TEMA: Budi Pekerti
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | · Menunjukkan sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. | · sikap hidup rukun | · Siswa dapat menjelaskan kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, agama, suku bangsa, kebiasaan ) · Siswa dapat menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga | · Memberi contoh kemajemukan keluarga ( jenis kelamin, suku bangsa, agama, kebiasaan, dll ) · Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam keluarga . | Lisan Tertulis | 3 minggu | Buku Tematik Pengembangan Guru |
2. IPA : Mengenal cara mememlihara lingkungan agar tetap sehat | · Membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat. | · lingkungan sehat dan tidak sehat. | · Siswa dapat mengemukakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat · Siswa dapat menjelaskan hal hal yang menyebabkan lingkungan menjadi kotor · Siswa dapat membiasakan membuang sampah pada tempatnya | · Mengemukakan ciri-ciri lingkungan yang sehat dan ciri ciri lingkungan yang tidak sehat. · Menjelaskan bahwa air kotor tumpukkan sampah, asap kendaraan merupakan kondisi lingkungan kurang baik bagi kesehatan · Membiasakan membuang sampah pada tempatnya. | Lisan | ||
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan. | · Menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah. | · hidup rukun | · Siswa dapat menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dan tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah maupun di sekolah. | · Menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan dalam lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. · Menunjukkan sikap tidak membeda-bedakan perlakuan di rumah dan di sekolah. | Portofolio | ||
4. Matematika : Menggunakan pengukuran waktu dan panjang | · Menentukan lama suatu kejadian berlangsung. · Mengenal panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. ( pendek panjang ) dan membandingkannya. | · pengukuran waktu dan panjang | · Siswa dapat menyebutkan, membandingkan, panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari. · Siswa dapat mengenal jarak dekat dan jauh. | · Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan sebentar. · Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dilakukan lama. · Menyebutkan panjang suatu benda melalui kalimat sehari-hari ( pendek , panjang ) · Memberi contoh benda yang panjang dan benda yang pendek. · Membandingkan panjang suatu benda ( lebih panjang, lebih pendek · Mengenal jarak dekat dan jauh. | Lisan Tertulis | ||
5. Bahasa Indonesia Mendengarkan : · Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan. Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | · Melaksanakn sesuatu sesuai dengan perintah dan petunjuk guru. · Menyebutkan tokoh-tokoh dalam cerita. · Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat. · Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf. · Mencontoh huruf , kata, atau kalimat sederhana dari buku atau papan tulis dengan benar. · Melengkapi kalimat yang belum selesai berdasarkan gambar | · Teks yang terdiri atas berbagai kalimat perintah ( untuk dibaca oleh guru saja) · Mendengarkan dongeng dan menceritakan kembali. · Suku kata, kata dan kalimat sederhana. | · Siswa dapat melakukan sesuatu sesuai dengan perintah atau permintaan. · Siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri. · Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang disi dongeng dan memeragakan tokoh dongeng. · Siswa dapat membaca nyaring. · Siswa dapat menjiplak dan menebalkan berbagai bentuk huruf, gambar. · Siswa dapat menuliskan kata dan kalimat yang didiktekan guru. · Siswa dapat menyalin kalimat dari papan tulis / buku pke dalam buku tulis sendiri. | · Melakukan sesuatu sesuai perintah atau permintaan guru. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimatnya sendiri · Menjawab pertanyaan dan menjelaskan isi dongeng. · Memperagakan tokoh dongeng di depan kelas. · Membaca nyaring ( didengar siswa ) · Membaca nyaring kalimat sederhana dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Mengenali huruf – huruf dan membacanya sebagai suku kata, kata –kata dan kalimat sederhana. · Menjiplak berbagai bentuk huruf dan gambar. · Menebalkan berbagai bentuk gambar, dan bentuk huruf. · Menyalin / mencontoh huruf kata , kalimat, dari papan tulis atau buku dengan benar dengan menggunakan huruf lepas. · Menyalin / mencontoh kalimat dari buku atau papan tulis yang ditulis guru dan menyalinnya pada buku sendiri dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Melengkapi kalimat yang belum selesai sesuai dengan gambar | Lisan Tertulis Perbuatan | ||
6. Seni Budaya dan Keterampilan : Mengapresiasi karya seni tari. | · Menunjukkan sikap apresiatif terhadap gerak tari menurut tingkat tinggi | · Unsur gerak tari bersumber dari gerak hewan , tumbuhan,dan bunyi iringan | · Siswa dapat mengelompokkan gerakan tari sesuai dengan level. · Siswa dapat mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai. · Siswa dapat mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi bersumber dari tubuh ( internal. | · Mengelompokkan gerak tari sesuai level. · Mengidentifikasi gerak keseimbangan pola lantai. · Mengidentifikasi bentuk iringan tari dengan menggunakan bunyi yang bersumber dari tubuh. (internal ). | Lisan Tertulis Perbuatan | § |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar