Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DENGAN TEMA KELAS I (1) SEMESTER 1

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI  DENGAN TEMA

KELAS I (1)  SEMESTER 1


Mata pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Tema dan Waktu Per Minggu
Diri
Sendiri
Budi
 Pekerti
Keluarga  
Kegemaran
Lingkungan 
Pengalaman
2
2
2
2
2
2
1. IPS :

1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.


·     Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan besreta usia.
·     Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah .
·     Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.

ü  





2. IPA  : 

2. IPA  : 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                           perawatannya.

·     Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.


·     Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·     Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·     Menunjukkan cara merewat tubuh.
·     Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.

ü  





3. PKN                                           : 
3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.


·     Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·     Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·     Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
ü  





4. MTK  : 
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

·     Membilang banyak benda .
·     Mengurutkan banyak benda

·     Menyebutkan banyak benda.
·     Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·     Membaca dan menulis lambing bilangan.
·     Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·     Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·     Membilang loncat 2, 3, dan 4
ü  





5, BHS Indonesia
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :  Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         :  Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            :  Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·     Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.


·     Mencocokkan gambar dengan informasi.
·     Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·     Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·     Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·     Menyebutkan warbna, bentuk dan permukaan benda.
·     Menyebutkan nama anggota
ü  





6. SBK
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni rupa.
Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.


·     Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·     Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..


·     Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·     Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.

ü  





1. IPS :

1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.


·     Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·     Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .


ü  




2. IPA  : 

2. IPA  : 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Membedakan lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·     Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·     Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

ü  




3. PKN                                           : 
3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

·     Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·     Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.


ü  




4. MTK  : 
4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
·     Mengenal panjang suatu  benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan  membandingkannya.


·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·     Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·     Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·     Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih  pendek
·     Mengenal jarak dekat dan jauh.


ü  




5, BHS Indonesia
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Membaca nyaring ( didengar siswa )
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar


ü  




6. SBK
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi



·     Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·     Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ).


ü  




1. IPS :

1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman


·     Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·     Menceritakan tentang teman  main di rumah.
·     Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan



ü   



2. IPA  : 

2. IPA  : 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                         perawatannya

·     Membiasakan hidup sehat.


·     Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·     Menjelaskan keuntungan  memotong kuku yang panjang .
·     Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
·     teratur agar tubuh sehat dan kuat.
·     Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )



ü   



3. PKN                                           : 
3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.


·     Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·     Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·     Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.



ü   



4. MTK  : 
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

·     Menyelesaikan  masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·     Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)


·     Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·     Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·     Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.



ü   



5, BHS Indonesia
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Mendemontrasikan sesuatu  sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa  cara yang santun
·     Bercerita berdasarkan gambar.
·     Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·     Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.


ü   



6. SBK
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni musik.



·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia



·     Menentukan sumber bunyi.
·     Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·     Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·     Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan



ü   



1. IPS :

1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga

·     Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·     Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan




ü   


2. IPA  : 

2. IPA  : 
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan                               perubahan   bentuk benda


·     Mengenal benda yang dapat  diubah bentuknya.
·     Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.


·     Merawat tanaman atau hewan peliharaan
·     Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·     Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek




ü   


3. PKN                                           : 
3. PKN   : 
Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.

·     Melaksanakan tata tertib di  rumah dan di sekolah


·     Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·     Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
·     Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib




ü   


4. MTK  : 
4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
·     Mengelompokkan berbagai  bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola  dan kerucut )


·     Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·     Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·     Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.




ü   


5, BHS Indonesia
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·     Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
·     Membaca nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar


·     Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·     Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·     Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·     Bercerita berdasarkan gambar
·     Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·     Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·     Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·     Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.




ü   


6. SBK
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
·     Mengapresiasi karya seni tari  
·     Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan      tinggi rendah.



·     Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·     Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan




ü   


1. IPS :

1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritakan pengalaman

·     Menceritakan kembali pengalaman waktu kecil berdasarkan cerita orang tua.
·     Menceritakan pengalaman pergi , di sekolah atau pulang  sekolah
·     Menceritakan kesan hari  pertama masuk Sekolah Dasar.





ü   

2. IPA  : 

2. IPA  : 
Mengenal anggota  tubuh dan kegunaannya serta cara                          perawatannya.



·     Mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh sehat dan kuat ( makan, air, pakaian, udara, lingkungan ).


·     Menunjukkan nama makanan sehat yang berguna bagi tubuh.
·     Menjelaskan perlunya air, makan, pakaian, udara dan lingkungan untuk 
·     tumbuh sehat.
·     Membedakan jenis air, makanan, pakaian, udara, dan lingkungan yang baik  untuk tumbuh sehat.





ü   

3. PKN                                           : 
3. PKN   : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa

·     Menyebutkan 5 agama yang diakui di Indonesia beserta tempat ibadahnya
·     Menceritakan kegiatan yang berkaitan dengan hari besar agama
·     Menyebutkan 4 kitab suci dari agama yang yang ada di Indonesia.
·     Menjelaskan 5 pemuka agama yang diakui di Indonesia.





ü   

4. MTK  : 
4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

·     Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.


·     Menerjemahkan bentuk penjumlahan dan pengurangan sampai 20 ke dalam  kalimat sehari-hari.
·     Membaca dan menggunakan simbol +, -, dan = dalam mengerjakan hitung sampai 20
·     Menghapal fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai dengan 20.
·     Menjumlah  bilangan  3 angka hasil sampai 20.





ü   

5, BHS Indonesia
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun..
·     Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf, kata atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.



·     Membedakan  berbagai bunyi / suara Tertentu secara tepat.

·     Menirukan bunyi/ suara tertentu seperti, kendaraan atau suara benda.
·     Menyapa teman sebaya, guru,  dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa dan cara yang santun.
·     Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri..





ü   

6. SBK
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
·     Mengapresiasi karya seni musik



·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia



·     Menentukan sumber bunyi.
·     Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·     Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·     Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan





ü   

1. IPS :

1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman
·     Menceritakan kasih sayang  antar anggota keluarga

·     Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·     Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·     Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.





ü   
2. IPA  : 

2. IPA  : 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat


·     Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·     Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·     Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah





ü   
3. PKN                                           : 
3. PKN   : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah maupun di sekolah.


·     Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·     Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·     Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.






ü   
4. MTK  : 
4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)


·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
·     Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·     Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·     Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·     Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
·     Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.






ü   
5, BHS Indonesia
5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa
·     Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi    yang sesuai.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·     Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
·     Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·     Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar





ü   
6. SBK
6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menidentifikasi fungsi   tubuh dalam   melaksanakan gerak di  tempat.
·     Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi  rendah.



·     Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·     Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·     Mengidentifikasi gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
·     Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.






ü   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar