SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | LANGKAH PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SARANA DAN SUMBER |
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : · Menceritakan kembali peristiwa penting | · Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami berdasarkan cerita orang tua atau orang lain. · Menyebutkan peristiwa yang pernah terjadi di lingkungan keluarga berdasarkan cerita orang tua / orang lain | · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan. · Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya. · Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 3 mingu | · Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1. |
IPA : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. | IPA : · Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan. · Mengidentifikasi penyebab benda bergerak ( batere, per/ pegas, dorongan tangan dan magnet ) | · Memperagakan cara menggerakkan benda · Menyebutkan bentuk gerak. · Menjelaskan penyebab gerak. · Menunjukkan batere, pegas, dorongan tangan, magnet sebagai sumber energi gerak | · peragaan menggerakkan benda, siswa menjelaskan bentuk gerak benda. · Melalui peragaan langsung siswa dapat menyebutkan bahwa benda dapat bergerak bila didorong, ditendang, ditarik, ada yang bergerak ke depan, ke samping, ke belakang dan ada pula yang bergerak berputar | |||
PKN : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah | PKN : · Melaksanakan hak anak di rumah dan di sekolah | · Menjelaskan cara menyampaikan keinginan yang baik dan sopan kepada orang tua. · Menceritakan kembali pengalaman bermain yang sangat berkesan . · Menyebutkan berbagai kegiatan yang menyenangkan yang dapat dilakukan di rumah atau di sekolah. · Berani bertanya tentang pelajaran yang sulit dengan cara yang sopan | · Memberi pujian dan penguatan kepada siswa yang menyampaikan keinginannya dengan cara dan bahasa yang sopan. · Menjelaskan alasan mengapa ketika meminta/ menyampaikan keinginan tersebut harus dilakukan dengan cara dan bahasa yang sopan. · Siswa memperagakan sesuai dengan cara dan bahasa yang sopan | |||
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah | Matematika : · Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka | · Menuliskan bilangan 2 angka dalam bentuk penjumlahan puluhan dan satuan. · Menentukan nilai tempat puluhan dan satuan. · Menjumlah 2 bilangan dengan tanpa menyimpan · Penjumlahan bilangan secara bersusun pendek ( 2 angka dengan 1 angka tanpa menyimpan ) · Penjumlahan secara bersusun panjang. | · Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis.( 24 + 12 ) · Menguraikan masing-masing bilangan sesuai dengan nilai tempat yang tepat sebagai dasar penempatan bilangan. · Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. · Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut. · Memperhatikan kalimat penjumlahan yang tertulis pada papan tulis dengan cara bersusun pendek 23 23 + · Menunjukkan nilai tempat pada masing-masing bilangan dengan tepat sebagai dasar penempatan bilangan. · Menjumlahkan bilangan yang mempunyia nilai tempat yang sama. ( puluhan dengan pulihan , satuan dan satuan. · Mendapatkan hasil penjumlahan yang tepat dari kalimat penjumlahan tersebut · Mengerjakan soal-soal latihan | |||
Bahasa Indonesia : Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar. · Menyebutkan isi dongeng. Berbicara · Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung | · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan · Memberikan alas an mengapa suatu benda tau kegiatan disukai atau tidak disukai. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Memb · kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. | · Menyimak contoh deskripsi yang disampaikan guru dari benda tersebut. · Meniru/ mengulang deskripsi yang sesuai dengan deskripsai guru. · Menyimak deskripsi yang disampaikan guru, siswa menyebutkan nama benda yang sesuai dengan namany · Menyimak dongeng yang disampaikan guru. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng tersebut. · Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng tersebut di depan kelas | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik | Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengidentifikasi unsure / elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan alam | · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan kuat dan lemahnya bunyi dengan gerakan/tepukan. · Membedakan menguat dan melemahnya bunyi dengan gerakan atau tepukan | · Melalui peragaan langsung siswa dapat membedakan sumber bunyi alam dan non alam. · Melakukan peragaan, membunyikan alat musik alami, yaitu tepuk tanan, petik jari, tepuk paha, injak bumi. · Meragakan secara langsung benda sebagai sumber bunyi, botol dipukul olh sendok, lonceng, piring, gelas, dll. · Menggabungkan semua sumber suara dengan irama yang sederhana. · Melalui peragaan, siswa menyebutkan sumber bunyi yang ada di sekitar siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar