Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Kamis, 02 Februari 2012

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI DENGAN TEMA KELAS II SEMESTER 2

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI, KOMPETENSI DASAR
DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI  DENGAN TEMA

KELAS II SEMESTER 2


Mata pelajaran
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator  Pencapaian Kompetensi
Tema dan Waktu Per Minggu

Peristiwa

Kegemaran

Budi Pekerti

Lingkungan

Kegiatan Sehari-Hari

Kesehatan

2
2
2
4
3
2
B.Indonesia
Mendengarkan
1.       Memahami pesan   pendek dan dongeng yang dilisankan
Berbicara
2.       Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan  bercerita
Membaca
3.       Memahami ragam wacana tulis dengan membaca nyaring dan membaca dalam hati 
Menulis
4.       Menulis permulaan dengan mendeskripsikan  benda di sekitar dan menyalin puisi anak

·   Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain.
·   Menceritakan kembali isi dongeng yang di dengarkan.
·   Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·   Menyebutkan isi teks agak panjang  (20 – 25 kalimat) yang dibaca dalam hati.
·   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
·   Mencatat isi pesan.
·   Menulis pesan ke dalam beberapa kalimat.
·   Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·   Menyampaikan pertanyaan sesuai dengan isi cerita yang didengarkan.
·   Menceritakan kembali cerita yang didengarkan dengan
·   menggunakan kata-kata sendiri.
·   Membaca lancar dengan pemahaman teks cerita agak panjang .
·   Menjelaskan isi teks yang telah dibaca dalam hati.
·   Menulis pengalaman dengan huruf sambung (memperhatikan ketepatan dan kecepatan
     







·   Membaca nyaring teks sebanyak 15 –20 kalimat dengan memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
·  Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·   Menikmati kegiatan membaca.
·   Memilih bacaan yang disenangi.
·   Menulis karangan tentang kegiatan cara menanam bunga
     







·   Menyampaikan pesan pendek yang didengarkan kepada orang lain.
·   Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri.
·   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung
·   Mencatat isi pesan.
·   Menyampaikan pesan secara lisan kepada orang lain.
·   Menyalin kalimat cetak menjadi kalimat tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·   Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.

     







·   Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·   Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·   Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·   Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
·   Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·   Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·   Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·   Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·   Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·   Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·   Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·   Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·   Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·   Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·   Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

     







B. Indonesia
·   Bertanya kepada orang lain dalam menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun dalam berbahasa
·   Mendeklamasikan puisi dengan ekpresi yang tepat
·   Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang mudah dipahami orang lain
·   Mengumpulkan teks pendek ( 15 kalimat yang dibaca dengan membaca lancar
·   Menjelaskan isi puisi anak yang dibaca
·   Melaengkapi cerita sesuai dengan kata yang tepat
·   Menuliskan kalimat sederhana yang di diktekan guru dengan menggunakan huruf sambung dengan memperhatikan penulisan huruf kapital dan cetak

·   Menanyakan kalimat Tanya untuk menanyakan kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat
·   Menanyakan atau menanggapi kegiatan sehari-hari dengan teman sekelas
·   Membuat puisi dengan tema yang ditentukan sesuai dengan kemampuan anak
·   Menanggapi isi percakapan yang dilakukan teman
·   Membaca teks cerita dengan lafal intonasi yang tepat
·   Memberikan pendapat atau komentar tentang tokoh-tokoh dalam cerita/teks
·   Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat
·   Menulis dengan menggunakan huruf sambung dengan kecepatan tertentu
·   Menulis pengalaman dengan huruf sambung (dengan memperhatikan tetepatan dan kecepatan)
·   Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf sambung secara tepat, rapi dan mudah dibaca
·   Menulis nama orang tua, pekerjaan dan kegiatan anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca
     
     
     
     
     
     


B. Indonesia
·   Menyampaikan pesan pendek yang didengarkannya kepada orang lain
·   Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami orang lain
·   Membaca nyaring teks sebanyak 15 – 20 kalimat dengan memperhatikan lapal dan intonasi yang tepat.
·   Meyalin puisi anak dengan hurup tegak bersambung yang rapi
·   Mencatat isi pesan
·   Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci  (nama cirri khasnya, suaranya, dimana hidupnya) dengan pilihan kata kalimat runtut
·   Membaca teks dengan intonasi yang tepat dengan nada yang nyaring.
·   Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat
·   Menuliskan karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan
·    
     
     
     
     
     
     

IPS

2    Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga

·   Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.
·   Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·   Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·   Menunjukkan dokumen diri dan keluarga.
·   Menceritakan peristiwa yang terkesan waktu kecil tentang diri dan keluarganya melalui dokumen (foto dan akte).
·   Menjelaskan pentingnya memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·   Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga.
·   Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·   Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
     
     
     
     
     
     


·   Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga
·   Menceritakan cara memelihara dokumen dan koleksi barang keluarga
     
     
     
     
     
     


·   IPS
·   Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·   Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·   Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·   Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·   Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·   Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·   Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
     
     
     
     
     
     


IPS
·   Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
·   Cara memelihara dokumen koleksi dan benda penting keluarga
·   Menentukan bahwa kumpulan benda lebih banyak, lebih sedikit atau sama dengan kumpulan lain
     
     
     
     
     
     


IPS
·   Memberi contoh bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·   Memberi contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam sekitar
·   Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah

     
     
     
     
     
     

IPA

Energi dan Perubahannya
3.  Mengenal berbagai sumber  energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya
Bumi dan Alam Semesta
4.  Memahami  peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

·   Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik, cahaya dan bumi) yang ada di lingkungan sekitar.
·   Mengidentifikasi kenampakan matahari  pada pagi, siang dan sore hari.
·   Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
·   Mencari sumber yang menghasilkan panas, bunyi dan cahaya melalui alat-alat rumah tangga.
·   Menunjukkan sumber yang menghasilkan panas, bunyi, dan cahaya.
·   Memberikan contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·   Menceritakan kedudukan matahari (pagi, siang dan sore hari).
·   Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·   Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·   Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menyebutkan pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia.

     
     
     
     
     
     


IPA
·   Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·   Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·   Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·   Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari
·   Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·   Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·   Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·   Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
·   Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·   Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·   Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·   Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
     
     
     
     
     
     


IPA
·   Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
·   Mengidentifikasi ciri-ciri benda padat dan cair yang ada di sekitar
·   Mengidentifikasi benda-benda yang dikenal dan kegunaannya melalui pengamatan
·   Membuat bagan bagian-bagian  utama hewan dan tumbuhan serta kegunaannya
·   Menunjukkan beragam jenis benda padat dan benda cair yang ada di sekitar
·   Membedakan cirri benda padat dan benda cair
·   Mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar
·    
     
     
     
     
     
     


IPA
·   Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
·   Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
·   Menyebutkan pngaruh panas dan cahaya matahari terhadap manusia
·   Memperagakan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak menatap matahari secara langsung

     
     
     
     
     
     

SBK

Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan
·   Berkreasi dengan cat warna
·   Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan.

     
     
     
     
     
     

Mengapresiasi karya seni rupa

Mengenal unsur musik
SBK
·   Mengenang berbagai unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi
·   Menanggapi berbagai unsure rupa dan perpaduannya bintik, garis, bidang, warna dan bentuk
·   Mengenal unsur-unsur bunyi musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi

·   Mengelompokkan berbagai ukuran : bintik, garis, bidang warna dan bentuk pada benda dua dan tiga dimensi di alam sekitar
·   Memilih objek benda alam yang menarik
·   Membedakan kuat lemahnya bunyi dengan gerakan  (tepuk tangan)
·   Membedakan tentang menguat melemahnya bunyi dengan peragaan gerakan/tepukan
     
     
     
     
     
     

KTK


Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan
·   Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·   Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·   Mengekpresikan diri dengan menanpilkan gerak tari.
·  Berkreasi dengan cat warna
·   Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·   Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alami.
·   Melakukan tepuk bervariasi.
·   Memainkan alat musik sederhana.
·   Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·   Gerak tari dengan iringan tepuk / hitungan.
·   Melakukan tari denganiringan musik / tepuk.
·   Melakukan tarian pendek secara perorangan.
·   Mengatur komposisi / ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dari bahan alam.
·   Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan buatan
     
     
     
     
     
     

PKN

3. Menampilkan sikap demokratis
4. Menampilkan nilai-nilai Pancasila
·   Mengenal kegiatan bermusyawarah
·   Menghargai suara terbanyak.
·   Menampilkan sikap mau menerima kekalahan.
·   Mengenal nilai kejujuran, kedisiplinan dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menyebutkan cara bermusyawarah yang benar.
·   Mengerjakan tugas dengan cara berkelompok.
·   Membiasakan melakukan musyawarah dalam kegiatan sehari-hari.
·   Membiasakan menghargai pendapat orang lain dalam suatu diskusi.
·   Menghargai hasil keputusan bersama atas dasar kesepakatan dan suara terbanyak.
·   Membiasakan untuk bersikap lapang dada.
·   Menyebutkan nilai kejujuran, kedisiplinan, dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari.
·   Menjelaskan cara dan manfaat hidup jujur, disiplin dan senang bekerja dalam kehidupan sehari-hari
     
     
     
     
     
     


PKn
·   Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong
·   Melaksanakan pemeliharaan lingkungan alam
·   Memberikan contoh tolong menolong dan saling berbagi rasa, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat
·   Memelihara lingkungan kelas dan sekolah melalui perbuatan jadwal piket
     
     
     
     
     
     

Matematika

 

Bilangan
3.     Melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka
Geometri dan Pengukuran
4.     Mengenal unsur-unsur bangun datar sederhana
·   Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·   Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·   Melakukan operasi bilangan campuran.
·   Mengelompokkan bangun datar.
·   Mengenal sudut bangun datar
·   Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·   Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·   Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·   Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·   Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·   Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·   Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

     
     
     
     
     
     


Matematika

·         Membandingkan bilangan sampai 500
·         Menentukan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
·         Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
·         Mengukur dan menggunakan alat ukur panjang
·         Mengukur dan menggunakan alat ukur berat
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan berat benda
·         Menentukan nilai tempat sampai ratusan
·         Membaca dan menulis lambang bilangan dalam kata-kata dan angka
·         Membedakan nilai tempat antara ratusan, puluhan dan satuan
·         Membaca dan menggunakan symbol +, -, dan = dalam pengerjaan hitung
·         Mengingat fakta dasar penjumlahan dan pengurangan sampai 20
·         Mengubah kalimat atau bentuk pengurangan ke bentuk penjumlahan
·         Menjumlah dua bilangan dan tanpa menyimpan
·         Mengurang dua bilangan dengan dan tanpa meminjam
·         Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
·         Menentukan benda yang lebih panjang , lebih pendek atau sama panjang dengan benda yang lain
·         Mengukur benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm, m)
·         Menaksir panjang benda dengan satuan yang sesuai
·         Menentukan benda yang lebih berat , ringan atau sama berat dengan benda yang lain
·         Mengukur berat benda
·          Mengukur benda degan satuan baku yang sering digunakan  ( misalnya ons, kg)
·         menaksir berat benda dengan satuan yang sesuai
·         memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang dan berat benda yang diukur
·         mengerjakan soal cerita yang berkaitan dengan berat benda

     
     
     
     
     
     


1 komentar:

  1. makasih .. tp boleh minta file.y untuk silabus n rpp tematik kelas 2 semester 2 tema hewan, tumbuhan, dokumen keluarga, rekreasi, negara dan gejala alam ??

    BalasHapus