Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA: PERMAINAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I
TEMA: PERMAINAN

STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
LANGKAH PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SARANA DAN SUMBER
0
1
2
3
4
5
6
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
·         Membandingkan rumah sehat dan tidak sehat
·         Menyebutkan cirri-ciri rumah sehat
·         Menyebutkan cirri-ciri rumah tidak sehat.

·         Mengamati gambar rumah yang keadaannya bersih, banyak tanaman, tidak ada sampah, ada alat kebersihan, dan rapi.
·         Mengamati gambar rumah yang kotor, banyak sampah, tidak ada tanaman, banyak lalat, saluran air kotor meluap.
·         Menjelaskan masing-masing gambar dengan bahasa sendiri.
·         Membandingkan kedua gambar dengan menyebutkan keuntungan dan kerugiannya.
·         Menjelaskan manfaat rumah sehat

Teknik Tes  :
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes perbuatan
Bentuk Tes :
·      Objektif tes
·      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·      LKS
·      Lmbar observasi
3 minggu
·   Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
o   Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
o   Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
o   Buku Piwulang Basa SD Kelas 1.
IPA :
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam (cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
IPA :
·         Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan
·         Menceritakan benda-benda langit yang terlihat pada waktu siang dan malam hari.
·         Menggambar benda langit yang dapat terlihat pada waktu malam dan siang hari.
·         Menceritakan jenis binatang yang keluar pada siang dan malam hari.

·         Melalui lagu bintang kecil, bulan sabit, siswa mengingat kembali tentang bulan, matahari dan bintang ( benda langit )
·         Menyanyikan lagu anak-anak bersama-sama (lagu bintang kecil, lagu bulan sabit )
·         Menyebutkan ciri-ciri dari tiap benda langit yang disebutkan dalam lagu tersebut.
·         Melalui pengalaman dan pengamatan  siswa menceritakan benda-benda langit yang terliahat pada waktu siang .
·         Melalui pengalaman dan tugas siswa dapat menceritakan benda langit yang terlihat pada malam hari.

PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah
·         Melaksanakan tata tertib di rumah.
·         Melaksanakan tata tertib di sekolah

·         Dengan bimbingan guru siswa melakukan diskusi sederhana tentang  tata tertib yang sudah dilaksanakan di rumah.
·         Setelah diskusi siswa menyebutkan tata tertib yang belum bisa dilaksanakan di rumah.
·      Mengelompokkan jenis tata tertib yang ringan dan berat untuk dilaksanakan.



Matematika :
Menggunakan pengukuran berat
Matematika :
·         Menggunakan sifat oprasi pertukaran dan pengelompokkan
·         Membandingkan berat benda ( ringan , berat )
·         Menggunakan sifat oprasi hitung pertukaran dan pengelompokkan untuk mempermudah perhitungan penjumlahan dan pengurangan.
·         Mengenal berat benda melalui kegiatan sehari-hari.
·         Memberi contoh benda yang berat dan  ringan.
·         Mengukur berat benda dengan satuan tak baku.
·         Menunjukkan perbedaan hasil-hasil pengukuran berat dengan satuan tak baku
·       Memperhatikan kalimat penjumlahan yang ditulis guru di papan tulis.( 23 +24 )
·       Dengan bimbingan guru siswa mengelompokkan bilangan berdasarkan nilai tempatnya. ( 20 + 20 ) + ( 3 + 4 ) =....
·       Menjumlahkan bilangan yang sama nilai tempatnya.
·         Mendapat hasil yang tepat bila caranya benar.
·     Bahasa Indonesia :     
Mendengarkan :
Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng                sekitar dan dongeng
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·         Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
Berbicara
·         Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung
·         Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·         Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·         Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·         Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·         Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain.

·         Mempersiapkan diri untuk mendengarkan dongeng yang akan disampaikan oleh guru. ( Si kancil mengalahkan  srigala)
·         Menyimak dongeng dengan penuh perhatian.
·         Mengingat jalan cerita dari dongeng dengan melakukan tanya jawab tentang tokoh, dan perilaku tokoh dalam dongeng tersebuit.
·         Mendiskusikan isi dari dongeng tersebut.
·         Memperagakan sikap dan perilaku dari tokoh dalam dongeng tersebut



Seni Budaya dan Keterampilan :
·     Mengapresiasi karya seni  musik
·     Mengapresiasi karya seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengekspresikan diri melalui vokal, alat musik, atau sumber bunyi sederhana
·         Menyanyikan lagu anak-anak dan lagu wajib.
·         Mengidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak berpindah tempat

·         Memainkan alat musik sederhana.
·         Menyanyikan lagu dengan syair yang benar.
·         Menyebutkan bermacam-macam gerak berpindah tempat berdasarkan fungsinya.
·         Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai dengan fungsinya.)
·          
·         Memperhatikan cara memainkan alat musik sederhana yang telah disediakan/ dibawa oleh siswa.
·         Memainkan alat musik sederhana dengan lagu yang mudah dikuasai siswa.
·         Membuat kelompok untuk penampilan alat musik dan lagu anak-anak yang sudah dikuasai.
·         Memainkan alat musik dan menyanyikan lagu di hadapan teman-temannya dengan percaya diri secara kelompok.
·         Menyanyikan  salah satu lagu wajib yang mudah dihafalkan siswa






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar