Sambutan Kepala Sekolah

Sambutan Kepala Sekolah

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga kami dapat memiliki website sekolah. Kami berharap, website ini dapat digunakan sebagai sarana untuk mempertahankan eksistensi sekolah kami di tengah masyarakat serta menunjang peningkatan mutu pendidikan.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik para pengajar, staf dan karyawan di sekolah ini yang telah banyak membantu kami dalam menyelesaikan pembuatan website sekolah ini. Kami menyadari bahwa website ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan masukan atau saran yang bersifat membangun demi kebaikan dimasa yang akan datang.

Akhir kata, semoga website ini mampu mendukung sekolah kami untuk lebih maju, membantu proses pembelajaran dan memudahkan kami dalam mengelola administrasi serta keuangan (BOS) demi tercapainya sekolah yang unggul, terdepan dan berprestasi.

Visi : "Terwujudnya pranata sosial yang kuat untuk menjadi manusia yang berkualitas, berakhlaq mulia, cerdas, terampil, serta unggul dalam prestasi" Misi :
  1. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman, indah sehingga tercipta iklim belajar yang kondusif.
  2. Menumbuhkembangkan kehidupan sekolah yang berlandaskan pada ajaran agama yang dianut masing - masing.
  3. Melakukan proses belajar mengajar dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and learning).
  4. Menumbuhkan semangat baca untuk menambah wawasan pengetahuan.
  5. Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dalam kegiatan pengajaran.
  6. Melaksanakan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan potensi siswa.
Tujuan :
  1. Menjadi sekolah dasar unggulan dan pilihan masyarakat untuk membentuk generasi pelajar yang berkualitas, cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
  2. Menjadi sekolah yang berstandar Nasional dengan sarana prasarana yang memadai dan sistem pendidik yang berstandar.
  3. Menghasilkan lulusan yang intelektual dan agamis serta dapat melanjutkan ke jenjang SMP favorit.
  4. Menjadikan lingkungan sekolah yang berkualitas dan nyaman sehingga berdampak positif terhadap kehidupan sekolah dan masyarakat.

Minggu, 12 Februari 2012

SILABUS PEMBELAJARAN PKN VI SEMESTER 2


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                     :   ............................
Mata Pelajaran                  :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                     :   VI
Semester                               :   2
STANDAR KOMPETENSI :       3.                 Memahami peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
            Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara.

§  Kerja sama antar negara di Asia Tenggara.
­   Sejarah ASEAN.
­   Lambang ASEAN
­   Tujuan pokok pembentukan  dan prinsip utama ASEAN
§  Dasar-dasar kerja sama untuk mencapai tujuan pokok
§  Struktur Organisasi ASEAN
§  Struktur sekretariat ASEAN
§  Membahas pengertian kerja sama di negara-negara ASEAN.
§  Membahas sejarah terbentuknya ASEAN.
§  Mengamati peta ASEAN.
§  Mengamati gambar lambang ASEAN
§  Menyebutkan  tujuan pokok pembentukan ASEAN
§  Menyebutkan dasar-dasar kerja sama ASEAN
§  Menyebutkan struktur organisasi ASEAN
§  Membahas struktur sekretariat ASEAN
§  Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN.
§  Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN.
§  Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN.
§  Menjelaskan arti lambang ASEAN
§  Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN.
§  Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN
Tugas berkelompok
Tugas individu.
§  Penilaian tulisan.
§  Penilaian lisan
§  Menggambar peta ASEAN.
§  Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri
4 x 35 menit
§  Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI
§  Teman.
§  Orang tua.
§   Koran.

§  Kerja sama Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang.
­   Bidang politik dan keamanan.
­   Bidang ekonomi
­   Bidang sosial budaya
§  Membahas contoh-contoh kerja sama di bidang politik.
§  Membahas bentuk kerja sama dibidang ekonomi
§  Membahas bentuk kerja sama dibidang sosial budaya
§  Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik.
§  Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi
§  Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain.
§  Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya
Tugas individu
§  Penilaian tulisan.
§  Menjelas-kan mengapa ASEAN memben-tuk AFTA.

§  Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI
§  Teman
§  Orang tua
§  Koran
3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara.
§  Peran Indonesia dalam lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara.
§  Kerja sama negara-negara ASEAN.
§  Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN
§  Membahas peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN.
§  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
§  Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN.
§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN
Tugas individu.
Ulangan harian
§  Penilaian tulisan.
§  Pilihan ganda
§  Penilaian
§  lisan atau tertulis (uraian singkat).
§  Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN.
§  KTT ASEAN pertama diadakan di ...
a. Bali
b. Bangkok
c. Singapura
d. Kuala    Lumpur
2 x 35 menit.
§  Buku paket PKn BSE
§  Buku referensi lain.
§  Koran.


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP: ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas



(...........................................................)
NIP: ....................................


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                                 :   ............................
Mata Pelajaran                              :   PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN ( PKN )
Kelas                                                 :   VI
Semester                                           :   2
STANDAR KOMPETENSI :       4.                 Memahami peranan politik luar negeri Indonesia dalam era globalisasi.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Jenis Tagihan
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.



§  Politik Luar Negeri Bebas Aktif.
-    Corak politik luar negeri RI yang Bebas dan Aktif.
-    Tujuan politik luar negeri.
-    Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri.
§  Membahas politik negeri RI yang bebas dan aktif.
§  Menjelaskan alasan mengapa Indonesia mengambil sikap netral.
§  Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
§  Menjelaskan alasan sikap negara RI melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
§  Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif.
§  Menyebutkan tujuan politik luar negeri.
§  Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri.
§  Tugas individu
§  Penilaian lisan.
§  Menjelaskan mengapa negara Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif.
2 x 35 menit
§  Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI
§  Teman.
§  Orang tua.
§  Koran.
4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional.
§  Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasional.
-     Konferensi Asia Afrika.
-     Gerakan Non Blok.
-     OKI.
-      APEC.




§  Membahas konferensi Asia Afrika.
§  Menyebutkan negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika.
§  Membahas penyelenggaraan KTT Gerakan Non Blok.
§  Membahas OKI.
§  Menjelaskan peranan Indonesia dalam organisasi APEC.

§  Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional.
§  Menyebutkan isi Dasasila Bandung.
§  Menjelaskan tujuan  dibentuknya gerakan Non Blok.
§  Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok.
§  Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI.
§  Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC.
§  Tugas  individu
§  Penilaian lisan.
§  Penilaian tulisan.
§  Menjelas-kan mengapa Indonesia bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia.
4 x 35 menit
§  Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI
§  Teman.
§  Orang tua.
§  Koran.

§  Mengenal politik luar negeri Indonesia.
§  Politik luar negeri bebas aktif.
§  Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasio
Nal.
§  Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
§  Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional.
§  Ulangan harian.
§  Pilihan ganda.
§  Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat).
§  Politik luar negeri Indonesia adalah ...
-     bebas
-     terbuka
-     transparan
-     bebas dan aktif
§  Jelaskan pengertian politik.
2 x 45 menit.
§  Buku paket BSE
§  Buku referensi lain.
§  Orangtua
§  Koran.



Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(...........................................................)
  NIP: ....................................

..........., ............................ 20.....
Guru Kelas



(...........................................................)
NIP: ....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar