Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007


PANDUAN PRAKTIS MICROSOFT WORD 2007


Ø  

MENGHIDUPKAN KOMPUTER
Langkah-langkahnya adalah :
1.     Nyalakan tombol power pada monitor dan CPU, kemudian tunggu beberapa saat (booting)
2.     Setelah proses selesai, komputer akan menampilkan dekstop
Ø  MEMATIKAN KOMPUTER
1.     Klik Start, kemudian klik Turn Off Computer / Shut Down
2.     Klik Turn Off / Shut Down
3.     Klik Ok
4.     Tunggu sampai monitor mati

MEMULAI APLIKASI MICROSOFT OFFICE WORD 2007
Untuk membuka Microsoft Word ada 2 cara :
1.     Klik tombol Start yang ada di taskbar à Pilih menu All Program atau Program à Microsoft Office
à klik Microsoft Office Word 2007 à Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.
2.     klik dua kali shorchut Microsoft Word 2007 yang ada di desktop.
MEMBUAT DOKUMEN BARU
Klik Tombol Microsoft Office            , lalu klik New  à Maka keluar kotak dialog New Document, klik Blank and recent, lalu klik Create

MENYIMPAN DOKUMEN
Untuk pertama kalinya menyimpan dokumen adalah :
1.     Klik Tombol Microsoft Office, lalu klik Save (atau tekan CTRL + S atau juga bisa mengklik icon       yang ada pada toolbar )
2.     Akan tampil kotak dialog Save As
3.     Ketikan nama file dokumen pada kotak File Name
4.     Pada kotak pilihan Save In tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan, lalu klik Save.

MEMBUKA DOKUMEN
1.     Klik tombol Microsoft Office, lalu klik Open
2.     Akan tampil kotak dialog open
3.     Pada pilihan Look in tentukan folder atau drive yang akan dijadikan tempat penyimpanan.
4.     Pada deretan file / folder yang ada, klik File yang akan dibuka.
5.     Klik Open

MENGAKHIRI MICROSOFT OFFICE WORD 2007
Klik tombol Microsoft Office kemudian klik Exit Word atau tombol Close

MENGATUR MARGIN
1.     Klik tab Page Layout pada ribbon.
2.     Klik icon Margins pada group Page Setup.
3.     Klik Custom Margins, maka akan muncul kotak Page Setup.

PERATAAN PARAGRAPH
Untuk meratakan paragraph, klik perataan yang diinginkan yang berada dalam tab Home pada grup Paragraph.

1.     Align Text Left (Ctrl + L) untuk membuat teks rata di kiri saja.
2.     Align Centre (Ctrl + E) untuk membuat teks rata di tengah.
3.     Align Text Right (Ctrl + R) untuk membuat teks rata di kanan saja.
4.     Align Justify (Ctrl + J) untuk membuat teks rata di kiri dan kanan.

EFEK PADA TEKS
1.     Untuk cetak tebal klik Bold atau tekan (Ctrl+B)
2.     Untuk cetak miring klik Italic atau tekan (Ctrl+I)
3.     Untuk cetak bergaris bawah klik Underline atau tekan (Ctrl+U)
Semua icon terdapat dalam tab Home pada group Font.
MERUBAH JENIS HURUF DAN UKURAN HURUF
1.     Tandai (blok) teks yang ingin dirubah jenis/ ukuran hurufnya.
2.     Klik tanda segitiga pada kotakpilihan jenis huruf (Font) atau ukuran huruf (Font Size) yang terdapat pada tab Home pada group Font
3.     Pilih dan klik jenis huruf dan ukuran yang diinginkan.

MENENTUKAN SPASI BARIS
Untuk menentukan jarak spasi anar baris, klik icon            yang berada dalam tab Home pada group Paragraph, pilih dan klik spasi yang diinginkan. Selain itu juga bisa menekan tombol Ctrl + 1= 1 spasi, Ctrl+2= 2 spasi, dan Ctrl+5= 1.5 spasi.

MENGATUR INDENTASI
Untuk mengatur indentasi, dapat dilakukan dengan cara menggeser tanda indent yang ada pada bagian kiri dan kanan ruler (mistar).

MEMBUAT BULLET
1.     Pilihlah paragraph yang akan diberikan bullet.
2.     Klik tab Home, pada group Paragraph, klik tanda panah Bullets
3.     Klik gambar bullet yang diinginkan. Namun apabila gambar tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Bullet, kemudian klik Symbol atau Picture.
4.      Klik salah satu symbol atau gambar yang diinginkan, lalu klik OK.
MEMBUAT PENOMORAN OTOMATIS
1.     Pilihlah paragraph yang akan diberikan penomoran.
2.     Klik tab Home, pada group Paragraph, klik tanda panah Numbering
3.     Klik jenis penomoran yang diinginkan. Namun apabila penomoran tersebut tidak ada dalam pilihan, maka klik Define New Number Format.

MENYISIPKAN TEKS INDAH (WORD ART)
1.     Klik tab insert lalu klik icon Word Art pada group illustration.
2.      Pilihlah jenis variasi yang diinginkan
3.     Lalu muncul kotak dialog Edit WordArt Text
4.     Ketikkan teks yang akan disisipkan. Lalu klik OK.
5.     Setelah teks disisipkan, kita dapat melakukan pengaturan WordArt menggunkaan WordArt Tools yaitu tab Format yang muncul ketika teks yang disisipkan tersorot.

MENYISIPKAN GAMBAR
1.     Klik tab insert lalu klik icon Clipart             pada group illustration.
2.     Pada jendela Clip Art (muncul sebelah kanan), klik GO untuk memenunculkan gambar.
3.     Klik pada gambar yang tampil.
4.     kita dapat melakukan pengaturan tampilan gambar  menggunkaan Picture Tools yaitu tab Format yang muncul ketika teks yang disisipkan tersorot.


MEMBUAT DROP CAP
1.     Blok huruf yang akan di buat Drop Cap
2.     Klik tab Insert lalu klik icon Drop Cap
3.     Klik Drop Cab Options
4.     Pilih Dropped
4.     Tentukan jumlah baris drop cap pada kotak lines to drop (misal: 2)
5.     Klik OK

MENYISIPKAN GAMBAR BENTUK SERDERHANA
1.     Klik tab insert lalu klik icon Shapes             pada group illustration.
2.     Lalu pilih bentuk yang diinginkan
3.     Pointer mouse akan berbentuk palang (+)
4.     Klikkan mouse pointer disalah satu posisi dimana gambar disisipkan lalu tarik (masih tetap diklik) ke posisi lain sampai ukuran yang diinginkan.

MENYISIPKAN SIMBOL DAN RUMUS MATEMATIKA
Adakalanya kita merasa kesulitan apabila harus memasukkan rumus dan symbol matematika seperti kuadrat       dan sebagainya. Namun dengan Equation kita dapat mengatasi kesulitan itu. Cara menggunakan Equation adalah :
1.     Klik tab insert lalu klik Equation          pada group Symbols.
2.     Maka dalam dokumen disediakan kotak khusus untuk memasukkan equation
3.     Pada equation tools, yaitu tab design yang muncul ketika insertion point berada di dalam kotak equation
dan terdiri dari group tools, symbol dan structures, kita dapat memilih pada salah satu bentuk rumus atau symbol yang diinginkan ataupun melakukan pengaturan lain.
4.     Setelah semuanya selesai, klik diluar kotak equation

TABEL
Menyisipkan Tabel
1.     Klik tab insert lalu icon table pada group tables.
2.     Lalu sorot banyaknya kolom dan baris yang akan disisipkan/ klik tab insert lalu klik insert table.
3.     Pada number of columns, tentukan banyak kolom yang akan disisipkan.
4.     Pada number of row, tentukan banyak baris yang akan disisipkan.
Menghapus Sel, Baris, Kolom Atau Tabel
1.     Sorot kolom/ baris yang akan dibuang.
2.     Pada Table Tools, klik tab Layout. Pada grup Row & Columns, klik perintah delete dan kita dapat memilih pilihan berikut :
·         Delete Cells untuk menghapus sel yang ditempati insertion point.
·         Delete Columns untuk menghapus kolom yang disorot.
·         Delete Row untuk menghapus baris yang disorot.
·         Delete Table untuk menghapus table yang ditempati insertion point.

Merubah Perataan/ Posisi Teks Pada Setiap Sel
Teks yang kita masukkan ke dalam table dapat diatur perataannya dengan menggunakan allighment pada tab Home di group Paragraph, namun hanya untuk perataan horizontal saja. Kita juga dapat menggunakan perataan tersebut sekaligus memposisikan teks berada di bagian atas sel, bagian tengah sel ataupun babgian bawah sel. Langkah-langkahnya :
1.     Sorot beberapa sel yang akan dirubah perataan/ posisinya.
2.     Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Alligment, kita dapat memilih dengan menekan salah satu bentuk perataan/ posisi sesuai dengan keinginan kita.
Menggabungkan Sel
1.     Sorot beberapa sel yang akan digabung.
2.     Klik perintah Merge Cells pada Table Tools, di tab Layout dan grup Merge.

Rumus Table Formula
1.     Klik sel yang akan kita buat rumus.
2.     Pada Table Tools, di tab Layout dan grup Data, kita dapat memilih Formula untuk membuat rumus dalam Microsoft Word
MEMBUAT MAIL MERGE
Mail Merge adalah suatu menu yang disediakan oleh Microsoft Office Word 2007 dalam proses pembuatan surat. Tujuan dari Mail Merge adalah mempermudah proses pengiriman surat untuk banyak alamat.

HEADER FOOTER
Header (catatan kepala) adalah teks yang khusus diletakkan  dibagian atas halaman yang akan selalu tampil pada setiap halaman. Sedangkan footer (catatan kaki) kabalikan dari header. Header dan footer ini sering dibuat untuk memberikan keterangan dari naskah yang diketik.
1.     Klik Tab insert.
2.     Klik header and footer pada group Header & Footer lalu pilih format yang diinginkan sehingga insertion point otomatis berada pada bagian atas (untuk header) atau bawah (untuk footer) dokumen dan muncul tab design pada Ribbon.
3.     Ketikkan teks yang untuk header/ footer sesuai dengan keinginan kita.
4.     Untuk pindah ke footer (ketika membuat header) klik perintah go to footer. Lalu ketikkan teks untuk footer.
5.     Untuk pindah ke header (ketika membuat footer) klik perintah go to header. Lalu ketikkan teks untuk header.
6.     Setelah selesai klik close header and footer atau klik ganda diluar kotak header and footer untuk keluar dari format ini.
MENCETAK KE KERTAS
Untuk mencetak dokumen, langkah-langkahnya :
1.     Klik tombol Microsoft Office         , lalu sorot Print (jangan dulu di klik). Maka muncul beberapa pilihan di sebelah kanannya lalu klik Print. Atau tekan CTRL+P dari keyboard. Atau bisa dari tampilan menu preview seperti yang telah disebutkan kan diatas.
2.     Maka kotak dialog Print muncul :
3.     Isikan jenis printer yang sesuai pada Name:
4.     Pada Page range ada pilihan:
o    Klik All jika ingin mencetak semua halaman yang ada pada dokumen
o    Current Page jika ingin mencetak halaman yang sedang aktif yang ada dilayar
o    Pages berfungsi utuk mencetak halaman tertentu dari suatu dokumen dengan mengetikan nomor halaman dokumen yang akan dicetak dan dipisahkan dengan tanda koma.
5.     Tab copies digunakan untuk menentukan jumlah salinan (copian) dari dokumen yang akan dicetak. Jika kita mencetak 5 rangkap maka isilah dengan 5 angka.
6.     Option properties dapat digunakan untuk menset jeni kertas, kualitas pencentakan, dan lain-lain.
7.     Pada option print what isikan document jika ingin mencetak dokumen.
8.     Option points dapat kita pilih alternatif pencentakan, apakah hanya mencetak halaman ganjil saja (odd), genap saja (event), atau keduanya (all pages ranges).
9.     Klik OK untuik melakukan proses pencetakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar