Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1 TEMA: Budi Pekerti

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 1

TEMA: Budi Pekerti


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
1. IPS :
Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling                             menghormati   dalam kemajemukan keluarga.

·     Menunjukkan sikap hidup rukun dalam  kemajemukan  keluarga.


·     sikap hidup rukun

·     Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan )
·     Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga


·     Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll )
·     Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga .


Lisan
Tertulis

3 minggu

Buku Tematik
Pengembangan
Guru
2. IPA  : 
Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat

·     Membedakan lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     lingkungan  sehat dan tidak sehat.


·     Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
·     Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi  kotor
·     Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya


·     Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat.
·     Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan
·     Membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Lisan




3. PKN   :  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

·     Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah.

·     hidup rukun

·     Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah.


·     Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
·     Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah.


Portofolio


4. Matematika  :  Menggunakan pengukuran waktu dan panjang

·     Menentukan lama suatu  kejadian berlangsung.
·     Mengenal panjang suatu  benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan  membandingkannya.


·     pengukuran waktu dan panjang

·     Siswa dapat menyebutkan, membandingkan,  panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari.
·     Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh.


·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar.
·     Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama.
·     Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang )
·     Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek.
·     Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih  pendek
·     Mengenal jarak dekat dan jauh.


Lisan
Tertulis


5. Bahasa Indonesia 
Mendengarkan :
·     Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
Berbicara         :
·     Mengungkapkan  fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
Membaca         : 
·     Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
Menulis            : 
·     Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.


·     Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru.
·     Menyebutkan tokoh-tokoh  dalam cerita.
·     Membaca nyaring suku kata dan kata  dengan lafal  yang  tepat.
·     Menjiplak berbagai bentuk  gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
·     Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku  atau papan tulis  dengan benar.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar


·     Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja)
·     Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali.
·     Suku kata, kata dan kalimat sederhana.

·     Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan.
·     Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri.
·     Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng.
·     Siswa dapat membaca nyaring.
·     Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar.
·     Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru.
·     Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri.


·     Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru.
·     Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri
·     Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng.
·     Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas.
·     Membaca nyaring ( didengar siswa )
·     Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·     Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana.
·     Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar.
·     Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf.
·     Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas.
·     Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·     Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar


Lisan
Tertulis
Perbuatan


6. Seni Budaya dan Keterampilan  :
Mengapresiasi karya seni tari.



·     Menunjukkan sikap  apresiatif terhadap gerak  tari menurut tingkat tinggi



·     Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan



·     Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level.
·     Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal.



·     Mengelompokkan gerak tari sesuai level.
·     Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai.
·     Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ).



Lisan
Tertulis
Perbuatan


§  


Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar