KELAS I (1) SEMESTER 1
Mata pelajaran | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Tema dan Waktu Per Minggu | |||||
Diri Sendiri | Budi Pekerti | Keluarga | Kegemaran | Lingkungan | Pengalaman | ||||
2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | ||||
1. IPS : | 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat. | · Menyebutkan nama lengkap dan panggilan besreta usia. · Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah . · Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah. | ü | |||||
2. IPA : | 2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll) · Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati. · Menunjukkan cara merewat tubuh. · Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat. | ü | |||||
3. PKN : | 3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa. | · Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki. · Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan. · Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan. | ü | |||||
4. MTK : | 4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Membilang banyak benda . · Mengurutkan banyak benda | · Menyebutkan banyak benda. · Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit. · Membaca dan menulis lambing bilangan. · Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil. · Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar. · Membilang loncat 2, 3, dan 4 | ü | |||||
5, BHS Indonesia | 5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa. · Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. · Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. | · Mencocokkan gambar dengan informasi. · Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah. · Mendengarkan dan menyanyikan lagu. · Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana. · Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda. · Menyebutkan nama anggota | ü | |||||
6. SBK | 6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni rupa. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa. | · Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek.. | · Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar. · Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar. | ü | |||||
1. IPS : | 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. | · Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll ) · Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga . | ü | |||||
2. IPA : | 2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat | · Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat. | · Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat. · Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan · Membiasakan membuang sampah pada tempatnya. | ü | |||||
3. PKN : | 3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah. | · Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. · Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah. | ü | |||||
4. MTK : | 4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | · Menentukan lama suatu kejadian berlangsung. · Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan membandingkannya. | · Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar. · Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama. · Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang ) · Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek. · Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih pendek · Mengenal jarak dekat dan jauh. | ü | |||||
5, BHS Indonesia | 5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru. · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri · Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. · Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas. · Membaca nyaring ( didengar siswa ) · Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana. · Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar | ü | |||||
6. SBK | 6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari. | · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi | · Mengelompokkan gerak tari sesuai level. · Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai. · Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ). | ü | |||||
1. IPS : | 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menceritaan pengalaman | · Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas. · Menceritakan tentang teman main di rumah. · Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan | ü | |||||
2. IPA : | 2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya | · Membiasakan hidup sehat. | · Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan. · Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang . · Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang · teratur agar tubuh sehat dan kuat. · Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur ) | ü | |||||
3. PKN : | 3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa. | · Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia. · Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya. · Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika. | ü | |||||
4. MTK : | 4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 | · Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20. · Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat) | · Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20. · Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20. · Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0. · Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama. | ü | |||||
5, BHS Indonesia | 5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru. · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri. · Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. · Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas. · Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa cara yang santun · Bercerita berdasarkan gambar. · Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat. · Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana. · Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri. · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar. | ü | |||||
6. SBK | 6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik. | · Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan. · Membedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan | ü | |||||
1. IPS : | 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga | · Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun. · Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan | ü | |||||
2. IPA : | 2. IPA : Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda | · Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya. · Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar. | · Merawat tanaman atau hewan peliharaan · Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan · Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek | ü | |||||
3. PKN : | 3. PKN : Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah. | · Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah | · Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah. · Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib. · Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib | ü | |||||
4. MTK : | 4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu · Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan kerucut ) | · Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku. · Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku. · Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama. | ü | |||||
5, BHS Indonesia | 5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa. · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita · Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat. · Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya. · Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari. · Menjelaskan cara permainan dilakukan. · Bercerita berdasarkan gambar · Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek. · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar. · Membuat kalimat berdasarkan gambar. · Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain. | ü | |||||
6. SBK | 6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni tari · Mengekpresikan diri melalui karya seni tari. | · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. | · Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi · Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan | ü | |||||
1. IPS : | 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menceritakan pengalaman | · Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua. · Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang sekolah · Menceritakan kesan hari pertama masuk Sekolah Dasar. | ü | |||||
2. IPA : | 2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya. | · Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ). | · Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh. · Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk · tumbuh sehat. · Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik untuk tumbuh sehat. | ü | |||||
3. PKN : | 3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan | · Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa | · Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya · Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama · Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia. · Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia. | ü | |||||
4. MTK : | 4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20. | · Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam kalimat sehari-hari. · Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20 · Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20. · Menjumlah bilangan 3 angka hasil sampai 20. | ü | |||||
5, BHS Indonesia | 5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa. · Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. | · Membedakan berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat. · Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda. · Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun. · Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.. | ü | |||||
6. SBK | 6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik | · Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan. · Membedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan | ü | |||||
1. IPS : | 1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menceritaan pengalaman · Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga | · Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan . · Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya. · Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga. | ü | |||||
2. IPA : | 2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat | · Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | · Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman. · Melakukan perawatan kebersihan di sekolah. · Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah | ü | |||||
3. PKN : | 3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah maupun di sekolah. | · Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga. · Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun. · Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan. | ü | |||||
4. MTK : | 4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | · Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat) | · Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari. · Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu. · Mengenal nama-nama bulan dalam setahun. · Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas. · Menggambar jam sesuai dengan kegiatan · Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat. | ü | |||||
5, BHS Indonesia | 5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa · Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat. · Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai. · Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami. · Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana. · Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata. · Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar | ü | |||||
6. SBK | 6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari. | · Menidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat. · Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. | · Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat. · Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya. · Mengidentifikasi gerak tiruan hewan yang dapat terbang · Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan. | ü |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar