Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA: Keluarga

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Keluarga  


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menceritaan pengalaman


·     pengalaman

·     Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman

·     Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas.
·     Menceritakan tentang teman  main di rumah.
·     Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan


Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengemban-gan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara                         perawatannya

·     Membiasakan hidup sehat.


·     sehat sehat.


·     Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh

·     Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan.
·     Menjelaskan keuntungan  memotong kuku yang panjang .
·     Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang
·     teratur agar tubuh sehat dan kuat.
·     Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur )


Lisan




3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.


·     perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa

·     Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia.
·     Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya).
·     Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika.


·     Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia.
·     Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya.
·     Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika.


Portofolio


4. Matematika  :  Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20

·     Menyelesaikan  masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20.
·     Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat)


·     penjumlahan dan pengurangan

·     Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20.
·     Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0
·     Siswa dapat mengenal konsep waktu.


·     Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20.
·     Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20.
·     Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0.
·     Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara       :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca      : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca  nyaring.
Menulis       : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Kalimat perintah
·     Kalimat sapaan
·     Deskripsi benda-benda di sekitar.
·     Membaca nyaring.
·     Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat.


·     Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan.
·     Siswa dapat menceritakan isi  serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng.
·     Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun.
·     Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal.
·     Siswa dapat mendeskripsikan benda.
·     Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar.
·     Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik.
·     Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat.


·     Mendemontrasikan sesuatu  sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa  cara yang santun
·     Bercerita berdasarkan gambar.
·     Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat.
·     Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana.
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar
·     Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar.

Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni musik.



·     Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia



·     Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik.



·     Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya


·     Menentukan sumber bunyi.
·     Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan.
·     Membedakan panjang dan pendeknya bunyi.
·     Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan



Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar