SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2
TEMA: KELUARGA
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : Mendeskripsikan letak rumah | · Aturan yang berlaku di masyarakat | · Membaca solmisasi dari nada rendah ke tinggi ( melodi naik ). · Mengingat kembali nama ruangan yang terdapat pada gambar. · Menyebutkan 5 ruangan utama yang ada pada sebuah rumah. · Menempel guntingan denah rumah yang sudah disiapkan.( dari koran, tabloid atau majalah ) | · Mengidentifikasi ruang dalam rumah · Menceritakan fungsi dari tiap ruangan dalam rumah | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 2 minggu | o Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1. |
IPA/ Sains : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia | IPA : Mengidentifikasi penyebab benda benda bergerak ( baterr, per/pegas, dorongan tangan, dan magnet) | Menjaga kebersihan rumah | · Dengan memperhatikan demontrasi guru, siswa menyebutkan sumber energi gerak. · Melalui percobaan , siswa menjelaskan adanya sumber energi listrik dan panas. · Melalui tanya jawab, siswa menyebutkan manfaat dari energi gerak, energi panas matahari, panas api, panas dari listrik dan energi listrik · | · Melakukan percobaan dan pembuktian dari sumber energi gerak. · Mencontohkan listrik dan panas sebagai keguanaan energi · Menyebutkan alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik | |||
PKN : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah | PKN : Mengikuti tata tertib di rumah dan di sekolah | · Pengaruh musim pada kegiatan manusia | · Melalui pengamatan siswa menyebutkan aturan yang beralku pada sebuah keluarga. · Melalui diskusi sederhana yang dibimbing guru , siswa menyebutkan akibat bila tidak menaati peraturan di rumah | · Menjelaskan arti kewajiban · Menyebutkan kewajiban anak di rumah · Menyebutkan kewajiban setiap anggota keluarga | |||
Matematika : Mengenal bangun datar sederhana | Matematika : · Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan dua angka | · Mengenal bangun datar | · Memperhatikan contoh soal pengurangan 2 bilangan 1 angka. · Memperhatikan tiap langkah pengerjaannya. · Mengerjakan soal pengurangan 2 bilangan 1 angka. · Membahas soal secara individu untuk mengetahui kemampuan siswa. · Mengerjakan soal latihan | · Menjumlah 2 bilangan dua angka · Menjumlah 2 bilangan dua angka, salah satu bilangan kelipatan 10. · Menyelesaikan soal cerita yang mengandung penjumlahan · Mengurangkan bersususn 2 bilangan satu angka. · Mengurangkan bilangan 2 angka dengan 1 angka dengan cara bersususn tanpa teknik meminjam. | |||
Bahasa Indonesia : Berbicara : · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas. Membaca : · Memahami teks pendek dengan membaca nyaring. Menulis : · Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin. | Bahasa Indonesia : Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. · Membaca puisi anak yang terdiri atas 2 – 4 baris dengan lafal dan intonasi yang tepat Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. · Menyalin puisi anaka dengan huruf tegak bersambung | · Memerankan tokoh dongeng · Membuat kalimat berdasarkan gambar. · Percakapan. · Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan. · Membaca lancar · Menulis huruf tegak bersambung. | · Membaca wacana tersebut dengan suara nyaring · Melalui penjelasan guru siswa mengetahui kata tertentu sesuai dengan konteksnya (sesuai tema ) · Mencari arti kata-kata tertentu dengan menggunakan bahasa sendiri. · Membaca wacana dengan memperhatikan intonasi dan lafal yang tepat | · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Melakukan percakapan / dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan dengan bimbingan guru · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya · Membaca puisi atau syair lagu dengan dengan benar · Mendeklamasikannya sesuai dengan isi dan mengekspresikandalam gerak dan mimic yang sesuai. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. · Menuliskan puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi dan dapat terbaca oleh orang lain | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengapresiasi karya seni musik | Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek | · Unsur gerak tari. · Keragaman unsur gerak tari | · siswa membedakan tinggi rendahnya suatu nada. · Melalui tanya jawab siswa membedakan panjang pendek suatu nada. · Melalui penjelasan guru, siswa menjelaskan kembali perbedaan nada panjang dan pendek dengan benar dalam membaca nada. · Membaca tangga nada dengan benar. · Memperhatikan sebuah teks puisi yang disediakan guru · Membaca puisi yang disediakan guru secara klasikal · Menuliskan teks puisi yang telah dibaca ke dalam tulisan tegak bersambung | · Menjelaskan rangkaian bunyi dan detak melalui peragaan · Menyebutlkan nada-nada yang sama tingginya dari melodi yang diperdengarkan. · Menyebutkan nada-nada yang berbeda tinggi rendahnya dan panjang pendeknya dalam melodi yang diperdengarkan. · Menjelaskan perbedaan bunyi panjang dan pendek | |||
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Ketelitian ( carefulness) Kerja sama ( Cooperation ) Toleransi ( Tolerance ) Percaya diri ( Confidence ) Keberanian ( Bravery ) |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar