Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2 TEMA: BUDI PEKERTI

 SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2

TEMA: BUDI PEKERTI


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
IPA/ Sains :    
Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam   ( cuaca dan musim ) serta  pengaruhnya                                          terhadap kegiatan manusia
IPA
Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia .
·     Aturan yang berlaku di masyarakat
·      Memperhatikan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·     Menyimak jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·   Menyimak cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·      Menyimak kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
·   Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan.
·   Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau.
·   Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia.
·   Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau..
Teknik Tes  :
·      Tes lisan
·      Tes tertulis
·      Tes perbuatan
Bentuk Tes :
·      Objektif tes
·      Non Objektif tes
Instrument Tes :
·      LKS
·      Lmbar observasi
3 minggu
o   Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama
o   Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga.
o   Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga
o   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo.
o   Buku Piwulang Basa SD Kelas 1,
IPS :
Mendeskripsikan lingkungan rumah
IPS  :
·         Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah

Menjaga kebersihan rumah
·      Melalui pengalaman  dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah.
·      Menyebutkan bagian –bagian dalam  rumah yang harus sering dibersihkan.
·      Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah.

·   Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah
·   Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan.
PKN :
Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah
PKN :
Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat
·     Pengaruh musim pada kegiatan manusia
·      menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut.
·      Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga
·      akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.
·   Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat
·   Menjelaskan akibat tidak patuh  pada peraturan di lingkungan masyarakat.


Matematika :
Mengenal bangun datar sederhana
Matematika :
·         Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·         Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·         Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·         Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.
·     Mengenal bangun datar
·      Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat.
·      Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat.
·      Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan.


·   Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran.
·   Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya.
·   Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran.
·   Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya.


Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·         Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng.
Berbicara
·         Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi  secara lisan  dengan gambar, percakapan  sederhana dan  dongeng.
Membaca
·         Memahami  teks pendek dengan membaca lancar  dan  membaca puisi anak.
Menulis
·         Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung  melalui dikte dan menyalin
Bahasa Indonesia :
Mendengarkan
·          Menyebutkan isi    dongeng
Berbicara
·         Menceritakan isi   gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti.
·         Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai.
·         Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana.
·         Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi  yang tepat.
Membaca
·         Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan  intonasi yang tepat.
Menulis
·         Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.
·         Memerankan tokoh dongeng
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar.
·         Percakapan.
·         Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan.
·         Membaca lancar
·         Menulis huruf tegak bersambung.

·      Menyimak dongeng yang bertemakan sopan santun.
·   Menyebutkan tokoh dalam dongeng.
·      Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·      Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai.


·         Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian.
·         Menyebutkan tokoh dalam dongeng
·         Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng.
·         Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng.
·         Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri.
·         Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan.
·         Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut.
·         Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
·         Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau  suatu kegiatan.
·         Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai.
·         Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya.
·         Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat.
·         Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang.
·         Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar.
·          Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya.
·         Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu.
·         Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung.



Seni Budaya dan Keterampilan :
Mengekspresikan diri melalui karya  seni tari
Seni Budaya dan Keterampilan :
·         Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
·         Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek
·         Unsur gerak tari.
·         Keragaman unsur gerak tari
·      Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan.
·      Melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya.
·      Menari sesuai dengan tepuk dan irama.
·      Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan  memperhatikan
·            teks percakapan sederhana.
·         Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik.
·         Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan
·         Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian.
·         Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·         Memperagakan tarian pendek secara kelompok.






Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI ……



( …………………………… )
NIP

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas  I



( ……………………………… )
NIP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar