SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA: KEGEMARAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga | · sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga | · Siswa dapat mengidentifikasi hidup rukundantidak rukun. · Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan | · Mengidentifikasi hidup rukun dan tidak rukun. · Menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan | Lisan Tertulis | 2 minggu | Buku Tematik Pengemban-gan Guru |
2. IPA : Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan perubahan bentuk benda | · Mengenal benda yang dapat diubah bentuknya. · Mengidentifikasikan kegunaan benda di lingkungan sekitar. | · sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan . | · Siswa dapat merawat tanaman dan hewan peliharaan. · Siswa dapat menjelaskan bentuk, ukuran,rasa., bau, permukaan benda suatu objek. | · Merawat tanaman atau hewan peliharaan · Menceritakan alasan perlunya merawat merawat dan memelihara lingkungan · Menjelaskan bentuk, ukuran, warna, rasa, bau, permukaan benda suatu objek | Lisan | ||
3. PKN : Membiasakan hidup tertib di rumah dan di sekolah. | · Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah | · tata tertib | · Siswa dapat menjelaskan contoh tata tertib di rumah dan di sekolah. · Siswa dapat menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib dan akibat tidak mematuhinya. | · Menyebutkan beberapa contoh tata tertib di rumah dan di sekolah. · Menjelaskan manfaat mematuhi tata tertib. · Menjelaskan akibat tidak patuh pada tata tertib | Portofolio | ||
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan waktu · Mengelompokkan berbagai bangun ruang sederhana ( balok, prisma, tabung, bola dan kerucut ) | · Oprasi hitung bilangan | · Siswa dapat mengukur panjang dengan satuan tidak baku · Siswa dapat membandingkan dan menunjukkan perbedaan hasil ukur benda dengan satuan tak baku. | · Mengukur panjang suatu benda dengan satuan tak baku. · Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran panjang dengan satuan tak baku. · Mengukur dan membandingkan panjang benda dengan satuan baku yang tidak sama. | Lisan Tertulis | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa. · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita · Menyapa orang lain dengan kalimat sapaan yang tepat dan bahasa yang santun. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yan tepat. · Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Pengucapan bunyi atau suara tertentu di sekitar · Pelafalan bunyi bahasa · Kalimat sapaan · Membaca kata dan kalimat. · Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat | · Siswa dapat melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya. · Siswa dapat mendeskripsikan benda-benda disekitar ( alat bermain ) · Siswa dapat membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar. · Siswa dapat membaca dengan tempat jeda pendek dan jeda panjang. · Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf dan gambar. · Siswa dapat menyalin huruf, kata, dan kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Siswa dapat melengkapi kalimat yang belum selesai. · Siswa dapat membuat kalimat berdasarkan gambar. · Siswa dapat menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain. | · Melaksanakan perintah sesuai petunjuk pengerjaannya. · Menunjukkan benda/ alat permainan yang digemari. · Menjelaskan cara permainan dilakukan. · Bercerita berdasarkan gambar · Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda ( untuk berhenti menarik nafas ) jeda panjang dan jeda pendek. · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menylin / mencontoh huruf, kata, kalimat dari buku atau papan tulis dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya kembali pada buku sendiri · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar. · Membuat kalimat berdasarkan gambar. · Menulis puisi dengan huruf lepas dan dapat dibaca orang lain. | · Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni tari · Mengekpresikan diri melalui karya seni tari. | · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. | · Unsur – unsur bunyi dan musik melalui pengalaman musik · Gambar barang budaya/ alami. | · Siswa dapat menyebutkan jenis iringan tarian dengan alat musik perkusi. · Siswa dapat memilih unsur gerak tarian sesuai dengan iringan. | · Menyebutkan jenis iringan tarian dengan menggunakan alat musik perkusi · Memilih unsur gerak tari yang sesuai iringan | Lisan Tertulis Perbuatan |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar