SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA: Pengalaman
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menceritaan pengalaman · Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga | · Peristiwa masa kecil | · Siswa dapat menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.. · Siswa dapat menjelaskan menjelaskan kasih sayang orang tua. · Siswa dapat Menceritakan kasih sayang antar anggota keluarga. | · Menceritakan pengalaman yang menyenangkan dan tidak menyenangkan . · Menjelaskan kasih sayang orang tua kepada anaknya. · Menceritakan hubungan kasih sayang antar anggota keluarga. | Lisan Tertulis | 3 minggu | Buku Tematik Pengemban-gan Guru |
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat | · Mengenal cara menjaga lingkungan agar tetap sehat | · Perawatan dan pemeliharaan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah. | · Siswa dapat menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah. | · Menjelaskan cara membersihkan rumah dan halaman. · Melakukan perawatan kebersihan di sekolah. · Menyebutkan alat-alat untuk kebersihan rumah dan sekolah | Lisan | ||
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Memberikan contoh hidup rukun melalui kegiatan di rumah maupun di sekolah. | · Hidup rukun dalam perbedaan | · Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun. · Siswa dapat membandingkan anatara hidup rukundan tidak rukun.. · Siswa dapat menjelaskan akibat tidak menjaga kerukunan. | · Menceritakan manfaat hidup rukun dalam keluarga. · Membandingkan antara hidup rukun dan tidak rukun. · Menjelaskan akibat jika tidak menjaga kerukunan. | Portofolio | ||
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | · Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat) | · Satuan pengukuran | · Siswa dapat memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang dan malam hari. · Siswa dapat mengurutkan nama –nama hari, bulan dan membaca jam pas. · Siswa dapat menggambar jam dan meletakkan jarum jam sesuai kegiatan. | · Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan pada pagi, siang, dan malam hari. · Mengurutkan nama-nama hari dalam seminggu. · Mengenal nama-nama bulan dalam setahun. · Membaca tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam analog ( jam dinding) jam pas. · Menggambar jam sesuai dengan kegiatan · Menentukan letak jarum jam pada gambar jam dengan tepat. | Lisan Tertulis | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Membedakan bunyi bahasa · Mendeklamasikan puisi dengan lafal dan intonasi yang sesuai. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Pengucapan bunyi · Puisi anak · Membaca nyaring. · Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat. | · Siswa dapat mendeklamasikan puisi. · Siswa dapat mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami.. · Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar. · Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik. · Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. | · Membedakan berbagai bunyi suara atau suara tertentu secara tepat. · Mendeklamasikan puisi sesuai dengan isi dan mengekspresikannya dengan gerak dan mimik yang sesuai. · Mengungkapkan perasaan tentang peristiwa yang dialami. · Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana. · Membaca nyaring (didengar siswa lain) kata demi kata. · Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar | Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari. | · Menidentifikasi fungsi tubuh dalam melaksanakan gerak di tempat. · Menampilkan gerak tari menurut tingkatan tinggi rendah. | Unsur-unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan, tumbuhan, dan bunyi iringan tari.. | · Siswa dapat menyebutkan macam-macam gerakan di tempat dan gerakan berpindah tempat | · Menyebutkan bermacam-macam gerak di tempat maupun berpindah tempat. · Mengidentifikasi gerak kaki dan tangan sesuai fungsinya. · Mengidentifikasi gerak tiruan hewan yang dapat terbang · Mengidentifikasi gerak tiruan tumbuhan. | Lisan Tertulis Perbuatan |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar