STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI | LANGKAH PEMBELAJARAN | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SARANA DAN SUMBER |
0 | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : · Menceritakan kembali peristiwa penting | · Menyebutkan peristiwa yang pernah dialami. · Menyebutkan peristiwa yang menyenangkan yang pernah dialami. | · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan. · Memberi pendapat pada cerita yang didengar dari temannya. · Mengambil kesimpulan dari cerita yang didengar. | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 3 minggu | · Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1. |
IPA : Mengenal berbagai bentuk energi, manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari | IPA : · Membedakan gerak benda yang mudah bergerak dengan benda yang sulit bergerak melalui percobaan | · Membandingkan bentuk benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak. · Menyebutkan benda yang mudah bergerak. · Menyebutkan benda yang sulit bergerak | · Melalui pengamatan pada model dan demontrasi dapat menemukan fakta bahwa beberapa bentuk benda mudah bergerak. · Melalui demontrasi siswa membuktikan bahwa beberapa benda sulit bergerak. · Mengelompokkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak. · Menunjukkan benda-benda yang mudah bergerak dan sulit bergerak. | |||
PKN : Menerapkan hak anak di rumah dan di sekolah | PKN : · Menjelaskan hak anak untuk belajadengan gembira dan didengar pendapatnya | · Menjelaskan arti hak. · Menyebutkan hak anak di rumah · Menyebutkan hak anak di sekolah. · Menceritakan pengalaman kasih sayang orang tua. | · Melalui diskusi sederhana siswa menyampaikan pengalaman yang berhubungan dengam hak anak yang pernah diterimanya. · Menyebutkan macam-macam hak anak · Melalui contoh-contoh yang disampaikan siswa mengembil kesimpulan dan membuat definisi dari hak. | |||
Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai dengan dua angka dalam pemecahan masalah | Matematika : · Membilang banyak benda · Mengurutkan banyak benda | · Menyebut banyak benda · Membandingkan dua kelompok benda melalui istilah lebih banyak , lebih sedikit dan sama dengan/ · Membaca dan menulis lambang bilangan 21 sampai 50. · Mengurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terkecil. · Menmgurutkan sekelompok bilangan yang berpola teratur dari yang terbesar. · Membilang loncat 2,3,4,5 dan lainnya. | · Memperhatikan benda-benmda yang sisp dihitung. · Membilang banyak benda –benda pada tiap kelompok. · Menunjukkan kartu bilangan ( 21 – 30) yang tepat dengan banyak benda. · Setiap siswa melakukan pengelompokkan benda dan membilangnya, lalu menyimpan kartu bilangan yang tepat · Secara berkelompok menunjukkan kartu bilangan ( 31 – 50 ) yang tepat dan sesuai dengan banyak benda. · Melakukan permainan ”adu cepat” menyebutkan bilangan yang sesuai dengan banyak benda | |||
· Bahasa Indonesia : Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | Bahasa Indonesia : Bebicara · Menceritakan isi · gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengert · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung. | · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut · Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca | · Mengamati gambar seri yang menceritakan tentang peristwa di jalan raya . · Menyusun kalimat yang sesuai dengan gambar seri. · Melakukan tanya jawab seputar isi dari cerita dibalik gambar. · Mencari kalimat lain untuk gambar yang sama agar lebih pariatif dalam menggambarkan suatu peristiwa. · Menceritakan peristiwa yang pernah dialami yang paling berkesan. | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik | Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengidentifikasi unsure rupa pada benda di alam sekitar. · Menyatakan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada benda di alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui karya seni gambar ekspresif. · Mengekspresikan diri melalui karya seni rupas dus dimensi dengan teknik menempel. | · Mengelompokkan berbagai jenis : bidang, warna, dan bentuk pada benda tiga dimensi di alam sekitar. · Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsur pada benda di alam sekitar. · Memilih objek alam yang indah dari unsur rupa . · Mengungkapkan perasaan tentang objek imajinatif yang diamati dari berbagai unsure rupa pada karya seni buatan sendiri dan orang lain. · Memilih keindahan unsure-unsur rupa dari karya seni buatan sendiri atau orang lain | · Menceritakan sebuah pengalaman yang berkesan, atau benda yang disukai. · Menggambarkan sebuah peristiwa melalui gambar ekspresi. · Menceritakan isi gambar dengan bahasa sendiri. · Memberi warna yang diaukai dan sesuai dengan peristiwa atau benda sebenarnya. · Memberi tanggapan positif ( penilaian dari guru melalui lisan ) terhadap karya yang bagus. · Memajang hasil karya semua siswa, siswa memberikan penilaian terhadap hasil karya temannya. · Menyimak penggalan cerita yang ditulis guru. |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar