Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Tematik
Tema : Diri Sendiri
Kelas 1 Semester 1
Alokasi waktu 3 minggu

Standar Kompetensi :
1.      IPS                         : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati  
              dalam kemajemukan keluarga.         
2.      IPA                       : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.      PKN                      : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.      Matematika           : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5.      Bahasa Indonesia  :
·         Mendengarkan          : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang  dilisankan.
·         Berbicara                  : Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan
                          perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh,
                          dan deklamas.
·         Membaca                 : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
·         Menulis                     : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh,
                                   melengkapi, dan menyalin.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan  :
·         Mengapresiasi karya seni rupa.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
7.      Basa Jawa :
·         Mampu menyimak ( ngaregepkeun ) memahami, serta menanggapi berbagai  jenis bunyi bahasa ( sora basa ), dongeng, dan perintah (parentah)  sederhana.

Kompetensi Dasar  :
1.      IPS  :
·         Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.
2.      IPA :
·         Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.      PKN :
·         Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4.      Matematika :
·         Membilang banyak benda .
·         Mengurutkan banyak benda.


5.      Bahasa Indonesia :
·         Membedakan bunyi bahasa.
·         Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
·         Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
·         Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·         Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6.      Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..
7.      Basa Jawa :
·         Menyimak dan membedakan bunyi.

Indikator  :
1.      IPS :
·         Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan beserta usia.
·         Menceritakan alamat tempat tinggal dan alamat sekolah
·         Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2.      IPA :
·         Menunjukkan bagian-bagian tubuh (mata, hidung, telinga, gigi, dll)
·         Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
·         Menunjukkan cara merewat tubuh.
·         Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3.      PKN :
·         Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
·         Menceritakan kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4.      Matematika :
·         Menyebutkan banyak benda.
·         Membandingkan dua kumpulan benda melalui istilah lebih banyak dan lebih sedikit.
·         Membaca dan menulis lambing bilangan.
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·         Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur mulai dari yang terbesar.
·         Membilang loncat 2, 3, dan 4.
5.      Bahasa Indonesia :
·         Mencocokkan gambar dengan informasi.
·         Mendengarkan cerita gambar seri tentang persiapan pergi ke sekolah.
·         Mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·         Menyebutkan data diri dan identitas keluarga dengan kalimat sederhana.
·         Menyebutkan warna, bentuk dan permukaan benda.
·         Menyebutkan nama anggota
6.      Seni Budaya dan Keterampilan. :
·         Mengelompokkan berbagai jenis bintik, garis, warna dan bentuk pada benda dua dimensi di alam sekitar.
·         Mengelompokkan berbagai ukuran bintik, garis, bidang, warna dan bentuk pada hasil karya dua dimensi di alam sekitar.
7.      Basa Jawa   :
·         Membunyikan suara e`, e, dalam berbagai kata.
·         Membedakan suara vocal e`, dan e.
·         Menunjukkan suara e`, dan e pada kata dengan tepat.

I.    Tujuan Pembelajaran  :
·         Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada  di rumahnya.
·         Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
·         Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
·         Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
·         Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
·         Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
·         Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
·         Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
·         Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
·         Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
·         Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
·         Siswa dapat menyimak cerita dari gambar.
·         Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
·         Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
·         Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
·         Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
·         Siswa dapat menyalin/mencontoh  huruf, suku kata dan kata.
·         Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
·         Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
·         Siswa dapat membunyikan, membedakan, dan menunjukkan vocal e` dan e pada berbagai kata.

II. Materi Ajar  ( Materi Pokok ) :
·         Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
·         Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
·         Hidup rukun dalam perbedaan
·         Oprasi hitung.
·         Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
·         Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
·         Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
·         Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
·         Membuat karya kerajinan .
·         Kata-kata yang menggunakan vocal e`dan e.
·         Nama benda yang menggunakan vocal e`,dan e.

III. Metoda Pembelajaran :
·         Ceramah
·         Diskusi.
·         Tanya jawab.
·         Demontrasi.
·         Pemberian tugas.

IV. Langkah-langkah pembelajaran :
Semester 1, Minggu 1
Pertemuan Pertama     : 4 x 25 menit (IPA, PKn, Mat)
A.  Kegiatan awal :
a. Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b. Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c. Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d. Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B. Kegiatan inti   :
  1. Eksposisi
IPA     : Siswa menguraikan nama-nama anggota tubuh
PKn     : Siswa membedakan tugas antara laki-laki dan perempuan
Mat      : Siswa membilang dengan teliti

  1. Elaborasi
IPA     : Siswa Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
: Siswa Menyanyikan lagu “ dua mata saya “
: Siswa menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh
PKn     : Siswa Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan
  perempuan.
                  : Siswa Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
                  : Siswa Melakukan tanya jawab tentang hak dan kewajiban laki-laki dan  
  perempuan.
Mat      : Siswa Mengamati benda yang diperlihatkan guru ( kancing, kerang, manik-
  manik, pensil, dll )
: Siswa mengamati benda yang ada di sekeliling siswa  ( meja, buku, tas, dll )
: Siswa membilang benda yang ada di sekeliling siswa.
: Siswa Menyimpan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
  1. Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang nama-nama anggota tubuh.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja, membilang benda di sekeliling.

C. Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
·         Semua siswa mendapat satu gambar lengkap anggota tubuh
-          Sebutkan nama-nama anggota tubuh pada gambar tersebut !
-          Beri warna gambar tersebut !
-          Sebutkan 3 hak anak laki-laki !
-          Sebutkan 3 hak anak perempuan !
-          Hitunglah berapa lembar jumlah buku ini !
-          Hitunglah berapa jari tangan dari ke 4 temanmu !



Pertemuan ke dua       : 4 x 35 menit (B. Ind, IPS, Mat)
A.    Kegiatan awal       :
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksposisi
B. Ind  : Siswa mengisi gambar seri tentang ke sekolah .
IPS      : Siswa menguraikan keuntungan bila mempunyai identitas diri.
Mat      : Siswa membilang sesuai dengan banyak benda.
b.      Elaborasi
      IPA     : Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang persiapan ke sekolah.
                  : Menyanyikan lagu  “pergi sekolah “
: Menceritakan dengan kalimat yang sederhana isi dari gambar tersebut.
: Melakukan tanya jawab  tentang  persiapan siswa bila pergi ke sekolah.
IPS      : Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
                  : Menjelaskan kembali pentingnya identitas.
                  : Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.
      Mat      : Membilang benda yang diamati . secara individual dan klasikal.
                  : Melakukan penghitungan benda di depan kelas.
                  : Menyebutkan bilangan yang tepat sesuai dengan banyak benda
                  : Mengisi  soal yang berkaitan dengan banyak benda.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cerita gambar seri.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang keuntungan mempunyai identitas diri.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membilang banyak benda.

C.     Kegiatan Penutup :
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran   :
·         Ceritakan apa saja yang kamu lakukan sebelum ke sekolah ?
·         Jelaskan pentingnya identitas diri
·         Tuliskan huruf n sebanyak 10.
Pertemuan ketiga        : 3 x 35 menit (B.Ind, Mat)
A.    Kegiatan awal       :
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksposisi
B. Ind  : Siswa memperkenalkan diri di depan kelas
Mat      : Siswa membilang sesuai banyak benda.
b.      Elaborasi        
      B. Ind  : Memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun.
                  : Secara bergiliran memperkenalkan diri.
      Mat      : Menghitung beda pada gambar/ model dengan jumlah benda  1 – 10.
                  : Menyebutkan jumlah banyak benda 1 – 10.
                  : Meletakkan kartu bilangan pada jumlah benda dengan tepat.
                  : Seorang siswa meletakkan benda  dan siswa lain menyimpan kartu  bilangan
                    yang tepat
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang memperkenalkan diri.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membilang banyak benda.

C.     Kegiatan Penutup :
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran   :
-          Tuliskan nama lengkap/panjang !
-          Berapa umurmu ?
-          Tuliskan bacaannya !   9 =
7 =



Pertemuan ke empat    : 4 x 35 menit (B.Ind, Mat)
A.    Kegiatan Awal      :
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.
B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksposisi
B. Ind  : Siswa mendiskripsikan benda dalam bentuk warna dan permukaan
Mat      : Siswa menuliskan lambang bilangan sesuai banyak benda
b.      Elaborasi
      B. Ind  : Melakukan pengamatan pada benda untuk menguraikan deskripsinya
                  : Mengungkapkan deskripsi benda dalam bentuk, warna, dan permukaan.
                    Contoh :  Bentuknya panjang , digunakan untuk menulis, bisa bergambar, dan
                    Polos, semua murid memerlukannya. à deskripsi dari pensil.
                  : Mencoba untuk mendeskripsikan benda yang diperlihatkan temannya.
      Mat      : Mengamati manik-manik, kancing atau kelereng yang diperlihatkan guru.
                  : Menghitung banyak benda yang diperlihatkan guru dengan urutan yang benar.
                  : Menyebutkan bilangan yang sesuai dengan jumlah banyak benda.
                  : Menyimpan kartu bilangan pada benda yang sesuai dengan jumlahnya.
                  : Menuliskan lambang bilangan yang tepat sesuai dengan banyaknya benda.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mendiskripsikan
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis lambang bilangan
C.     Kegiatan Penutup :
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
D.    Kegiatan Penutup
Deskripsikan !
-          Tas
-          Bola
-          Lemari
Tulis dan sebutkan lambang bilangannya !
-          Huruf k sebanyak sembilan
-          Huruf m sebanyak tujuh.
Pertemuan kelima        : 4 x 35 menit (B. Jawa, Mat, B. Ind)
A.    Kegiatan Awal      :
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksposisi
B. Jawa   : Siswa membedakan bunyi dan penulisan antara huruf e’ dan e
Mat          : Siswa membandingkan jumlah benda.
B. Ind      : Siswa menunjuk dan  menyebutkan nama anggota tubuh.
b.      Elaborasi
      B. Jawa    : Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e’              
                         ( tempe, toke, dll) 
                       : Menirukan kata –kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e
                        ( jempol, gelas,dll )
                       : Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e’ dan e.
                       : Meletakkan kartu huruf e`, e, pada kata yang belum sempurna berdasarkan
                         pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
                       : Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan lafal
                         yang tepat.
      Mat           : Mengamati dua kelompok benda yang sama jumlahnya, berbeda jumlahnya
                         untuk menemukan fakta lebih banyak atau lebih sedikit dan sama banyak.
                       : Membilang tiap kelompok benda dengan batas jumlah 1- 10.
                       : Menyebutkan bilangan yang tepat pada tiap kelompok benda.
     : Membandingkan jumlah benda dan menyatakan lebih banyak atau lebih
       sedikit atau sama banyak pada kedua kelompok benda tersebut.
                       : Melakukan hal sama pada dua kelompok benda dengan jumlah yang berbeda.
      B. Ind       : Melakukan pengamatan terhadap gambar anggota tubuh.
                       : Menyanyikan lagu “ Dua mata saya “
                       : Menyebutkan nama anggota tubuh yang terlihat pada gambar.
                       : Menyebutkan nama anggota tubuh melalui permainan lagu “ Kepala ,pundak
                         lutut kaki …”
                       : Menunjukkan dan menyebutkan nama  anggota tubuh melalui tubuh
                         temannya.


c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membedakan (bunyi dan penulisan huruf e)
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membedakan banyak benda.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentnag menunjukkan dan menyebutkan nama-nama anggota tubuh.

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Tulisen lan wacanen !
-          Pethel, gelas, bendi
-          Jumlah jari tangan kanan .... jumlah jari tangan kiri ....
-          Umur saya .... dan umur adik ....
-          Sebutkan nama anggota tubuh bagian atas !

