Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
Menjelaskan pengertian kerja sama negara-negara Asia Tenggara. | § Kerja sama antar negara di Asia Tenggara. Sejarah ASEAN. Lambang ASEAN Tujuan pokok pembentukan dan prinsip utama ASEAN § Dasar-dasar kerja sama untuk mencapai tujuan pokok § Struktur Organisasi ASEAN § Struktur sekretariat ASEAN | § Membahas pengertian kerja sama di negara-negara ASEAN. § Membahas sejarah terbentuknya ASEAN. § Mengamati peta ASEAN. § Mengamati gambar lambang ASEAN § Menyebutkan tujuan pokok pembentukan ASEAN § Menyebutkan dasar-dasar kerja sama ASEAN § Menyebutkan struktur organisasi ASEAN § Membahas struktur sekretariat ASEAN | § Menyebutkan pengertian kerja sama negara-negara ASEAN. § Menyebutkan nama para tokoh pendiri ASEAN. § Menyebutkan negara-negara anggota ASEAN. § Menjelaskan arti lambang ASEAN § Menyebutkan nama-nama yang pernah menjabat sebagai sekjen ASEAN. § Menyebutkan tugas pokok sekretariat Nasional ASEAN | Tugas berkelompok Tugas individu. | § Penilaian tulisan. § Penilaian lisan | § Menggambar peta ASEAN. § Menjelaskan arti lambang ASEAN dengan kata-kata sendiri | 4 x 35 menit | § Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI § Teman. § Orang tua. § Koran. |
| § Kerja sama Negara-negara ASEAN dalam berbagai bidang. Bidang politik dan keamanan. Bidang ekonomi Bidang sosial budaya | § Membahas contoh-contoh kerja sama di bidang politik. § Membahas bentuk kerja sama dibidang ekonomi § Membahas bentuk kerja sama dibidang sosial budaya | § Menyebutkan langkah-langkah konkret yang telah dicapai ASEAN dalam bidang politik. § Menyebutkan contoh bentuk kerja sama ASEAN yang telah tercapai di bidang ekonomi § Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam mempererat hubungan sosial satu sama lain. § Menyebutkan upaya-upaya ASEAN dalam melestarikan kebudayaan negara anggotanya | Tugas individu | § Penilaian tulisan. | § Menjelas-kan mengapa ASEAN memben-tuk AFTA. | | § Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI § Teman § Orang tua § Koran |
3.2. Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara. | § Peran Indonesia dalam lingkungan Negara-negara di Asia Tenggara. § Kerja sama negara-negara ASEAN. § Peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN | § Membahas peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN. § Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN | § Menyebutkan hasil peran aktif Indoneisa dalam ASEAN. § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai kerja sama Negara-negara ASEAN dan peran Indonesia dalam lingkungan negara ASEAN | Tugas individu. Ulangan harian | § Penilaian tulisan. § Pilihan ganda § Penilaian § lisan atau tertulis (uraian singkat). | § Membuat karangan mengenai peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara ASEAN. § KTT ASEAN pertama diadakan di ... a. Bali b. Bangkok c. Singapura d. Kuala Lumpur | 2 x 35 menit. | § Buku paket PKn BSE § Buku referensi lain. § Koran. |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (...........................................................) NIP: .................................... | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (...........................................................) NIP: .................................... |
Kompetensi Dasar | Materi Pokok dan Uraian Materi | Pengalaman Belajar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | ||
Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1. Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif. | § Politik Luar Negeri Bebas Aktif. - Corak politik luar negeri RI yang Bebas dan Aktif. - Tujuan politik luar negeri. - Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam menentukan rumusan politik luar negeri. | § Membahas politik negeri RI yang bebas dan aktif. § Menjelaskan alasan mengapa Indonesia mengambil sikap netral. § Menyebutkan tujuan politik luar negeri. § Menjelaskan alasan sikap negara RI melaksanakan politik luar negeri bebas aktif. | § Menyebutkan arti kebijakan Bebas-aktif. § Menyebutkan tujuan politik luar negeri. § Menyebutkan faktor yang menentukan perumusan politik luar negeri. | § Tugas individu | § Penilaian lisan. | § Menjelaskan mengapa negara Indonesia melaksanakan politik luar negeri bebas aktif. | 2 x 35 menit | § Buku paket (buku Pendidikan Ke-warganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI § Teman. § Orang tua. § Koran. |
4.2. Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan inter-nasional. | § Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasional. - Konferensi Asia Afrika. - Gerakan Non Blok. - OKI. - APEC. | § Membahas konferensi Asia Afrika. § Menyebutkan negara-negara anggota Konferensi Asia Afrika. § Membahas penyelenggaraan KTT Gerakan Non Blok. § Membahas OKI. § Menjelaskan peranan Indonesia dalam organisasi APEC. | § Menyebutkan hasil politik bebas aktif RI di forum internasional. § Menyebutkan isi Dasasila Bandung. § Menjelaskan tujuan dibentuknya gerakan Non Blok. § Menyebutkan syarat untuk menghadiri KTT Non Blok. § Menjelaskan tujuan terbentuknya OKI. § Menyebutkan tujuan terbentuknya APEC. | § Tugas individu | § Penilaian lisan. § Penilaian tulisan. | § Menjelas-kan mengapa Indonesia bersikap aktif dalam memilihara perdamaian dunia. | 4 x 35 menit | § Buku paket (buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas VI § Teman. § Orang tua. § Koran. |
| § Mengenal politik luar negeri Indonesia. § Politik luar negeri bebas aktif. § Peranan politik luar negeri RI dalam percaturan Internasio Nal. | § Melakukan ulangan berisi materi yang berkaitan dengan politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional. | § Mengerjakan soal dengan baik berkaitan dengan materi mengenai politik luar negeri bebas aktif dan peranan politik luar negeri RI dalam percaturan internasional. | § Ulangan harian. | § Pilihan ganda. § Penilaian lisan atau tertulis (uraian singkat). | § Politik luar negeri Indonesia adalah ... - bebas - terbuka - transparan - bebas dan aktif § Jelaskan pengertian politik. | 2 x 45 menit. | § Buku paket BSE § Buku referensi lain. § Orangtua § Koran. |
Mengetahui, Kepala Sekolah......... (...........................................................) NIP: .................................... | | ..........., ............................ 20..... Guru Kelas (...........................................................) NIP: .................................... |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar