Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA: KEBERSIHAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I

TEMA: KEBERSIHAN

STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
LANGKAH PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SARANA DAN SUMBER
0
1
2
3
4
5
6
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain.
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang  tua / orang lain


·      Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
·      Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
·      Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar


Teknik Tes  :
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes perbuatan
Bentuk Tes :
·      Objektif tes
·      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·      LKS
·      Lmbar observasi
3 mingu
·      Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
o   Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
o   Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
o   Buku Piwulang Basa SD Kelas 1.
IPA :
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

IPA :
·         Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan.
·         Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet )
·        Memperagakan cara menggerakkan benda
·        Menyebutkan bentuk gerak.
·        Menjelaskan penyebab gerak.
·        Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak
·      peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda.
·        Melalui peragaan langsung siswa dapat  menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila  didorong, ditendang, ditarik,  ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar

PKN :
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah
·        Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua.
·        Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan .
·        Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah.
·        Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan
·      Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan.
·      Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan.
·      Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan



Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan  sampai dengan dua angka dalam  pemecahan masalah
Matematika :
·         Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·        Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan.
·        Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan.
·        Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan
·        Penjumlahan bilangan  secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan )
·        Penjumlahan secara bersusun panjang.

·      Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 )
·      Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat  yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·      Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·      Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut.
·      Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek    23                                            23 +
·      Menunjukkan  nilai tempat  pada masing-masing bilangan dengan  tepat sebagai dasar penempatan bilangan.
·      Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan.
·      Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut
·      Mengerjakan soal-soal latihan



Bahasa Indonesia :      Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :      Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·         Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana..
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
·        Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·        Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan
·        Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Memb
·        kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·        Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.
·      Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru  dari benda tersebut.
·      Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru.
·      Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namany
·      Menyimak dongeng yang disampaikan guru.
·      Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut.
·      Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas



Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengapresiasi karya seni  musik
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam

·        Menentukan sumber bunyi.
·        Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan.
·        Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan
·      Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam.
·      Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi.
·      Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll.
·      Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana.
·      Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa




Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar