SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1
TEMA: Keluarga
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menceritaan pengalaman | · pengalaman | · Siswa dapat menceritakan pengalaman waktu kecil berdasarkan pengalaman | · Menyebutkan nama guru TK dan nama beberapa teman sekelas. · Menceritakan tentang teman main di rumah. · Menceritakan peristiwa masa kecil yang paling berkesan | Lisan Tertulis | 3 minggu | Buku Tematik Pengemban-gan Guru |
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya | · Membiasakan hidup sehat. | · sehat sehat. | · Siswa dapat menjelaskan cara dan keuntungan merawat kebersihan tubuh | · Menjelaskan keuntungan mencuci tangan sebelum makan. · Menjelaskan keuntungan memotong kuku yang panjang . · Menjelaskan keuntungan melakukan olah raga, beristirahat dan tidur yang · teratur agar tubuh sehat dan kuat. · Memberikan contoh kerugian dari tidak menjaga kesehatan. ( cuci tangan, memotong kuku, olah raga beristirahat dan tidur ) | Lisan | ||
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa. | · perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa | · Siswa dapat menyebutkan 5 suku bangsa yang terbesar di Indonesia. · Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari tiap suku bangsa ( bahasa, adat istiadat, budayanya). · Siswa dapat menjelaskan Bhineka tunggal ika. | · Menyebutkan 5 suku yang terbesar di Indonesia. · Membedakan ciri-ciri suku bangsa dilihat dari bahasa dan adat istiadat /budayanya. · Menjelaskan arti dari semboyan Bhinka Tunggal Ika. | Portofolio | ||
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 | · Menyelesaikan masalah yang terkait penumlahan sampai dengan 20. · Menentukan waktu ( pagi, siang, malam) hari dan jam ( secara bulat) | · penjumlahan dan pengurangan | · Siswa dapat memecahkan permasalahan sehari-hari yang terkait penjumlahan dan pengurangan hasil sampai 20. · Siswa dapat mengurangkan bilangan dengan bilangan iyu sendiri sehingga hasilnya 0 · Siswa dapat mengenal konsep waktu. | · Memecahkan masalah sehari-hari yang yang terkait penjumlahan sampai dengan 20. · Memecahkan masalah sehari-hari yang terkait pengurangan sampai 20. · Mengurangkan bilangan dengan bilangan itu sendiri sehingga hasilnya 0. · Mengenal konsep waktu melalui kegiatan sehari-hari yang sebentar dan lama. | Lisan Tertulis | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru. · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Kalimat perintah · Kalimat sapaan · Deskripsi benda-benda di sekitar. · Membaca nyaring. · Menjiplak dan menebalkan huruf, kata dan kalimat. | · Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan permintaan. · Siswa dapat menceritakan isi serta menjawab pertanyaan seputar isi dongeng. · Siswa dapat menyapa teman, guru, orang tua dengan bahasa sederhana yang santun. · Siswa dapat menceritakan gambar seri atau tunggal. · Siswa dapat mendeskripsikan benda. · Siswa dapat membaca huruf, kata dan kalimat dengan suara nyaring dan lafal yang benar. · Siswa dapat menjiplak, menebalkan, menyalin huruf, kata dan kalimat dengan bentuk huruf/ tulisan yang baik. · Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata yang tepat. | · Mendemontrasikan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri. · Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. · Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas. · Menyapa teman sebaya, guru, dan orang lain serta orang yang lebih tua dengan bahasa cara yang santun · Bercerita berdasarkan gambar. · Memasangkan gambar buah dengan nama dan ciri-cri yang tepat. · Mengenali huruf-huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata-kta dan kalimat sederhana. · Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca teks pendek dengan intonasi dan lafal yang benar · Menjiplak berbagai bentuk gambar dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri. · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar. | Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni musik. | · Mengidentifikasi unsur/ elemen musik dari berbagai sumber bunyi yang dihasilkan tubuh manusia | · Unsur-unsur musik dan bunyi berdasarkan pengalaman musik. | · Siswa dapat menyebutkan sumber bunyi, jenis bunyi, dan memperagakannya | · Menentukan sumber bunyi. · Membedakan bunyi alam dan bunyi buatan. · Membedakan panjang dan pendeknya bunyi. · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan | Lisan Tertulis Perbuatan | § |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar