SEKOLAH DASAR KELAS 1 SEMESTER 2
TEMA: BUDI PEKERTI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Kegiatan Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
IPA/ Sains : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam ( cuaca dan musim ) serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia | IPA Membedakan pengaruh musim kemarau dengan musim hujan pada kegiatan manusia . | · Aturan yang berlaku di masyarakat | · Memperhatikan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan. · Menyimak jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau. · Menyimak cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia. · Menyimak kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau.. | · Menceritakan pakaian yang sesuai pada musim panas dan musim hujan. · Menyebutkan jenis makanan yang banyak dikonsumsi pada saat musim hujan maupun musim kemarau. · Membandingkan cirri-ciri musim kemarau dan musim hujan pada lahan dan kegiatan manusia. · Menyebutkan kegiatan yang dapat mengatasi masalah pada musim hujan dan musim kemarau.. | Teknik Tes : · Tes lisan · Tes tertulis · Tes perbuatan Bentuk Tes : · Objektif tes · Non Objektif tes Instrument Tes : · LKS · Lmbar observasi | 3 minggu | o Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Pendidikan Kewarganegaraan kelas 1 SD , Penerbit Grafindo Media Pratama o Buku Pelajaran Matematika SD Kelas 1, Penerbit Erlangga. o Buku Bina Bahasa Idonesia dan Sastra SD Kelas 1, Penerbit Erlangga o Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif D kelas 1, Penerbit Grafindo. o Buku Piwulang Basa SD Kelas 1, |
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah | IPS : · Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah | Menjaga kebersihan rumah | · Melalui pengalaman dan pengamatan, siswa menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah. · Menyebutkan bagian –bagian dalam rumah yang harus sering dibersihkan. · Menyebutkan alat yang digunakan dalam menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah. | · Menjelaskan manfaat menjaga kebersihan rumah · Menyebutkan akibat dari tidak menjaga kebersihan. | |||
PKN : Menerapkan kewajiban anak di rumah dan di sekolah | PKN : Melaksanakan aturan yang berlaku di masyarakat | · Pengaruh musim pada kegiatan manusia | · menceritakan perasaannya ketika menjalankan peraturan tersebut. · Menuliskan contoh-contoh peraturan di masyarakat yang harus ditaati oleh warga · akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat. | · Menyebutkan manfaat mentaati peraturan yang berlaku di masyarakat · Menjelaskan akibat tidak patuh pada peraturan di lingkungan masyarakat. | |||
Matematika : Mengenal bangun datar sederhana | Matematika : · Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran. · Mmenyebut-kan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya. · Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran. · Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya. | · Mengenal bangun datar | · Mengenalkan bangun datar segiempat dan bukan segi empat. · Menunjukkan bangun datar segiempat dan bukan segiempat. · Menjiplak bangun datar segiempat pada buku yang telah disediakan. | · Menunjukkan benda-benda yang secara geometris berbentuk segitiga, segiempat dan lingkaran. · Menyebutkan cirri-ciri segitiga, segiempat, dan lingkaran ditinjau dari banyak sisinya. · Menjiplak berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran. · Mengelompokkan berbagai bentuk segitiga, segiempat, dan lingkaran, menurut bentuk, permukaan, warna, atau cirri lainnya. | |||
Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Memahami wacana lisan tentang benda-benda di sekitar dan dongeng. Berbicara · Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan gambar, percakapan sederhana dan dongeng. Membaca · Memahami teks pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak. Menulis · Menulis permulaan dengan huruf tegak bersambung melalui dikte dan menyalin | Bahasa Indonesia : Mendengarkan · Menyebutkan isi dongeng Berbicara · Menceritakan isi gambar tunggal atau seri sederhana dengan bahasa yang mudah dimengerti. · Melakukan percakapan sederhana dengan menggunakan kalimat dan kosa kata yang sudah dikuasai. · Menyampaikan rasa suka atau tidak suka tentang suatu hal atau kegiatan dengan alas an sederhana. · Memerankan tokoh dongeng atau cerita rakyat yang disukai dengan ekspresi yang tepat. Membaca · Membaca lancar beberapa kalimat sederhana yang terdiri atas 3 – 5 kata dengan intonasi yang tepat. Menulis · Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung. | · Memerankan tokoh dongeng · Membuat kalimat berdasarkan gambar. · Percakapan. · Menyatakan suka atau tidak suka disertai alasan. · Membaca lancar · Menulis huruf tegak bersambung. | · Menyimak dongeng yang bertemakan sopan santun. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng. · Mengelompokkan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Memperagakan tingkah laku tokoh dalam dongeng yang disukai. | · Mendengarkan dongeng yang dibacakan guru dengan penuh perhatian. · Menyebutkan tokoh dalam dongeng · Menjelaskan sifat dan perilaku tokoh dalam dongeng. · Menjawab pertanyan yang berhubungan dengan isi dongeng. · Menceritakan kembali isi dongeng dengan kalimat sendiri. · Membuat kalimat berdasarkan gambar secara lisan. · Bertanya jawab dengan teman tentang gambar –gambar tersebut. · Melakukan percakapan/dialog sederhana sesuai dengan tema secara berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru. · Mengungkapkan dalam satu atau dua kalimat perasaan suka atau tidak suka pada benda atau suatu kegiatan. · Memberikan alas an mengapa suatu benda atau kegiatan disukai atau tidak disukai. · Bermain peran dengan percaya diri sesuai tokoh yang dibawakannya. · Membaca teks pendek dengan lafal dan intonasi yang tepat. · Membaca dengan memperhatikan tempat jeda pendek dan panjang. · Membaca penggalan cerita dengan lafal dan intonasi yang benar. · Membaca denag memberikan penekanan pada kata tertentu sesuai dengan konteksnya. · Menyalin kalimat secara benar dengan menggunakan huruf lepas terlebih dahulu. · Menulis kalimat secara benar dengan menggunakan huruf tegak bersambung. · Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan menggunakan huruf sambung. | |||
Seni Budaya dan Keterampilan : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari | Seni Budaya dan Keterampilan : · Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar. · Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek | · Unsur gerak tari. · Keragaman unsur gerak tari | · Melakukan gerakan tari sesuai dengan gerak yang telah ditentukan. · Melakukan gerakan tari yang sesuai antar gerakan dan sesama penari lainnya. · Menari sesuai dengan tepuk dan irama. · Memperhatikan cara melakukan percakapan yang benar dengan memperhatikan · teks percakapan sederhana. | · Menunjukkan kesesuaian gerak antar sesama penari dengan iringan musik. · Melakukan gerakan tari dengan iringan tepukan / hitungan · Melakukan gerakan tari dengan musik/nyanyian. · Melakukan tarian pendek secara perorangan. · Memperagakan tarian pendek secara kelompok. |
Mengetahui Kepala Sekolah SD/MI …… ( …………………………… ) NIP | ……...., ………………… 20… Guru Tematik Kelas I ( ……………………………… ) NIP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar