Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DENGAN TEMA KELAS I (1) SEMESTER 2

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI  DENGAN TEMA

KELAS I (1)  SEMESTER 2


Mata pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator  Pencapaian Kompetensi
Tema dan Waktu Per Minggu

Budi Pekerti

Keluarga

Lingku-ngan

Kebersih-an

Keseha-tan

Peristiwa

Permain-

an

2
2

2
4
3
2
IPA

·        Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaannya melalui   pengamatan perubahan bentuk benda
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia .
·   Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·   Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·   Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·   Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
     






IPS  :

·        Memahami identitas diri  dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

·   Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·   Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
     






PKN :

·        Membiasakan tertib di rumah dan di sekolah.
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
·   Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·   Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
     






Matematika :

·        Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
·        Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
·   Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·   Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·   Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·   Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
     






Bahasa Indonesia :

·        Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.

·        Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·        Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·        Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
Mendengarkan
·          Menyebutkan isi    dongeng


Berbicara
·         Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·        Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·        Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·        Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·        Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·        Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
     






SBK

·        Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
·        Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
·         Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·         Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·         Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·         Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·         Memperagakan tarian pendek secara kelompok.
     






IPS  :

 

Mendeskripsikan lingkungan rumah
·   Mendeskripsikan letak rumah

·        Menggambar denah rumah sendiri
·        Menjelaskan denah rumah sendiri

Ö   





IPA :

Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam     kehidupan sehari-hari
·   Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
·        Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·        Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·        Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat

Ö   





PKN :

Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKn :
·   Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

·        Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
·        Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
·        Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal

Ö   





Matematika :

Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam   pemecahan masalah
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·        Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·        Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.
·        Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·        Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
·        Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan

Ö   





Bahasa Indonesia :

·        Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·        Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·        Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·        Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
Mendengarkan
·   Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·   Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·   Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·   Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·   Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·        Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·        Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·        Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·        Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.

Ö   





SBK

·   Mengapresiasi karya seni musik
·   Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·   Memeragakan dinamik sederhana
·   Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.
·        Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·        Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
·        Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
·        Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
·        Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.


Ö   




IPS  :

Mendeskripsikan lingkungan rumah
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain



Ö   



IPA :

Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya  dalam kehidupan sehari-hari
·         Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
·         Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
·        Memperagakan cara menggerakkan benda
·        Menyebutkan bentuk gerak.
·        Menjelaskan penyebab gerak.
·        Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak



Ö   



PKN :

Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
·         Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
·        Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·        Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·        Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·        Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan



Ö   



Matematika :

 

·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai dengan dua angka dalam  pemecahan
·         Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·        Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·        Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·        Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·        Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·        Penjumlahan secara bersusun panjang.




Ö   



Bahasa Indonesia :

·        Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·        Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·        Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·        Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
   Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·         Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
 Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
·        Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·        Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·        Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Memb
·        kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·        Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.



Ö   



SBK

Mengapresiasi karya seni  musik
·         Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam

·        Menentukan sumber bunyi.
·        Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·        Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan



Ö   



IPS  :

 

·         Mendeskripsikan lingkungan rumah
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·        Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·        Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan




Ö   


IPA :

Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap  kegiatan manusia
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
·        Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·        Menjelaskan keuntungan musim hujan.
·        Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba
·        Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·        Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau




Ö   


PKN :

 

Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

·        Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat.
·        Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
·        Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat




Ö   


Matematika :

·         Menggunakan pengukuran berat
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
·        Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.
·        Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
·        Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku




Ö   


Bahasa Indonesia :

·        Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·        Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·        Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·        Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
Bahasa Indonesia :
    Mendengarkan
·         Menyebutkan isi  dongeng.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·        Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·        Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·        Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.





Ö   


SBK

·         Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
·         Mengapresiasi karya seni tari     
·         Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·         Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·         Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

·        Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·        Memilih gerakan tari yang sesuai dengan iringan.
·        Membedakan keragaman unsure gerak tari
·        Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·        Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang




Ö   


IPS  :

Mendeskripsikan lingkungan rumah
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·        Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.





Ö   

IPA :

Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
·         Membedakan gerak  benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan
·        Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·        Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·        Menyebutkan benda yang sulit bergerak





Ö   

PKN :

Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
·         Menjelaskan hak  anak untuk    belajadengan gembira dan didengar                 pendapatnya
·        Menjelaskan arti hak.
·        Menyebutkan hak anak di rumah
·        Menyebutkan hak anak di sekolah.
·        Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.






Ö   

MTK
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah
·         Membilang  banyak  benda
·         Mengurutkan  banyak  benda
·        Menyebut banyak benda
·        Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·        Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·        Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·        Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·        Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.





Ö   

Bahasa Indonesia :

·        Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·        Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·        Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·        Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
Bahasa Indonesia :
Bebicara
·         Menceritakan isi      
·         gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
·        Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·        Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·        Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·        Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·        Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca





Ö   

SBK
Mengapresiasi karya seni  musik
·         Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.

·        Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·        Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·        Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .
·        Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
·        Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain





Ö       

IPS  :

·         Mendeskripsikan lingkungan rumah
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·         Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat
·         Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat
·         Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.







Ö       
IPA :

·         Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
·         Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
·         Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
·         Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.







Ö       
PKN :

Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
·         Melaksanakan tata tertib di rumah.
·         Melaksanakan tata tertib di sekolah







Ö       
Matematika :

Menggunakan pengukuran berat
·         Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·         Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
·         Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
·         Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.
·         Memberi contoh benda yang berat dan  ringan.
·         Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.
·         Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku






Ö       
Bahasa Indonesia :

·        Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
·        Berbicara :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamasi.
·        Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·        Menulis :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin
      Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
·          






Ö       
SBK
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
·         Mengapresiasi karya seni tari     
·         Mengekspresikan diri melalui vocal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
·         Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
·         Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat

·         Memainkan alat musik sederhana.
·         Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·         Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
·         Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.)






Ö       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar