat · Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon · Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah · Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air · Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat · Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain. · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah · Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan. | √ | |||||
4. Matematika Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500 | · Menggunakan alat ukur berat · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | · Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat. · Menimbang benda dengan kedua tangan. · Menimbang benda dengan timbangan dari kayu. · Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku · Mengukur berat benda dengan timbangan yang · Mengukur berat benda dengan satuan · Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai. · Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur. · Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat | √ | |||||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan · Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan. Berbicara · Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita dan deklamasi. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte. | · Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek . · Mendeskripsikan isi puisi · Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa. · Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat · Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat) · Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca. · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik. | · Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. · Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru · Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri. · Menjawab pertanyaan tentang isi puisi · Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri · Menjelaskan isi puisi · Memperagakan percakapan · Menjawab pertanyaan isi percakapan. · Membuat percakapan · Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat. · Membaca teks dengan bersuara. · Mengajukan pertanyaan bacaan, · Menceritakan kembali isi bacaan. · Membaca puisi · menceritakan isi puisi.. · Menyususn kalimat menjadi cerita · Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menggunakan huruf capital dalam kalimat. | √ | |||||
6. Seni Budaya Keterampilan · Seni Musik: Mengekpresikan diri melalui karya seni musik · Keterampilan : Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan | · Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau tanpa iringan sederhana. · Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton · Membuat cat pewarna dari bahan alam. | · Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. · Menyanyikan lagu wajib dengan iringan alat musik ritmis. · Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik · Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan. · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando. · Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam. · Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam. | √ |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar