STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | LANGKAH PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SARANA DAN SUMBER |
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : · Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | · Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat · Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat · Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat. | · Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi. · Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap. · Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri. · Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya. · Menjelaskan manfaat rumah sehat | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 3 minggu | · Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1. |
IPA : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia | IPA : · Mengenal berbagai benda langit melalui pengamatan | · Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari. · Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari. · Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari. | · Melalui lagu bintang kecil, bulan sabit, siswa mengingat kembali tentang bulan, matahari dan bintang ( benda langit ) · Menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama (lagu bintang kecil, lagu bulan sabit ) · Menyebutkan ciri-ciri dari tiap benda langit yang disebutkan dalam lagu tersebut. · Melalui pengalaman dan pengamatan siswa menceritakan benda-benda langit yang terliahat pada waktu siang . · Melalui pengalaman dan tugas siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari. | |||
PKN : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah | PKN : · Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | · Melaksanakan tata tertib di rumah. · Melaksanakan tata tertib di sekolah | · Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang tata tertib yang sudah dilaksanakan di rumah. · Setelah diskusi siswa menyebutkan tata tertib yang belum bisa dilaksanakan di rumah. · Mengelompokkan jenis tata tertib yang ringan dan berat untuk dilaksanakan. | |||
Matematika : Menggunakan pengukuran berat | Matematika : · Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan · Membandingkan berat benda ( ringan , berat ) | · Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan. · Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari. · Memberi contoh benda yang berat dan ringan. · Mengukur berat benda dengan satuan tak baku. · Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku | · Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 23 +24 ) · Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 20 ) + ( 3 + 4 ) =.... · Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya. · Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar. | |||
· Bahasa Indonesia : Mendengarkan : Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng sekitar dan dongeng Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar. Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung | · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain. | · Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( Si kancil mengalahkan srigala) · Menyimak dongeng dengan penuh perhatian. · Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit. · Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut. · Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik · Mengapresiasi karya seni tari | Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengekspresikan diri melalui vokal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana · Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib. · Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat | · Memainkan alat musik sederhana. · Menyanyikan lagu dengan syair yang benar. · Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya. · Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.) · | · Memperhatikan cara memainkan alat musik sederhana yang telah disediakan/ dibawa oleh siswa. · Memainkan alat musik sederhana dengan lagu yang mudah dikuasai siswa. · Membuat kelompok untuk penampilan alat musik dan lagu anak-anak yang sudah dikuasai. · Memainkan alat musik dan menyanyikan lagu di hadapan teman-temannya dengan percaya diri secara kelompok. · Menyanyikan salah satu lagu wajib yang mudah dihafalkan siswa |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar