Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA: Pengalaman

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Pengalaman


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman
·     Menceritakan kasih sayang  antar anggota keluarga

·     Peristiwa masa kecil

·     Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan..
·     Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua.
·     Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga.

·     Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan .
·     Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya.
·     Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga.

Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengemban-gan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Mengenal cara menjaga  lingkungan agar tetap sehat


·     Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.


·     Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah.

·     Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman.
·     Melakukan perawatan kebersihan di sekolah.
·     Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah

Lisan




3. PKN   : 
Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di  rumah maupun di sekolah.


·     Hidup rukun dalam perbedaan

·     Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun.
·     Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun..
·     Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan.


·     Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga.
·     Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun.
·     Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan.


Portofolio


4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)


·     Satuan pengukuran

·     Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari.
·     Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas.
·     Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan.


·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari.
·     Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu.
·     Mengenal nama-nama bulan dalam setahun.
·     Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas.
·     Menggambar jam sesuai dengan kegiatan
·     Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Membedakan bunyi bahasa
·     Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi    yang sesuai.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Pengucapan bunyi
·     Puisi anak
·     Membaca nyaring.
·     Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.


·     Siswa dapat mendeklamasikan puisi.
·     Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami..
·     Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·     Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·     Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.


·     Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat.
·     Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai.
·     Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata.
·     Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar

Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menidentifikasi fungsi   tubuh dalam   melaksanakan gerak di  tempat.
·     Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi  rendah.



Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari..



·     Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat


·     Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat.
·     Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya.
·     Mengidentifikasi gerak tiruan hewan  yang dapat terbang
·     Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan.



Lisan
Tertulis
Perbuatan





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar