KELAS I (1) SEMESTER 2
Mata pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tema dan Waktu Per Minggu | ||||||
Budi Pekerti | Keluarga | Lingku-ngan | Kebersih-an | Keseha-tan | Peristiwa | Permain-an | ||||
2 | 2 | 2 | 4 | 3 | 2 | |||||
IPA | · Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui pengamatan perubahan bentuk benda | Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia . | · Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan. · Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau. · Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia. · Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau.. | √ | ||||||
IPS : | · Memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga | · Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | · Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah · Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan. | √ | ||||||
PKN : | · Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah. | Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat | · Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat · Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat. | √ | ||||||
Matematika : | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran. · Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya. · Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran. · Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya. | · Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran. · Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya. · Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran. · Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya. | √ | ||||||
Bahasa Indonesia : | · Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. · Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. · Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. · Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin | Mendengarkan · Menyebutkan isi dongeng Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. · Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana. · Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. | · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan. · Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | √ | ||||||
SBK | · Mengekspresikan diri melalui karya seni musik · Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | · Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek | · Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik. · Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan · Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian. · Melakukan tarian pendek secara perorangan. · Memperagakan tarian pendek secara kelompok. | √ | ||||||
IPS : | Mendeskripsikan lingkungan rumah | · Mendeskripsikan letak rumah | · Menggambar denah rumah sendiri · Menjelaskan denah rumah sendiri | Ö | ||||||
IPA : | Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | · Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet) | · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik · Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. · Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat | Ö | ||||||
PKN : | Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah | PKn : · Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | · Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga. · Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah. · Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal | Ö | ||||||
Matematika : | Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka | · Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. · Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan | Ö | ||||||
Bahasa Indonesia : | · Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. · Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. · Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. · Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin | Mendengarkan · Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar. · Menyebutkan isi dongeng. Berbicara · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. · Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. | · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | Ö | ||||||
SBK | · Mengapresiasi karya seni musik | · Menampilkan pola irama dan melodi sederhana · Memeragakan dinamik sederhana · Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana. | · Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan. · Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu. · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando · Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya. · Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan. | Ö | ||||||
IPS : | Mendeskripsikan lingkungan rumah | · Menceritakan kembali peristiwa penting | · Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain. · Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua / orang lain | Ö | ||||||
IPA : | Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | · Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan. · Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet ) | · Memperagakan cara menggerakkan benda · Menyebutkan bentuk gerak. · Menjelaskan penyebab gerak. · Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak | Ö | ||||||
PKN : | Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah | · Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah | · Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua. · Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan . · Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah. · Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan | Ö | ||||||
Matematika : | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan | · Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka | · Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan. · Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan · Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan ) · Penjumlahan secara bersusun panjang. | Ö | ||||||
Bahasa Indonesia : | · Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. · Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. · Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. · Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin | Mendengarkan · Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar. · Menyebutkan isi dongeng. Berbicara · Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung | · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan · Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Memb · kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. | Ö | ||||||
SBK | Mengapresiasi karya seni musik | · Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam | · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan. · Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan | Ö | ||||||
IPS : | · Mendeskripsikan lingkungan rumah | · Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | · Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah · Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan | Ö | ||||||
IPA : | Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia | · Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan | · Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan · Menjelaskan keuntungan musim hujan. · Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba · Menceritakan tanda-tanda musim kemarau. · Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau | Ö | ||||||
PKN : | Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah | · Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat | · Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat. · Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat. · Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat | Ö | ||||||
Matematika : | · Menggunakan pengukuran berat | · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | · Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak · Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung. · Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak | Ö | ||||||
Bahasa Indonesia : | · Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. · Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. · Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. · Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin | Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Menyebutkan isi dongeng. Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. · Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung | · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | Ö | ||||||
SBK | · Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. · Mengapresiasi karya seni tari | · Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah · Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. · Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi | · Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia. · Memilih gerakan tari yang sesuai dengan iringan. · Membedakan keragaman unsure gerak tari · Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan · Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang | Ö | ||||||
IPS : | Mendeskripsikan lingkungan rumah | · Menceritakan kembali peristiwa penting | · Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami. · Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami. | Ö | ||||||
IPA : | Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | · Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan | · Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak. · Menyebutkan benda yang mudah bergerak. · Menyebutkan benda yang sulit bergerak | Ö | ||||||
PKN : | Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah | · Menjelaskan hak anak untuk belajadengan gembira dan didengar pendapatnya | · Menjelaskan arti hak. · Menyebutkan hak anak di rumah · Menyebutkan hak anak di sekolah. · Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua. | Ö | ||||||
MTK | Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah | · Membilang banyak benda · Mengurutkan banyak benda | · Menyebut banyak benda · Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/ · Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50. · Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil. · Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar. · Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya. | Ö | ||||||
Bahasa Indonesia : | · Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. · Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. · Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. · Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin | Bahasa Indonesia : Bebicara · Menceritakan isi · gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung. | · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut · Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca | Ö | ||||||
SBK | Mengapresiasi karya seni musik | · Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar. · Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif. · Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel. | · Mengelompokkan berbagai jenis : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar. · Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar. · Memilih objek alam yang indah dari unsur rupa . · Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain. · Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain | Ö | ||||||
IPS : | · Mendeskripsikan lingkungan rumah | · Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | · Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat · Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat · Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat. | Ö | ||||||
IPA : | · Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia | · Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan | · Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari. · Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari. · Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari. | Ö | ||||||
PKN : | Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah | · Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | · Melaksanakan tata tertib di rumah. · Melaksanakan tata tertib di sekolah | Ö | ||||||
Matematika : | Menggunakan pengukuran berat | · Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan · Membandingkan berat benda ( ringan , berat ) | · Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan. · Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari. · Memberi contoh benda yang berat dan ringan. · Mengukur berat benda dengan satuan tak baku. · Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku | Ö | ||||||
Bahasa Indonesia : | · Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. · Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi. · Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. · Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin | Mendengarkan · Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar. Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung | · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. · | Ö | ||||||
SBK | · Mengekspresikan diri melalui karya seni musik. · Mengapresiasi karya seni tari | · Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana · Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib. · Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat | · Memainkan alat musik sederhana. · Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. · Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya. · Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.) | Ö |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar