Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA: KEGEMARAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: KEGEMARAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga

·     sikap hidup rukun dalam kemajemukan  keluarga

·     Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun.
·     Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan

·     Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun.
·     Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan


Lisan
Tertulis

2  minggu

Buku Tematik
Pengemban-gan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan                               perubahan   bentuk benda


·     Mengenal benda yang dapat  diubah bentuknya.
·     Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar.


·     sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan                              .


·     Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan.
·     Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek.

·     Merawat tanaman atau hewan peliharaan
·     Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan
·     Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek


Lisan




3. PKN   : 
Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah.

·     Melaksanakan tata tertib di  rumah dan di sekolah


·     tata tertib

·     Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·     Siswa dapat menjelaskan  manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya.


·     Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah.
·     Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib.
·     Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib


Portofolio


4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu
·     Mengelompokkan berbagai  bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola  dan kerucut )


·     Oprasi hitung bilangan

·     Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku
·     Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku.


·     Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku.
·     Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan  tak baku.
·     Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita
·     Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun.
·     Membaca nyaring suku kata   dan kata dengan lafal yan tepat.
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan  intonasi yang tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk    gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau  kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang    belum selesai berdasarkan  gambar


·     Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar
·     Pelafalan bunyi bahasa
·     Kalimat sapaan
·     Membaca kata dan kalimat.
·     Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat


·     Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·     Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain )
·     Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·     Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang.
·     Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar.
·     Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai.
·     Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar.
·     Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.


·     Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya.
·     Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari.
·     Menjelaskan cara permainan dilakukan.
·     Bercerita berdasarkan gambar
·     Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar.
·     Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.
·     Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·     Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain.


·     Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
·     Mengapresiasi karya seni tari  
·     Mengekpresikan diri melalui karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan      tinggi rendah.



·     Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik
·     Gambar barang budaya/ alami.


·     Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi.
·     Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan.



·     Menyebutkan jenis iringan tarian  dengan menggunakan alat musik perkusi
·     Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan



Lisan
Tertulis
Perbuatan




Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar