Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DENGAN TEMA KELAS II SEMESTER 1

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI  DENGAN TEMA

KELAS II SEMESTER 1


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator  Pencapaian Kompetensi
Tema dan Waktu Per Minggu
Diri Sendiri
Peristiwa
Hiburan 
Lingkungan
Kesehatan  
Tempat Umum
3
3
3
3
3
3
1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

1.   PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.


·         Menjelaskan arti rukun
·         Menyebutkan manfaat saling berbagi dengan teman.

     





2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
2.   IPS
·   Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
·   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga secara kronologis


·     Menunjukkan dokumen diri dan keluarga
·     Menceritakan peristiwa yang berkesan  waktu kecil tentang diri dan keluarga  melalui dokumen.
·     Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.
·     Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman.

     





3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

3.   IPA
·   Mengenal bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan , di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·   Mengidentifikasi  cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar

·     Mengidentifikasi bagian utama tubuh hewan di sekitar rumah.
·     Mengidentifikasi bagian utama tumbuhan
·     Menjelaskan sifat benda padat
·     Menjelaskan sifat benda cair
     





4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

4.   Matematika
·     Membandingkan bilangan 1 sampai 500
·     Mengurutkan bilangan sampai 500

·     Menentukan bilangan 1 samapai 500
·     Menentukan bilangan lebih besar.
·     Menentukan bilangan lebih kecil.
·     Membandingkan dua buah bilangan dengan menggunakan symbol <, > , =.
·     Membandingkan kumpulan benda denagn menggunakan istilah lebih dari, kurang dari.
·     Menyusun bilangan dari yang terkecil ke terbesar.
·     Menyusun bilangan dari yang terbesar ke terkecil.
·     Menulis bilangan dengan benar secara urut dari 1 – 500.
·     Menyebutkan pengertian bilangan genap.
·     Menyebutkan pengertian bilangan ganjil.
·     Menjelaskan perbedaan bilangan genap dan ganjil.
·     Mengurutkan bilangan ganjil  dari 1 – 21
·     Mengurutkan bilangan genap dari 2 – 20.
     





5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

5.       Bahasa Indonesia
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.



·     Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·     Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Menafsirkan isi puisi dengan bahasa sendiri
·     Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi
·     Menjelaskan isi puisi
·     Memperagakan percakapn
·     Membuat percakapan.
·     Memberikan tanggapan terhadap cerita teman.
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Mengajukan pertanyaan bacaan,
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Membaca puisi
·     menceritakan isi puisi..
·     Melengkapi cerita
·     Menyusun kalimat  menjadi cerita
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik.
·     Menggunakan huruf capital dalam kalimat.
     





6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Rupa :  Mengapresiasi karya seni rupa.
·     Seni Tari :  Mengapresiasi karya seni tari

6.   Seni Budaya Keterampilan.
·     Mengenal unsure rupa pada karya seni rupa
·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa.
·     Mengidentifikasi gerak alam semesta


·     Mengelompokkan berbagai jenis bidang dan bentuk ritme keseimbangan dan kesatuan.
·     Mengelomplokkan berbbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna, dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar.
·     Mengungkapkan perasaan ketertarikan pada imajinatif dan berbagai unsure rupa benda di alam sekitar.
·     Memilih objek benda alam yang menarik.
·     Mengungkapkan perasaan secara lisan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure seni rupa dan perpaduannya pada karya seni rupa.
·     Memilih keindahan unsure rupa dan perpaduannya dan karya seni rupa.
·     Membedakan gerak angina sepoi-sepoi dengan gerak angina rebut.
·     Menunjukkan perbedaan air mengalir dengan air sedang bergelombang.
     





1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

1.   PKn
Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.

·     Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
·     Menjelaskan arti tolong menolong.
·     Menyebutkan contoh tolong menolong di rumah.
·     Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah

     




2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memelihara dokumen dan koleksi  benda berharga miliknya
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Menyebutkan jenis-jenis dokumen pribadi
·     Menyebutkan jenis-jenis dokumen keluarga
·     Membaca dokumen dengan benar.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga.


     




3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan ( ukuran) dan tumbuhan ( dari biji menjadi tanaman)
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda  ( plastisin/tanah liat, adonan tepung ) akibat dari kondisi tertentu
·     Menjelaskan arti tumbuh pada hewan dan tumbuhan.
·     Menyebutkan perubahan yang terjadi pada hewan
·     Menjelaskan proses pertumbuhan pada tumbuhan
·     Mempraktekan pertumbuhan tumbuhan dengan jangka waktu yang ditentukan.
·     Menceritakan proses pertumbuhan pada hewan dengan fase-fase tertentu.
·     Menceritakan proses pertumbuhan pada tanaman.
·     Menyebutkan perbedaan benda padat dan benda cair.
·     Melakukan eksperimen sederhana untuk membuktikan perbedaan sifat benda padat dan benda cair.
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah dipanaskan.
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah bila dilakukan sesuatu terhadap benda itu.
·     Mengidentifikasi perubahan benda cair  setelah dipanaskan
·     Mengidentifikasi perubahan benda padat setelah didinginkan.
·     Menjelaskan perubahan benda padat menjadi benda lain.

     




4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menentukan nilai tempat ratusan puluhan dan satuan
·     Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan  pada bilangan bilangan
·     Menentukan nilai tempat ratusan ,puluhan dan satuan
·     Menuliskan lambang bilangan ratusan ,puluhan dan satuan
·     Menguraikan lambang bilangan menurut nilai tempatnya
·     Menguraikan  bilangan 3angka yang terdiri dari ratusan puluhan dan satuan.
·     Menentukan  nilai tempat  satu angka pada bilangan 3 angka
·     Menentukan nilai tempat suatu bilangan melalui permainan

     




5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·     Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·     Menyimak cerita bacaan pendek.
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·     Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·     Menceritakan kegiatan
·     Memberi tanggapan pada kegiatan
·     Menyusun gambar
·     Menceritakan gambar yang telah urut.
·     Menjawab pertanyaan
·     Menceritakan peristiwa.
·     Membaca teks dengan bersuara
·     Mengajukan pertanyaan bacaan.
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menulis pengalaman sendiri
·     Menyusun kata menjadi kalimat
·     Membuat kalimat.

     




6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Rupa :  Mengapresiasi karya seni rupa.
·     Seni Tari :  Mengapresiasi karya seni tari

·     Menekpresikan diri melalui gambar ekpresif
·     Mengekspresikan diri melalui teknik cetak tunggal.
·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak alam semesta
·     Membuat gambar ekpresi
·     Memajang  hasil karya gambar ekpresi.
·     Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal.
·     Membuat karya seni rupa dengan teknik cetak tunggal. dengan cetakan bahan alami.
·     Mencetak dengan teknik lipatan.
·     Melakukan gerakan tari dengan meniru gerak tumbuhan.
·     Melakukan gerakan tari dengan menirukan gerakan binatang.
·     Melakukan gerakan tari secara berkelompok

     




1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Melaksanakan hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong di rumah dan di sekolah.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam

·     Membuat daftar kegiatan pembagian tugas di rumah.
·     Melaksanakan piket di kelas.
·     Menjelaskan  cara merawat tumbuhan dengan baik.
·     Menjelaskan cara merawat hewan peliharaan di rumah.


     



2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.
·     Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

·     Menyebutkan jenis koleksi barang keluarga.
·     Menceritakan peristiwa yang menyenangkan di rumah


     



3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
·     Mengidentifikasi cirri-ciri benda padat dan cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dengan kegunaanya melalui pengamatan.

·     Mengidentifikasi  buah yang berbiji banyak.
·     Mengidentifikasi  buah yang berbiji sedikit.
·     Mengelompokkan benda padat yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengelompokkan benda cair yang ada di lingkungan sekitar.
·     Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan kelas.


     



4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 500.
·     Membaca symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·     Menggunakan symbol +, - , = dalam pengerjaan hitung bilangan.
·     Mengubah kalimat pengurangan ke bentuk penjumlahan.
·     Menjumlah bilangan tanpa teknik menyimpan.
·     Menjumlah bilangan denga satu kali teknik menyimpan.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan penjumlahan bilangan
·     Mengurangkan bilangan tanpa teknik meminjam.
·     Mengurangkan bilangan dengan menggunakan satu kali teknik meminjam.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan   dengan pengurangan  bilangan.
·     Menyelesaikan soal hitung campuran .
·     Menyelesaikan soal hitung campuran dalam bentuk cerita


     



5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibisikan oleh teman.
·     Menyempaikan pesan yang didengar pada orang lain.
·     Menyimak cerita bacaan pendek.
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan lisan.
·     Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan.
·     Menceritakan kegiatan
·     Memberi tanggapan pada kegiatan
·     Menyusun gambar
·     Menceritakan gambar yang telah urut.
·     Menjawab pertanyaan
·     Menceritakan peristiwa.
·     Membaca teks dengan bersuara
·     Mengajukan pertanyaan bacaan.
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis karangan pendek dengan memperhatikan tanda titik.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menulis pengalaman sendiri
·     Menyusun kata menjadi kalimat
·     Membuat kalimat.
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menuliskan kaliamt yang didikte guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital dan tanda titik


     



6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengapresiasi karya seni Musik.
·     Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengidentifikasi unsure musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilan benda bukan alat musik
·     Menggerakkan tubuh secara spontan, mengikuti bunyi perangsang gerak.
·     Menentukan sumber bunyi .
·     Membedakan kuat dan melemahnya bunyi dengan gerakan / tepukan.
·     Menunjukkan kesesuai gerakan / tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperdengarkan.
·     Mendefinisikan nada.
·     Mendefinisikan irama.
·     Membedakan nada dan irama.]
·     Menunjukkan kesesuaina gerak dengan iringan
·     Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang.


     



1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.

·     Menyebutkan  contoh hidup rukun di rumah.
·     Menyebutkan contoh hidup rukun di sekolah..
·     Menyebutkan contoh saling berbagi di rumah
·     Mengeidentifikasi lingkungan alam
·     Mengidentifikasi lingkungan buatan
·     Menceritakan lingkunganalam sekitar.



     


2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita.

·     Menjelaskan pentingnya memlihara koleksi barang keluarga.
·     Menceritakan cara memelihara koleksi barang keluarga



     


3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan disekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.

·     Menunjukkan bagian utama pada tumbuhan
·     Meneglompokan tumbuhan berdasarkan bunganya



     


4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
·     Membaca jam yang menunjukkan waktu tepat.
·     Membaca jam yang menunjukkan waktu setengah
·     Membaca jam digital
·     Membuat gambar jam  dan
·            menentukan letak jarum jam
·     Mengatur letak jarum jam
·     Menulis tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam
·     Menggunakan jam dalam kehidupan sehari-hari.
·     Menunjukkan waktu yang ditunjukkan oleh alam.
·     Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam.



     


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.
·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
·     Menceritakan kegiatan sehari-hari
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.
·     Menulis kalimat sedrhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital, tanda titik.

·     Mendengarkan pesan teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Mendengarkan lagu.
·     Menyanyikan lagu
·     Menceritakan gambar berseri.
·     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
·     Menjawab teka-teki tentang  tumbuhan dan binatang.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Menyusun kalimat menjadi cerita.
·     Menulis kalimat dengan bentuk huruf yang indah
·     Menyalin kalimat dengan mewnggunakan huruf bersambung.
·     Menggunakan huruf capital.



     


6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni MusikMengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Seni Tari :  Mengapresiasi diri melalui karya seni tari

·     Mengungkapkan perasaan yang  dialami melalui perubahan tempo pada lagu dengan gerakan.
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menangpai gerak alam semester dalam bentuk gerak tari
·     Membedakan bunyi alam dan bautan.
·     Menyebutkan sumber bunyi alam.
·     Mengelompokkan gerak tari sesuai tingkat kesulitan
·     Menjelaskan dengan memperagakan. Proses tumbuh kembangnya tanaman.



     


1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

·     Mengenal pentingnya lingkungan alam seperti dunia tumbuhan dan dunia hewan.
·     Melaksanakan pemeliharaan lingkunganalam.

·     Menyebutkan manfaat lingkungan alam bagi kesehatan manusia.
·     Menjelaskan akibat dari tidak merawat lingkungan.
·     Melaksanakan perawatan tumbuhan di halaman sekolah




     

2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Menceritakan peristiwa yang tidak menyenangkan di rumah.




     

3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi  makhluk hidup yang menguntungkan dan membahayakan
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan manusia.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan hewan lain.
·     Menyebutlkan nama hewan yang merugikan tumbuhan
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan  manusia
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi tumbuhan .
·     Menyebutlkan nama hewan yang menguntungkan bagi hewan lain.
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi manusia.
·     Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi hewan.




     

4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat ukur panjang tidak baku, dan baku ( cm, m) yang sering digunakan
·     Membandingkan panjang dua benda dengan menuliskan istilah panjang dari, lebih  pendek dari, sama panjang dengan .
·     Membandingkan tinggi dua buah benda dengan istilah lebih tinggi dari, lebih pendek dari, sama tinggi dengan.
·     Mengukur panjang benda dengan menggunakan ukuran tidak baku atau jengkal.
·     Mengenal satuan baku meter dan sentimeter.
·     Menggunakan alat ukur ( mistar)
·     Mengukur panjang benda dengan menggunakan satuan baku. ( m, cm )
·     Mengguankan alat ukur meteran dengan skala cm.
·     Menaksir panjang benda dengan menggunakan satuan yang sesuai.




     

5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi denga ekspresi yang tepat.
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat.

·     Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi
·     Menjelaskan isi puisi
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Mengajukan pertanyaan bacaan,
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Meringkas isi bacaan.
·     Membaca puisi
·     menceritakan isi puisi..
·     Menyususn kata menjadi kalimat.
·     Memperbaiki penulisan kalimat




     

6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Keterampilan :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
·     Mengekpresikan diri melalui alat musik atau sumber bunyi sederhana.
·     Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·     Menjelaskan cara pembuatan cat pewarna dari bahan alam.
·     Menyiapkan bahan alam untuk pembuat cat
·     Melakukan tepuk berfariasi
·     Memainkan alat musik sederhana.
·     Memainkan alat musik sederhana
·     Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang beanr.
·     Menyanyikan lagu yang sesuai dengan tanda dinamik.
·     Menyanyikan lagu anak-anak dengan iringan alat musik ritmis.
·     Memilih bahan alam yang dapat dibuat cat warna.
·     Menunjukkan langkah-langkah pembuatan cat warna dari bahan alam.
·     Mengelompokkan bahan alam yang baik dengan yang kurang baik.
·     Mengelompokkan bahan alam yang sesuai dengan  warna yang dihasilkan




     

1. PKn                                       
Membiasakan hidup bergotong royong

Melaksanakan hidup rukun saling berbagi  dan tolong menolong di rumah dan di sekolah
·     Melaksanakan kegiatan tugas secara berkelompok di sekolah .
·     Melaksanakan / mengadakan kegiatan bakti sosial di kelas.
·     Menceritakan manfaat hidup tolong menolong.





     
2. IPS                                         
Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis
·     Menceritakan pengalaman penting  yang  menyenangkan di sekolah.
·     Menceritakan pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah.





     
3. IPA                                        
Mengenal bagian –bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan   tumbuhan serta  berbagai tempat hidup makhluk hidup.

·     Mengidentifikasi  berbagai tempat hidup makhluk hidup ( air, tanah, dan tempat lainnya )
·     Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
·     Mengidentifikasi tempat hidup hewan
·     Mengidentifikasi tempat hidup tumbuhan.
·     Mengelompokkan hewan yang hidup di air.
·     Mengelompokkan hewan  yang hidup di darat
·     Mengelompokkan hewan yang hidup di pohon
·     Mengelompokkan hewan yang hidup di dalam tanah
·     Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di air
·     Mengelompokkan tumbuhan yang hidup di darat
·     Menyebutkan tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain.
·     Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di lingkungan rumah
·     Menyebutkan kegunaan benda padat yang ada di sepanjang jalan.





     
4. Matematika                        
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500

·     Menggunakan alat   ukur berat
·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
·     Membandingkan berat dua buah benda dengan istilah lebih berat, lebih ringan, sama berat.
·     Menimbang benda dengan kedua tangan.
·     Menimbang benda dengan timbangan dari kayu.
·     Menimbang benda dengan menggunakan timbangan yang tidak baku
·     Mengukur berat benda dengan timbangan yang baku
·     Mengukur berat benda dengan satuan baku.
·     Menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai.
·     Memilih alat ukur berat yang sesuai dengan benda yang diukur.
·     Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan berat





     
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan                        
·   Memahami teks pendek dan puisi anak yang dilisankan.
Berbicara                                 
·   Mengungkapkan pikiran, persaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan  bertanya, bercerita dan deklamasi.
Membaca                                  
·   Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
Menulis                                     
·   Menulis permulaan melalui kegiatan melengkapi cerita dan dikte.

·     Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek .
·     Mendeskripsikan isi puisi
·     Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa.
·     Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·     Menyimpulkan isi teks pendek ( 10 – 15 kalimat)
·     Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca.
·     Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dan memperhatikan penggunaan huruf capital tanda titik.

·     Mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru.
·      Menjawab pertanyaan tentang isi teks pendek yang dibacakan guru
·     Menceritakan kembali isi teks bacaan dengan bahasa sendiri.
·     Menjawab  pertanyaan tentang isi puisi
·     Menafsirkan isi puis dengan bahasa sendiri
·     Menjelaskan isi puisi
·     Memperagakan percakapan
·     Menjawab pertanyaan isi percakapan.
·     Membuat percakapan
·     Mendeklamasikanpuisi dengan ekpresi yang tepat.
·     Membaca teks dengan bersuara.
·     Mengajukan pertanyaan bacaan,
·     Menceritakan kembali isi bacaan.
·     Membaca puisi
·     menceritakan isi puisi..
·     Menyususn kalimat menjadi cerita
·     Menyalin kalimat dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Menggunakan huruf capital dalam kalimat.





     
6. Seni Budaya     Keterampilan 
·     Seni Musik:  Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
·     Keterampilan :  Menerapkan teknologi sedrehana dalam keterampilan
·     Menyanyikan lagu wajib dan anak denagn atau  tanpa iringan sederhana.
·     Mementaskan permainan musik dengan alat musik sederhana di depan penonton
·     Membuat cat pewarna dari bahan alam.
·     Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·     Menyanyikan lagu wajib dengan iringan  alat musik ritmis.
·     Menampilkan hasil tanggapan peragaan dinamik
·     Menunjukkan panjang pendeknya nada-nada pada akhir lagu dengan gerakan.
·     Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi secara glissando.
·     Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·     Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam.





     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar