Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: LINGKUNGAN

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2

TEMA: LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah

IPS  :
·Mendeskripsikan letak rumah

·     Aturan yang berlaku di masyarakat
·      Membaca solmisasi dari nada rendah ke tinggi ( melodi naik ).
·        Mengingat kembali nama ruangan yang  terdapat pada gambar.
·      Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada sebuah rumah.
·      Menempel guntingan  denah rumah yang sudah disiapkan.( dari koran, tabloid atau  majalah )
·        Menggambar denah rumah sendiri
·        Menjelaskan denah rumah sendiri
Teknik Tes  :
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes perbuatan
Bentuk Tes :
·      Objektif tes
·      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·      LKS
·      Lmbar observasi
2  minggu
o   Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
o   Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
o   Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
o   Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, Penerbit Geugeur Sunten.
IPA/ Sains :    
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya  dalam kehidupan sehari-hari.

IPA :
Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( batery, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet)
Menjaga kebersihan rumah
·      Melalui pengamatan terhadap  model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
·       Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
·      Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak  menggunakan energi listrik.
·      Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok
·        Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak menggunakan energi listrik
·        Menyebutkan energi yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
·        Menyebutkan energi alternative yang digunakan oleh masyarakat
PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKn :
·   Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah

·     Pengaruh musim pada kegiatan manusia
·      Melalui pengamatan terhadap  model, siswa dapat menunjukkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak menggunakan energi listrik.
·       Mengelompokkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik dan tidak mengguankan energi listrik.
·      Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang tidak  menggunakan energi listrik.
·      Mengerjakan Lembar kerja siswa secara kelompok
·        Membandingkan tugas dan kewajiban setiap anggota keluarga.
·        Menjelaskan jenis-jenis kewajibanmurid di sekolah.
·        Melaksanakan piket sesuai dengan jadwal


Matematika :
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan   bilangan sampai dengan dua angka dalam
                                                       pemecahan masalah.

Matematika :
·   Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka
·     Mengenal bangun datar
·      Menyimak penjelasan guru tentang pengerjaan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan  bukan kelipatan 10.
·      Mengerjakan soal  pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 dengan mendahulukan angka yang mempunyai nilai tempat satuan.
·      Secara bergiliran mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan  kelipatan 10 di papan tulis
·        Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka cara bersusun pendek.
·        Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan kelipatan  10.
·        Mengurangkan 2 bilangan 2 angka kedua bilangan bukan kelipatan 10.
·        Menyelesaikan soal cerita yang mengandung pengurangan
·        Memecahkan masalah sehari-hari yang mengandung penjumlahan dan pengurangan


Bahasa Indonesia :
Berbicara       :
·   Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·   Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·   Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
 Mendengarkan
·   Mengulang deskripsi  tentang benda benda di sekitar.
·   Menyebutkan isi   dongeng.
Berbicara
·   Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·   Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·   Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Memerankan tokoh dongeng
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Percakapan.
·         Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
·         Membaca lancar
·         Menulis huruf tegak bersambung.

·      Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan       teks percakapan sederhana.
·      Berlatih melafalkan teks percakapan dengan teman sebangku dengan bimbingan guru.
·      Mengucapkan kalimat percakapan dengan suara nyaring secara klasikal.
·      Melakukan pembagian peran untuk memeragakan percakapan tersebut.
·      Melakukan percakapan di depan kelas dengan teman.
·      Menjawab pertanyaan tentang isi dari percakapan yang telah dilakukan.
·      Memberikan tanggapan positif bagi siswa yang melakukan percakapan dengan baik.
·        Meniru atau mengulang deskripsi benda-benda sesuai deskripsi guru
·        Menentukan nama benda yang dideskripsikan guru sesuai dengan cirri-cirinya.
·        Mendeskripsikan benda-benda lain dengan bimbingan guru.
·        Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·        Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·        Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·        Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·        Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·        Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·        Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·        Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.



Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengapresiasi karya seni musik
Seni Budaya dan Keterampilan :
·   Menampilkan pola irama dan melodi sederhana
·   Memeragakan dinamik sederhana
·   Mengekspresikan diri melalui vocal alat musik, atau sumber bunyi sederhana.
·         Unsur gerak tari.
·         Keragaman unsur gerak tari
·      Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando.
·      Menyanyikna lagu sesuai dengan dinamik.
·      Secara berkelompok, individu, dan kalsikal menyanyikan lagu dengan baik.
·        Menunjukkan kesesuaian gerakan dan tepukan dengan rangkaian bunyi yang diperagakan.
·        Menunjukkan dengan memeragakan tepukan atau gerakan sesuai dengan lagu.
·        Menunjukkan dengan menyuarakan bagian melodi glissando
·        Menyanyikan lagu sesuai dengan tanda dinamiknya.
·        Mengungkapkan perasaan yang dialami tentang perubahan dinamik pada lagu secara lisan.





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar