Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA: PERISTIWA

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS I
TEMA: PERISTIWA

STANDAR
KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI 
LANGKAH PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI
 WAKTU
SARANA DAN SUMBER
0
1
2
3
4
5
6
IPS  :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menceritakan  kembali peristiwa   penting
·        Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami.
·        Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami.

·      Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
·      Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya.
·      Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar.
Teknik Tes  :
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes perbuatan
Bentuk Tes :
·      Objektif tes
·      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·      LKS
·      Lmbar observasi
3 minggu
·      Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
o   Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
o   Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
o   Buku Piwulang Basa SD Kelas 1.
IPA :
Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
IPA :
·         Membedakan gerak  benda yang mudah bergerak dengan  benda yang sulit  bergerak melalui percobaan
·        Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·        Menyebutkan benda yang mudah bergerak.
·        Menyebutkan benda yang sulit bergerak
·      Melalui pengamatan pada model dan demontrasi dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda mudah bergerak.
·      Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa beberapa benda sulit bergerak.
·      Mengelompokkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.
·      Menunjukkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak.

PKN :
Menerapkan hak anak  di rumah dan di sekolah
PKN :
·         Menjelaskan hak  anak untuk    belajadengan gembira dan didengar                 pendapatnya
·        Menjelaskan arti hak.
·        Menyebutkan hak anak di rumah
·        Menyebutkan hak anak di sekolah.
·        Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua.

·      Melalui diskusi sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak anak yang pernah diterimanya.
·      Menyebutkan macam-macam hak anak
·      Melalui contoh-contoh yang disampaikan siswa mengembil kesimpulan dan membuat definisi dari hak.



Matematika :
Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam  pemecahan  masalah
Matematika :
·         Membilang  banyak  benda
·         Mengurutkan  banyak  benda
·        Menyebut banyak benda
·        Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/
·        Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50.
·        Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil.
·        Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar.
·        Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya.
·      Memperhatikan benda-benmda yang sisp dihitung.
·      Membilang banyak benda –benda pada tiap kelompok.
·      Menunjukkan kartu bilangan ( 21 – 30) yang tepat dengan banyak benda.
·      Setiap siswa melakukan pengelompokkan benda dan membilangnya, lalu menyimpan kartu bilangan yang tepat
·      Secara berkelompok menunjukkan kartu bilangan ( 31 – 50 ) yang tepat dan sesuai dengan banyak benda.
·      Melakukan permainan ”adu cepat” menyebutkan bilangan yang sesuai dengan banyak benda



·     Bahasa Indonesia :     
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan      membaca puisi anak.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

Bahasa Indonesia :
Bebicara
·         Menceritakan isi      
·         gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat.
·         Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung.
·        Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·        Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut
·        Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru.
·        Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·        Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·        Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·         Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·        Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar
·        Mendeklamasikannya  sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai.
·        Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·        Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·        Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.
·        Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca
·      Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya .
·      Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar seri.
·      Melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar.
·      Mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa.
·      Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan.
Seni Budaya dan Keterampilan :
·     Mengapresiasi karya seni  musik

Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif.
·         Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel.

·        Mengelompokkan berbagai jenis  : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar.
·        Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar.
·        Memilih objek alam yang indah dari unsur   rupa .
·        Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai  unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain.
·        Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain
·      Menceritakan sebuah pengalaman yang berkesan, atau benda yang disukai.
·      Menggambarkan sebuah peristiwa melalui gambar ekspresi.
·      Menceritakan isi gambar dengan bahasa sendiri.
·      Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan peristiwa atau benda sebenarnya.
·      Memberi tanggapan positif ( penilaian dari guru melalui lisan ) terhadap karya yang bagus.
·      Memajang hasil karya semua siswa, siswa memberikan penilaian terhadap hasil karya temannya.
·      Menyimak penggalan cerita yang ditulis guru.





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar