SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2
TEMA: LINGKUNGAN
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : ·Mendeskripsikan letak rumah | · Aturan yang berlaku di masyarakat | · Membaca solmisasi dari nada rendah ke tinggi ( melodi naik ). · Mengingat kembali nama ruangan yang terdapat pada gambar. · Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada sebuah rumah. · Menempel guntingan denah rumah yang sudah disiapkan.( dari koran, tabloid atau majalah ) | · Menggambar denah rumah sendiri · Menjelaskan denah rumah sendiri | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 2 minggu | o Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten. |
IPA/ Sains : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. | IPA : Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( batery, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet) | Menjaga kebersihan rumah | · Melalui pengamatan terhadap model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik. · Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik. · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik. · Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok | · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik · Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. · Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat | |||
PKN : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah | PKn : · Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | · Pengaruh musim pada kegiatan manusia | · Melalui pengamatan terhadap model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik. · Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik. · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik. · Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok | · Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga. · Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah. · Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal | |||
Matematika : · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah. | Matematika : · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka | · Mengenal bangun datar | · Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. · Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan. · Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10 di papan tulis | · Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan 10. · Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10. · Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan · Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan | |||
Bahasa Indonesia : Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Mengulang deskripsi tentang benda benda di sekitar. · Menyebutkan isi dongeng. Berbicara · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. · Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. | · Memerankan tokoh dongeng · Membuat kalimat berdasarkan gambar. · Percakapan. · Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan. · Membaca lancar · Menulis huruf tegak bersambung. | · Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan teks percakapan sederhana. · Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru. · Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal. · Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut. · Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman. · Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan. · Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik. | · Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru · Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya. · Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru. · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik | Seni Budaya dan Keterampilan : · Menampilkan pola irama dan melodi sederhana · Memeragakan dinamik sederhana · Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana. | · Unsur gerak tari. · Keragaman unsur gerak tari | · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando. · Menyanyikna lagu sesuai dengan dinamik. · Secara berkelompok, individu, dan kalsikal menyanyikan lagu dengan baik. | · Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan. · Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu. · Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando · Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya. · Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan. |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar