STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | LANGKAH PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SARANA DAN SUMBER |
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : · Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | · Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah · Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan | · Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi. · Mengamati gambar yang menceritakan tentang kegiatan membersihkan rumah. · Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan menjelaskan cara membersihkannya. ( kamar mandi, halaman, saluran air) · Menjelaskan manfaat dari menjaga kebersihan pada bagian rumah tersebut | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 3 minggu | · Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1. |
IPA : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia. | IPA : · Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan | · Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan · Menjelaskan keuntungan musim hujan. · Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba · Menceritakan tanda-tanda musim kemarau. · Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau | · Melalui cerita dan pengalaman siswa menyebutkan tanda-tanda akan turun hujan. · Menceritakan pengalaman yang menyenangkan ketika hujan turun. · Menjelaskan akibat yang kita rasakan bila bermain hujan-hujanan. · Menuliskan tanda-tanda akan turun hujan, untuk diingat | |||
PKN : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah | PKN : · Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat | · Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat. · Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat. · Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat | · Dengan diawali tanya jawab siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat terutama yang berhubungan dengan kesehatan. · Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan, pelaksanaan, peserta dan manfaat kerja bakti di daerahnya. · Mengerjakan Lembar kerja Siswa secara berkelompok. · Melaporkan hasil diskusi | |||
Matematika : Menggunakan pengukuran berat | Matematika : · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda | · Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak · Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung. · Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak | · Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak · Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( atom hekter) · Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku. | |||
Bahasa Indonesia : Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Menyebutkan isi dongeng. Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. · Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung | · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | · Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( Si kancil mengalahkan srigala) · Menyimak dongeng dengan penuh perhatian. · Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit. · Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut. · Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik · Mengapresiasi karya seni tari | Seni Budaya dan Keterampilan : · Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah · Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. · Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi | · Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia. · Memilih gerakan tari yang sesuai dengan iringan. · Membedakan keragaman unsure gerak tari · Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan · Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang | · Memadukan gerakan yang sudah dirancang dengan iringan lagu atau musik. · Menari dengan gerakan berpindah temapat yang sesuai dengan ruang · Menampilkan gerakan tari dihadapan penonton |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar