Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA: KESEHATAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I
TEMA: KESEHATAN

STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
LANGKAH PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI
 WAKTU
SARANA DAN SUMBER
0
1
2
3
4
5
6
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·        Menceritakan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·        Menyebutkan peralatan untuk menjaga kebersihan
·      Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
·      Mengamati gambar yang menceritakan tentang kegiatan membersihkan rumah.
·      Mengamati gambar bagian- bagian rumah dan menjelaskan cara membersihkannya. ( kamar mandi, halaman, saluran air)
·      Menjelaskan manfaat dari menjaga kebersihan pada bagian rumah tersebut
Teknik Tes  :
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes perbuatan
Bentuk Tes :
·      Objektif tes
·      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·      LKS
·      Lmbar observasi
3 minggu
·      Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
o   Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
o   Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
o   Buku Piwulang Basa SD Kelas 1.
IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap  kegiatan manusia.

IPA :
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
·        Menceritakan tanda-tanda akan turun hujan
·        Menjelaskan keuntungan musim hujan.
·        Menyebutkan kerugian yang terjadi bila musim hujan tiba
·        Menceritakan tanda-tanda musim kemarau.
·        Menjelaskan perbedaan dari suhu pada musim hujan dan musim kemarau
·      Melalui cerita dan pengalaman siswa menyebutkan tanda-tanda akan turun hujan.
·      Menceritakan pengalaman yang menyenangkan ketika hujan turun.
·      Menjelaskan akibat yang kita rasakan bila bermain hujan-hujanan.
·        Menuliskan tanda-tanda akan turun hujan, untuk diingat
PKN :
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat

·        Menyebutkan kegiatan-kegiatan yang dilaksankan di lingkungan masyarakat.
·        Menjelaskan kewajiban warga sebagai anggota masyarakat.
·        Menyebutkan tata tertib yang berlaku di masyarakat
·      Dengan diawali tanya jawab siswa menyebutkan kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat terutama yang berhubungan dengan kesehatan.
·      Melalui diskusi sederhana siswa menjelaskan, pelaksanaan, peserta dan  manfaat kerja bakti di daerahnya.
·      Mengerjakan Lembar kerja Siswa  secara berkelompok.
·      Melaporkan hasil diskusi



Matematika :
Menggunakan pengukuran berat
Matematika :
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
·        Melakukan pengukuran berat dengan satuan tak baku.
·        Mengukur dan membandingkan berat benda secara langsung.
·        Mengukur dan membandingkan berat benda dengan satuan tak baku
·      Melalui peragaan pengukuran berat, siswa dapat menentukan berat suatu benda dengan menggunakan satuan tak baku ( klip kertas).
·      Melakukan beberapa kali pengukuran berta dengan menggunakan satuan tak baku yang lain. ( atom hekter)
·      Menyebutkan berat benda dengan menggunakan satuan pengukuran tak baku.
Bahasa Indonesia :      Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
 Mendengarkan
·         Menyebutkan isi  dongeng.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·        Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·        Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·        Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.

·      Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( Si kancil mengalahkan  srigala)
·      Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
·      Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
·      Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
·      Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut
Seni Budaya dan Keterampilan :
·     Mengapresiasi karya seni  musik
·     Mengapresiasi karya seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah
·         Menunjukkan sikap apresiasif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah.
·         Menanggapi dengan gerakan spontan rangsangan bunyi

·        Menunjukkan gerak tiruan aktifitas manusia.
·        Memilih gerakan tari yang sesuai dengan iringan.
·        Membedakan keragaman unsure gerak tari
·        Menunjukkan kesesuaian gerak dengan iringan
·        Menunjukkan kesesuaian gerak berpindah tempat dengan ruang
·      Memadukan gerakan yang sudah dirancang dengan iringan lagu atau musik.
·      Menari dengan gerakan berpindah temapat yang sesuai dengan ruang
·      Menampilkan gerakan tari dihadapan penonton






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP


Tidak ada komentar:

Posting Komentar