Pertemuan keenam      : 4 x 35 menit (Seni Budaya dan Ketrampilan, B. Ind)
A.    Kegiatan Awal      :
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksposisi
Seni Budaya dan         : Siswa membuat gambar yang berunsur garis.          
Ketrampilan
B. Ind                          : Siswa mengurutkan kegunaan anggota tubuh.
b.      Elaborasi
      Seni Budaya                : Mengenal titik sebagi awal sebuah gambar.
                                            Menggabungkan beberapa titik untuk membuktikan sebuah garis
                                            terdiri dari sekumpulan titik-titik yang berderet.
                                            Membuat garis lurus, garis miring, garis zigzag dan garis
                                            lengkung.
                                            Membuat  aneka garis ( garis lurus dan garis lengkung ) yang
                                            membentuk gambar lingkaran, segitiga, atau persegi.
                                            Membuat gambar yang berunsur garis.
                                            Mengamati gambar anggota tubuh.
      B. Ind                          : Menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh dengan
                                            menggunakan bahasa yang sederhana.
                                            Mewarnai gambar tubuh dengan warna yang sesuai dan
                                            menjelaskan kegunaan dari tiap anggota tubuh.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang kegunaan anggota tubuh.

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
·         Gambarkan garis lurus, miring, zig-zag dan lengkung sehingga menjadi bentuk.
·         Beri warna gambar anggota tubuh dan sebutkan nama kegunaannya !


Minggu  ke 2
Pertemuan Pertama     : 4 x 35 menit ( IPA, PKn, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksplorasi
B. Jawa           : Siswa membedakan bunyi dan penulisan antara huruf e’ dan e.
Mat                  : Siswa membandingkan jumlah benda
B. Ind              : Siswa menunjuk dan menyebutkan nama anggota tubuh.


b.      Elaborasi
      B. Ind              : Menyimak tugas yang disampaikan guru dalam mengerjakan tugas.
                              : Membuat bentuk garis, lingkaran di udara dengan posisi memegang alat
                                tulis.
                              : Memperhatikan lembar tugas yang harus dilakukan adalah menjiplak
                                bentuk, garis dan lingkaran dengan posisi duduk dan memegang alat
                                tulis yang benar.,
                              : Menjiplak  berbagai bentuk yang mendekati bentuk huruf.
IPS                  : Menceritakan alamat rumah dan alamat sekolah
  Menceritakan kegiatan sebelum pergi ke sekolah.
                                Menjelaskan manfaat  mempunyai alamat  tempat tinggal
                                Menceritakan keadaan sekolah, jarak, dan suasana di sekolah.
      Mat                  : Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
                                Menuliskan di udara bentuk bilangan 1 sampai 10.
                                Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
                                Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
                                Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilanagn dan membacanya
                                secara individual dan klasikal.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menjiplak
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang alamat rumah dan sekolah
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca danmenulis lambang bilangan.

C.     Kegiatan Penutup :
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran   :
Ceritakan keadaan sekolahmu !
Tuliskan bilangan dan lambang dari 2 – 7.




Pertemuan ketiga        : 4 x 35 menit ( B. Ind, Mat, B. Jawa)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti         :
a.       Eksposisi         :
B. Ind              : Siswa melakukan menjiplak dan memegang alat tulis dengan betul
Mat                  : Siswa melakukan membaca dan menulis lambang bilangan.
B. Jawa           : Siswa membedakan bunyi dan penulisan kata-kata yang mempunyai
  vocak e.
b.      Elaborasi
      B. Ind              : Menyimak uraian tugas yang disampaikan guru,
                              : Memperhatikan Lembar tugas yang diberikan  guru, yang harus
                                dilakukan adalah menebalkan bentuk, garis, lingkaran dengan posisi
                                duduk dan memegang alat tulis yang baik.
      Mat                  : Menyebutkan bilangan yang tepat untuk jumlah sekumpulan benda.
                              : Menuliskan di udara bentuk bilangan 11 sampai 20 .
                              : Menuliskan bilangan yang sesuai dengan banyak benda pada papan tulis.
                              : Membaca nama bilangan yang tertera pada papan tulis.
                              : Mengerjakan latihan menuliskan lambang bilangan  dan membacanya
                                secara individual dan klasikal.
      B. Jawa           : Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara  e`
                                dan e.
                              : Membedakan suara e`, e pada kata dengan cara menyimpan kartu
                                huruf dengan tepat.
                              : Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`
                                dan e.
                              : Membaca ulang secara klasikal kata-kata yang mempunyai vocal
                                e` dan e.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menjiplak
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca dan menulis lambang bilangan
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membedakan bunyi dan penulisan kata-kata yang mengandung vocal e

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
-          Buatlah garis lengkung sebanyak 10
-          Selesaikan !
a   a   a   a   a   a           =
n   n   n   n   n   n         =
-          Wacanen !
Sego goreng
Enjing

Pertemuan keempat     : 4 x 35 menit ( B. Ind, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
B.Ind               : Siswa membaca huruf yang sudah dijiplak
Mat                  : Siswa menulis bilangan dan lambang bilangan yang diucapkan guru
b.      Elaborasi
      B. Ind              : Melakukan menjiplak bentuk huruf lepas a, i,  dengan posisi duduk dan
                                memegang alat tulis dengan baik.
                              : Menebalkan bentuk huruf lepas  a , i  dengan posisi duduk dan
                                memegang alat tulis yang baik.
: Membaca huruf yang sudah dijiplak dan ditebalkan
      Mat                  : Membaca lambang bilangan 1 – 10  yang di perlihatkan guru melalui
                                kartu bilangan secara urut.
                              : Membaca lambang bilangan  11 – 20 yang diperlihatkan guru melalui
                                kartu bilangan secara urut.
                              : Membaca lambang bilangan 1- 20 yang diperlihatkan guru melalui kartu
                                huruf secara acak.
                              : Menyimpan kartu bilangan sesuai dengan yang diucapkan guru..
                              : Mengambil kartu bilangan sesuka hati lalu membacanya.
                              : Menuliskan lambang bilangan sesuai yang diucapkan guru.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menjiplak
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja membaca dan menulis lambang bilangan

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Jiplaklah !
a   a   a   a              =
i   i   i   i                 =
e   e   e   e              =

o   o   o   o             =
n   n   n   n             =
b   b   b   b             =
Pertemuan kelima        : 4 x 35 menit (B. Jawa, Mat, B. Ind)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
B. Jawa           : Siswa membaca kata yang mengandung vocal e’, e
Mat                  : Siswa menulis lambang bilangan secara urut.
B. Ind              : Siswa memnaca dan menjiplak secara urut.
b.      Elaborasi
      B. Jawa           : Meletakkan kartu huruf e`, dan e pada kata yang belum sempurna
                                berdasarkan pada pendengaran atas kata-kata yang diucapkan guru.
                              : Membacakan kartu huruf yang telah sempurna pengejaannya dengan
                                lafal yang tepat.
                              : Mengambil kartu huruf dan membacanya dengan lafal e`, dan e
                                dengan tepat secara individual maupun klasikal.
                              : Menirukan kata-kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal e’
                                dan e.
                              : Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara 
                                e`, dan e
                              : Membaca ulang secara individual kata-kata yang mempunyai vocal e`
                                dan e
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca vocal e’, e
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis lambang bilangan secara urut.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menjiplak.

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah
D.    Lampiran
Wacanen !
-          Susi tuku gedang goreng
-          Pakune dithuthuk nganggo pethel
-          Urutkan dari yang paling besar sampai dengan yang terkecil ; 3, 5, 9, 7, 2, 6, 4, 8
Salinlah !
-          Budi main bola
-          Lola sudah mandi

Pertemuan ke enam           : 4 x 35 menit (Seni Budaya dan Ketrampilan, B. Ind)
  1. Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.
  1. Kegiatan Inti
a.       Eksposisi
Seni Budaya          : Siswa memberi warna gambar bangun dengan serasi.
                              : Siswa menulis ucapan dengan betul.
b.      Elaborasi
Seni Budaya          : Melakukan percobaan untuk mengenal warna dasar, dengan
                                            menggunakan cat air, spidol, pensil warna.
                                          : Mewarnai lingkaran, persegi dan segi tiga dngan warna dasar
                                            yang berbeda.
                                          : Mewarnai gambar benda alam dengan warna yag sesuai.
                                          : Mengenal warna lain selain warna dasar.
B. Ind                    : Menyalin / mencontoh huruf, suku kata dan kata yang
  mengandung huruf a, I, u, e, o , m, b, d, n, b, d
                                          : Menuliskan huruf, suku kata dan kata yang didiktekan guru.
                                          : Membaca huruf, suku kata dan kata yang ditulis.

c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang mewarnai
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis ucapan guru.

  1. Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                                    1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                                    2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

  1. Lampiran
Gambarkan bangun, dan beri warna !
-          Segitiga, persegi, lingkaran, persegi panjang, trapezium
Tuliskan !
-          Balon ani ada lima
-          Bobi main bola

Minggu ke 3
Pertemuan Pertama     : 4 x 35 menit (IPA, PKn, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
IPA                 : Siswa menguraikan cara merawat anggota tubuh
PKn                 : Siswa memperagakan permainan anak laki-laki dan anak perempuan
Mat                  : Siswa membaca dan menulis lambang bilangan
b.      Elaborasi
IPA                 : Mengamati model/ gambar anggota tubuh.
: Menyanyikan lagu ” Bangun tidur ”
: Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh
: Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati..
: Mendiskusikan secara sederhana manfaat merawat anggota tubuh.
: Menyebutkan kerugian bila tidak merawat anggota tubuh.
: Membiasakan diri untuk merawat anggota tubuh.
PKn                 : Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan oleh anak laki-laki
: Memperagakan jenis permainan yang biasa dilakukan anak laki-laki.
: Menyebutkan jenis permainan yang biasa dilakukan anak perempuan.
: Menjelaskan perlunya saling menghargai perbedaan dari tiap individu.
: Menjelaskan bahwa dari perbedaan dapat menciptakan kerukunan bukan
  perselisihan.
      Mat                  : Mengamati sekelompok benda yang berjumlah 1 – 10.
                              : Mengelompokkan benda tersebut dari jumlah yang terbesar.
                              : Membaca lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda yang telah
                                berurut.
                              : Menuliskan lambang bilangan dari tiap jumlah kelompok benda.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang cara merawat anggota tubuh.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang permainan anak laki-laki dan perempuan.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca dan menulis lambang bilangan

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
-          Kapan kita harus menggosok gigi ?
-          Berapa kali mandi dalam sehari ?
-          Sebutkan 3 permainan anak laki-laki !
-          Sebutkan 3 permainan anak perempuan !
-          Urutkan dari yang terkecil dan tulis lambang bilangan !
-          Tujuh jeruk, enam apel, lima melon.
-          Sembilan nanas, delapan mangga, sepuluh duku

Pertemuan kedua        : 4 x 35 menit (B.Ind, IPS, Mat)
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi
B. Indoonesia  : Siswa menulis huruf tegak bersambung
IPS                  : Siswa menguraikan hubungan anggota keluarga dengan kerabat dirumah
Matematika     : Siswa membaca bilangan loncat dua.
b.      Elaborasi
B. Indonesia    : Menuliskan/menyalin kalimat sederhana yang terdiri dari tiga kata yang
                          dibangun oleh huruf a, i, u, e, o, m, n, d, b.
: Menyalin/menuliskan huruf yang dipelajari ke dalam tulisan tegak bersambung.
: Membaca huruf yang sudah ditulis.
            IPS                  : Menceritakan nama ayah, ibu, kakak, adik, dan kerabat yang ada
                                      Dirumah.
: Menjelaskan hubungan kekerabatan antara anggota keluarga yang ada dirumah.
: Menjelaskan bahwa kerukunan harus selalu dijaga.
            Matematika     : Membacakan sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
: Melingkari bilangan yang berpola loncat (kelipatan 2)
: Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 2
: Menuliskan bilangan yang berpola loncat 2 dipapan tulis
: Membaca nama bilangan yang berpola loncat 2.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis huruf tegak bersambung.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang kerukunan keluarga dengan kerabat.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca bilangan loncat dua.

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
                        1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
                        2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Salinlah dengan huruf tegak bersambung !
-          Budi main bola
-          Anita beli buku
-          Bicara sopan untuk menjaga . . . .
-          Di sekolah kita harus . . . dengan teman
Bacalah !
-          2, 4, 6, 8
-          1, 3, 5, 7, 9

Pertemuan ke tiga       : 4 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Jawa  )
A.    Kegiatan Awal
a.  Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.  Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.  Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.  Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.
B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi        :
B. Indonesia    : Siswa menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung
Matematika     : Siswa membaca dan menulis bilangan loncat tiga
B. Jawa           : Siswa menulis ucapan guru.
b.      Elaborasi         :
B. Indonesia    : Menyalin kalimat sederhana dari papan tulis yang disusun dari huruf
  yang sudah dipelajari ke dalam buku tulis sendiri.
: Membaca setiap kalimat yang ditulis
Matematika     : Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
: Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 3 .
: Menyebutkan bilangan yang berpola loncat 3.
: Menuliskan bilangan yang berpola loncat 3 di papan tulis.
: Membaca nama bilangan yang berpola loncat 3.
B. Jawa           : Menirukan kata – kata yang diucapkan guru yang mengandung vocal eu
: Mengeja setiap kata untuk membedakan bunyi dan penulisan antara e’, e dan eu.
: Membaca ulang secara indiviudal kata – kata yang mempunyai vocal e’, e dan eu.
: Membaca ulang secara klasikal kata – kata yang mempunyai vocal e’, e dan eu.
: Menunjukkan perbedaan penulisan huruf e’, e dan eu.
: Menuliskan kata – kata yang didektekan yang disusun dari konsonan dan vocal e’, e dan eu.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis huruf tegak bersambung
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca dan menulis bilangan loncat tiga.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis ucapan guru.

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Salinlah dengan huruf tegak bersambung !
-          Dona minum susu
-          Banu beli bola


Bacalah dan tulislah !
-          14, 7, 10
-          2, 5, 8, 11
      Tulislah !
-          Banu mangan pete
-          Gedhang goreng iku legi

Pertemuan ke empat  : 4 x 35 menit.  ( Bahasa Indonesia, Matematika )
A.    Kegiatan Awal :
a.       Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.      Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi        :
B. Indonesia    : Siswa menulis ucapan guru dengan huruf tegak bersambung.
Matematika     : Siswa membaca dan menulis bilangan loncat 4.

b.      Elaborasi
B. Indonesia    : Menyalin/ mencontoh kata yang ditulis di papan tulis.dengan
                          menggunakan huruf lepas.
: Membaca kata-kata yang ditulis di papan tulis..
: Menuliskan kata yang didiktekan guru dengan menggunakan tulsan  tegak bersambung.
      Matematika     : Membaca sekelompok bilangan 1 – 20 secara urut.
: Melingkari bilangan yang berpola loncat ( kelipatan) 4 .
: Menuliskan bilangan yang berpola loncat 4 di papan tulis..
: Membaca nama bilangan yang berpola loncat 4.

c.       Konfirmasi
·        Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis ucapan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca membaca dan menulis bilangan loncat 4.


C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Tulislah dengan huruf tegak bersambung !
-          Bola budi ada lima
-          Umi minum susu
Baca dan Tulislah !
-          2, 6, 10, 14
-          3, 7, 11, 15

Pertemuan ke lima  : 4 x 35 menit ( Basa Jawa, Matematika, Bahasa Indonesia)
A.    Kegiatan Awal :
a.       Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.      Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Eksplorasi        :
B. Jawa           : Siswa menulis ucapan guru
Matematika     : Siswa melengkapi bilangan urutan loncat 2, 3 dan 4
B. Indonesia    : Siswa membaca dan menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung.
b.      Elaborasi         :
B. Jawa           : Menuliskan kata – kata yang didektekan yang disusun dari konsonan dan
                          vocal e’, e dan eu.
: Menunjukkan gambar yang sesuai dengan kata yang diucapkan
: Memilih kata yang tepat untuk melengkapi kalimat
Matematika     : Membaca bilangan yang berpola loncat 2, 3 dan 4
: Melengkapi lambang bilangan yang berpola loncat 2, 3 dan 4
: Melengkapi urutan bilangan yang berpola loncat 2, 3 dan 4
B. Indonesia    : Menyalin/mencontoh kalimat dari buku dalam buku tulis sendiri
: Membaca setiap kalimat yang ditulis dalam buku tulis sendiri.
c.       Konfirmasi
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis ucapan guru.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang melengkapi bilangan urutan loncat 2, 3 dan 4.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang membaca dan menyalin kalimat dengan huruf tegak bersambung.

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Tulislah !
-          nuthuk paku nganggo pethel.
-          Gedhang goreng iku legi rasane
Lengkapilah !
-          7, 9, . . .
-          8, 11, . . .
-          6, 10, . . .

Pertemuan ke enam     : 4 x 35 menit ( Seni Budaya dan Keterampilan, B. Indonesia )
A.    Kegiatan Awal
a.       Guru memberi salam, berdo’a, membaca Pancasila.
b.      Guru  mengamati siswa, kerapian, kelengkapan seragam.
c.       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai.
d.      Guru  menyampaikan pertenyaan yang ada kaitannya dengan materi yang akan 
     diajarkan.

B.     Kegiatan Inti
a.       Elaborasi         :
Seni Budaya    : Siswa menunjukkan paduan warna yang sesuai
B. Indonesia    : Siswa menulis ucapan guru dengan huruf tegak bersambung

b.      Elaborasi
Seni Budaya    : Melakukan percobaan untuk mengenal warna tambahan, dari paduan
                         warna – warna dasar dengan menggunakan cat air.
: Menyebutkan warna baru hasil dari apduan 2 warna dasar yang berbeda.
: Mewarnai bentuk dengan warna tambahan
B. Indonesia    : menyalin/mencontoh kalimat yang di tulis di papan tulis dengan
                          menggunakan huruf lepas.
: Menyalin/mencontoh kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan tulisan bersambung.

c.       Konfirmasi      :
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang paduan warna.
·         Siswa mempresentasikan hasil kerja tentang menulis huruf tegak bersambung

C.     Kegiatan Penutup
a.       Guru melakukan refleksi
1.      Apakah inti dari presentasi yang dilakukan.
2.      Hasil yang diperoleh hari ini merupakan informasi pembelajaran berikutnya.
b.      Guru membacakan laporan pengamatan
c.       Guru memberi tugas di rumah

D.    Lampiran
Buatlah paduan warna antara hijau dan merah !
Salinlah !
-  Adik minum susu
-  Bibi beli ubi

V.  Alat dan Sumber Belajar
Buku Sumber : Buku IPS, B. Indonesia, Matematika, Pkn, IPA
                                  B. Jawa yang relevan.

Alat Peraga  :
1.      Gambar anggota tubuh.
2.      Kartu huruf
3.      Kartu bilangan.
4.      Manik-manik, kelereng, batu-batuan, kerang.
5.      Cat air , kuas



VI.    Penilaian
Teknik  Tes  :
·         Tes lisan.
1.      Keberanian menjawab/ menyampaikan pendapat dalam diskusi kecil..
2.      Ketepatan jawaban.
3.      Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan.
·         Tes tertulis
1.      pilihan ganda
2.      isian.
·         Tes perbuatan.
Bentuk Tes :
1.      Objektif tes
2.      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·         LKS
·         Lmbar observasi.


                                                                                        Mengetahui ....................., .................. 2010
   Kepala SDN                                                                                            Guru Kelas I



  _______________________                                                             _______________________
  NIP.                                                                                                   NIP.

Lampiran : Soal-Soal Ulangan Harian terdiri dari mapel PKn, BI, MAT, IPA, IPS, SBK, B. Jawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar